Pantai Kasap

Pantai Kasap: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Untuk anda yang ingin liburan di Raja Ampat tapi budget masih mepet, maka kami punya rekomendasi tempat asik untuk mencicipi keindahannya. Ia adalah Pantai Kasap. Pantai Kasap adalah pantai yang lokasinya ada di Jawa Timur. Pantai ini memiliki keindahan yang bisa dibilang tidak kalah cantik dibandingkan dengan keindahan Raja Ampat.

Pantai Kasap
Pantai Kasap

Keindahan dari pantai ini disebabkan karena pantai memiliki pasir putih, memiliki laut yang membiru dan juga dikelilingi oleh bukit bukit yang  menghijau. Bukan hanya bukitnya saja ya, di tengah-tengah laut anda juga bisa melihat keindahan gumuk-gumuk yang hijau dengan keindahan yang laut biasa. Pokoknya tidak kalah dengan keindahan dari Raja Ampat yang ada di Papua.

Karena keindahanya ini, Pantai Kasap bahkan sempat dijuluki sebagai Raja Ampat nya Jawa Timur? Kebayang kan indahnya seperti apa? Tapi jangan hanya dibayangkan ya, anda wajib untuk datang ke Pantai Kasap ini. Untuk anda yang tertarik dengan pantai ini, kami akan bahas mengenai cara sampai ke pantai ini di sub bab berikut.

Lokasi dan cara menjangkau Pantai Kasap

Dimana sebetulnya lokasi tepat dari Pantai Kasap ini? Pantai ini memiliki alamat di Gumuharjo, Watukarag, Pringkuku, Pacitan. Ya Pacitan merupakan salah satu daerah yang sangat kaya dengan keindahan alam terutama pantai-pantai yang dimilikinya dan Pantai Kasap merupakan salah satu pantai terbaik dari yang terbaik. Jika anda ingin datang ke Pantai Kasap dengan menggunakan kendaraan pribadi maka anda bisa mengikuti arah ke pantai Srau atau pantai Watu. Mengapa? Hal ini disebabkan karena Pantai Kasap memang memiliki arah yang sama dengan kedua pantai tersebut.

Perjalanan dimulai dengan mengikuti jalur bus dari Pacitan. Dari Pacitan anda akan menemukan beberapa pantai, salah satunya adalah pantai Telegria. Dari pantai ini anda akan menemukan jalur utama, tetap berkendara hingga sampai ke pertigaan kantor desa Dadapan. Dari sana ambil arah ke Watu Karang yaitu pada belokan ke kiri. Ikuti terus jalan sampai bertemu dengan persimpangan yang bertuliskan pantai Srau dan pantai Watu karung. Anda akan melewati retribusi watu karung lalu belok kiri

Pantai lain dekat sini:  Pantai Watu Karung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim
Pantai Kasap
Pantai Kasap

Anda akan menemukan sungai Cokel disana. Jika anda menemukannya maka perjalanan anda tidak akan lama lagi. Anda bisa segera mencari tempat parkir lalu berjalan ke pantainya. Perjalanan ini akan anda lalui melewati persawahan dengan jarak kurang lebih 300 meter. Tidak terlalu jauh bukan? Meskipun anda  menganggapnya jauh dan merasa lelah. Sampai di pantai anda pasti tidak sabar untuk segera berfoto di pantai ini.

Aktivitas & fasilitas di Pantai Kasap

Ketika berwisata ke Pantai Kasap, apa saja yang bisa anda lakukan dan fasilitas apa saja yang dimiliki oleh kawasan wisata Pantai Kasap ini? Untuk anda yang penasaran, berikut ini adalah ulasannya.

  • Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Kasap

Untuk anda yang ingin tahu kegiatan apa saja yang bisa dinikmati di pantai ini, berikut ini adalah ulasannya.

  • Menikmati pemandangan alam

Menikmati pemandangan alam di Pantai Kasap adalah salah satu hal yang utama yang bisa anda lakukan di tempat ini. Anda bisa menikmati keindahan alam dari Pantai Kasap dengan cara bermain air, bermain pasir atau dengan bersantai saja.

