Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tirtoyudo, Malang Jatim

Siapa bilang semua pantai hanya menawarkan hal yang itu-itu saja? Jika Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi Pantai Banyu Anjlok di Malang, maka Anda pun bisa menyaksikan sendiri kalau wisata pantai tidak selalu identik dengan bentangan pasir yang bertemu dengan deburan ombak air laut. Meskipun sama-sama menarik untuk dikunjungi seperti pantai-pantai di pesisir Malang selatan lainnya, ada satu hal yang membuat pantai ini 100% unik dan berbeda.

Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok

Apakah Anda pernah melihat ada air terjun di pantai? Atau pantai di kawasan air terjun? Pemandangan alam yang satu ini jelas tidak akan bisa Anda temukan di tempat-tempat lain, bahkan di luar negeri. Kalau ada pun peluang keberadaannya juga sangat kecil, karena kalaupun ada lokasi wisata alam yang unik seperti Air Terjun dan Pantai Banyu Anjlok yang satu ini, pasti lokasi tersebut juga sudah jadi semakin terkenal, bukan?

Di Pantai Banyu Anjlok, air terjun yang jatuh langsung menghadap Samudera Indonesia. Sebab, lokasinya memang pas berada di pantai. Air terjunnya memang tidak tinggi menjulang, tapi jelas kombinasi antara gemuruh air terjun dan suara deburan ombak akan menghasilkan sebuah harmoni yang dijamin mampu membuat Anda terpesona!

Lokasi Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok sendiri berlokasi di Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur. Untuk sampai kesana dari Malang, Anda akan perlu melakukan perjuangan lebih karena durasi perjalanannya sendiri bisa memakan waktu hingga 3-4 jam.

Untuk mencapai kawasan Pantai Banyu Anjlok, mulai perjalanan ke selatan menuju Dampit, lalu ambil jalur ke arah Lumajang. Begitu Anda tiba di Pertigaan Tirtoyudo, belok ke kanan untuk mengambil jalan yang mengarah ke Pantai Pujiharjo dan Pantai Sipelot.

Ikuti saja jalan utama sampai Anda tiba di pertigaan lagi yang memiliki papan penunjuk Pantai Wediawu dan Pantai Lenggoksono. Ambil jalan yang mengarah ke Pantai Lenggoksono sampai Anda tiba di loket wisata. Dari saja, lokasi tepat Air Terjun dan Pantai Banyu Anjlok bisa Anda tanyakan kepada petugas.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Balekambang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Bantur, Malang Jatim

Untuk menuju ke kawasan Pantai Banyu Anjlok, Anda hanya bisa mencapainya dengan mengendarai kendaraan beroda dua karena mempertimbangkan jalan yang sempit serta adanya jurang di sepanjang jalan tersebut. Atau, Anda bisa pilih berjalan kaki yang dijamin akan membuat tubuh Anda sehat. Tapi, jika fisik Anda tidak terbiasa dengan berjalan kaki yang jauh, maka sebaiknya Anda pilih naik ojek aja. Khawatirnya nanti fisik Anda jadi bermasalah sehingga liburan Anda tidak bisa maksimal setibanya di pantai. Alternatif lainnya adalah dengan naik perahu menuju Pantai Banyu Anjlok dari Pantai Lenggoksono jika Anda mengendarai mobil bersama rombongan. Sebab, mobil hanya bisa diparkir di kawasan Lenggoksono mengingat kondisi jalannya.

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai Banyu Anjlok

Tentunya air terjun menjadi primadona utama di Pantai Banyu Anjlok, sehingga banyak wisatawan yang rela menempuh medan yang sulit untuk mencapai lokasi ini. Apalagi area di sekitar air terjun ini pun sama rindang dan sejuknya, sehingga Anda yang kelelahan setelah perjalanan panjang menuju Pantai Banyu Anjlok dijamin bisa bersantai dan kembali menyegarkan diri!

Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok

Tapi, apakah bermain-main dan menikmati keindahan Air Terjun Banyu Anjlok adalah satu-satunya aktivitas yang bisa Anda lakukan? Tentu saja tidak, karena disini pun ada lokasi wisata alam lainnya yang juga tak kalah unik dan menarik. Adalah Gua Sarang Dompet yang juga seru untuk dijelajahi barang sejenak, atau sekadar menjadi tempat untuk berfoto-foto.

Anda yang punya hobi memancing juga bisa betah berlama-lama di Pantai Banyu Anjlok karena lokasi ini juga punya spot khusus memancing. Selain ikan, para pemancing pun bisa mendapatkan hasil tangkapan lain, misalnya cakalang dan cumi-cumi. Atau, Anda bisa pilih aktivitas menangkap lobster karena ada lokasi budidaya lobster di kawasan pantai ini. Ada berbagai varian lobster yang bisa Anda temukan, seperti lobster pasir, batu, dan mutiara. Dan Anda pun bisa bawa hasil tangkapan lobster Anda pulang, lho! Menarik, bukan?

