pantai klayar indah

Pantai Klayar: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Donorojo, Pacitan Jatim

Salah satu pantai paling eksotis yang bisa ditemukan di pulau jawa adalah Pantai Klayar. Pantai ini lokasinya ada di Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan maka anda perlu berkendara kembali sekitar 35 Kilometer untuk sampai di pantai ini. Pantai ini memiliki banyak daya tarik salah satunya adalah pasir putih dan juga adanya siulan yang keluar dari batu karang di Pantai Klayar ini. Hal ini membuat pantai ini menjadi salah satu pantai yang wajib anda kunjungi ketika berada di Pacitan.

Semburan air yang keluar dari batu karang ini disebabkan karena kontur tebing karang yang unik sehingga dan juga ombak besar yang masuk ke pantai. Kontur unik ini menyebabkan ombak besar masuk ke dalam rekahan dan mendorongnya tinggi sehingga secara sekilas muncul air mancur sementara dan juga suara siulan mirip seruling. Hal semacam ini tidak akan anda temukan di tempat lainnya selain di pantai eksotis dari Pacitan yaitu Pantai Klayar.

Lokasi dan cara menjangkau Pantai Klayar

pantai klayar
pantai klayar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pantai ini lokasinya ada di Desa Donorejo, Pacitan dan bisa ditempuh kira-kira selama 1 jam perjalanan dari pusat kota Pacitan. Untuk anda yang ingin melihat keindahan dari pantai ini maka salah bisa memilih rute ke Pantai Klayar ini sesuai dengan daerah tempat tinggal anda.

  • Jika anda dari solo

Jika anda tinggal di solo maka rute yang perlu anda ikut adalah melaju ke arah timur. Anda akan melewati daerah Wonogiri terlebih dahulu. Dari Wonogiri anda kemudian mengarahkan kendaraan anda ke arah Pracimantoro. Sesampainya di Pracimantoro tepatnya di pertigaan Giribelah anda harus mengambil belokan ke kanan. Dari situ anda terus melaju hingga sampai ke Perempatan Kalak. Sampai di perempatan Kalak maka artinya perjalanan anda tidak lama lagi. Hanya diperlukan waktu 1 jam untuk sampai ke Pantai Klayar.

  • Jika anda dari Yogyakarta

Untuk anda yang berkendara dari Yogyakarta, jalur ke Pantai Klayar memang cukup panjang. Mulai dari Pathuk ke Wonosari. Dari Wonosari ke Pracimantoro, setelah itu anda bisa melanjutkan rute perjalanan ke Giribelah. Dari Giribelah anda akan menuju ke Punung dan pada akhirnya sampai ke Pantai Klayar.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Soge: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ngadirojo, Pacitan Jatim

Untuk anda yang berasal dari luar kota sebaiknya anda datang mulai dari pagi-pagi sehingga sampai sana anda bisa beraktivitas terlebih dahulu dan akhirnya menikmati sunset di sana.

Aktivitas dan fasilitas yang bisa ditemukan di Pantai Klayar

pantai klayar pacitan
pantai klayar pacitan

Di Pantai Klayar ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

  • Mengunjungi objek wisata

Salah satu hal yang bisa anda lakukan di pantai ini adalah mengunjungi banyak objek wisata yang ditawarkan oleh pantai. Objek wisata tersebut antara lain adalah :

  • Batu karang di tengah pantai yang menjadi ikon dari Pantai Klayar
  • Menikmati fenomena seruling samudra dan juga air mancur tengah laut seperti yang disebutkan sebelumnya
  • Mengunjungi batu sphinx
  • Mengunjungi sumur
  • Menikmati keindahan pantai
  • Menikmati sunset
  • Berfoto

Hal lain yang membuat pantai ini menarik adalah keindahan alam yang dimilikinya. Pantai ini memiliki pasir putih dengan lautan yang indah membiru. Bukan hanya itu adanya tebing dan juga karang-karang di pantai ini membuat panorama pantai menjadi makin indah. Oleh karena itu tidak afdol jika datang ke Pantai Klayar ini tapi tidak mengabadikannya melalui foto.

Selain menikmati keindahan alam saja, pantai ini juga sangat populer dengan keindahan panorama matahari terbenam yang dimilikinya. Keindahan matahari terbenam yang dimiliki oleh pantai ini bahkan menyebabkan banyak fotografer datang kesini untuk mengabadikan keindahannya.

  • Aktivitas lain

Selain melakukan kegiatan-kegiatan yang umum dilakukan di pantai seperti melihat pemandangan, berfoto dan mengunjungi ikon dari pantai seperti yang disebutkan sebelumnya, pantai ini juga memiliki daya tarik yang lain. Salah satu daya tariknya adalah adanya kegiatan memacu adrenalin yang bisa anda gunakan. Kegiatan memacu adrenalin ini adalah kegiatan ATV. Untuk anda yang tertarik untuk mencoba kegiatan ini anda hanya perlu membayar sebanyak Rp 50.000 untuk bisa mencobanya

Pantai lain dekat sini:  Pantai Srau: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang dimiliki oleh pantai ini? Untuk fasilitasnya, pantai ini dinilai memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Antara lain adalah

  • Tempat mandi atau bilas

Tempat mandi diberikan pada anda untuk yang gemar bermain di pasir. Ya, pasir tidak mudah untuk dihilangkan jadi perlu dibilas atau bahkan mandi jika pasir sampai ke rambut.

