Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Bulak, Surabaya Jatim

Siapa sangka kota Surabaya yang notabene salah satu kota industri paling sibuk juga memiliki wisata pantai yang menyenangkan? Pantai Kenjeran ini dapat menjadi salah satu pilihan liburan murah tanpa harus jauh – jauh ke luar kota. Berikut ini beberapa ulasan mengenai pantai Kenjeran :

Tentang pantai Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran atau yang sering lebih terkenal dengan sebutan pantai Kenjeran yang terletak tak jauh dari jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini memiliki pesona pantai yang tak kalah indah dengan pantai – pantai di daerah lain. Pantai Kenjeran memiliki dua spot pantai yang terdiri dari pantai Kenjeran lama dan pantai Kenjeran Baru. Tak hanya terkenal di kalangan penduduk setempat, tetapi pantai ini selalu menjadi pilihan tempat wisata bagi pengunjung dari luar kota. Setelah penat disibukkan dengan beragam pekerjaan di pusat kota, pantai Kenjeran dapat menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat sejenak dan menikmati suasana pantai yang tenang.

Cara menjangkau pantai

Pantai Kenjeran ini terletak tidak jauh dari pusat kota. Bila Anda berkendara dari pusat kota Surabaya, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 9 km. Pantai yang terletak di Jalan Sukolilo, Bulak, Surabaya ini memiliki akses jalan yang cukup mudah. Anda dapat menuju ke pantai ini dengan nyaman dan dapat menggunakan kendaraan apapun, mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Jawa Tengah dan Jawa Barat juga dapat dengan mudah menjangkaunya dengan melewati jalur pantai utara. Saat masuk kota Surabaya Anda dapat mengambil arah menuju pantai Kenjeran. Adanya papan penunjuk arah yang lengkap juga akan membantu perjalanan Anda menuju pantai ini.

Pantai ini memiliki lahan parkir yang cukup luas yang memungkinkan Anda dapat memarkir kendaraan dengan aman dan leluasa. Bagi Anda yang tak ingin berkendara dengan kendaraan pribadi pun dapat memilih untuk naik angkutan umum yang melewati rute pantai Kenjeran. Adanya moda transportasi online yang mudah ditemukan di Surabaya juga dapat menjadi alternatif transportasi Anda menuju ke pantai ini. Bagi Anda yang penasaran dengan harga tiket masuknya, Anda tidak perlu khawatir. Tiket masuk pantai ini tergolong cukup murah. Anda dapat masuk ke sini dengan biaya sekitar 15 ribu saja.

Pantai lain dekat sini:  9 Pantai Pilihan sekitar Surabaya yang Mempesona untuk Dikunjungi 2020 Ini

Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai

Baik pantai Kenjeran lama maupun baru memiliki beragam aktivitas menarik untuk mengisi liburan atau melepas penat Anda. Kedua spot pantai Kenjeran ini terletak tak berjauhan, tetapi memiliki keistimewaan masing – masing.

  • Pantai Kenjeran Lama

Spot pantai Kenjeran lama ini merupakan spot yang lebih ‘alami’. pantai Kenjeran lama menyajikan wisata pantai konvensional layaknya spot pantai lain. Tetapi jangan salah, pantai ini tak pernah membosankan.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan di pantai Kenjeran lama? Anda dapat menikmati keindahan jembatan Suramadu dari dekat. Spot ini merupakan spot ideal bagi Anda yang ingin menikmati indahnya jembatan Suramadu dari tepi pantai. Bila Anda datang menjelang sore, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan jembatan berlatar sunset yang indah. Kerlip lampu yang mulai menyala di sore hari juga menambah keindahannya, lho.

Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran

Anda pun bisa menjelajah dan melihat pulau pasir di tengah laut dengan menyewa perahu di pantai Kenjeran lama. Dengan naik perahu, Anda akan dibawa menjelajah ke tengah laut dan menikmati sensasi mengarungi lautan lepas. Di tengah perjalanan Anda akan melihat pulau pasir di tengah lautan. Perahu biasanya akan berhenti sejenak di sini dan Anda dapat menikmati bermain di pulau berpasir putih ini. Setelah puas Anda akan kembali diantar ke pantai.

