Pantai Glagah

Pantai Glagah: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Temon, Kulon Progo Jogja

Jika Anda pergi ke kawasan Kulon Progo, ada baiknya jika mengunjungi pantai Glagah, atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan Pantai Glagah Indah. Pantai yang satu ini  terkenal akan laguna dan tetrapod beton yang sengaja disimpan, untuk memecah ombak, secara maksimal. Deburan ombak ketika menyentuh tetrapod inilah yang kemudian menghasilkan bunyi deburan ombak yang agak besar.

Pantai Glagah
Pantai Glagah

Dibandingkan dengan lokasi pantai lainnya di Yogyakarta, pantai Glagah ini memang cukup unik. Laguna yang ada di pantai ini, terbentuk dari salah satu bagian daratan yang bentuknya cekung, dan di dalamnya berisi air laut yang sedang pasang. Semakin lama cekungan tersebut mulai membentuk sebuah telaga yang cukup luas, dengan aliran yang tenang. Sedangkan tepiannya ditumbuhi oleh aneka rumput liar yang tumbuh dengan subur.

Selain itu, dipantai ini Anda akan menemukan deretan tetrapod di sepanjang jalan setapak, dimana jalan tersebut, juga berfungsi sebagai akses jalan menuju dermaga. Deburan ombak yang menghantam tetrapod inilah yang kemudian menjadi panorama unik dan indah tersendiri, dibandingkan pantai lainnya di Yogyakarta.

Lokasi dan cara menuju lokasi

Pantai Glagah sendiri, terletak di desa Glagah, kecamatan Temon, Kulon Progo – Yogyakarta. Jika dari pusat kota Yogya, maka jarak tempuhnya sekitar 15 km. Apabila Anda ingin mengunjungi pantai tersebut, ada 2 buah rute yang dapat ditempuh, yaitu :

  • Melalui jalan Bantul, dari jalan bantul, Anda akan mengemudikan kendaran ke arah Purworejo. Sesampainya di lampu merah Palbapang, berikutnya arahkan kendaraan ke kanan, melewati jalan Srandakan, dan terus melalui jembatan Srandakan. Berikutnya, ketika Anda sampai ke lampu lalu lintas berikutnya, belokkan kendaraan ke kiri, hingga menuju ke pantai Glagah.
  • Melalui jalan wates, Anda akan mengarahkan kendaraan ke Purworejo. Berikutnya arahkan kendaraan menuju pantai Glagah.

Ini adalah, rute yang dapat Anda gunakan untuk menuju pantai Glagah menggunakan kendaraan pribadi. Bepergian menggunakan kendaraan pribadi seperti ini, pastinya menyenangkan, karena Anda dapat berhenti di beberapa titik tertentu, untuk menikmati indahnya panorama alam yang ada.

Pantai lain dekat sini:  Top 6 Pantai di Jogja Terbaik Wajib Dikunjungi 2020 ini

Namun jika Anda menggunakan umum, terutama Anda yang melakukan backpacker. Maka Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan Jogja – Wates. Anda dapat berangkat dari terminal Giwangan, berikutnya berhenti di terminal kota Wates. Dari terminal ini, Anda akan melanjutkan perjalanan menggunakan bus umum, dengan jurusan Pantai Glagah – Congot – Trisik. Di tengah jalan, Anda akan turun tepat di depan pintu masuk pantai Glagah.

Fasilitas dan aktifitas di pantai

Untuk masalah fasilitas yang ada di pantai Glagah ini, Anda tidak perlu khawatir. Fasilitas yang ada terbilang cukup lengkap, seperti mushola, toilet, kamar mandi, aneka warung makan, dan fasilitas lainnya. Anda yang ingin menginap di sekitar pantai juga tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada beberapa penginapan. Selesai berwisata, Anda dapat mengunjungi toko oleh-oleh khas, seperti aneka kerajinan tangan, aksesoris, selendang, dan hal lainya.

Sedangkan untuk aktivitas yang dapat Anda lakukan di tempat ini, juga cukup banyak, seperti:

  • Menyewa sampan

Apabila Anda membawa keluarga, ada baiknya jika mencoba menyewa kapal kecil berbentuk bebek atau sampan. Kapal seperti ini, dapat Anda gunakan untuk menikmati keindahan laut dari jarak yang cukup dekat.

