Pantai Balangan

Pantai Balangan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Badung Bali

Bali tentunya menjadi surga bagi wisatawan yang ingin puas berwisata pantai. salah satu pantai cantiknya adalah pantai Balangan. Bagi Anda yang belum banyak mengetahui tentang pantai ini, berikut adalah beberapa alasannya :

Tentang pantai Balangan

Pantai Balangan
Pantai Balangan

Sudah bukan rahasia bila Bali merupakan salah satu pulau istimewa dengan banyaknya wisata alam dan budayanya. Banyaknya pantai yang dimiliki menjadi magnet kuat untuk menarik para wisatawan datang ke sini. Bila Anda bosan dengan pantai yang sudah terlalu mainstream seperti pantai Kuta atau Sanur, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada pantai Balangan. Meski pantai Balangan belum banyak dikenal secara luas, nyatanya pantai ini merupakan salah satu pantai unik yang menyuguhkan pesona keindahan pantai Bali yang masih alami. Bagi Anda yang lebih menyukai pantai dengan suasana yang tenang dan tidak terlalu ramai pengunjung, pantai Balangan adalah pilihan yang tepat. Keindahan pantai ini juga dapat Anda nikmati secara gratis, lho. Anda dapat memasuk pantai ini tanpa dipungut biaya.

Cara menjangkau pantai

Pantai Balangan ini lokasinya ada di Jalan pantai Balangan, desa Uluwatu, Jimbaran, Kuta Selatan. Pantai ini berjarak sekitar 21 km dari pusat kota Denpasar. Pantai ini terletak tak berjauhan dengan lokasi pantai yang lain seperti pantai Tegal Wangi, pantai Bingin dan pantai Dreamland. Bila Anda datang dari arah bandara Ngurah Rai, Anda dapat menuju pantai Balangan dengan memulai perjalanan menuju by pass Ngurah Rai dan mengambil jalan ke selatan setelah bundaran.

Bila telah sampai pertigaan Mcdonald’s Anda dapat berbelok kanan menuju jalan Uluwatu II. Pilih jalan lurus melewati bundaran dan menuju jalan Wanagiri. Setelah itu Anda dapat belok kiri menuju jalan Karang Mas dan dilanjutkan lewat jalan Jepun dan melewati jalan Goa Peteng. Dari jalan Goa Peteng Anda perlu mengendara lurus dan berbelok kiri pada pertigaan ke enam dan ikuti jalan Boulevard hingga menemukan Villa Seratus. Dari sana Anda perlu belok kanan dan akan melihat Balangan Inn di sebelah kiri. Selanjutnya Anda akan masuk jalur utama pantai Balangan dan tinggal mengikuti papan penunjuk arah untuk sampai di pintu masuk pantai Balangan. Bagi Anda yang berjalan dari rute berbeda, Anda pun dapat memanfaatkan layanan navigasi seperti Google Maps untuk petunjuk arah menuju ke pantai ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Double Six: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Seminyak, Badung Bali

Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini

Pantai Balangan yang kaya akan pesona keindahan alam yang masih alami ini dapat menjadi tempat liburan menarik bagi Anda. Meski tak seramai Kuta, ada banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di sini. Sebelum mencapai area pantai, Anda perlu berjalan kaki untuk menuruni tangga terlebih dahulu. Jarak area pantai dengan tempat parkir kendaraan adalah sekitar 50 – 70 meter.

Saat sampai di area pantai Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan pantai yang indah lengkap dengan pasir putih yang halus. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pemandangan pantai yang sempurna dapat melihatnya dari batu karang besar yang mengapit pantai ini. Anda dapat mengambil foto pemandangan yang indah dengan puas di sini karena pantai ini tergolong masih sepi karena tempatnya yang cukup tersembunyi.

Aktivitas menarik lainnya yang dapat dilakukan di sini adalah berselancar. Pantai Balangan merupakan salah satu pantai dengan ombak yang ideal untuk berselancar. Tetapi bagi Anda yang masih belajar untuk berselancar, tidak disarankan untuk mencobanya di pantai ini karena ombaknya cukup besar. Yang sering berselancar di pantai ini biasanya adalah turis – turis mancanegara yang menyukai gelombang air yang ada di pantai ini. Umumnya mereka akan betah berlama – lama berselancar dan bermain air di sini.

Pantai Balangan
Pantai Balangan

Pantai Balangan juga memiliki spot sunset yang indah, tak kalah dengan pantai Kuta. Keindahan pantai ini saat menjelang petang banyak dijadikan sebagai salah satu pilihan spot foto pre wedding. Warna merah bercampur dengan langit yang bersemu gelap tentunya menjadi background yang menarik untuk foto pre wedding calon pengantin. Hal inilah yang menjadi alasan semakin hari semakin banyak calon pengantin yang melakukan sesi foto pre wedding di area pantai Balangan ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kuta: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Badung Bali

Meski masih belum banyak dikunjungi, pantai Balangan telah memiliki fasilitas yang cukup memadai, mulai dari fasilitas kamar mandi untuk membilas tubuh setelah puas bermain pasir dan air di pantai, hingga lahan parkir yang cukup aman yang telah tersedia. Selain itu bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas pantai pun dapat menikmati berbagai menu kuliner dengan beragam variasi seafood seperti ikan panggang hingga udang yang banyak dijual di sini. Makanan yang dijual di sini pun tergolong murah, di mana harga satu porsi makanan berkisar antara 45 ribu hingga 80 ribu rupiah saja. Pantai ini pun seringkali menjadi pilihan sebagai tempat berolahraga yoga. Tempatnya yang tenang dan masih alami sangat mendukung untuk melakukan olahraga yoga sambil memandang keindahan pantai saat sunset. Selain merefresh pikiran, Anda juga menjadi lebih sehat, bukan?

