Pantai Drini

Pantai Drini: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Pantai Drini saat ini sedang menjadi objek destinasi wisata favorit para wisatawan. Pantai Drini merupakan pantai yang terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Keindahan dari pantai ini tidak perlu diragukan lagi karena disana selain menyajikan pantai yang cantik nan bersih, ada juga beberapa spot foto dan fasilitas wisata yang bisa Anda gunakan. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami, serta ciri khas yang dimilikinya yaitu pasir putih bersih dan pulau karang kecil yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai tersebut. Pantai Drini juga dikenal sebagai pantai yang memiliki dua wajah. Dikarenakan disebelah barat, Anda dapat melihat perahu nelayan serta tempat pelelangan ikan yang membuat sisi ini nampak padat dan kumuh dan di sisi yang sebelah timur, Anda dapat melihat pemandangan pantai lengkap dengan pasir putih yang cantik dengan ciri khas ombaknya yang tenang dan perbukitan hijau nan indah. Justru karena keunikan ‘Dua Wajah’ yang dimiliki oleh Pantai Drini inilah yang membuat menjadi semakin menarik untuk dikunjungi.

Pantai Drini
Pantai Drini

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Drini ini, maka terlebih dahulu pastikan Anda sudah mengetahui rute untuk menuju kesini. Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, sebaiknya gunakan rute dari pusat kota Yogyakarta dan mengambil arah ke Wonosari. Setelah itu, Anda dapat mengambil rute menuju ke Mulo dan lurus saja sampai ke arah Pantai Baron. Sebelum menuju jalan ke Pantai Baron, akan ada pertigaan dan beloklah ke arah kiri untuk menuju ke Pantai Drini. Jarak yang ditempuh untuk menuju Pantai Drini dari pusat kota Yogyakarta yaitu berkisar 60 km dan memakan waktu selama 2-3 jam perjalanan.

Akses jalan menuju pantai ini juga terbilang sudah cukup baik, walaupun di beberapa bagian masih ada medan jalan yang sedikit berkelok-kelok. Namun, hal ini akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang disuguhkan sepanjang perjalanan menuju pantai cantik di Gunung Kidul ini. Untuk menuju ke pantai ini juga Anda bisa menggunakan moda transportasi umum berupa bus. Akan tetapi, bus ini hanya melayani rute dari Jogja-Wonosari saja, sehingga untuk menuju ke pantai nya Anda perlu berjalan kaki dikarenakan jarangnya bus menuju Pantai Drini ini. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda ingin mengunjungi pantai ini sebaiknya sewa saja sepeda motor atau mobil yang kini sudah banyak disewakan di beberapa rental di Yogyakarta agar lebih aman dan mudah.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sepanjang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai

Di Pantai Drini ini, tidak hanya terdapat banyak sekali spot foto indah yang dapat Anda manfaatkan untuk berfoto di kawasan pantai, akan tetapi banyak juga fasilitas yang tersedia dan bisa Anda manfaatkan ketika berada disana. Harga tiket masuk ke Pantai Drini yaitu Rp. 4.000 per orang. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Drini adalah area parkir yang luas, toilet, gazebo dan penginapan yang cukup banyak, restoran, dan juga ada tempat ibadah. Tentunya adanya fasilitas-fasilitas ini dapat memudahkan Anda ketika berkunjung kesana dan memerlukan fasilitas tambahan tanpa harus keluar dari area pantai. Untuk parkir dikenakan harga Rp. 3000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Di pantai ini juga terdapat banyak sekali warung-warung yang menyajikan aneka jenis kuliner yang bisa Anda coba. Umumnya, makanan yang disajikan disini berupa makanan lokal dan makanan dengan bahan dasar seafood. Untuk harga yang ditawarkan juga cukup murah, karena tempat ini merupakan warung-warung sederhana (bukan restoran). Salah satu menu yang wajib Anda coba adalah ikan bakar.

Pantai Drini
Pantai Drini

Jika Anda sudah merasa lelah setelah menyusuri pantai seharian, Anda bisa memanfaatkan fasilitas gazebo yang terdapat di sekitar bibir pantai. Anda bisa menggunakan gazebo ini untuk beristirahat dan bercengkrama bersama dengan teman-teman Anda. Gazebo ini bisa Anda gunakan dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 10.000 saja. Ada juga fasilitas berupa kamar mandi yang bisa Anda gunakan ketika ingin membersihkan diri selepas bermain di pantai. Untuk menggunakan fasilitas kamar mandi umum ini, dikenakan biaya Rp 4.000 per orang. Jika Anda seorang muslim dan ingin melaksanakan ibadah, Anda tidak perlu khawatir, karena disini juga sudah menyediakan fasilitas ibadah berupa Mushola yang cukup nyaman dan bersih. Disini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa untuk tempat bermalam di sekitar pantai. Harga penginapan bervariasi sesuai dengan tempat mana yang Anda pilih. Anda bisa menyaksikan keindahan pantai di kala malam hari hingga menjelang pagi.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Timang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Ada bagian paling unik dari fasilitas yang disediakan disini, yaitu terdapat salah satu tempat yang bernama gardu pandang. Gardu pandang ini disediakan untuk pengunjung agar bisa menikmati matahari terbit dan keindahan pantai dari ketinggian. Dari Gardu Pandang ini Anda bisa menyaksikan pemandangan indah Pantai Drini yang masih bersih dan asri serta keindahan beberapa objek yang terdapat didalamnya termasuk pulau karang.