Pantai Kasap
Pantai Kasap
  • Menikmati keindahan Sunset

Salah satu hal menarik yang bisa dinikmati di pantai ini adalah keindahan sunsetnya. Selain memiliki alam yang indah dan menawan, Pantai Kasap juga memiliki sunset yang sangat indah. Sayangnya jika anda ingin menikmati keindahan matahari terbenam maka anda perlu datang ke pantai ini di waktu sore hari. Selanjutnya anda bisa pulang kembali atau bisa juga menginap di penginapan sekitar.

  • Wisata fotografi

Foto pribadi merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan ketika sampai di pantai ini, tapi untuk anda yang memiliki hobi fotografi secara profesional anda juga bisa mendapatkan banyak foto yang menarik di tempat ini.

Pantai lain dekat sini:  4 Pantai Indah di Pacitan ini Wajib Untuk Anda Kunjungi!
Pantai Kasap
Pantai Kasap
  • Naik perahu untuk melihat gumuk dari dekat

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di pantai ini adalah naik perahu. Untuk naik perahu ini dibutuhkan sedikit nyali, pasalnya ketika berada di tengah laut pengemudi akan mengemudikan kapalnya dengan atraktif sehingga para penumpang akan merasa nyalinya diuji ketika berkendara. Keasyikan berkendara juga dilengkapi dengan pemandangan kanan-kiri yang indah dan menarik membuat pengalaman wisata disini tidak jauh beda dengan pengalaman wisata di Raja Ampat

Pantai Kasap
Pantai Kasap
  • Fasilitas di Pantai Kasap

Untuk fasilitas yang dimilikinya, pantai ini sesungguhnya memiliki fasilitas yang sudah cukup memadahi. Misalnya keberadaan tempat makan, tempat buang air kecil, mushola dan fasilitas wisata lainnya sesungguhnya sudah cukup lengkap. Hanya saja fasilitas-fasilitas tersebut memang tidak terawat dengan baik. Meskipun merupakan pantai yang indah, Pantai Kasap merupakan pantai yang cukup sepi. Pantai ini sepi karena memang belum banyak orang yang tahu mengenai keindahan pantai ini. Karena belum banyak yang berkunjung, pemerintah juga  tidak begitu memperhatikan keberadaan pantai ini. Alhasil Pantai Kasap ini masih memiliki vibe alami yang tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Selain fasilitas yang ada di pantai, Pantai Kasap ini juga memiliki beberapa tempat penginapan untuk anda yang ingin menghabiskan waktu di dekat pantai. Penginapan biasanya merupakan rumah warna ali yang disewakan untuk tamu bisa menginap setelah menikmati sunset.

Event di pantai tiap tahun di Pantai Kasap

Untuk anda yang ingin tahu apakah ada event, acara atau festival khusus yang diselenggarakan di Pantai Kasap ini jawabannya adalah tidak ada. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Pacitan. Sedangkan untuk event di Pacitan sendiri biasanya diadakan di Pantai Klayar. Kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Klayar ini adalah kegiatan festival budaya Gebyar Klayar. Festival ini merupakan festival yang diselenggarakan pada bulan Agustus yang lalu.

Dalam festival Gebyar Klayar ini ada banyak hal yang disajikan. Mulai dari tari-tarian budaya, hasil alam dari daerah setempat dan juga hal-hal lainnya yang digunakan untuk meningkatkan perekonomian dan kebudayaan dari warga pantai tersebut. Untuk anda yang ingin menghadirinya maka anda bisa datang pada sekitar bulan agustus tahun depan. Karena jika anda datang ke Pantai Kasap tapi tidak datang ke Pantai Klayar tentu belum afdol bukan? Oleh karena itu datanglah di waktu yang tepat jika ingin menyaksikan dan merasakan kemeriahan festival di Pantai Kasap ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Srau: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Peak season di Pantai Kasap

Pantai ini memang memiliki nuansa alami. Setelah banyak orang yang datang karena semboyan “Raja Ampatnya Jawa Timur”, makin banyak orang yang datang ke pantai ini. Akan tetapi waktu teramai kunjungan pantai ini tentu adalah pada hari-hari libur panjang, contohnya adalah libur lebaran dan juga libur sekolah.

