Pantai Kesirat

Pantai Kesirat: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Panggang, Gunung Kidul Jogja

Kota Yogyakarta atau juga terkenal dengan kota pelajar, tidak akan habis-habisnya menawarkan beragam keindahan dan juga keseruan yang bisa membuat siapa saja betah untuk tinggal dan berkunjung ke kota ini. Selain sangat kental dengan kebudayaannya, siapa sangka jika ada keindahan tersembunyi yang dimiliki oleh kota ini salah satunya adalah keindahan pantai Kesirat.

Pesona Keindahan Pantai Kesirat

Jika umumnya Anda akan menemui garis pantai yang dilengkapi dengan pasir pantainya setiap berkunjung ke suatu pantai, maka berbeda halnya jika Anda berkunjung ke pantai Kesirat yang ada di kota Yogyakarta ini. Tahukah Anda jika pantainya yang terbilang unik dan berbeda dari yang lain karena tidak memiliki pasir pantai, tentu saja tidak menjadikan pantai Kesirat ini tidak menarik. Justru inilah yang menjadi daya tarik banyak wisatawan berkunjung ke lokasi ini.

Tahukah Anda jika pantai ini adalah pantai tebing yang ditumbuhi oleh rerumputan dan tanaman yang hijau sehingga menjadikan pantai ini sangat elok, ditambah lagi dengan pemandangan birunya laut lepas yang bisa menghipnotis siapa saja. Anda juga bisa melihat tebing-tebing yang curam yang menambah keindahan pemandangan yang ada di sekitar lokasi wisata ini. Bukan hanya itu saja, pantai Kesirat ini menjadi lokasi yang sangat bagus dan tepat bagi Anda yang suka memancing. Ketinggian tebingnya hanya mencapai 15 meter hingga ketinggian 30 meter.

Lokasi dan Cara Menuju ke Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Pantai Kesirat

Bagi Anda yang ingin menikmati dan juga merasakan suasana liburan yang berbeda dengan mengunjungi pantai Kesirat ini tidak perlu khawatir. Anda bisa langsung saja datang ke Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.  Anda juga bisa dengan mudah untuk menemukan lokasi wisata yang satu ini dengan menggunakan MAPS atau juga bisa dengan menggunakan GPS. Meskipun dikatakan sebagai surga yang tersembunyi, namun untuk menuju lokasi ini Anda bisa dengan mudah untuk menemukannya, hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya wisatawan yang sudah berkunjung ke lokasi ini sehingga lokasi wisata ini juga sudah terkenal dan tersebar baik dari mulut ke mulut.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sadranan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Bagi Anda wisatawan dari luar kota, tidak perlu bingung atau tidak perlu takut tersesat. Ada beberapa pilihan moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju pantai Kesirat ini. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan bantuan GPS. Atau Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus umum atau angkutan lainnya. Anda bisa menggunakan bus dengan jurusan kota Gunung Kidul. Setelah bus berhenti di terminal, maka Anda bisa melanjutkannya dengan menggunakan ojek menuju Desa Girikarto dengan jarak yang tidak terlalu jauh hingga Anda bisa sampai di lokasi tujuan Anda. Adapun lamanya waktu yang Anda butuhkan untuk sampai ke lokasi tujuan hanya memakan waktu sekitar 30 menit hingga 45 menit saja.

Beragam Aktivitas dan Fasilitas Yang Bisa Anda Nikmati

Jika di beberapa pantai yang lainnya yang biasa Anda kunjungi di akhir pekan bersama keluarga Anda menyempatkan diri untuk bermain air, bermain pasir atau hanya sekedar bersantai atau berjemur di pasir pantai. Namun berbeda halnya jika Anda mengunjungi pantai Kesirat yang ada di Yogyakarta ini. Bisa dikatakan jika jenis kegiatan yang akan Anda lakukan jauh berbeda namun tidak kalah seru dan juga menyenangkan. Bisa dikatakan jika suasana liburan Anda di pantai Kesirat ini akan memberikan sensasi dan kesan yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Bisa dikatakan jika kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan saat Anda tiba di lokasi destinasi wisata yang satu ini adalah dengan memancing. Tentunya ini akan menjadi spot terbaik yang tidak akan pernah Anda dapatkan di lokasi lainnya. Anda bisa mengajak keluarga Anda atau juga teman-teman Anda sesama pecinta pancingan untuk berkunjung ke pantai ini. Beberapa pengunjung menjadikan pantai ini sebagai lokasi untuk berkemah. Memang pantai Kesirat ini menjadi lokasi berkemah yang sangat menyenangkan, dengan pemandangan yang sangat bagus dan eksotis. Belum lagi jika Anda bisa menikmati sunset diatas ketinggian tebing yang tinggi dan langsung memantulkan cahayanya ke lautan yang biru pekat.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Parangkusumo: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Parangtritis, Bantul Jogja

