Pantai Citepus 3

Pantai Citepus: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jabar

Bagi warga Jakarta atau wilayah Jawa Barat, main ke Sukabumi adalah salah satu cara untuk menghilangkan penat dengan menghabiskan waktu santai selama akhir pekan ke tempat-tempat wisata alam yang menyegarkan. Ketika menyebutkan ingin main ke pantai di Sukabumi, Pantai Pelabuhan Ratu biasanya adalah yang muncul di benak kebanyakan orang. Padahal, pantai di Sukabumi tidak hanya Pelabuhan Ratu saja, masih banyak pantai dan tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu liburan akhir pekan Anda. Salah satunya yang bisa dikunjungi dengan nyaman adalah Pantai Citepus.

Pantai Citepus adalah pantai yang bisa dikunjungi oleh anak-anak muda, keluarga, maupun pasangan yang sekedar ingin menghabiskan waktu berdua. Ditemani dengan deburan ombak, hamparan pasir coklat yang cukup panjang hingga 5 km garis pantainya, Pantai Citepus menawarkan wisata pantai yang sederhana dan tidak terlalu banyak aktivitas sibuk yang kadang bisa terasa melelahkan. Bagaimana suasana di Pantai Citepus? Apa saja yang bisa Anda nikmati ketika main ke pantai ini? Berikut adalah ulasan informasi mengenai Pantai Citepus untuk menjadi agenda liburan Anda selanjutnya.

Lokasi dan rute perjalanan menuju Pantai Citepus

Pantai Citepus
Pantai Citepus

Pantai Citepus ada di Jalan Raya Cisolok – Pelabuhan Ratu no. 16, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya ada di pinggir jalan raya sehingga tidak sulit untuk dijangkau dan tidak jauh dari pemukiman penduduk. Pantai Citepus memiliki jarak sekitar 20 km dari Pantai Pelabuhan Ratu. Jika ditempuh dari Jakarta, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam menggunakan mobil. Jalur yang dilewati bisa melalui Tol Jagorawi, atau Jalan Tangkil – Agrabinata jika tidak ingin lewat tol. Sedangkan bagi Anda yang berangkat dari Jawa bisa lewat Tol Cipali untuk langsung ke Sukabumi, atau lewat Jalan Pantura namun waktu tempuhnya lebih lama. Kemudian masuk Sukabumi, langsung masuk ke Jalan Raya Cisolok – Pelabuhan Ratu.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Pelabuhan Ratu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jabar

Menggunakan kendaraan umum pun bisa untuk ke Pantai Citepus. Caranya, mulai dengan mengendarai bus jurusan Cisolok dari Terminal Sukabumi  kemudian sambung dengan menggunakan angkot yang bisa mengantar Anda tepat di pintu masuk Pantai Citepus. Harap diperhatikan jika ingin menggunakan kendaraan umum Anda tidak bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Citepus karena bus dan angkot hanya beroperasi hingga sore hari. Namun jika Anda berniat untuk menginap, di sekitar lokasi juga sudah ada beberapa hotel sederhana dan juga guest house bagi wisatawan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Citepus dan fasilitas yang tersedia

Pantai Citepus 2
Pantai Citepus 2

Pantai Citepus adalah pantai yang bisa dinikmati oleh segala usia. Untuk mencapai ke lokasi pantai tidak membutuhkan usaha yang berat, bisa dengan mudah dicapai dengan kendaraan pribadi tanpa harus melewati medan yang berat, pantainya luas dan tidak begitu ramai sehingga masing-masing pengunjung bisa menikmati suasana pantai tanpa terganggu dengan kegiatan orang lain. Berikut adalah kegiatan favorit yang biasa dilakukan orang ketika main ke Pantai Citepus:

Jalan-jalan di sepanjang pantai

Sepanjang 5 km garis pantai Pantai Citepus memiliki permukaan yang cenderung landai, pasirnya berwarna coklat dan ombaknya tidak terlalu besar sehingga suasananya lebih nyaman. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil sesekali mencelupkan kaki ke air laut dan merasakan lembutnya buih ombak. Bisa juga sambil olahraga jogging sepanjang pantai untuk membakar kalori lebih banyak, atau mengajak hewan peliharaan Anda main agar ia juga bisa tetap aktif dan sehat.

