Pantai Gatra

Pantai Gatra: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Malang Jatim

Pantai Gatra  menjadi salah satu pantai di Jawa Timur yang menyimpan sejuta pesona dan sayang untuk dilewatkan. Pantai yang ada dipesisir selatan Pulau Jawa memang terkenal dengan pantai – pantainya yang indah. Tidak sedikit pantai yang masih belum begitu terjamah oleh manusia sehingga kealamiannya masih sangat terjaga.

Pantai Gatra
Pantai Gatra

Biasanya pantai selatan Pulau Jawa selalu identik dengan ombak besar dan juga pasir putihnya. Namun berbeda dengan Pantai Gatra dimana pantai yang satu ini sebenarnya merupakan konservasi alam yaitu Mangrove. Namun sejak tahun 2014 silam, pantai ini telah dibuka untuk umum sebagai obyek wisata pantai di Jawa Timur.

Pantai Gatra menawarkan pesona alam yang eksotis. Bahkan keindahan alam pantai ini disebut – sebut merupakan Raja Ampat – nya Jawa Timur. Pantai ini memiliki kondisi lingkungan yang sangat bersih dan bebas sampah. Air laut yang jernih, tenang dan bebatuan karang yang berdiri kokoh menyerupai Raja Ampat di Papua. Sehingga bagi anda yang ingin merasakan sensasi Raja Ampat, anda bisa datang ke Pantai Gatra ini.

Lokasi, Rute Dan Akses Jalan

Berbicara mengenai Raja Ampat Papua pasti membuat siapapun terpesona dengan keindahannya. Bahkan turis mancanegara pun banyak yang mengagumi pesona alam Raja Ampat. Namun tahukah anda bahwa ternyata di Jawa Timur ternyata terdapat pantai yang mana keindahannya menyerupai Raja Ampat yang ada di Papua tersebut, namanya adalah Pantai Gatra.

Lokasi Pantai

Pantai yang satu ini berlokasi di Sendangbiru, Sitiharjo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Yang membedakan pantai ini dengan pantai – pantai lainnya adalah adanya gugusan batu karang dengan air laut yang bening dan tenang. Sangat mirip dengan Raja Ampat, sehingga banyak orang menjuluki pantai ini dengan Raja Ampat nya Jawa Timur.

Apalagi di pantai ini merupakan kawasan konservasi mangrove. Konservasi ini dikelola oleh POKMAS yang mana bersama masyarakat setempat turut menjaga dan melestarikan lingkungan, terutama kawasan pantai agar tetap bersih dan lestari. Pantai ini memang tersembunyi dan dikenal akan kebersihannya. Hal ini berkaitan dengan peraturan yang dibuat oleh masyarakat dan pengelola kawasan pantai agar warga dan siapapun yang mengunjungi Pantai Gatra ini selalu menjaga kebersihan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Ngliyep: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Donomulyo, Malang Jatim
Pantai Gatra
Pantai Gatra

Upaya ini dimulai dengan dibuatnya aturan yang dipasang di pos pintu masuk kawasan pantai dan dibuat sebagai aturan ketat yang tentu saja wajib ditaati. Apabila terdapat warga atau pengunjung yang didapati membuang sampah secara sembarangan di kawasan pantai ini, maka akan dikenai hukuman sesuai dengan ketentuan. Biasanya ketika memasuki pos pintu masuk, anda akan disapa oleh petugas kemudian diberitahukan mengenai tata tertib atau aturan apa sajakah yang harus anda patuhi.

Kemudian setelah itu petugas juga akan menanyakan mengenai barang apa sajakah yang anda bawa. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi barang bawaan apa sajakah yang nantinya berpeluang menjadi sampah. Sehingga anda diwajibkan untuk membawa kembali sampah – sampah tersebut, bukan membuangnya secara sembarangan di kawasan pantai. Pemberlakukan hukuman bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan di Pantai Gatra ini tidak boleh boleh dianggap remeh karena pengelola pantai ini memang sudah memiliki badan hukum sehingga akan lebih kuat.