  • Bersepeda ria

Di lokasi ini, Anda juga akan menemukan penyewaan ATV, motor cross dan juga penyewaan sepeda. Anda yang menyukai kegiatan penuh adrenalin, tentunya dapat menyewa kendaraan tersebut, dan mulai menjelajahi keindahan pantai dari dekat.

  • Memancing

Bagi Anda yang suka kegiatan memancing, maka coba bawa perlengkapan memancing Anda, lalu pilih salah satu dari 2 lokasi memancing yang ada. Lokasi yang pertama adalah di sekitar laguna, dan lokasi yang kedua adalah di atas tetrapod. Jika memancing di sekitar laguna maka ikan yang akan akan diperoleh, antara lain belanak, nila, betik, kakap bakau, ikan gabus dan juga betutu. Selain itu, memancing di sekitar laguna juga dinilai cukup aman. Lagi lagi jika Anda memancing di atas tetrapod, maka Anda harus berhati-hati, karena deburan ombaknya yang cukup kencang. Teknik memancing yang dapat Anda gunakan di sekitar laguna adalah lure top water atau spot fly fishing, sedangkan umpan yang sebaiknya digunakan adalah cacing dan juga lumut.

  • Mengunjungi agrowisata kebun buah

Di Sekitar pantai Glagah sendiri terdapat sebuah perkebunan buah naga yang bernama Agrowisata Kusumo Wanadri. Di lokasi ini, Anda dapat belajar bagaimana cara menanam, merawat, dan memanen buah naga yang baik. Selain itu, Anda dapat berkeliling perkebunan dan juga membeli buah naga yang ada, dengan harga yang relatif lebih murah. Selain berbelanja aneka buah naga, Anda juga dapat mengunjungi aneka permainan outbound yang ada di lokasi tersebut, seperti permainan flying fox, kano, futsal pantai, dll.

  • Menyaksikan sunset

Pantai Glagah
Pantai Glagah

Salah satu kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di lokasi ini, adalah menikmati indahnya sunset. Suasana sunset yang ada di pantai Glagah ini, tidak kalah cantik dengan aneka panorama sunset di pantai manapun di Indonesia. Khusus untuk Anda yang menyukai kegiatan fotografi, tentunya dapat mengambil foto, tepat saat matahari terbenam berpadu dengan pecahnya ombak di antara tetrapod. Pasti akan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Nglambor: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Event di pantai

Saat ini, pantai Glagah tengah dipromosikan oleh pihak pemerintah setempat. Jadi tidak heran, jika lokasi ini, kerap kali digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan event. Ada beberapa event yang diadakan secara spontan, namun ada juga event tahunan. Untuk event spontan yang pernah diadakan di pantai Glagah ini adalah event Glagah 5K #Tropicolorun, yang diadakan pada Minggu, 29 April 2018 kemarin. Lalu ada juga event nite lantern festival yang juga diadakan di pantai Glagah pada tahun 2017 silam.

Sedangkan untuk event tahunan, pantai Glagah ini, selalu menjadi lokasi tepat untuk menyambut tahun baru, dan ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 silam. Salah satunya adalah yang akan diselenggarakan pada akhir tahun 2018 ini. Dimana event yang akan diadakan adalah Kulon Progo Metal Fest 7. Selain menyelenggarakan parade band metal, para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan kemah bersama, pada malam tahun baru. Tentunya ini akan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, sekaligus mempromosikan pantai Glagah ke masyarakat luas.

Peak season

Seperti lokasi pantai lainnya, pantai Glagah ini, paling ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat akhir pekan dan juga pada saat, musim liburan.  Pada masa itu, jumlah pengunjung yang datang cukup banyak. Sedangkan pada hari biasa, jumlah pengunjung tidak terlalu padat. Selain itu pantai ini juga akan penuh sesak, ketika diselenggarakan sebuah event, baik itu event dadakan atau event tahunan.