Di pantai ini juga terdapat pulau karang yang bisa Anda kunjungi. Anda hanya cukup melewati sungai kecil yang berada di antara pantai dan pulau karang tanpa menggunakan perahu. Kemudian, Anda bisa menaiki pulau karang ini dengan melalui tangga beton dan jalan bambu dengan membayar Rp 1000 saja per orangnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengunjungi pulau karang ini, Anda harus jeli dan mengetahui air laut apakah pasang atau surut, agar Anda tidak terjebak di pulau karang tersebut.

Event di Pantai Setiap Tahun

Ada beberapa kegiatan ataupun event yang rutin dilaksanakan di Pantai Drini yaitu Aksi Sapta Pesona dan Sadar Wisata. Event ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini juga bertujuan untuk membersihkan pantai, menjaga keindahan pantai, serta melestarikan pantai dengan cara menanam pohon-pohon disekitar pantai. Biasanya, pada pelaksanaan acara ini akan dibuka oleh penampilan artis-artis lokal. Para peserta dan tamu undangan akan disuguhkan dengan hiburan-hiburan yang disediakan disana. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Bapak Aris Riyanta. Acara ini juga dikunjungi oleh beberapa pihak penting seperti Dinas Pariwisata Yogyakarta, Dinas Pariwisata Gunung Kidul, Beberapa Perangkat Desa, Polisi, Koramil dan juga kelompok-kelompok Sadar wisata serta warga sekitar ataupun pengunjung pantai. Pada acara ini akan dilakukan kegiatan kebersihan dan penanaman pohon. Akan diberikan juga beberapa alat kebersihan untuk mewujudkan kebersihan pantai sebagai salah satu nilai dari Sapta Pesona. Aksi penanaman pohon juga diharapkan bisa membuat Pantai Drini semakin asri dan nyaman untuk dikunjungi.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Wohkudu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Panggang, Gunung Kidul Jogja

Peak Season di Pantai

Pantai Drini biasanya ramai dikunjungi oleh para wisatawan di hari-hari libur. Misalnya saja seperti pada akhir pekan, pantai ini akan dipenuhi oleh wisatawan. Belum lagi pada hari libur perayaan-perayaan, misalnya saja seperti libur hari natal, libur idul fitri, libur tahun baru, libur sekolah dan masih banyak lagi hari libur yang biasa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berkunjung kesini. Bukan tanpa alasan jika Pantai Drini selalu dipadati pengunjung setiap waktu liburan tiba, karena para wisatawan ingin betah berlama-lama di pandai yang indah nan elok ini. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini di kala waktu liburan, Anda bisa mengantisipasi jika ingin memesan penginapan, sebaiknya dari jauh-jauh hari sebelumnya agar Anda nyaman singgah di pantai ini.

Peringatan Bahaya

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Drini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, misalnya waktu yang cocok untuk mengunjungi pantai ini. Pemilihan waktu ini penting untuk mengetahui kapan tepat atau tidaknya waktu ketika mengunjungi pantai. Dikarenakan biasanya ketika bulan Januari akan ada beberapa angin ribut yang menerjang pantai. Kemudian, di bulan Juli juga biasanya ombak akan mengalami kenaikan bahkan hingga mencapai 3-5 meter dan pernah menyeret gazebo di sekitar bibir pantai. Oleh sebab itu, pilihlah waktu-waktu kunjungan yang tepat agar Anda tetap merasa nyaman dan aman ketika mengunjungi Pantai Drini yang cantik ini. Karena keselamatan adalah hal nomor satu yang wajib Anda jaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Yang istimewa dari Pantai Drini adalah sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai. keberadaan pulau kecil ini seolah membuat Pantai Drini terbagi menjadi dua bagian.

    Di sisi timur pantai terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh bak benteng yang menghadang ombak dipadukan dengan keindahan pulau karang, airnya yang lebih tenang memungkinkan bagi Anda untuk berenang.

    Sedangkan di sisi barat, Anda bisa melihat jajaran perahu bercadik yang pulang dari berlayar mencari ikan. Ombak yang besar membuat perairan di barat ini terlihat lebih ganas.

    PANTAINYA AIRNYA BIRU BANGET. Perjalanan ke pantai ini memerlukan waktu sekitar 2 jam dari UGM. Untuk spot foto asik juga dan waktu itu cukup sepi. Pas banget kalau mau liat sunset cause it’s tooooo real and beautiful!

    Fasilitasnya cukup lengkap, ada warung, kamar mandi, dll. Bisa nyewa tikar juga untuk duduk-duduk dan perlengkapan mainan pasir, jadi untuk ibu-ibu yang bawa anak bisa tenang hehe

  • Pantai Drini merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul. Pantai satu ini terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Baron dan Pantai Sepanjang.

    Lokasi Pantai Drini ini juga masih berada satu jalur dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai sundak, dan beberapa pantai lainnya.

    Salah satu pantai di daerah Wonosari yang nyaman untuk di kunjungi, selain tempat parkirnya luas, disini juga tidak terlalu ramai seperti pantai lainnya. Jadi kita masih bisa menikmati suasan pantai. Tersedia menu masakan seafood dan kelapa muda dengan harga yang relatif terjangkau. Ada beberapa spot bagus untuk berfoto seperti pulau drini dan tebing drini.

    Pantai ini sangat luar biasa indah menawarkan berbagai macam pesona alam yang sangat luar biasa. Jalan menuju ke sana juga sudah mulai ditata dengan baik.

    Pemandangan alam yang ditawarkan begitu mempesona sehingga bagi siapapun yang datang ke sana akan rindu untuk kembali pulang. Harga tiket yang terjangkau serta berbagai macam fasilitas yang telah disediakan akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

    Pemandangan yang ditawarkan menyimpan banyak kenangan, pengen ke pantai ini lagi.