Rute dan Akses Jalan

Pantai Gatra ini memiliki jarak tempuh sekitar 73 km dari pusat kota Malang. Sedangkan lama waktu perjalanan bisa mencapai 2 jam (sepeda motor) dan 3 jam (mobil). Sebenarnya bisa saja anda menggunakan roda empat untuk menuju pantai ini. Hanya saja kondisi jalan yang belum sepenuhnya  baik, menjadi salah satu alasan mengapa anda disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Karena akses jalan yang sebagian masih berupa tanah, membuat roda empat hanya bisa sampai di Tempat Pelelangan Ikan saja. Kemudian disana kendaraan anda akan dijaga oleh petugas. Sedangkan untuk kendaraan roda dua hanya bisa masuk sampai pintu masuk saja, lalu sekitar 500 meter menuju Pantai Gatra harus berjalan kaki.

Aktifitas Dan Fasilitas

Ketika berkunjung tentang suatu tempat wisata tentu anda akan penasaran dengan aktifitas dan fasilitas apa saja yang bisa dilakukan ditempat tersebut.

Ketika berkunjung ke Pantai Gatra anda bisa menikmati beragam aktifitas, diantaranya adalah :

  • Snorkeling dan Diving
Pantai lain dekat sini:  Pantai Watu Leter: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

Dipantai ini anda bisa melakukan snorkeling atau diving karena arus lautnya yang tenang. Air lautnya yang bening membuat anda bisa dengan mudah menikmati pemandangan bawah laut.

  • Naik Kano

Bagi anda yang tak ingin berenang, snorkeling maupun diving anda tetap bisa menikmati beningnya air laut pantai ini dengan naik kano. Anda bisa menyewa kano dengan tarif Rp. 25.000.

Pantai Gatra
Pantai Gatra
  • Menyusuri Pantai

Pantai yang dijuluki Raja Ampat versi Jawa Timur ini memang menawarkan pemandangan alam yang unik dan berbeda dengan pantai – pantai yang ada di Pulau Jawa. Pantai ini memiliki gugusan batu karang mirip yang ada di Raja Ampat Papua, air laut yang jernih dan tengang, hamparan hutan mangrove yang hijau. Ada pula bukit kapur yang berada disekeliling hutan mangrove. Ketika anda menyusuri pantai ini, anda akan disuguhi dengan panorama alam yang berbeda dengan pantai lain.

Pantai Gatra
Pantai Gatra
  • Tracking

Anda juga bisa merasakan sensasi tracking ketika berkunjung ketika mengunjungi pantai yang satu ini. Jika anda menggunakan mobil atau kendaraan roda empat lainnya, anda akan melewati jalur tracking dengan berjalan kaki sekitar 1.3 km. Sedangkan jika menggunakan roda dua, anda bisa tracking sekitar 500 meter menuju bibir pantai. Jika anda membawa rombongan, anda bisa menyewa jasa pemandu dengan tarif Rp. 50.000 – 100.000. Dan jika anda tidak ingin jalan kaki, anda juga bisa menyewa jasa ojek untuk mengantarkan anda dengan tarif Rp. 10.000.

  • Camping

Selain itu, anda juga bisa melakukan camping untuk merasakan sensasi menginap dalam tenda dengan suguhan pemandangan pantai yang mengagumkan. Di pos penjagaan juga sudah disediakan peralatan camping yang bisa anda sewa dengan biaya Rp. 25.000, namun jumlahnya masih terbatas.

Fasilitas dan Biaya Tiket Masuk

Sedangkan untuk fasilitas, anda bisa merasakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Untuk tiket masuk memang hanya dikenai biaya yang cukup murah yaitu Rp. 6.000 saja. Biaya tersebut akan dipergunakan untuk membeli bibit mangrove. Sedangkan untuk denda membuang sampah sembarangan sebesar Rp. 100.000/sampah.

Mengenai fasilitas, tak banyak yang bisa anda dapatkan disini. Hanya ada toilet umum dan tungku. Tungku tersebut bisa digunakan bagi pengunjung yang ingin memasak ketika camping. Di area pantai ini juga dilarang menyalakan api unggun untuk menjaga agar tidak merusak pasir pantai.

