Pantai Buyutan

Pantai Buyutan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Donorojo, Pacitan Jatim

Selain Pantai Klayar, di Pacitan juga ada pantai eksotis lainnya yang dapat Kalian nikmati, salah satunya ialah Pantai Buyutan di Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, tepatnya di Kecamatan Donorojo. Buyutan merupakan salah satu pantai di Pacitan yang masih asri dan tergolong sepi, jadi kalian bisa menikmatinya ibarat sebuah private beach. Menariknya, Pantai Buyutan ini terletak di bawah tebing. Disebabkan bibir Pantai Buyutan yang cukup panjang, kalian bisa turun langsung ke bawah sembari berjalan-jalan atau bermain air. Selain itu, di sini sudah dibuat jalan setapak jadi kalian bisa turun langsung ke bibir pantai.

Wisata Pantai Buyutan ini mempunyai air laut biru yang jernih dan hamparan pasir putih yang lembut. Dari bibir pantai, kalian bisa merasakan angin laut yang sangat menyejukkan. Di bibir pantainya, ada juga karang-karang yang dapat terlihat jelas saat air laut sedang surut. Tak hanya itu saja, Kalian juga bisa melihat batu karang berukuran besar. Di pantai ini, terdapat batu karang yang bentuknya beragam, seperti berbentuk perahu, hingga mahkota dewa.

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Pantai Buyutan

Jalur atau rute ke Pantai Buyutan bisa ditempuh dari area jalan utama ke Pacitan-Solo. Jika kalian datang dari kota Pacitan, maka acuannya ialah pertigaan di dekat Masjid Besar Punung dan terletak setelah SPBU Punung. Dari pertigaan tersebut, ambil belok kiri kemudian lurus terus sampai tiba di area pertigaan yang selanjutnya. Setelah itu, ambil belok kanan dan ikuti jalan utama menuju Goa Gong. Jika Kalian sudah melewati kawasan wisata Goa Gong, sebaiknya perhatikan petunjuk jalan lalu berbelok ke jalan menuju Kalak.

Sesampainya di perempatan Balai Desa Kalak, bisa ambil jalur ke kiri lalu sampai melewati Pasar Kalak terdapat pertigaan kembali, ambil belok kanan menuju jalan yang mengarahkan Kalian ke Desa Widoro. Terus ikuti jalan tersebut sampai di pertigaan yang di samping kirinya ada petunjuk arah ke Pantai Buyutan. Akan tetapi, medan jalan yang harus kalian tempuh memang cukup sulit. Awalnya berbentuk jalan aspal menurun, lalu memasuki kawasan jalan rabat. Ambil jalan lurus terus mengikuti jalan utama tersebut sampai melewati persawahan, lalu kalian pun bisa sampai di Pantai Buyutan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Srau: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Untuk transportasi umum ke Pantai Buyutan masih belum ada, jadi Kalian harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Pacitan dengan tarif yang berbeda-beda. Dengan menggunakan kendaraan/transportasi pribadi, membuat perjalanan kalian ke Pantai Buyutan semakin nyaman.

Aktivitas & Fasilitas di Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Pantai Buyutan

Untuk masuk ke Pantai Buyutan Pacitan ini, hanya perlu merogoh kocek Rp. 10 ribu saja untuk tiket masuknya. Jika berbicara tentang fasilitas, ada beberapa fasilitas penunjang yang tersedia di Pantai Buyutan Pacitan ini, diantaranya :

  • Tempat Berkemah

Daripada harus mencari hotel atau tempat penginapan, Kalian bisa membawa perlengkapan kemah langsung dari rumah kemudian mendirikan tenda di kawasan Pantai Buyutan, sebab berkemah di tepi pantai bisa menawarkan sensasi yang menyenangkan dan berbeda, serta bisa menambah pengalaman untuk menikmati suasana alam bahari sepenuhnya.

  • Tempat Makan atau Kantin

Kalian tak perlu khawatir kelaparan apabila berkunjung ke tempat ini, jika tidak sempat membawa bekal minuman maupun makanan. Di kawasan pantai ini kalian bisa menjumpai warung-warung yang menjual minuman maupun makanan dengan harga relatif terjangkau.

  • Toilet Umum

Kamar mandi atau toilet umum memang merupakan fasilitas terpenting yang harus dimiliki oleh setiap tempat wisata, dan di Pantai Buyutan sudah terdapat fasilitas toilet dengan baik.