Pantai lain dekat sini:  Pantai Licin: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ampelgading, Malang Jatim

Bagi Anda yang lebih suka bermain dengan air, Anda juga bisa berendam di laguna yang juga berada di kawasan pantai ini. Selama berenang di laguna, Anda pun bisa menikmati ketenangan serta keindahan pesona laut yang membentang di depan mata. Air di laguna ini adalah air tawar, jadi dijamin tidak akan membuat badan lengket. Dan sekali lagi, hal inilah yang membuat berbagai pantai di Malang Selatan begitu menarik karena pertemuan air tawar dengan air laut, termasuk di Pantai Banyu Anjlok.

Dan karena lokasi Pantai Banyu Anjlok yang berada di tengah-tengah Pantai Lenggoksono dan Pantai Bolu Bolu, maka Anda pun jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menyempatkan diri mampir ke kedua pantai itu. Apalagi Anda bisa memanfaatkan jasa perahu dari Lenggoksono menuju Banyu Anjlok dan Bolu Bolu. Untuk penjemputan, biasanya para wisatawan akan membuat janji dengan pemilik perahu soal waktu dan biayanya. Tapi, banyak pengunjung yang sudah membuktikan kalau biaya perahu penjemputannya pun sama dengan biaya yang Anda keluarkan ketika mencapai Pantai Banyu Anjlok dengan naik perahu dari Pantai Lenggoksono, kok.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Banyu Anjlok, biayanya tidak mahal kok. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 untuk parkir dan Rp 5.000 untuk tiket masuk, Anda sudah bisa menjelajahi kawasan wisata alam yang satu ini. Dan jika Anda memutuskan untuk naik perahu atau objek, biayanya adalah sebesar Rp400.000 per perahu (maksimal 8 penumpang) atau Rp 25.000 untuk ojek.

Event Tahunan Pantai Banyu Anjlok

Belum ada acara yang rutin diselenggarakan di kawasan Pantai Banyu Anjlok sampai saat ini, termasuk acara yang bersifat tahunan. Hal ini barangkali disebabkan oleh kondisi jalan yang harus dilalui untuk mencapai Pantai dan Air Terjun Banyu Anjlok, sehingga faktor keselamatan pun jadi pertimbangan utama jika sebuah acara akan diselenggarakan di sini. Meski demikian, tentu saja hal tersebut tidak lantas membuat kawasan Pantai Banyu Anjlok kurang daya tarik. Hal ini terbukti dari pengunjung yang seolah tak pernah berhenti mengunjungi kawasan wisata alam yang satu ini dari hari ke hari, apalagi para kaum muda yang memang gemar berpetualang di alam terbuka. Apalagi lamanya perjalanan ke Pantai Banyu Anjlok dari Malang serta sulitnya kondisi jalan dibayar tuntas dengan pesona serta harmoni alam yang disajikan Banyu Anjlok.

Pantai lain dekat sini:  Top 5 Pantai di Malang Rekomendasi Wajib Dikunjungi 2020

Peak Season di Pantai Banyu Anjlok

Serupa dengan pantai pada umumnya, Pantai Banyu Anjlok ramai dikunjungi para wisatawan di musim kemarau atau musim liburan. Jadi, jika Anda sudah berencana untuk mengunjungi pantai ini pada musim liburan nanti, Anda perlu berjaga-jaga akan kemungkinan jalanan yang pasti macet, mengingat Kota Malang yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit para turis, apalagi di masa liburan. Jadi, lama perjalanan dari Malang sampai ke kawasan Pantai Banyu Anjlok jelas akan memakan waktu lebih panjang dengan kondisi jalan yang lebih padat atau bahkan macet.

Selain itu, musim kemarau juga hari yang cerah sehingga Anda tidak perlu khawatir akan potensi hujan. Maka dari itu para pengunjung pun jelas akan memadati kawasan pantai manapun, termasuk Pantai Banyu Anjlok, pada bulan-bulan selama musim kemarau.