Foto-foto

Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan Anda dengan foto-foto. Banyak pengunjung yang memanfaatkan padang pasir yang luas untuk menghasilkan foto yang cantik. Sesekali Anda pun bisa mengambil gambar perahu nelayan yang terlihat sedang menangkap ikan di tengah laut karena biasanya Pantai Citepus dijadikan sebagai tempat para nelayan lokal untuk mencari ikan. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Citepus juga jadi incaran para fotografer karena dengan latar belakang pemandangan pantai yang luas, matahari terbenam bisa tampak lebih indah.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Ujung Genteng: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ujung Genteng, Sukabumi Jabar

Menikmati kelapa muda dan makanan kecil

Di sekitar Pantai Citepus terdapat beberapa penjual makanan dan juga air kelapa muda yang bisa dinikmati oleh pengunjung dengan harga yang murah. Anda bisa duduk-duduk di kursi-kursi yang sudah disediakan di sekitar pantai, atau menikmati suasana yang lebih natural dengan duduk di atas pasir pantai yang hangat. Tidak ada kuda di Pantai Citepus jadi Anda bisa duduk di atas pasir dengan lebih tenang karena bebas dari kotoran kuda atau kotoran hewan lain yang biasa ada di wisata pantai.

Harga tiket masuk untuk Pantai Citepus adalah Rp.10.000 per motor, dan Rp. 30.000 per mobil. Fasilitas-fasilitas yang ada di Pantai Citepus dalam kondisi yang cukup baik karena pantai ini dikelola oleh pemerintah daerah. Pertama, di sepanjang pantai dibuat tempat duduk dan juga meja yang bisa digunakan oleh pengunjung secara bebas, ada juga gazebo untuk yang ingin menikmati pantai tanpa panas-panasan dan bisa menikmati suasana pantai sambil tiduran.

Kedua, lingkungan Pantai Citepus cukup bersih dan bebas dari sampah karena dijaga oleh petugas kebersihan. Meski begitu, bagi Anda yang datang ke pantai ini juga sebaiknya ikut menjaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah dalam bentuk apapun di lingkungan pantai. Ketiga, bagi yang ingin mandi atau main air di pantai pun sudah disediakan kamar mandi yang bersih untuk membersihkan pasir dan ganti baju.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Citepus

Festival Geopark Ciletuh

Di kawasan Pantai Citepus belum ada event yang diselenggarakan secara tahunan namun Sukabumi punya beberapa acara tahunan yang bisa Anda saksikan ketika berada di daerah ini. Salah satunya adalah Festival Geopark Ciletuh di mana kawasan geopark ini adalah kawasan wisata alam yang dijaga keasliannya oleh pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah. Ciletuh merupakan kawasan yang jaraknya sekitar 40 km dari Pantai Citepus sehingga jika Anda menginap di kawasan pantai ini jaraknya tidak terlalu jauh untuk ikut menjadi bagian dari festival tahunan ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Karang Hawu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jabar

Festival Geopark Ciletuh adalah acara tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2015 dimana acaranya diisi oleh berbagai macam pentas seni dari ratusan seniman lokal. Dalam festival ini Anda bisa menikmati berbagai macam pentas seni seperti cepet, gondang, rengkak penyadap jipeng, pencak silat, wayang golek, dan masih banyak lagi lainnya termasuk festival kuliner lokal. Jadwal Festival Geopark Ciletuh setiap tahun berbeda, Anda bisa cek terlebih dulu jadwal untuk tahun ini sehingga waktu kunjungannya bisa lebih pas.