Tahukah Anda jika yang menjadi landmark dari pantai Kesirat ini adalah terdapatnya pohon dengan ukuran yang besar yang tumbuh di ujung tebing. Selain bisa dijadikan sebagai tempat Anda untuk berteduh karena pohonnya yang rindang, sehingga akan melindungi Anda dari teriknya cahaya matahari. Anda juga bisa berswafoto di sekitar pohon ini, karena viewnya menghadap laut lepas yang biru. Selain itu Anda juga bisa melihat atau menelusuri gua yang ada di dekat tebing pantai ini. Bahkan beberapa wisatawan juga sering mencari lobster atau udang dengan cara menebarkan jala ke bawah tebing.

Tentu saja objek wisata yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat mendukung. Anda akan mudah untuk menemukan kamar mandi atau MCK, area parkirannya juga terbilang sangat luas. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menemukan tempat-tempat istirahat yang khusus disediakan untuk para pengunjung. Hingga bagi Anda yang ingin menginap atau camping, juga disediakan fasilitasnya untuk Anda. Pantai Kesirat ini juga semakin memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini terutama bagi para pemancing, karena juga tersedia area dan tempat pancing khusus. Namun, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda tidak perlu khawatir, karena juga tersedia karena juga tersedia aneka warung yang menjual aneka makanan dan juga minuman yang bisa Anda konsumsi disaat Anda kelaparan. Namun pastikan jika Anda membawa segala perlengkapan yang Anda butuhkan nantinya, mulai dari perlengkapan kesehatan dan lainnya.

Event Yang Sering Diadakan

Bisa dikatakan jika di destinasi wisata pantai Kesirat yang ada di Yogyakarta ini tidak ada event tahunan yang bisa Anda ikuti. Hal ini karena bisa dikatakan jika objek wisata yang satu ini masih terbilang baru, meskipun jauh sebelumnya lokasi wisata pantai ini sudah dijadikan sebagai penduduk sekitar untuk mencari ikan atau sekedar memancing.

Namun meskipun demikian, Anda tidak perlu bersedih, karena ada banyak sekali keindahan dan jenis kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai Kesirat ini jika Anda berkunjung bersama keluarga atau juga bersama teman dan sahabat-sahabat tercinta. Keindahan alamnya yang unik inilah bisa menjadikan liburan Anda sangat berkesan dan tidak akan terlupakan. Anda juga bisa menjadikan lokasi destinasi wisata yang satu ini sebagai lokasi prewedding Anda, dengan latar langit jingga yang akan muncul dikala senja tiba. Bahkan Anda juga bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat camping sambil bakar-bakar ikan yang didapatkan dari nelayan yang mencari ikan di sekitar tebing atau Anda juga bisa langsung memancingnya sendiri.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kukup: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Peak Season

Lokasi wisata pantai Kesirat ini akan ramai sekali dikunjungi para wisatawan jika musim liburan tiba, baik itu libur lebaran, hingga hari libur pergantian semester bagi anak-anak yang duduk dibangku sekolah ataupun dibangku kuliah. Anda juga akan menemukan banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pantai ini diakhir pekan. Namun Anda tidak perlu khawatir, meskipun peak season, Anda masih tetap bisa menikmati keindahan pesona pantai ini dari berbagai penjuru. Hal ini karena area tempat bersantainya juga sangat luas. Hanya saja, bagi Anda yang ingin mengabadikan foto di landmark pantai Kesirat ini yaitu di pohon besar yang berada di pinggir tebing, Anda haruslah antri dengan pengunjung lainnya.