Peringatan Bahaya di Pantai Banyu Anjlok

Ingat bahwa kondisi medan menuju Pantai Banyu Anjlok dari loket sangat sempit dan salah satu sisinya adalah jurang. Jalan yang sempit tersebut menyebabkan mengapa pantai tersebut hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki atau mengendarai motor; bahkan, jika ada dua motor yang berpapasan dari arah yang berlawanan, salah satu harus berhenti dan mengalah sampai motor yang lain lewat. Jadi, meskipun Anda ingin sepuasnya menikmati liburan di Pantai Banyu Anjlok, selalu ingat untuk berhati-hati dan menjaga keselamatan Anda agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya dan tak diinginkan. Hal yang sama pun berlaku jika Anda sudah berniat menaiki perahu untuk mencapai Pantai Banyu Anjlok.

Mantai Team

2 comments

  • Mix antara pantai dan waterfall 🙂
    .
    Ini baru kali pertama saya datengin pantai yang ketemu langsung dengan air terjun.
    .
    Track menuju ke pantai banyu anjlok ini sulit sih menurutku. Ke.arin kita pakai motor ngelanjutin perjalanan dari pantai lenggoksono langsung ke pantai banyu anjlok ini. Kita harus ngelewatin bukit yang kanan kirinya extreme banget. Ngeliat jurang kanan kiri bikin makin deg degan hati ini 🙁
    .
    Sebenernya kalau mau aman sih kalian ngga perlu ngetrack bukit pake motor ginian. Kalian bisa langsung naik perahu dari pantai lenggoksono nya langsung ke pantai banyu anjlok. Cuma karena kita yang minim budget dan emang pingin sok sokan jelajah alam gitu. Akhirnya tetep aja kita lanjut ngetrack bukit tadi.

    Ini extreme banget sih menurutku dibanding tracking ke pantai Sempu, tiga warna Gatra dll. Soalnya bener bener jalan setapak ya g kita paksa pakai motor bisa masuk. Akhirnya ada motor dari rombongan kami sampe rem depannya blong
    .
    Oh ya, dibalik jalur tracking yang extreme banget itu. Tetep aja pantai dan air terjunnya seketika jadi obat ilangin kesel dan capek.

    Kalian bakalan disuguhi pemandangan laut yang biru tenang sembari berendam di air tawar dibawah air terjun. Dibawah air terjun tersedia kolam alami yang jernih banget airnya. Cuma emang dalam sih, jadi kalau kalian ngga bisa berenang sangat tidak disarankan. Tapi kalau kalian jago berenang ini asik banget sumpah !!
    .
    Kalian langsung bisa turun ke pantainya dari tempat waterfall lewatin tangga yang licin. Tapi ngga perlu khawatir kok, ada tali tambangnya yang sangat membantu kalian buat turun dengan aman tanpa terpeleset *semoga 🙂
    .
    Selamat menikmati fasilitas dari Allah, jangan lupa untuk tetep sholat ya meskipun lagi liburan di pantai daaaan tetap jaga kebersihan dan keasrian alam.
    Happy holiday guys 🙂

  • Pengen menikmati air terjun sekaligus keindahan pantai? Bisa banget. Di tempat ini menyajikan wisata alam air terjun dipinggir laut. Penasaran? Langsung aja kesini. Untuk menuju tempat ini, bisa melewati jalur darat atau laut. Untuk jalur darat, pengunjung diharuskan tracking sekitar kurang lebih 5km (cocok untuk pecinta tracking), namun jika anda tidak terlalu suka jalan jauh.

    Saya sarankan untuk lewat jalur laut saja kesini, tinggal menyewa perahu sampailah ditempat bagus ini. Tp untuk yg jalur laut, juga cukup menantang loh, sebab ombaknya lumayan besar jd kalo belum terbiasa naik perahu bisa mual. View tempat ini bagus sekali.

    Yang membedakan Banyu Anjlok dibandingkan air terjun lainnya adalah lokasinya yang dekat dengan pantai. Dengan adanya pasir pantai di bawah air terjun menandakan bahwa kawasan ini adalah tempat bertemunya air tawar dan juga air asin. Tidak jauh dari air terjun juga terdapat gua yang unik dan tidak terlalu dalam.

    Untuk bisa sampai ke kawasan Banyu Anjlok yang unik ini, wisatawan bisa datang ke Desa Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Dari desa ini, wisatawan masih harus melakukan perjalanan melalui perkebunan kopi selama 30 menit. Selain itu, ada juga jalur lainnya, yaitu menggunakan kapal dengan melintasi beberapa pantai yang cocok untuk snorkeling. Jalur mana pun yang dipilih, pemandangan memukau siap memanjakan mata sepanjang perjalanan.

    Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp5.000 saja. Wisatawan yang ingin menyewa perahu akan dikenai tarif tambahan. Pengelola perahu juga menyewakan peralatan snorkeling dengan tarif Rp50.000 sekali pakai. Banyu Anjlok beroperasi dari pagi hingga sore saat tidak ada kapal beroperasi lagi.