Pantai Baron

Pantai Baron: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Waktu liburan memang mengasyikkan jika berlibur ke pantai dan salah satu pantai yang direkomendasikan adalah Pantai Nglambor. Pantai ini terletak di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini berbatasan langsung dengan samudra Hindia dan diapit oleh dua pantai lain yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Sangat menarik untuk mengunjungi pantai ini karena panorama serta suasananya yang begitu nyaman dengan adanya angin yang semilir disertai dengan ombak yang terus menerjang pantai. Hamparan pasir putih serta bebatuan dan tebing yang ada di pantai ini membuatnya makin terkesan indah dan mempesona.

Pantai Baron
Pantai Baron

Saat ini Pantai Nglambor makin banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri hal ini disebabkan karena semakin banyak orang yang menyebarkan keindahan pantai ini lewat media sosial yang membuat banyak orang tertarik untuk datang dan menikmati pantai ini. Mungkin memang kebanyakan orang masih belum begitu tahu tentang keberadaan pantai yang satu ini karena pengeksposan pantai ini baru gencar dilakukan akhir-akhir ini.

Lokasi dan Rute

Sama seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pantai ini berada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta tepatnya di Purwodadi, Kecamatan Tepus. Daerah Gunung Kidul memang terkenal dengan hamparan pantainya yang memiliki keunikan tersendiri. Untuk mencapai Pantai Nglambor sendiri dapat ditempuh dengan banyak cara dan juga dapat ditempuh dari mana saja. Pantai ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum namun untuk kenyamanan lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk rute dari pusat kota Yogyakarta sendiri pertama-tama adalah menuju ke Wonosari terlebih dahulu untuk tiba di daerah Piyungan.

Jika sudah sampai di daerah Piyungan maka selanjutnya akan melewati bukit bintang yang membawa ke daerah Patuk dan Sambipitu. Setelah dari daerah tersebut berlanjut menuju ke arah Pemda Kota Wonosari dan selanjutnya menuju ke arah Tepus. Dari Tepus terus melanjutkan perjalanan hingga melewati daerah Menthel, Cabean, dan Bintaos. Setelah berada di daerah Bintaos lanjutkan perjalanan ke desa Tepus, Gesing kemudian lanjut menuju ke Purwodadi. Setelah sampai di Purwodadi maka perjalanan hampir sampai dan rute selanjutnya adalah menuju simpang tiga Nagun. Dari simpang tiga Nagun menuju ke simpang tiga kedua dan sampailah ke lokasi Pantai Nglambor.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Pok Tunggal: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Rute ini memang masih sedikit membingungkan bagi sebagian orang namun tidak usah khawatir karena informasi lokasi pantai sudah banyak ditemukan apalagi di jaman yang sarat akan teknologi modern ini untuk mencapai Pantai Nglambor lebih mudah. Adapun beberapa kendaraan umum seperti bus dan juga angkot yang bisa menghantar ke lokasi namun tidak sampai langsung ke lokasi pantai hanya sebagian rute saja jadi jika tidak menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk menggunakan jasa taksi atau jasa antar jemput online.

Fasilitas dan Aktivitas Pantai Nglambor

Pantai Nglambor syarat akan banyak pemandangan dan juga suasana yang menarik begitu juga dengan aktivitas dan fasilitas yang ada di sana. Untuk biaya masuk pantai sendiri dipatok sebesar Rp. 6000 saja tentu harga yang begitu murah dan terjangkau untuk menikmati keindahan dan suasana pantai ini. Adapun beberapa fasilitas yang disediakan di pantai seperti tempat parkir yang luas, serta fasilitas penyewa alat tambahan yang lengkap dan murah. Selain itu ada banyak petugas dan pengurus pantai yang siap memberikan pelayanan dan bantuan bagi para pengunjung. Banyak aktivitas dan juga wahana yang disediakan di pantai ini dan berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Nglambor.

  • Snorkeling

Aktivitas dan wahana snorkeling di pantai ini merupakan yang banyak dicari dan juga dilakukan oleh para pengunjung. Pantai Nglambor menyediakan jasa penyewaan alat-alat snorkeling yang cukup banyak dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Dengan bersnorkeling di pantai ini pengunjung bisa menikmati keindahan biota laut yang ada di sekitaran pantai yang tentunya cukup cantik dan indah. Untuk melakukan aktivitas ini pengunjung harus terlebih dahulu menghubungi petugas penyewaan alat dan disarankan agar sesegera mungkin menghubungi petugas karena biasanya alat sudah habis tersewa karena banyaknya pengunjung yang ingin merasakan sensasi bersnorkeling di pantai ini.