Tanda dan Peringatan Bahaya di Pantai Kesirat

Agar liburan Anda semakin menyenangkan dan tidak terlupakan, pastikan jika Anda mengindahkan tanda-tanda bahaya yang ada. Meskipun Anda tidak bermain air atau tidak bermain ditepian pasir pantai, namun ada beberapa tanda atau peringatan bahaya yang harus Anda patuhi. Seperti Anda tidak boleh berada terlalu dekat dengan pinggir tebing, hal ini untuk menghindari agar Anda tidak terjatuh ke bawah dikarenakan kondisi tebing yang terlalu curam. Selain itu pastikan jika Anda memancing di area atau tempat pancing yang sudah diadakan, sehingga Anda bisa aman dan tetap bisa mendapatkan hasil pancingan yang banyak. Nah itu dia beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang pantai Kesirat, pastikan jika Anda tidak pergi berliburan seorang diri.

Mantai Team

2 comments

  • Nama Pantai Kesiratmemang terdengar cukup asing bagi sebagian orang namun terdengar biasa bagi kalangan penghobi memancing di laut. Pantai Kesirat merupakan salah satu area favorit digunakan oleh para penghobi memancing di laut karena berbatasan langsung dengan laut dalam.

    Pantai Kesirat (Kesirat beach) atau ada yang menyebutnya Pantai Gesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Merupakan area memancing favorit di sekitar kecamatan Panggang Gunungkidul.

    Rute perjalanan menuju Pantai Kesirat hampir sama dengan rute menuju ke Pantai Gesing namun lebih menantang. Akses terdekat ditempuh dari kota Yogyakarta melewati jalan raya Imogiri-Panggang kemudian dilanjutkan dengan jalan raya Panggang-Saptosari hingga simpangan jalan menuju ke Pantai Gesing.

    Seperti biasa jalan menuju ke Pantai Gesing tidak semulus jalan menuju ke obyek wisata pantai terkenal, sebagian jalan masih rusak dan belum diperbaiki.

    Di dekat simpangan terakhir menuju arah Pantai Gesing, carilah gang jalan masuk kawasan pemukiman penduduk yang bertulisan Pantai Kesirat pada papan bercat biru berukuran kecil.

    Perjalanan menuju Pantai Kesirat dilanjutkan dengan melewati jalan perkampungan penduduk yang terbuat dari cor semen. Jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan tidak disarankan untuk dilalui kendaraan roda empat.

    Pantai Kesirat merupakan salah satu spot memancing populer di sekitar panggang selain Pantai Bekah atau Laut Bekah. Menjelang sore hari banyak pemancing yang mendatangi pantai ini dan bermalam hingga pagi hari.

    Setelah melewati kawasan pemukiman penduduk, perjalanan menuju ke Pantai Kesirat melewati jalan setapak yang sebagian telah dilakukan pengerasan dan cor semen untuk setiap tanjakan dan turunan.

    Beberapa bagian cor semen mengalami kerusakan karena telah lama tidak diperbaiki. Meskipun belum seluruh akses jalan dibangun dengan cor semen, keberadaan cor semen di setiap tanjakan dan turunan cukup membantu dan mengurangi resiko kecelakaan.

    Saat tiba di ujung jalan yang terletak di atas perbukitan, kami sempat kebingungan mencari lokasi Pantai Kesirat karena tidak ada papan petunjuk informasi lokasi pantai tersebut. Kami menemui sekelompok bapak-bapak yang sedang memecah batu kapur untuk membuat pondasi bangunan di ujung jalan.

    Kami diberitahu bahwa jalan menuju kawasan Pantai Kesirat dengan melewati jalan setapak kecil di balik rerimbunan pohon didekat kami berhenti.

  • Keren banget pemandangannya. Apalagi kalau kita datang sore hari. Menikmati sunset disini bagus banget. Disini juga bisa camping, karena lahan lumayan luas. Yang mancingpun banyak.

    Tapi jujur nich, salut sama yang pada mancing disini. Berani banget naik tangga bambu yang cuma seadanya naik ke tebing, dengan dibawahnya langsung laut luas tanpa pantai. Belum yang bikin kaya tenda di bibir tebing yang turunnya kesitu sangat extrim bagi saya untuk peralatan seadanya dan sederhana. Ngeri-ngeri sedap laaah…. Hehehehe….

    Tapi saya suka banget sore hari disini, biarpun untuk sampai kesini butuh perjuangan yang lumayan karena jalannya masih seadanya dan lewat ladang, hutan yang kalau ada truk lewat kita siap-siap cari lahan minggir. Belum tanjakan yang lumayan…. Tapi itu semua terbayar sama pemandangan sore hari di Tebing Kesirat…

    Kamu yg jaln ke Jogja perlu banget mainn kes ini, bisa buat jujukan wisata bersama keluarga juga. Tapi tentu saja selalu hati-hati dan waspada