Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gedangan, Malang Jatim

Jika saat ini, Anda sedang berlibur ke kota Malang, ada baiknya jika Anda mengunjungi pantai Batu Bengkung. Tidak hanya memiliki keindahan pantai serta pemandangan laut yang menarik. Di lokasi ini, Anda akan menemukan pantai yang didominasi dengan batuan karang. Bahkan tidak jarang, Anda akan menemukan batuan karang yang berbentuk kolam-kolam alami. Ukuran kolam ini terbilang cukup besar, dan dapat Anda masuki, atau berendam di kolam tersebut. Kolam-kolam tersebut, Anda dapat menikmati pada saat air laut sedang surut. Berendam di kolam alami, sambil menikmati birunya langit dan juga laut, pasti menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

Selain di sekitar bibir pantai, para pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang ada, dengan naik ke bukit atau ke tepian tebing. Dari sanalah, para pengunjung atau Anda dapat menikmati indahnya panorama alam Batu Bengkung dan sekitarnya secara leluasa. Salah satu momen menarik yang dapat Anda saksikan adalah pada saat matahari terbenam atau sunset. Perpaduan kontras antara semburat lembayung, dengan deburan ombak yang menerjang, pastinya sangat menarik.

Pantai Batu Bengkung Malang
Pantai Batu Bengkung Malang

Lokasi dan cara menuju pantai

Pantai Batu Bengkung sendiri berlokasi di desa Gajahrejo, kec Gedangan, Malang, Jawa Timur. Lokasinya tepat di pesisir selatan, dengan rute yang tidak jauh berbeda dengan pantai Bajul Mati, atau juga pantai Goa Cina. Dari kota Malang sendiri, pantai ini dapat ditempuh dengan 2 hingga 3 jam perjalanan atau sekitar 64 km.

Apabila Anda ingin menuju pantai Batu Bengkung dari arah kota Malang, sebaiknya arahkan kendaraan ke Turen, kemudian pergi ke arah selatan atau ke arah Sumbermanjing Wetan. Ikuti jalur yang ada hingga ke pantai Sendang Biru. Setibanya Anda di sebuah pertigaan, Anda akan menemukan papan petunjuk ke pantai Batu Bengkung. Ikuti jalur, dengan belok ke kanan. Jaraknya hanya sekitar 3 km, dari pantai Bajul Mati ke arah barat.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kondang Merak: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Bantur, Malang Jatim

Rute lainnya yang dapat digunakan adalah dengan melalui pantai Balekambang. Dari kota Malang, arahkan kendaraan ke Kepanjen, lalu ke arah Pagak hingga akhirnya tiba di Bantur. Setibanya di daerah Bantur, ambil rute yang mengarah ke pantai Balekambang, hingga akhirnya tiba di sebuah perempatan. Dari sini, belok ke kiri, dan pantai Batu Bengkung tepat sebelum pantai Bajul Mati. Rute yang satu ini, terbilang sangat bagus dan cepat untuk dilalui berbagai jenis kendaraan.

Sepanjang perjalanan, mata Anda akan disuguhkan dengan aneka pemandangan alam nan hijau dan juga memikat hati. Ini pula yang membuat Anda tidak merasa bosan di perjalanan.

Fasilitas dan aktifitas di pantai

Adapun fasilitas yang ada di objek wisata ini, terbilang cukup memadai, mulai dari, adanya toilet umum yang nyaman, kamar ganti yang nyaman, area parkir yang luas, aneka warung yang menjual makanan, gazebo, dan yang lainnya. Beberapa sarana seperti pusat peribadatan dan hal lainnya juga dapat Anda temukan di lokasi ini.

Selama berada di pantai ini, ada cukup banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan, antara lain :

  1. Menikmati deburan dan panorama alam yang cantik

Dibandingkan dengan panorama pantai lain yang ada di Indonesia ini. Panorama alam di pantai Batu Bengkung ini, terbilang cukup unik. Tidak hanya memiliki keindahan panorama laut, pantai ini, juga memiliki aneka karang-karang cantik yang membentuk sebuah tanggul kecil di sepanjang garis pantai.