  • Tempat ibadah

Salah satu kelebihan dari pantai ini juga menyediakan tempat untuk beribadah bagi umat muslim. Jadi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu panjang di pantai ini tidak perlu khawatir karena ada mushola untuk beribadah

  • Tempat makan

Untuk tempat makan ada banyak tempat untuk makan yang disediakan, mulai dari kantin  hingga restaurant besar.

  • Tempat parkir yang cukup untuk mobil
  • Ojek
  • Homestay

Karena memiliki fasilitas yang sangat lengkap, pantai ini menjadi salah satu pantai yang sangat cocok untuk berwisata. Baik untuk turis lokal maupun turis dari luar daerah. Untuk anda yang tidak membawa kendaraan pribadi tapi ingin menikmati keindahan sunset di Pantai Klayar, disekitar pantai juga menyediakan banyak homestay seperti yang disebutkan sebelumnya.

Acara tahunan di Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan pantai yang sangat populer dan menjadi kebanggaan dari masyarakat Donorojo.  Hal ini menyebabkan pantai ini sering kali digunakan sebagai tempat untuk menjalankan kegiatan. Salah satu dari kegiatan yang dilakukan di pantai ini adalah Festival Gebyar Klayar. Festival Gebyar Klayar ini merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Astra pada bulan Agustus yang lalu.

Acara ini merupakan salah satu acara yang dilakukan dengan mengundang sejumlah sekolah untuk dapat tampil dan mengekspresikan kemampuannya dalam hal budaya salah satunya adalah tari-tarian. Ya Festival Gebyar Klayar ini merupakan festival yang seni budaya yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya di dalam masyarakat Donorojo.

Setelah Festival Gebyar Klayar ini di selenggarakan di Pantai Klayar, kegiatan pengembangan dan pelestarian seni dan budaya tari-tarian kemudian dilanjutkan dengan pembuatan sanggar seni dan budaya di desa Donorojo. Pembinaan tersebut dilakukan oleh YPA MDR. Selain seni tari, di Pantai Klayar ini juga diselenggarakan pameran mengenai produk utama daerah seperti VCO, batik dan juga makanan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Teleng Ria: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pacitan Jatim

Peak season di Pantai Klayar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pantai Klayar merupakan pantai yang sangat indah. Pantai ini memiliki daya tarik yang besar dari segi alam natural yang dimilikinya. Tidak salah jika panti ini memang sangat populer. Tapi meski pantai ini populer, panti masih tergolong sepi, tidak banyak pengunjungnya. Hal ini disebabkan karena lokasi pantai ini yang cukup jauh dari kota-kota yang besar dan sibuk seperti Jakarta dan Surabaya. Oleh karena itu kebanyakan wisatawan yang datang ke pantai ini tidak banyak. Hal ini akan terjadi pada hari-hari biasa. Tapi jika anda berencana mengunjungi Pantai Klayar di bulan Juni atau Bulan Juli, maka persiapkan untuk melihat pantai dengan banyak pengunjung karena bulan tersebut adalah bulan libur sekolah sehingga banyak pengunjung yang datang ke pantai ini.

Larangan di Pantai Klayar

Untuk anda yang akan mengunjungi pantai eksotis di Pacitan ini ingatlah bahwa kegiatan wisata yang bisa anda lakukan sangat terbatas. Anda sebaiknya tidak mencoba bermain air dan berenang di pantai ini. Hal ini disebabkan karena ombak di pantai ini sangat besar. Cukup besar sehingga bisa menyebabkan munculnya suara siulan seperti yang disebutkan sebelumnya. Jika anda membawa anak balita dan anak usia sekolah tetap awasi kegiatan mereka. Hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebagai pengetahuan anda, sudah ada banyak korban yang berjatuhan karena tidak berhati-hati ketika bermain di pantai ini. Terlebih anak-anak lebih cenderung mengabaikan perintah dan ingin mencoba hal baru. Oleh karena itu yang perlu anda lakukan adalah selalu mengawasi gerak-gerik anak anda ketika bermain di Pantai Klayar ini.

superadmin

3 comments

  • Pantai yang sangat indah dengan beberapa keunikan tersendiri. Di pantai ini kalian bisa bermain air namun jangan sampai ke tengah2 karena ombaknya yang besar.
    Di pantai ini kalian juga bisa menikmati keindahan mulai dari 2 batu yang menjulang tinggi membentuk patung spinx, selain itu juga ada seruling samudra. Seruling samudra adalah air yang keluar dari celah2 batu karang karena tekanan ombak yang keras maka air yang memancur ke atas mengeluarkan bunyi seperti seruling.
    Menikmati matahari tenggelam juga bisa dan melakukan camp di pantai ini.

    Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat dicapai sekitar 60 menit dari kota pacitan

    Klayar adalah pantai eksotik dengan hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut dan air mancur alami setinggi 10 meter.

    Perjalanan menuju ke pantai Klayar adalah sebuah tantangan bagi mereka yang suka akan kegiatan luar ruangan, karena jalan yang harus diakses terbilang sempit dan rusak di beberapa bagian. Ditambah lagi, terdapat kelokan tajam serta rute yang naik turun perbukitan dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim. Namun demikian, keindahan pemandangan bukit dan lembah hijau akan menemani sepanjang perjalanan.

    Pantai ini terbilang masih sangat sepi, dan hanya akan terlihat beberapa nelayan yang sedang melaut saat hari biasa. Hamparan pasir putih membentang dengan ombak sejernih kristal memecah di bibir pantai,dan diapit bukit-bukit karang di kanan dan kirinya.

  • Pantai Klayar ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kab Pacitan, Fasilitas di pantai klayar sudah cukup memadai. Di sana sudah tersedia kamar mandi dan toilet yang bersih. bagi para wisatwan yang beragama islam juga tersedia mushola di kawasan Pantai Klayar. Untuk urusan perut tenang saja. warung-warung pinggir pantai siap memanjakan perut anda dengan berbagai menu.

    Pantai yang sangat indah dengan beberapa keunikan tersendiri. Di pantai ini kalian bisa bermain air namun jangan sampai ke tengah2 karena ombaknya yang besar.
    Di pantai ini kalian juga bisa menikmati keindahan mulai dari 2 batu yang menjulang tinggi membentuk patung spinx, selain itu juga ada seruling samudra. Seruling samudra adalah air yang keluar dari celah2 batu karang karena tekanan ombak yang keras maka air yang memancur ke atas mengeluarkan bunyi seperti seruling.

    Menikmati matahari tenggelam juga bisa dan melakukan camp di pantai ini. Akses ke pantai ini sudah mudah, dari daerah kota berjarak sekitar 35Km.

    Pantai yang sangat indah. Perpaduan antara bersihnya pasir, kokohnya karang, hembusan sang bayu dengan deburan ombak nan elok. Sungguh ciptaan Tuhan yang maha sempurna. Perjalanan yang panjang akan dibayar lunas dengan pemandangan alam yang sempurna. Terdapat fasilitas bersepeda roda 4, dengan harga yang cukup tinggi, 50rb -75rb. Masuk bukit tiket 2rb. Tiket masuk pantai 10rb.

  • Pengalaman berkunjung pada H+2 lebaran 2018. Pada lebaran 2018 saya sekeluarga berlibur ke pantai klayar, karena jarak tempuh dari Klaten yang lumayan jauh maka kami sampai di lokasi sekitar jam 19.30. Suasana sudah sepi, terlihat beberapa pengunjung yang memang bermalam di penginapan sekitar pantai dan ada yang menggunakan tenda.

    Namanya juga libur panjang, niatan kami untuk menyewa penginapan batal karena sudah penuh. Akhirnya kami mendirikan tenda untuk bermalam. Kesan yang saya dapat pada malam itu adalah pantai yang indah dengan pasir putih dan suara deburan ombak yang keras.

    Hanya saja kebersihannya tidak terjaga, sampah makanan bertebaran. Kamar mandi tutup jam 22.00 dan kurang bersih. Warung juga tutup. Pagi hari kami bermain pasir di pantai yang masih sepi. Namun kesepian tersebut berubah saat sekitar jam 8. Pengunjung mulai ramai, kendaraan bermotor (ATV) berseliweran dengan suara yg lumayan kencang.

    Sedikit saran, sebaiknya penggunaan ATV diberikan jalur khusus.
    Setelah puas bermain pasir, kami bersih diri di kamar mandi dengan tarif 5000/orang, dan ternyata di tengah-tengah bersih diri air bersihpun habis karena jumlah pengunjung yang ramai.Buat yang ingin berlibur di pantai klayar, saran saya bermalam supaya bisa menikmati pantai saat masih sepi.

    Pantai ini bersih dan asik untuk dikunjungi. Harga masuk per orang seharga 10.000, murah. Parkirpun sangat terjangkau. Akses ke pantai dari tempat parkir agak sedikit curam , jadi kalau kembali ke area parkir harus lewat tanjakan yang cukup terjal, tetapi banyak sekali ojek lokal yang siap membantu. Perlu agak berhati-hati bermain di pantai ini karena ombak sewaktu-waktu bisa membesar. Puas bermain bersama anak-anak disini karena pasirnya yang bersih.

    Selamat berlibur semuanya.