  • Pantai Kenjeran Baru

Lalu bagaimana dengan pantai Kenjeran baru? Sesuai namanya, pantai ini menyajikan wisata pantai yang jauh lebih modern. Selain memiliki spot sunrise yang indah dinikmati saat pagi hari, salah satu daya tarik yang dimiliki pantai Kenjeran baru adalah arsitektur khas Tionghoa yang dapat Anda temukan di setiap sisi bangunan. Salah satu bangunan yang menarik di area ini adalah Klenteng Sanggar Agung, Pagoda Tian Ti dan ikon bangunan patung naga raksasa yang tak pernah sepi sebagai spot foto bagi para pengunjung pantai Kenjeran.

Pantai lain dekat sini:  9 Pantai Pilihan sekitar Surabaya yang Mempesona untuk Dikunjungi 2020 Ini
Pantai Kenjeran Baru Surabaya
Pantai Kenjeran Baru Surabaya

Bagi Anda yang datang bersama dengan anak – anak, spot pantai baru ini dapat menjadi pilihan tepat karena tak hanya wisata pantai, di sini juga tersedia taman bermain (playground) yang luas untuk anak – anak. Bagi anak – anak yang telah bosan bermain pasir di tepi pantai, dapat menuju playground ini. Di area playground, pantai ini memiliki wahana menarik yang cukup lengkap, mulai dari perosotan, ayunan, komedi putar hingga wahana outbound.

Seluruh spot pantai Kenjeran memiliki fasilitas yang memadai, selain fasilitas seperti mushola, kamar mandi hingga lahan parkir, pantai ini dilengkapi dengan banyak pilihan warung – warung penjual makanan khas Surabaya hingga olahan hasil laut yang lengkap dengan es kelapa muda. Lengkap, bukan?

Event menarik yang ada di pantai Kenjeran

Selain sebagai objek wisata, pantai Kenjeran seringkali menjadi tempat untuk menyelenggarakan berbagai event. Kawasannya yang menjadi satu dengan beberapa bangunan Tionghoa ini menjadikan pantai ini selalu ramai saat ada festival – festival penting bagi masyarakat Tionghoa. Festival penting seperti Festival Kue Bulan (Mooncake Festival) ini diselenggarakan rutin setiap tanggal 15 bulan 8 dalam kalender imlek.

Festival yang diadakan di Sanggar Agung ini biasanya menyuguhkan berbagai acara hiburan dan atraksi menarik yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung, seperti arak – arakan kimsin, festival lampion, barongsai, hingga pertunjukan berbagai tarian tradisional. Selain itu, di pantai ini juga menjadi tempat pilihan untuk menyelenggarakan event tahunan seperti festival layang – layang dan beberapa event lainnya. Bagi Anda yang mengunjungi pantai Kenjeran pada momen – momen tertentu tersebut, selain menikmati suasana pantai yang menyenangkan, Anda juga sekaligus menikmati pertunjukan yang mungkin tak Anda temukan pada hari – hari biasa.

Pantai lain dekat sini:  9 Pantai Pilihan sekitar Surabaya yang Mempesona untuk Dikunjungi 2020 Ini

Peak season di pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran yang merupakan salah satu tujuan liburan ramah kantong ini selalu menjadi pilihan dan tampak tak pernah sepi pengunjung di setiap harinya. Tetapi bila memasuki peak season seperti pada momen – momen liburan, jumlah pengunjungnya akan semakin banyak. Pada saat peak season biasanya terjadi kenaikan harga tiket dan sewa perahu karena banyaknya peminat. Bila Anda ingin menikmati suasana pantai Kenjeran dengan lebih tenang, tidak ada salahnya bila Anda berkunjung pada hari biasa atau berangkat ke sini pada pagi hari. Kawasan pantai Kenjeran ini akan mulai dipenuhi oleh pengunjung yang berdatangan saat hari beranjak siang.