  1. Berfoto ria

Kegiatan berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah berfoto ria. Salah satu spot yang paling sering digunakan oleh para pengunjung yang datang adalah berdiri di atas tebing, atau di atas bukit, dengan latar belakang pantai Batu Bengkung. Lokasi memotret yang pas, pastinya menghasilkan foto yang instagramable. Selain itu, ada juga beberapa lokasi spot foto lain yang dapat Anda ambil di lokasi sekitar pantai.

  1. Berenang dan berendam di kolam alami

Berendam di air asin, hal ini, dapat Anda rasakan, ketika berendam di salah satu dari diantara kolam-kolam alami di sekitar bibir pantai. Kolam-kolam alami ini sendiri terbuat dari batuan karang. Ketika air laut sedang surut, Anda dapat melihat dan berenang di salah satu dari kolam-kolam alami yang ada. Pastikan ombak yang muncul dalam kondisi stabil, atau tidak terlalu besar.

  1. Menikmati sunset saat senja tiba

Menikmati indahnya matahari terbenam di pinggir pantai, seolah menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus Anda lakukan, ketika bermain di pantai. Anda dapat menyaksikan indahnya matahari tenggelam ini, tepat di atas bukit atau tebing. Pemandangan yang akan Anda lihat ketika berada di atas bukit ini, memang sangat indah.

  1. Camping

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan, ketika berada di pantai Batu Bengkung ini adalah camping. Dengan adanya formasi batuan karang yang mampu memecah deburan ombak yang datang, sedikit banyak membantu debit jumlah air yang masuk ke pinggir pantai jadi sedikit. Di lokasi yang tidak terlalu jauh Anda dapat melakukan camping, dan mulai mendirikan tenda. Bermalam di pinggir pantai, sambil menikmati indahnya pemandangan alam yang ada pasti sangat mengasyikkan. Namun sebelumnya, Anda harus sudah memiliki izin resmi mendirikan tenda, oleh pengelola setempat.

  1. Menikmati kuliner seafood

Kegiatan lain dan termasuk salah satu kegiatan wajib, yang harus Anda lakukan, ketika mengunjungi sebuah kawasan pantai adalah menikmati kuliner seafoodnya. Tepat di sekitar pantai Batu Bengkung ini, Anda akan mudah menemukan beberapa warung yang menjual aneka kuliner yang terbuat dari aneka makanan laut, seperti lobster, kepiting, dan yang lainnya. Harga yang ditawarkan, pastinya cukup terjangkau.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Watu Leter: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

Event tahunan di pantai

Untuk mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Malang, tepatnya kawasan pantai. Pemerintah setempat giat mengadakan festival budaya. Kegiatan ini sendiri tidak hanya dilakukan hanya 1 pantai, namun di beberapa pantai yang ada di Malang, salah satunya adalah pantai Batu Bengkung. Kegiatan seperti ini, biasanya diadakan tepat pada hari jadi kota Malang, seperti pada HUT Malang tahun 2017 silam, yang menyelenggarakan The Heart of East Java. Kegiatan tersebut bahkan diadakan selama 1 bulan penuh. Dengan menggandeng beberapa komunitas dan beberapa pihak terkait yang berhubungan dengan kepariwisataan. Diharapkan, selain mampu menarik jumlah wisatawan yang ada, juga mampu mengedukasi masyarakat tentang objek wisata pantai.

Selain festival wisata tahunan, Pantai Batu Bengkung ini juga sering kali digunakan untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan tertentu. Seperti kegiatan camping beberapa komunitas tertentu, atau kegiatan lainnya. Kegiatan seperti ini, tentunya bersifat dadakan.

Peak season di pantai

Pantai Batu Bengkung Malang
Pantai Batu Bengkung Malang

Seiring dengan semakin terkenalnya objek wisata pantai Batu Bengkung, maka jumlah pengunjung yang datang pun semakin banyak.  Terutama pada saat memasuki akhir pekan, memasuki libur panjang, atau musim liburan. Jumlah pengunjung yang paling banyak datang adalah pasangan muda mudi yang ingin menikmati keindahan pantai Batu Bengkung dari dekat. Sedangkan pada hari-hari biasanya, jumlah pengunjung yang datang tidak terlalu signifikan.