Event menarik yang ada di pantai Balangan

Meski lokasi pantai Balangan ini tergolong terpencil dan cukup jauh dari keramaian dan hiruk pikuk pulau dewata, nyatanya pantai ini menjadi tempat yang menarik dan sering digunakan untuk menggelar berbagai event dan kompetisi selancar baik tingkat nasional hingga kompetisi selancar bertaraf internasional. Itu sebabnya banyak wisatawan asing dari berbagai negara di seluruh dunia yang akhirnya mengetahui pesona dan keindahan pantai ini. Kompetisi surfing internasional ini digelar secara rutin di pantai ini sesuai dengan agenda yang telah disusun. Pemilihan pantai Balangan bukan tanpa alasan, selain lokasinya yang strategis, pantai Balangan telah terkenal memiliki ombak yang tepat untuk berselancar di sepanjang tahunnya. adanya gelaran event surfing dengan intensitas yang cukup tinggi ini menjadikan di sekitar lokasi pantai Balangan dikembangkan pula menjadi sekolah surfing. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar berselancar pun dapat mencoba kursus di sekolah ini dan belajar langsung kepada pelatih surfing yang profesional.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Tegal Wangi: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Bali

Peak season di pantai Balangan

Meski setiap harinya tetap ada pengunjung yang datang di pantai Balangan, tetapi pantai ini semakin ramai dan mencapai peak season saat memasuki musim liburan. Tak hanya pengunjung dari dalam negeri, tetapi pantai ini juga ramai oleh wisatawan asing, apalagi bila memasuki waktu liburan musim panas di sekitar bulan Juni hingga Agustus. Pantai ini juga menjadi lebih ramai saat ada gelaran event – event selancar, baik event nasional hingga kompetisi yang lebih besar dan melibatkan banyak negara di seluruh dunia. Rute perjalanan yang tergolong sulit tak menjadi alasan wisatawan untuk rela melewatkan keindahan pantai Balangan ini.

Yang harus diperhatikan saat di pantai

Anda dapat melepas lelah dan bersantai di pantai Balangan sekaligus menikmati indahnya sunset. Tetapi Anda perlu berhati – hati saat bermain air di pantai karena ombaknya tergolong besar. Bagi Anda yang ingin menaiki tebing untuk mendapat lansekap yang lebih sempurna, Anda juga perlu berhati – hati karena sekitar tebing pantai Balangan tidak dilengkapi dengan pengaman apapun. Jadi meskipun pemandangan dari atas tebing terlihat jauh lebih indah, Anda tetap perlu untuk mendahulukan keselamatan. Bila Anda tidak terbiasa mendaki atau mengalami kesulitan, lebih baik bila Anda menikmati pantai dari sisi yang berbeda tanpa harus membahayakan diri.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai eksotis dengan pasir berwarna putih ini terletak sekitar 8 km dari tempat wisata Bali wisata Garuda Wisnu Kencana dan 12 km dari Pura Uluwatu. Dari GWK, terus saja naik lurus hingga bertemu perempatan. Ambil jalan ke kanan (Jalan Pantai Balangan I), ikuti jalan hingga ujung dan petunjuk yang menyertainya.

    Warna air laut Pantai Balangan biru bersih dan ombaknya digemari oleh para peselancar. Jika ingin menyatu dengan air laut, Anda dapat berselancar atau berenang. Namun jika Anda hanya ingin menikmati dari bibir pantai pun, tak masalah.

    Dari kejauhan, aktivitas Bandara Ngurah Rai akan terlihat. Atau jika Anda berdiri di tebing, Anda juga bisa menyaksikan keindahan Pantai Dreamland. Selain itu, aktivitas masyarakat lokal saat membongkar hasil tangkapan ikan di pagi hari juga akan memberikan nuansa tersendiri.

    Lagi-lagi untuk menikmati keeksotisan alam di Bali, Anda hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp2.000,00 jika berkendara dengan roda dua dan Rp5.000,00 jika berkendara dengan roda empat.

  • Pantai dengan pasir putih dan karang yang menawan.
    Pantai yang bersih serta karang yang sangat bagus untuk berswapoto.
    Juga tempat yang sangat direkomendasi untuk poto pernikahan.

    Pemandangan pantai yang indah serta pasir putih memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk liburan anda.

    Tiket masuk yang murah tapi bukan murahan. Dan mudah dijangkau seeta dekat dengan pantai Pandawa. Kalo liburan bisa sekalian jadikan rute liburan pantai anda sekeluarga.

    Pantai ini sebenernya bagus buat berburu sunset, tapi datang di pagi2 juga menyenangkan, selain masih sepi, udara juga masih fresh. Pantainya cukup bersih dan indah gaes.

    Jalannya mudah di cari, hanya ada beberapa titik saat menuju kesana agak rusak. Bisa menikmati di bibir pantai atau dari atas tebing. Pantai ini biasanya juga jadi tujuan favorite untuk surfing. Lelah bermain di pantai seharian, kalian bisa melipir ke cafe2 di sepanjang bibir pantai. So amazing . Jangan lupa jaga kebersihan ya gaes