Pantai Goa China

Pantai Goa China: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Malang, Jatim

Anda yang tinggal di kawasan Malang dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan pantai Goa Cina. Pemberian nama Goa Cina ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Sekitar 50 meter ke bagian kanan pantai, terdapat sebuah goa dengan ukuran tinggi sekitar 2 meter, dan lebar sekitar 2 meter, dengan rongga yang menjorok ke dalam sekitar 8 meter. Yang unik, goa ini tidak memiliki stalagtit dan stalaknit. Dahulu nama pantai ini adalah pantai Rowo Indah, namun beberapa puluh tahun yang lalu, terdapat sebuah peristiwa kematian yang menimpa seorang pertapa China, bernama Hing Hook. Dari sanalah, nama pantai tersebut berubah menjadi pantai Goa Cina.

Pantai Goa China
Pantai Goa China

Selain memiliki pasir pantai yang berwarna putih, dan juga lembut. Pantai Goa Cina ini juga memiliki beberapa keunikan tersendiri, dibandingkan pantai lainnya di kabupaten Malang. Beberapa keunikan yang dimaksud antara lain aliran ombaknya yang liar, hal ini, berkaitan erat dengan lokasi pantai yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Keunikan lainnya terletak pada lokasinya, walaupun lokasi pantai berada di selatan Jawa, namun Anda tetap dapat menikmati indahnya Sunrise di pagi hari. Adapun keunikan terakhir adalah pada fenomena alam yang ada, dimana Anda akan melihat air laut yang saling bersimpangan. Air laut ini datang dari 3 arah, yaitu timur, barat dan selatan. Arus ini sendiri terjadi, akibat tubrukan air laut dengan beberapa pulau yang ada di depan pantai, seperti pulau Bantengah dan pulau Nyonya.  Ini juga yang menyebabkan suara gemuruh ombak yang cukup besar.

Lokasi dan cara menuju pantai

Pantai Goa Cina yang berlokasi di Dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, kec Sumbermanjing Wetan, Malang ini, tidak sulit untuk ditemukan.  Apabila Anda saat ini berada di sekitar Malang, maka ambil rute ke kawasan Gadang, hingga akhirnya sampai ke perempatan Gadang. Berikutnya ambil jalur ke arah Buluwalang, lalu Turen, hingga akhirnya ke Sumbermanjing Wetan. Dari sana, Anda akan memilih jalur ke dusun Sitiarjo, dan kemudian ikuti papan petunjuk arah yang ada, hingga akhirnya sampai ke pertigaan, berikutnya ambil jalan kanan untuk sampai ke pantai Goa Cina. Jalur perjalanan menuju pantai ini, cukup berkelok, dan letaknya ada di pinggir jurang. Tidak hanya itu, ada beberapa jalan yang kondisinya rusak, membuat Anda harus-berhati-hati ketika menggunakan kendaraan yang ada. Jarak dari kota Malang ke pantai ini, sekitar 68 km, atau sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Ngliyep: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Donomulyo, Malang Jatim

Sedangkan jika Anda ingin melakukan backpacker, maka Anda dapat menggunakan kendaraan umum, yaitu menggunakan angkot, AG atau juga GA dengan tujuan Arjosari Malang. Kemudian berhenti di terminal Gadang, berikutnya naik angkot Bison, yang menuju Sumbermanjung Wetan. Setibanya di kawasan tersebut, perjalanan akan kembali dilanjutkan menggunakan ojek, hingga akhirnya sampai ke pantai Goa Cina.

Walaupun kondisi jalan yang harus Anda lalui tidak terlalu mulus, namun semua lelah yang ada akan terbayar, ketika sampai ke lokasi pantai.