Yang harus diperhatikan saat ada di pantai ini

Bila memutuskan untuk berwisata atau berlibur ke pantai, selain bersenang – senang bermain air dan pasir, Anda harus tetap berhati – hati. Ombak di pantai dapat tiba – tiba beranjak naik. Bagi Anda yang datang ke pantai Kenjeran bersama dengan anak – anak harus selalu mengawasi agar anak dapat bermain dengan aman dan tenang. Bila memutuskan untuk menyewa perahu untuk menyeberangi laut, selalu tanyakan terlebih dahulu apakah kondisi ombak cukup tenang dan memungkinkan untuk menyeberang dengan nyaman. Jadi selain mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan, Anda juga dapat berlibur dengan aman dan nyaman.

Mantai Team

2 comments

  • Satu-satunya pantai yang ada di Surabaya. Wahana permainan lengkap,ada kolam renang dan berbagai wahana permainan,ada wahana naik perahu untuk menikmati jembatan Suromadu dari dekat. Banyak penjual oleh-oleh khas hasil laut.

    Tempatnya bagus, nyaman, parkirnya luas. Cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak. Bagus untuk foto-foto. Lumayan ketika jalan kaki, dari spot satu ke spot yang lain. Jaraknya cukup jauh. Tapi ada kereta kelinci, jadi bagi yang kuranh suka jalan kaki bisa menikmati sarana tersebut.

    Sangat cocok dijadikan sarana rekreasi keluarga. Yang dulunya kumuh sekarang sudah mulai berbenah jadi bersih dan rapi. Jika malam minggu kita bisa menemukan air mancur menari di sana.

    Upaya pemkot untuk menghidupkan pariwisata di sini tampaknya berhasil. sekarang banyak orang berkunjung ke sini. meskipun tidak dipungkiri masih butuh banyak sentuhan perbaikan, namun tempat ini bisa jadi jujukan tempat wisata warga surabaya.

    Hiburan murah meriah di Surabaya. Tiket masuk dibawah 10k, banyak pilihan kuliner lokal yang murah dan lezat seperti sate kerang, lontong kupang, lontong balap, etc. Pun tersedia banyak makanan dan cendera mata utk dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Surabaya.

  • Pantai Kenjeran adalah tempat wisata di Surabaya yang terkenal bagi keluarga yang ingin menikmati suasana pantai. Selain menikmati suasana Pantai Kenjeran, pengunjung juga dapat memancing, membeli ikan, dan menaiki perahu.

    Saran saya, bawalah tikar untuk duduk-duduk santai di bawah pohon dan menikmati suasana Pantai Kenjeran. Terdapat juga sarana permainan anak di Pantai Kenjeran sehingga Pantai Kenjeran sangat cocok untuk kegiatan wisata keluarga.

    Disini anda bisa menemukan maknan khas surabaya yaitu lontong balap dan sate kerang dan segala makanan disana terbilang cukup ramah dengan kantong jadi semua orang dari berbagai kalangan bisa menikmati makanan disini, anda pun juga bisa membawa makanan dari rumah dan dimakan disini. Nikmatnya tiada tara.

    Dan juga disini anda bisa mendapatkan pemandangan yg sangat indah jika anda datang dimalam hari. Karena akan ada pertunjukan air mancur warna warni ketika malam hari. Ada beberapa spot pemandangan yg tidak akan pernah bisa anda dapatkan dimanapun

    Sepertinya sudah sangat banyak perubahan, walau sangat ramai, tempatnya sangat bersih.. jarang ada sampah krn selain ada petugasnya, alhamdulillah sdh byk org peduli ttg buang sampah.

    Fasilitas bermain anak2 juga bagus tidak ada yg rusak.. dsna byk yg menawarkan fasilitas naik perahu 100rb untuk ±10-15org lah.. dr pinggir pantai ke dekat patung naga lumayan 30mnt bolak balik ngga terasa