Datang saat hari kerja

Pantai Citepus cukup ramai di akhir pekan terutama pengunjung yang datang dengan keluarganya. Anda masih bisa menikmati suasana pantai yang menyenangkan meski harus berbagi tempat dengan orang lain di akhir pekan, namun jika Anda butuh suasana yang sepi, untuk melakukan pemotretan misalnya, sebaiknya pilih berkunjung di waktu dan hari kerja. Jika ingin melihat pemandangan matahari terbenam, Anda bisa datang sebelum pukul 5 sore untuk mencari tempat yang tepat menikmati matahari terbenam yang membuat langit terlihat lebih cantik dengan warna oren keunguan.

Hindari musim hujan

Seperti layaknya waktu berkunjung yang direkomendasikan di pantai lainnya, sebaiknya hindari mengunjungi Pantai Citepus di saat musim hujan. BMKG juga biasanya akan memberikan peringatan jika akan ada gelombang besar yang melanda pantai selatan. Ketika musim hujan pun nelayan cenderung tidak melaut dan kapal atau perahu yang bisa digunakan pengunjung untuk menjelajahi laut tidak beroperasi.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai yang sangat indah, kita bisa menikmati perbukitan sekaligus dengan laut luar biasa indah. Banyak penjual yang menjajakan makanan-makanan ringan dengan harga terjangkau.

    Banyak penyewaan kuda jika kalian ingin sedikit bermain atau hanya berfoto foto ria saja. Akses jalan utama sangat mudah., dan kamu bisa buktikan sendiri indahnya pantai citepus.

    Lokasi pantainya cukup mudah dijangkau, banyak gazebo yang disediakan untuk sekedar istirahat dan makan bersama teman-teman maupun keluarga Banyak penjual disekitaran pantai mulai dari kuliner hingga aksesoris ,Fasilitas yang berada disana Ada toilet, Mussalla.

    Masuk wilayah pelabuhan ratu tiketnya 20rb untuk mobil. Kalo di Citepus hanya bayar parkir 10rb (ada karcisnya) beda sama di cibangban, parkir motor Ampe di mintain 15rb/motor.

    Hampir setiap tahun Saya berkunjung ke pantai ini karena ada beberapa kegiatan rutinitas tahunan yang endingnya selalu di pantai citepus agak jauh sedikit sih tepatnya di pantai Karang Hawu hehehe

    Tapi pantai citepus sangat menyenangkan pemandangannya pasirnya dan juga makanannya di sini tidak begitu banyak makanan yang sepesial karena sudah pasti tidak jauh dari makanan seafood harganya juga terjangkau.

    Yang menyenangkan adalah ada banyak destinasi yang berdekatan dengan pantai citepus seperti Geopark Ciletuh dan lain-lain Biasanya sih kalau ke pantai ini kita sekaligus juga bernostalgia berjalan-jalan ke beberapa tempat yang berada di sekitaran Pelabuhan Ratu.

  • Pantai ini banyak sekali kenangan bersama keluarga. Indah banget sih menurut saya tapi sayangnya kebersihan bukanlah konsern utama dari pengelola, sayang sekali saya masih melihat banyak sampah berserakan disekitar pantai.

    Dan sedihnya lagi ada beberapa sampai yang memang terbawa ombak dari mana tau, saya sebagai insan pariwisata sangat menyayangkan hal tersebut.

    Destinasi wisata ini sangat bisa dijadikan destinasi wisata internasional seperti Bali, karena emg bener2 berpotensi sekali gitu,

    Oiyaa pantai ini sepi juga loh jadi kalo kalian yang liburan kesini bener bener kayak private beach gitu, ombaknya juga gak begitu gede. Gue saranin kalo mau kesini mending pagi/siang karena biar bisa nikmatin pantainya yang jernih, dan banyak homestaynyaa daerah sini.

    Untuk harga tiket masuk ke pantai cipetus pada saat itu hanya sebesar 17.500 rupiah untuk hari biasa dan 20.000 rupiah untuk weekend ataupun hari libur.

    Lokasi yang bisa jadi pelarian jika kamu penat dari berbagai pekerjaan, bisa lah ya untuk main-main.