Fasilitas dan aktifitas di Pantai

Untuk fasilitas pantai di Goa Cina ini, terbilang cukup lengkap, dan pastinya nyaman untuk para wisatawan yang berkunjung. Disini Anda akan menemukan kamar mandi serta kamar ganti yang nyaman, ada juga fasilitas seperti mushola, atau juga masjid. Ada juga beberapa warung makan yang menjual aneka kuliner lokal, yang pastinya dapat Anda coba cicipi. Sedangkan untuk fasilitas menginap, Anda dapat menemukannya tepat di luar pantai Goa Cina.

Selain bermain di pinggir pantai, ada beberapa aktivitas lain yang dapat Anda lakukan di pantai yang satu ini, antara lain :

  • Menikmati keindahan pantai

Pantai Goa Cina ini sendiri sebaiknya dikunjungi pada saat pagi atau sore hari, agar cuaca tidak terlalu panas. Di pantai ini, Anda dapat melihat indahnya air laut yang berwarna biru terang, dan juga jernih, pasir putih yang bersih dan juga lembut. Tidak ketinggalan aneka pohon ketapang, pohon cembirit, serta aneka pohon lainnya yang tumbuh berjajar di sepanjang garis pantai, dan juga deretan teping yang berdiri kokoh di tepi pantai.

Pantai Goa China
Pantai Goa China
  • Menikmati sunrise

Walaupun lokasi pantai Goa Cina ini ada di kawasan selatan Jawa, namun di pantai ini, Anda tetap dapat melihat indahnya matahari terbit. Untuk menikmati indahnya sinar matahari terbit, seperti ini, tentunya Anda harus tiba di kawasan pantai, tepat sebelum matahari terbit, atau sekitar pukul 4.30 atau maksimal 05.00 WIB.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Gatra: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Malang Jatim

Menikmati indahnya matahari terbit, yang berpadu dengan pantulan sinar matahari di atas lautan lepas, tentunya menjadi suguhan pemandangan yang sangat indah, dan sukar untuk diungkapkan.

  • Mengunjungi goa Cina

Kegiatan berikutnya yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah mengunjungi pantai Goa Cina. Seperti yang selintas diceritakan di atas, goa ini dikenal karena kedatangan seorang pertapa asal Cina yang bertapa hingga akhir hayat di Goa tersebut. Hal ini, terlihat dari bekas tulang belulang yang ada, dan juga aneka tulisan dengan huruf Cina di dinding goa dan juga mangkok khas Cina.

Pantai Goa China
Pantai Goa China

Untuk sampai ke lokasi goa, tidak terlalu mudah, Anda harus berjalan di jalan yang sempit, dan juga menaiki sebuah batuan karang yang besar. Goa ini sendiri terbuat dari batuan karang, itu sebabnya, di dalam goa, Anda tidak akan menemukan stalagtit dan stalagnit. Ukuran pintu gua sendiri juga cukup kecil, hanya sekitar ½ meter, yang membuat siapa saja harus menunduk untuk masuk ke goa tersebut. Goa tersebut hingga saat ini, sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mencari keberuntungan, dan doa. Caranya adalah dengan mempersembahkan batang pohon pepaya.

  • Berburu oleh-oleh khas pantai Goa Cina

Sebelum pulang, ada baiknya jika Anda membeli aneka oleh-oleh khas Goa Cina. OLeh-oleh yang dimaksud adalah aneka ikan-ikan segar. Ikan-ikan tersebut banyak dijual di pinggir pantai. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Selain aneka ikan, di tepi pantai tersebut juga dijual aneka kuliner atau makanan ringan dengan bahan baku ikan.

  • Camping

Ingin menikmati indahnya panorama alam yang ada di pantai Goa Cina, ada baiknya jika Anda melakukan camping. Anda dapat mendirikan tenda di tepi pantai. Tidak perlu khawatir tentang makanan, karena di sepanjang bibir pantai, Anda akan menemukan warung penjual makanan, dan harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Batu Bengkung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gedangan, Malang Jatim

Peak season

Walaupun lokasi menuju pantai ini terbilang sulit, namun hal ini tidak menyulutkan para wisatawan yang ingin bermain ke pantai. Seperti pantai pada umumnya, pantai Goa Cina ini, selalu padat oleh pengunjung ketika musim liburan tiba, mulai dari libur akhir pekan, libur sekolah, libur nasional, atau juga libur akhir tahun. Sedangkan pada hari-hari biasa, jumlah pengunjung yang datang ke lokasi ini, tidak terlalu banyak.