Peringatan bahaya

Ketika Anda mengunjungi pantai Batu Bengkung, maka Anda perlu mewaspadai ombak yang ada di pantai tersebut. Karakteristik ombak yang ada di pantai Batu Bengkung ini, mirip dengan ombak yang ada di pantai Ngliyep, yang terletak di desa Kedungsalam, Donomulyo. Dimana ombak yang ada di pantai ini, bisa sangat tinggi, hingga mencapai 6 hingga 7 meter. Tingginya ombak yang tersebut, tentunya mampu mencapai lokasi tebing yang biasanya digunakan oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai secara keseluruhan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Ngliyep: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Donomulyo, Malang Jatim

Selain itu, ketika Anda mengunjungi pantai seperti ini, Anda juga harus memperhatikan aneka peringatan bahaya yang ada, dan jangan pernah melanggarnya, misalnya saja larangan berenang di pinggir pantai, dan hal lainnya.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Batu Bengkung adalah pantai yang terletak di jalur lintas selatan, sama halnya dengan Pantai Bajulmati dan Pantai Goa Cina, sehingga rute perjalanannya pun sama.
    Jika Anda mulai dari Kota Malang, setidaknya terdapat dua rute sebagai berikut :

    Pertama : Ketika berada di Kota Malang, pembaca bisa mengambil arah ke Turen, belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan diteruskan ke arah Pantai Sendangbiru. Selanjutnya akan ada pertigaan, disana terdapat papan petunjuk jalan, mengambil arah ke kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Jarak antara Pantai Bajulmati ke Pantai Batu Bengkung hanya sekitar 3 kilo ke arah barat. Rute ini dipenuhi jalanan berkelok-kelok karena melewati pegunungan, namun jalanan semua sudah beraspal.

    Kedua : Rute ke Pantai Bajulmati bisa juga dengan menempuh perjalanan ke Pantai Balekambang. Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur. Dari Bantur, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga sampai ke perempatan. Belok kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung. Dari arah barat, pantai ini terletak sebelum pantai Bajulmati. Sejauh pengalaman penulis, rute kedua ini lebih ideal karena akses jalan yang lebih baik sehingga lebih cepat.

    Harga Tiket Rp 10.000/org
    Parkir Rp 5.000/motor
    Parkir Menginap Rp 10.000/motor

    Fasilitas Pantai Batu Bengkung

    Mushola,
    Bagi sahabat muslim, tersedia mushola untuk menunaikan ibadah sholat.

    Warung Makan,
    Disekitaran pantai, sudah banyak kios penjual makanan dan minuman.

    Toilet,
    Kamar mandi juga banyak tersedia di pantai ini, jadi jangan khawatir, (Tarif Rp 2000).

  • Saya yang dari kecil hanya terbiasa dengan Pantai Sendang Biru, Pantai Ngliyep, dan Pantai Balekambang cukup terpesona dengan keberadaan banyak pantai baru di Malang selatan, salah satunya pantai Batu Bengkung.

    HTM pantai ini untuk musim lebaran Rp16.000/orang, dengan tarif parkir mobil Rp10.000 dan motor Rp5.000 yang sudah mencakup beberapa pantai di kawasan Batu Bengkung.

    Ombak laut selatan yang besar tertahan karang di teluk dan menumpahkan air laut menjadi beberapa kolam dengan kedalaman maksimal tidak lebih dari 1,5 m di bibir pantai.

    Anak-anak bisa bermain dengan aman di kolam ini. Saat senja tiba, matahari akan terbenam dengan indah di teluk yang sudah terdapat berbagai warung dan toilet umum ini. Wajib menjadi tujuan wisata pantai di Malang.

    Recommend utk melepas penat, pantainya bagus, tapi tdk boleh berenang karena ombak besar. Sunset nya indah.