Apabila Anda berencana untuk mengunjungi pantai Glagah ini, sebaiknya ambil hari biasa, agar Anda dapat menikmati keindahan pantai Glagah secara leluasa. Namun jika Anda ingin mengunjungi pantai ini pada saat musim liburan. Ada baiknya jika memesan hotel, dan berbagai fasilitas wisata lainnya, beberapa saat sebelumnya, agar harga yang diberikan tidak terlalu mahal.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Drini: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Yang perlu Anda waspadai

Pantai Glagah
Pantai Glagah

Seperti diketahui bersama, pantai Glagah ini, adalah salah satu pantai yang mempunyai ombak cukup besar. Itu sebabnya, pantai ini, menggunakan tetrapod sebagai alat untuk memecah ombak, sekaligus, mencegah terjadinya abrasi pantai, akibat ombak laut yang ada. Jadi dalam hal ini, Anda sebagai wisatawan yang ingin mengunjungi pantai Glagah diharapkan untuk berhati-hati, terutama ketika ombak sedang pasang.

Perhatikan juga berbagai macam aturan yang diberlakukan di sepanjang pantai, seperti jangan terlalu dekat berada di bibir pantai, terutama Anda yang tidak bisa berenang, jangan mandi di laut, dll. Aturan seperti ini, tentunya harus dipatuhi dengan baik, agar kegiatan wisata di pantai Glagah dapat dinikmati dengan baik.

Mantai Team

2 comments

  • Lokasinya di kulon progo, Yogyakarta. Sebelum kesini, sepanjang jalan deket pantai glagah banyak taman bunga. Di daerah sini juga, banyak perkebunan di area dekat pantai. Pas udah masuk dari pintu masuk, banyak pedagang yang jualan makanan atau oleh oleh khas kulon progo.

    Pantai disini, pasirnya warna hitam terus ombaknya besar banget makanya disini di ujung pantainya ada pemecah ombaknya. Pemecah ombak yang bentuknya unik tersebut dan berukuran besar terkadang juga dinaiki dan dijadikan spot foto yang unik. Ombak yang berada di sekitaran pemecah ombak tersebut juga terkadang bisa sangat besar dan dapat mengagetkan atau apesnya membasahi seluruh badan kita.

    Kayanya sih, beberapa taun kedepan pantai glagah lokasinya bakalan strategis banget dan penuh banget. Soalnya, sekarang di pantai glagah lagi ada pembangungan bandara nyia sama pembangunan dermaga Kulon Progo Yogyakarta.

    Pantainya luas dengan banyak objek lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Banyak warung-warung makan yang berjejer sebelum masuk ke bibir pantai. Selain itu ada laguna juga yang bisa menjadi objek wisata dengan naik perahu. Ada objek foto berupa bunga matahari juga disebelah laguna. Cukup ramai jika hari libur.

    Bisa untuk liburan keluarga saat di Jogja.

  • Dibandingkan dengan pantai di Jogja lainnya, Pantai Glagah terbilang unik karena memiliki permukaan tanah yang cukup datar dan landai. Selain hamparan pasir putih yang cantik, anda juga bakal dimanjakan dengan indahnya bukit karang yang berdiri kokoh di daerah pesisir.

    Ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Glagah, seperti misalnya wisata air dan tentu saja yang utama adalah menikmati pemandangan alami yang tersedia di tempat wisata ini.

    Salah satu keunikan pantai ini yang tersohor adalah laguna yang berada sekitar 300 meter dari dermaga. Laguna di Pantai Glagah tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Jawa Tengah.

    Bagus buat tempat berburu sunset. Tiket juga murah hanya 5rb sekarang ditambah lagi spot selfie taman bunga matahari. Sayang saat malam penerangannya kurang banyak. Semoga ke depannya bisa mengikuti konsep pantai kuta di bali jadi pantai tetep bisa dinikmati walaupun malam hari dengan adanya lampu2 sorot pantai.

    Kuliner yang ditawarkan di area pantai cukup beragam dari masakan laut hingga masakal lokal Indonesia. Selain itu pantai ini juga terkenal dengan oleh-oleh yang menjadi ciri khas sampai saat ini, seperti udang, kepiting, undur-undur yang digoreng menjadi rempeyek. Harga yang ditawarkan beragam, dari Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- setiap pack nya.