Peringatan bahaya

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, ketika mengunjungi pantai Goa Cina ini, dimana para pengunjung dilarang untuk berenang di pantai Goa Cina. Ada beberapa alasan di balik larangan tersebut, antara lain, karena  ombak yang ada di pantai yang cukup besar, lalu kondisi laut yang cukup dalam dan curam, serta arus lautnya yang terbilang besar dan juga kuat. Arus laut yang kuat ini, juga terjadi akibat bertubrukannya air laut dengan beberapa pulau yang ada di depan pantai.

Di lokasi ini, Anda tidak akan melihat para nelayan yang mencari ikan atau berlayar di perairan tersebut. hal ini disebabkan oleh derasnya perairan yang ada di pantai tersebut.

Mantai Team

2 comments

  • Pantainya bagus fasilitasnya juga lumayan lengkap mulai dari toilet air tawar , mushola , warung , parkir motor dan mobil 24 jam, disini juga enak buat camping bareng teman-teman , akses jalan sangat dekat dari jalur lintas selatan , kalau dari loket masuk ke pantai sih jalan berbatu tapi kondisinya baik dan aman buat motor atau kendaraan roda 4.

    Dari 4 pantai yg saya kunjungi, ini favorit saya. Pantainya bagus, ombak tidak terlalu besar diantara karangnya, jernih, tidak dalam pada siang hari, paling tenang untuk sekedar main air. Recomended banget kesini deh.

    Tapi saya kurang suka dengan ini, bqyar masuk 10rb/orang. Bayar parkir 15rb/motor (dapat 1 air mineral 600ml). Saya kesini pada hari minggu. Ramai pengunjung. View bagus, pantai bersih. Masuk goa bayar 5rb/orang. Naik ke atas bayar 10rb/orang. Total kalau menikmati semua 25rb/orang belum parkir. Sebaiknya ditarik diawal saja dari pada misah2, malah jadi seolah2 mahal.

    Nama asli dari pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang Tionghoa yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular dibandingkan dengan Goa Cina yang digunakan sampai sekarang.

    Selain popular dengan keberadaan goanya, pantai ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni terjadinya gelombang bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, selatan, timur dan barat.

  • Terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama aslinya adalah Pantai Rowo Indah. Pernah terjadi peristiwa kematian seorang Tionghoa yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, sehingga nama Rowo Indah kalah terkenal dibandingkan dengan Goa Cina yang digunakan sampai sekarang.

    Goanya tidak begitu bagus, hanya rongga biasa yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter. Ruangan di dalamnya juga cukup lebar (sekitar 2 meter), bisa untuk dua orang berjalan beriringan.

    Sedikit ringkasan saya mengenai Goa Cina dan pantainya,

    1. Lokasi sangat bagus,
    2. Hanyasaja jalan masuk masih tidak ada perbaikan terkesan masih jalan makadam,
    3. karcis ditarik dua kali, tiket masuk di pintu gerbang depan (15K/Org dewasa) dan tiket parkir di pintu parkir sepeda ditarik parkir mobil 20k (15 parkir dan air mineral) terkesan memaksa tetapi bisa optional hanya parkir 15k saja (bawa uang pas aja).
    4. Alangkah bijaksananya jika masuk ke gua nya untuk menjaga bahasa dan tata krama selama di tempat tersebut, tidak berisik seprti di pasar dan tidak berkata-kata kotor.
    5. semoga PEMKAB Malang dan atau pengelola bisa memberikan tulisan peringatan/pemberitahuan untuk tidak ramai dan menjaga tatakrama selama berada di gua tersebut

    Overall, baguus. SIlakan berkunjung.