Jangan lupa untuk membawa alat-alat perekam untuk mengabadikan momen bersnorkeling di Pantai Nglambor karena dijamin keindahan bawah lautnya akan menjadi background momen yang cukup indah. Namun meskipun banyak keindahan yang bisa dinikmati lewat bersnorkeling di pantai ini pengunjung tetap dihimbau untuk selalu berhati-hati terutama saat menginjak atau menyentuh terumbu karang yang sifatnya keras dan kasar yang apabila tidak berhati-hati maka dapat menimbulkan masalah.

  • Susur Pantai

Aktivitas selanjutnya yang menarik dan disediakan di pantai ini adalah sisir pantai yang dimana pengunjung bisa menyusuri pantai sambil menikmati suasana pantai yang tentunya menarik untuk dilakukan. Setelah bersnorkeling pengunjung sangat disarankan untuk mulai menyusuri pantai yang dimana hak tersebut bisa menambah kesan tersendiri ketika berkunjung ke pantai ini. Selain dapat menyusuri seluruh daerah Pantai Nglambor dengan melakukan susur pantai ini pengunjung dapat menuju ke daerah pantai lainnya yang jaraknya berdekatan dengan Pantai Nglambor.

  • Jalur Tracking

Daerah Pantai Nglambor memiliki banyak tebing-tebing yang dijadikan sebagai wahana atau aktivitas tracking yang dapat memacu adrenalin. Aktivitas ini sangat disarankan bagi yang punya nyali dan keinginan besar untuk memanjat tebing-tebing pantai kemudian menikmati pemandangan yang indah dari atas tebing. Para pengunjung banyak yang melakukan aktivitas ini karena pemandangan di atas tebing begitu menarik untuk dilihat. Tentu sangat menarik untuk melakukan tracking dan menikmati pemandangan yang begitu indah dari atas tebing pantai sambil mengabadikan momen.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kesirat: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Panggang, Gunung Kidul Jogja
Pantai Baron
Pantai Baron

Event Pantai Nglambor

Soal adanya event atau tidak di Pantai Nglambor belum di ketahui secara resmi namun pantai ini tidak pernah mengadakan event bulanan ataupun event tahunan seperti event tahun baru misalnya. Event-event tidak diadakan di Pantai Nglambor melainkan pantai lainnya yang ada di kawasan Gunung Kidul. Pantai Nglambor sendiri tidak menyelenggarakan kegiatan atau event karena beberapa hal dan juga faktor yang membuat pantai ini tidak bisa menyelenggarakan event. Mungkin dari petugas pengelola pantai sendiri sudah memiliki alasan yang cukup baik soal pantai yang tidak menyelenggarakan event.

Meskipun tidak menyelenggarakan event namun setiap adanya event di pantai lain, Pantai Nglambor sering terlibat secara tidak langsung contohnya adalah jika ada event yang berhubungan dengan snorkeling maka Pantai Nglambor akan menyediakan jasa alat untuk snorkeling. Hal tersebut lantaran Pantai Nglambor terkenal dengan aktivitas snorkelingnya yang tentu memiliki banyak alat yang tersedia. Hal ini disampaikan sendiri oleh pengurus pantai khususnya untuk pengurus wahana snorkeling di Pantai Nglambor.

Peak Season dan Waktu Yang Tempat Untuk Berkunjung Ke Pantai Nglambor

Pantai Nglambor yang memiliki banyak pemandangan serta aktivitas yang menarik menjadikannya salah satu yang banyak dicari oleh para wisatawan. Oleh itu di musim tertentu pantai ini sering mengalami over pengunjung yang dimana jumlahnya bisa sangat berlipat-lipat. Pantai ini paling ramai dikunjungi saat adanya musim liburan panjang seperti libur hari raya dan libur tahun baru. Tentu di musim liburan tersebut pantai ini sangat ramai dikunjungi bahkan dalam sehari jumlahnya bisa mencapai ribuan orang yang tentunya sangat berbanding dengan hari-hari biasa. Memang musim liburan menjadi salah satu keuntungan sendiri terutama bagi para pengelola tempat wisata seperti wisata Pantai Nglambor ini yang dimana pendapatnya bisa berlipat-lipat dari hari-hari biasa.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Siung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Ada beberapa tips untuk menentukan waktu yang tepat mengunjungi pantai ini dan waktu yang tidak disarankan untuk mengunjungi pantai ini. Pertama saran waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah pada hari-hari biasa atau weekday karena selain lebih sepi pengunjung para wisatawan juga bisa menikmati pantai secara lebih puas. Jika berkunjung pada hari libur atau weekend memang tidak salah namun tentunya pengunjung akan lebih banyak dan untuk menikmati beberapa aktivitas di pantai seperti snorkeling harus lebih berkurang.