Pada hari libur panjang tersebut pantai di Pacitan memang menjadi salah satu tujuan wisata wajib bagi turis lokal. Oleh karena itu tentu tidak sedikit yang ingin melewatkan kesempatan untuk bertemu dan menikmati keindahan Pantai Kasap ini. Tapi meski ramai, pantai ini tetap memiliki daya tarik dan dapat di datangi untuk menghadirkan foto-foto yang instagramable.

Bahaya Pantai Kasap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Kasap merupakan pantai yang masih memiliki daya tarik alami dan seperti yang disebutkan sebelumnya, pantai yang memiliki daya tarik alami memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kekurangannya, Pantai Kasap ini masih menjadi pantai yang cuku berbahaya karena kealamiannya. Pasalnya anda tidak pernah tahu hewan apa saja yang ada di sekitar anda.

Selain itu Pantai Kasap ini juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga untuk bermain di sana cukup berbahaya. Terlebih lagi, Pantai Kasap ini merupakan pantai di area selatan. Seperti mitos, pantai selatan merupakan pantai kekuasaan Nyi Roro Kidul sehingga pastikan anda menjaga sopan santun ketika datang ke sana.

Mantai Team

2 comments

  • Best beach yang menurutku sih wajib banget dikunjungi kalau ke Pacitan. Jadi ini itu satu kompleks gitu pantainya, dengan tiket masuk yang cuma Rp.5.000 kalian udah bisa dapet 2 pantai yaitu pantai watu karung dan juga raja ampatnya pacitan yaitu pantai kasap.

    Selain itu di bawahnya pantai kasap kalian bisa juga bagi pecinta sungai untuk cobain ke sungai congkel kalau ga salah namanya. Nah sungai itu emang khusus wisata
    jadi sungainya bersih dan hijau gitu airnya, instagramable banget deh untuk foto-foto
    Pantai kasapnya sendiri bagus banget dan tempatnya sih lumayan bersih,bukit untuk melihat raja ampat nya pacitan dari atas juga bersih kok.

    Selain itu kalian gausa khawatir krn disana fasilitas umum sudah lengkap mulai mushola,kamarmandi,dan juga warung makan. Tapi untuk musholanya gaada tempat wudhunya jadi kalian yang beragama Muslim kalau mau ibadah wudhunya ke toilet umum bisanya.

    Terus kalau kalian berkunjung ga di hari libur sih bagus banget untuk menikmati pantai sepuasnya tp sayang disini kalian gabisa berenang karena ombaknya besar, kalau bukan weekend juga gabisa nih nikmati sungai dengan naik perahu krn petugasnya gaada.

    Oiya untuk naik perahu kalian di bandrol Rp.20.000 untuk sekali jalan
    Sangat cocok untuk kalian orang jawa yang ingin menikmati raja ampat tapi ga perlu ke rajaampat asli nah Pantai Kasap ini rekomendasi yang tepat banget
    Selamat Berlibur

  • Pantai Kasap adalah salah satu pesona pantai favorit di Pacitan. Pantai ini masih sangat alami. Pantai ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur.

    Pantai yang berada di sebelah persis pantai Sruni ini memiliki karakteristik khas di pantai Selatan. Yakni karang, kemudian pasir putih dan ombak yang deras. Seperti halnya karakter pantai-pantai Pacitan bagian barat, Pantai Kasap ini juga berpasir putih dan berombak dahsyat. Garis pantainya cukup sempit berbentuk teluk berpasir melengkung dan diapit tebing pada sisi kiri dan kananya.

    Pantai ini memiliki pemandangan yang mirip dengan salah satu Pantai di Indonesia yang cukup populer yaitu Pantai Raja Ampat. Untuk Menikmati view yang mirip dengan Pantai raja Ampat Anda harus naik ke bukit di sebelah pantai ini dengan melewati jalan setapak. Sesampainya di atas bukit Anda akan di manjakan dengan pemandangan yang cukup keren yaitu beberapa pulau kecil yang ada di tengah laut.

    Pantai ini masih tergolong alami dan belum di kelola penuh oleh pemerintah. Pantai ini memang belum banyak dikunjungi orang. Di tepi pantai ini anda bisa bersantai merasakan angin yang semilir sambil menikmati deburan ombak pantai selatan. Tak hanya itu, jika Anda kesini pada sore hari, maka Anda bisa menyaksikan sunset dari bukit sekaligus mangabadikannya dengan kamera.