  • Lahan Parkir

Area parkir yang tersedia di Pantai Buyutan sudah cukup memadai dengan area yang cukup luas dan aman. Selain itu, area parkir di Pantai Buyutan juga cukup untuk parkir bus pariwisata.

  • Tempat Penginapan

Kalian bisa mencari hotel atau tempat penginapan di area sekitar pantai sesuai budget yang kalian miliki.

Selain fasilitas yang ditawarkan, kalian juga bisa mencoba beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Buyutan, sebagai berikut :

  1. Perbukitan Karang

Perbukitan Karang yang ada di Pantai Buyutan ini adalah tempat favorit para pengunjung untuk camping, menikmati sunset sampai mendengarkan deburan ombak yang bergemuruh. Para traveler yang berkemah bisa memilih kawasan dengan sabana cukup luas serta tidak terjal.

  1. Batu Karang Mahkota Dewa Narada

Batu karang berukuran besar menyerupai mahkota juga tak terlepas dari legenda atau cerita rakyat. Berdasarkan cerita yang beredar, diceritakan bahwa saat Dewa Narada terbang tepat diatas pantai, mahkotanya terjatuh ke laut, yang mana mahkota tersebut menjadi batu karang besar dan terletak berdekatan dengan bibir pantai Buyutan. Selain itu, Batu Karang mahkota Dewa Narada tersebut juga bisa menjadi spot foto menarik.

  1. Habitat Monyet

Selain bisa menikmati suasana alam bahari eksotis, para pengunjung juga bisa menjumpai penghuni asli area perbukitan di kawasan Pantai Buyutan sebagai bukti jika wilayah ini tetap terjaga habitatnya sampai sekarang.

  1. Spot Diving, Surfing, dan Renang

Ombak pantai cukup besar dengan birunya laut sangat ideal untuk aktivitas diving, surfing, dan berenang dengan memakai peralatan sendiri sebab di sini masih belum terdapat tempat penyewaan. Dengan karakter ombak yang cukup besar tapi pantai di Pacitan ini tidak berbahaya, sebab ombaknya tidak menyeret serta langsung pecah sebelum tiba di bibir pantai.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Soge: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ngadirojo, Pacitan Jatim

Selain aktivitas wisata yang dijelaskan di atas, Pantai Buyutan juga menyuguhkan sumber air tawar yang terletak di area pegunungan yang jaraknya berdekatan dengan bukit sabana serta kawasan Pantai.

Event di Pantai Tiap Tahun

Hal menarik yang bisa kalian petik saat berwisata ke Pacitan ialah tak hanya tentang suasana keindahan alam bahari yang menakjubkan saja, melainkan juga tradisi budaya yang sering dilakukan oleh masyarakat Pacitan. Salah satunya ialah upacara Adat Ceprotan yang tak pernah terlewatkan setiap tahunnya.

Seperti upacar adat Methik Pari yang dilakukan di Kecamatan Bandar, kemudian kesenian Kethek Ogleg di Kecamatan Naawangan, Jaranan Pegon Pacitan di Kecamatan Arjosari, Mantu Kucing di Kecamatan Pacitan, Baritan di Kecamatan Kebonagung, Jemblung Somopuri di Kecamatan Tulakan, Jangkrik Genggong di Kecamatan Ngadirojo, Gembluk Kromomedjo di Kecamatan Sudimoro,Srumbung Mojo,dan lain sebagainya. Semua tradisi budaya tersebut dilakukan di waktu yang berbeda-beda. Untuk di Pantai Buyutan sendiri masih belum terdapat event-event yang rutin dilakukan setiap tahun.

Jadi di Pantai Buyutan masih hanya sebatas digunakan sebagai objek wisata alam saja. Pengunjung yang berdatangan ke pantai ini juga masih belum banyak, mengingat lokasinya yang cukup tersembunyi. Meskipun demikian, Kalian bisa lebih nyaman menikmati pesona alam bahari yang tampak seperti private beach di Pacitan ini.