Untuk tips waktu yang tidak disarankan mengunjungi Pantai Nglambor adalah saat musim penghujan yang sedang berada pada tingkatan yang tinggi. Selain tidak bisa menikmati keindahan pantai secara utuh juga sangat membahayakan karena ombak akan lebih kencang begitu juga dengan angin dan tentunya air laut akan mengalami pasang yang sangat berbahaya bagi pengunjung. Pengelola pantai sendiri menghimbau kepada pengunjung untuk berhati-hati saat adanya pasang laut dan juga saat datang hujan.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai tertua di Gunungkidul, mengalami berkali kali perubahan bentuk karena faktor alam. Namun tetap Eksotis. Ada sungai bawah tanah yang airnya tawar dan bersih bagus untuk renang. Tapi hati hati kadang. Kadang berbahaya.

    Terletak di Desa Kemadang kec. Tanjungsari kab Gunung Kidul, berjarak sekitar 40 km dari kota Jogja. Tiket masuknya Rp. 10.000/org, Sudah termasuk tiket untuk Pantai Baron, Kukup, Butuh, Krakal, Drini, dll.

    Di pantai Baron ada sungai air tawar dibawah tanah yg mengalir langsung ke laut lepas, disini juga terdapat warung-warung makanan, souvenir, penyewaan perahu, dan spot foto yang bagus.

    Pantai Baron bisa dibilang salah satu pantai unik di Gunungkidul karena di tempat wisata ini kita bisa menemukan dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar yang berasal dari aliran sungai di pinggir pantai.

    Tak sekedar aliran sungai biasa, aliran sungai ini terletak di sebelah barat Pantai Baron dimana langsung mengalir kearah laut. Uniknya, setiap 5 tahun sekali aliran sungai di Pantai Baron akan berubah arah, yaitu mengalir ke timur terlebih dahulu (membelah pasir pantai) sebelum bermuara di laut.

    Sama halnya dengan beberapa pantai di laut jawa, setiap hari 1 Syura di Pantai Baron selalu diadakan upacara sedekah laut sebagai rasa terima kasih dari masyarakat setempat atas panen ikan yang melimpah.

  • Pantai Baron mempunyai pemandangan yang bagus, di kiri kanan diapit oleh tebing dan ada area berpasir di tempuh dengan kapal menyeberang sedikit dari bibir pantai Baron yang bisa buat bermain. Sayang sekali penataan payung payung tenda yang sangat banyak sehingga menutupi hampir seluruh pantai yang ada dan kurang teratur sehingga mengganggu aktivitas pengunjung di sekitar bibir pantai.

    Pantai yang masih banyak ditemui banyak pepohonan, area parkir pantai lumayan luas, namun cenderung penuh saat musim libur. Begitu masuk dari area parkir, kita akan disuguhi banyak penjual cindera mata, baju pantai, dan yang paling khas penjual aneka makanan laut serta penjual buah pisang.

    Kalau pandai menawar Anda bisa membawa aneka jenis pisang dengan harga terjangkau. Untuk wisata air, ada perahu yang disewakan, dan siap membawa pengunjung berkeliling disekitar pantai. Dan sangat cocok untuk bermain anak-anak, karena ombak di tepi pantai tidak terlalu besar, tentunya harus dengan pengawasan ekstra dari orang tua.

    Banyak spot-spot menarik juga untuk foto-foto, misalnya saja dekorasi sebagai seperti tanda burung Garuda, bentuk bunga, hati atau hanya kursi dan juga kafe istirahat sejenak saat Anda dalam perjalanan menuju puncak. Ada juga menara, namun untuk sampai kesana, kita harus naik bukit dulu.

    Di Pantai Baron tidak hanya untuk berenang atau bermain air tetapi Anda dapat menikmati juga untuk melihat pemandangan laut yang indah dari atas dengan berjalan menaiki tangga ke menara dengan tambahan Rp 5.000 selama berjalan ke menara Jika Anda lupa membawa tikar dan payung tidak perlu khawatir, ada juga matras dan payung untuk disewa seharga Rp. 20.000 untuk seharian. Tiket masuk Rp 10.000