Sangat disarankan juga agar anda membawa bekal makanan sendiri karena ketika anda sudah memasuki kawasan Pantai Gatra, anda tidak akan menjumpai warung atau tempat makan. Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja. Namun usahakan untuk tetap mematuhi peraturan agar tidak merusak kelestarian kawasan wisata Pantai Gatra ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Tiga Warna: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

 

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Gatra merupakan satu pantai dari sekian banyaknya pantai di Malang Selatan. Tempat Wisata di Jawa Timur ini terbilang belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Namun di kalangan masyarakat Malang sendiri, nama pantai ini mungkin sudah dikenal lebih luas.

    Keberadaan pantai Gatra di Malang ini akan mengingatkan wisatawan dengan Raja Ampat Papua Barat yang terkenal itu. Mengapa demikian? Karena pantai ini memiliki beberapa pulau karang yang berwarna hijau di pantainya. Hal ini jugalah yang menyebabkan ombak di tepi pantai tidak terlalu besar sehingga wisatawan bisa beraktivitas di pantai dengan lebih leluasa.

    Keunikan lain dari Pantai Gatra Malang adalah pantainya yang masih merupakan wilayah konservasi yang sangat dilindungi. Hal ini membuat para wisatawan tidak bisa sembarangan membuang sampah.

    Di loket masuk, bahkan barang bawaan wisatawan akan didata, yaitu barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah. Dan saat keluar, sampah-sampah itu memang harus dicek lagi. Dengan demikian kebersihan pantai akan sangat terjaga.

    Keindahan Pantai Gatra memang masih sangat alami. Pasir pantainya yang berwarna putih akan terlihat harmonis dengan air laut yang berwarna biru terang. Selain itu, angin yang berhembus sepoi-sepoi akan menghiasi kegiatan wisata Anda. Ditambah pepohonan hijau yang terlihat sangat asri dan menyejukkan mata

  • Satu kawasan dengan Pantai 3 Warna dan Pantai Clungup, yaitu CMC (Clungup Mangrove Conservation). Ke pantai Gatra dan Clungup tidak perlu reservasi, seperti untuk ke Pantai 3 Warna. Dari parkiran masih harus jalan kaki/naik ojek 3 km lagi. Tidak ada toilet dan warung makan di area ini.

    Karena merupakan kawasan ekosistem mangrove, di sepanjang jalan setelah pos pendaftaran, kita bisa melihat hewan-hewan ekosistem mangrove di genangan-genangan air, seperti kepiting uca yg capitnya besar sebelah, ikan glodok yg meloncat2, dll.

    Di Pantai Gatra sendiri, tepi pantai banyak genangan-genangan air yang menjadi habitat hewan ekosistem mangrove. Selain ikan glodok dan kepiting uca, ada siput laut, umang-umang, ikan2 kecil, dll. Sangat menarik berjongkok memperhatikan hewan-hewan ini. Pemandangannya saat menjelang sunset cukup cantik.

    Aksesnya cukup melelahkan. Jarak antara parkiran dengan pantai mencapai 1.5km lebih dan ditempuh dengan jalan kaki. Bisa saja menggunakan ojek, tapi hanya setengahnya saja. Sisanya haru berjalan kaki. Perjalanan ke pantai serasa ke gunung. Pemandangan cukup bagus, seperti pada pantai-pantai malang yang lain.

    Kebersihan sangat terjamin karena aturan denda yang diberlakukan. Saat perjalanan, akan ada pos untuk memeriksa barang apa saja yanh dibawa pengunjung yang berpotensi menjadi sampah.

    Barang akan didata dan saat pulang akan diperiksa dan harus sesuai dengansaat berangkat, apabila tidak akan didenda 100rb/sampah. Hal ini dilakukan agar tidak ada sampah yang tertinggal. Fasilitas dipantai ada kamar mandi yang cukup banyak, serta satu warung yang menjual makanan, minuman, dan shampo.