Peak Season di Pantai Buyutan   

Sama seperti pantai pada umumnya, Peak Season di Pantai Buyutan berlaku pada hari-hari libur nasional, dan hari-hari besar tertentu. Seperti pada saat hari Raya Idul Fitri/Lebaran, Natal, dan Tahun Baru, biasanya ada banyak masyarakat lokal yang berdatangan hanya untuk menikmati keindahan bahari di pantai Buyutan. Selain itu, setiap libur akhir pekan pantai ini seringkali dipadati oleh pengunjung yang ingin berkemah sembari menikmati pesona alam bahari yang disuguhkan di pantai Buyutan, Pacitan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kasap: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Bagi Kalian yang tertarik pergi ke Pantai Buyutan, disarankan pergi di waktu-waktu tertentu yang bukan hari libur nasional, selain tarifnya naik juga kenyamanan dan suasana private Kalian akan terganggu. Mengingat padatnya pengunjung di waktu-waktu tersebut.

Peringatan Bahaya

Bagi kalian yang tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tenggelam atau terkena angin badai, maka harus tahu waktu yang tepat untuk pergi dan berenang di pantai. Sebaiknya hindari waktu-waktu terjadinya bulan purnama, atau saat ombak laut tinggi dan pasang, di bulan Januari atau di sekitar tanggal 14-15 setiap bulannya. Hal ini dikarenakan pada waktu-waktu tersebut, kondisi ombak di pantai Buyutan sedang pasang dan ombaknya tidak bersahabat. Akan tetapi, Kalian tak perlu khawatir jika berenang di pantai pada hari-hari biasa karena ombak di pantai ini tidak akan menyeret, sehingga masih aman untuk aktivitas berenang, surfing, maupun diving. Sehingga Kalian pun bisa menikmati momen-momen berwisata di Pantai Buyutan.

Mantai Team

2 comments

  • Tentu saja sebuah perjalanan yang cukup melelahkan. Akan tetapi rasa lelah akan hilang setelah melihat pantai yang sangat indah tersebut. Sementara jika mengambil rute dari Solo, bisa melalui jalur Solo – Sukoharjo – Wonogiri – Ngadirojo – Batu – Donorojo – Widoro.

    Searah ketika hendak menuju ke Pantai Klayar. Akan tetapi ketika berada di pertigaan pasar kecil, ambil jalur yang ke arah Barat menuju Desa Widoro. Akses menuju ke Desa Widoro ini memang cukup sulit. Jalanan yang sempit dan juga belum terlalu halus menjadi hambatan.

    Bahkan mobil 2 pun tidak muat. Sehingga harus mengalah salah satunya. Jalanannya juga cukup berliku-liku serta naik turun. Dari arah rute pasar, ikuti jalan hingga menemukan mushola kecil dan juga tempat berjualan bakso. Dan di sebelah selatan ada petunjuk jalan menuju ke Pantai Buyutan.

    Dari area parkir, para wisatawan sudah bisa melihat keindahan dan kemegahan salah satu pantai yang menjadi primadona di Pacitan ini. Dari area ini keindahan laut, pasir dan tebing di Pantai Buyutan siap memanjakan siapa saja yang berlibur ke sini.

    Sementara perjalanan dari area parkir ke arah bibir pantai sendiri hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua. Salah satunya dengan cara berjalan kaki. Pasalnya kondisi jalan yang berkelok-kelok dan juga curam. Dengan berjalan kaki para wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sembari berolahraga.

  • Pantai buyutan merupakan salah satu pantai di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Pantai tersembunyi nan eksotik, Salah satu pantai yang unik dan pernah saya kunjungi adalah pantai Buyutan, pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa timur.

    Keunikan dari pantai ini adalah adanya karang lancip layaknya gigi taring yang menjulang keatas, selain bentuknya yang cukup besar, karang ini juga terlihat sangat gagah ditengah luasnya laut selatan, sehingga tidak sedikit pengunjung yang mengunjungi pantai ini menggunakan karang ini sebagai latar untuk berfoto.

    Tempat Parkir di pantai ini tidak terlalu luas. Dari tempat parkiran atas terdapat ojek untuk menuju ke pantai. Jalan menuju pantainya sangat curam, sehingga harus berhati-hati. Jika ingin memakai jasa objek, cukup membayar 5rb rupiah.

    Di tepi pantai banyak pepohonan yang dapat bermanfaat untuk berteduh dari teriknya panas matahari. Banyak juga gazebo yang tersedia di tepi pantai. Salah satu keunikan dari pantai buyutan adalah adanya batu besar yang bentuknya menyerupai jari.

    Selamat berkunjung.