Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Bantur, Malang Jatim

Jika Anda sudah berencana untuk mengunjungi Malang dalam waktu dekat ini, maka jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Kondang Merak. Walaupun kota tersebut terkenal akan dataran tingginya yang sejuk dan segar, pesisir selatan Malang sebenarnya menyimpan banyak pesona alam yang tak kalah seru dan indah, seperti Pantai Balekambang atau Pantai Goa Cina. Sedangkan Pantai Kondang Merak sendiri merupakan alternatif yang barangkali akan jauh lebih menarik bagi Anda yang kurang menyukai suasana pantai yang ramai oleh pengunjung, apalagi jika rencana liburan ke Malang Anda akan berlangsung pada musim liburan akhir tahun nanti.

Nama Pantai Kondang Merak sendiri dikarenakan kondisi pantai yang merupakan tempat pertemuan air laut dengan air tawar alias kondang. Sedangkan nama merak dikarenakan banyaknya burung merak yang dulunya dapat ditemukan dengan mudah di kawasan ini. Sayangnya, semenjak tahun 80an, kawanan burung tersebut sudah mulai hilang di lokasi tersebut sehingga sekarang Anda sudah tak bisa lagi merak yang menjadikan pantai ini sebagai habitat mereka.

Lokasi Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak berlokasi di Desa Sumberbening, Bantur, Malang Jawa Timur. Sedangkan untuk menjangkaunya, rutenya sendiri serupa seperti rute menuju ke Pantai Balekambang karena lokasi kedua tempat wisata tersebut yang berdekatan. Jika Anda datang dari arah jantung Kota Malang dengan mengendarai mobil, maka pergilah menuju ke kawasan selatan Malang. Setelah Anda melewati Gadang, ikuti saja arah penunjuk jalan menuju Krebet dan Bululawang. Setibanya di pertigaan Krebet, penunjuk jalan akan mengarahkan Anda ke Gondanglegi dan kemudian Pantai Balekambang. Setibanya di perempatan yang akan mengarah ke Pantai Balekambang, beloklah ke kanan untuk mencapai Pantai Kondang Merak.
Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas Kota Malang yang terkenal akan kondisi pegunungannya. Dan begitu Anda memasuki kawasan Pantai Kondang Merak, Anda bahkan bisa ikut bersiul dengan berbagai burung yang tinggal di sana. Bahkan, warga setempat pun memasang tanda bertuliskan “Silahkan menikmati perjalanan dengan bersiul”. Panoramanya pun tak kalah menarik, sehingga medan terjal serta bergelombang menuju Pantai Kondang Merak pun jadi tak terasa.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Batu Bengkung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gedangan, Malang Jatim

Dan mengingat kondisi akses jalan menuju Pantai Kondang Merak yang demikian, maka jangan lupa untuk memeriksa dan memastikan bahwa kondisi kendaraan yang Anda bawa baik dan prima. Dan jika Anda atau anggota keluarga Anda ada yang mudah merasa mual di mobil saat berkendara, pastikan Anda juga pastikan kondisi fisiknya bugar dengan makan terlebih dahulu atau minum obat anti mabuk darat sebelumnya.

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai Kondang Merak

Lantas, apa saja yang bisa Anda lakukan di Pantai Kondang Merak untuk rekreasi dan berlibur bersama anggota keluarga atau teman terdekat Anda? Anda tidak perlu khawatir, karena sekadar bersantai di tepi pantai sambil bermain pasir dan menikmati hembusan angin pantai yang segar bukanlah satu-satunya aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk menghabiskan waktu selama di sana.

Salah satu kegiatan yang paling direkomendasikan untuk dilakukan di Pantai Kondang Merak adalah snorkeling. Banyak wisatawan yang melakukannya karena kondisi air laut yang begitu bersih dan jernih. Maka, terumbu karang yang membentang di pinggiran pantai serta kumpulan biota laut seperti ikan-ikan kecil pun dapat dilihat dengan jelas. Hewan=hewan yang dapat Anda temui di pantai pun beragam, termasuk landak laut, gurita kecil, serta lobster yang semuanya gemar bersembunyi di sela-sela terumbu karang.

Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak

Selain itu, Anda pun bisa bertemu dan berinteraksi dengan para nelayan dengan perahu mesin tunggal. Hal ini dikarenakan adanya jajaran batu karang yang menjulang kira-kira 200 meter jauhnya dari bibir pantai. Karena itulah gelombang ombak yang terdapat di kawasan pantai ini tidak terlalu besar, jadi berbeda dengan karakteristik ombak di pesisir selatan Jawa pada umumnya. Dengan begitu, Anda pun bisa bermain-main di pantai dan laut dengan tenang selama tidak bersikap ceroboh atau menantang bahaya.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Balekambang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Bantur, Malang Jatim

Dan karena ada banyak nelayan, maka Anda pun bisa membeli ikan segar yang baru saja mereka tangkap. Ada banyak jenis ikan yang biasa ditangkap dan dapat Anda beli, seperti ikan kakap, ikan tuna, dan bahkan gurita. Keberadaan para nelayan ini pun membuat kawasan kampung nelayan di Pantai Kondang Merak sering ramai baik sepanjang siang hari maupun malam hari.

Jika Anda adalah penggemar kuliner, maka Anda pun masih bisa melanjutkan hobi kulineran Anda di kawasan Pantai Kondang Merak ini. Berbagai jajaran warung di area pantai menawarkan berbagai varian menu masakan laut yang bahkan nyaris tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Salah satunya adalah sate tuna yang sudah lama jadi andalan di kawasan ini. Kemudian ada juga kebab seafood yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, lalu gurita asam manis, gurita saus tiram, dan kepala ikan laut kuah pedas.

Oh iya, karena lokasi Pantai Kondang Merak yang bertetangga dengan berbagai pantai di sekitarnya, maka jangan sia-siakan kesempatan ini untuk melewatkan pesona lokasi lainnya, ya. Selain Pantai Balekambang, Anda pun bisa luangkan waktu untuk mendatangi Pantai Ngentup, Pantai Selok, pantai Sugu, dan Pantai Banyu Meneng. Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari pun berjarak cukup dekat dari Pantai Kondang Merak, sehingga tak kalah menarik untuk ditengok.

Sejauh ini, belum ada aktivitas atau fasilitas di Pantai Kondang Merak yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya, misalnya untuk sewa, kecuali biaya parkir yang berkisar di antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Sedangkan biaya tiket untuk masuk ke kawasan pantai sendiri adalah Rp 10.000 per individu.

Event Tahunan Pantai Kondang Merak

Belum ada rangkaian acara khusus yang diadakan secara teratur, minimal sekali setahun, di Pantai Kondang Merak. Kalaupun ada ritual yang dilakukan sebagai bagian dari tradisi yang dilakukan oleh para warga, hal tersebut tidak atau belum menjadi atraksi yang menarik perhatian pengunjung untuk diikuti dan ditonton. Barangkali hal ini dikarenakan jarak tempuh yang terbilang panjang untuk mencapai kawasan Pantai Kondang Merak, yaitu sekitar 2,5 jam perjalanan dengan mobil. Apalagi medannya sendiri juga terjal dan tidak rata, sehingga permukaannya dijamin berlumpur kala musim hujan datang.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Goa China: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Malang, Jatim

Akan tetapi, bukan berarti Pantai Kondang Merak lantas merupakan kawasan yang biasa-biasa saja. Selain berbagai aktivitas dan pesona wisata kuliner khas laut yang sudah dijelaskan di atas, Anda pun masih bisa menikmati berbagai pengalaman seru di sana. Salah satunya adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan lutung Jawa, yang merupakan salah satu satwa yang terancam punah. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang juga merupakan bagian dari kawasan hutan lindung, yang juga merupakan hutan tropis daratan terbaik di Jawa. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di kawasan pantai dengan harga yang berkisar dari sekadar Rp 100.000 sampai Rp 1.000.000 per malam.

Peak Season di Pantai Kondang Merak

Seperti yang sudah diduga, kawasan Pantai Kondang Merak ramai dikunjungi wisatawan ketika memasuki musim kemarau. Sebab memang hari yang cuacanya cerah adalah saat yang paling pas untuk mengunjungi pantai, bukan? Dengan begitu, Anda pun bisa menikmati dan menghabiskan waktu di pantai sepuasnya tanpa harus khawatir soal kemungkinan turunnya hujan, yang sering kali juga menyebabkan gelombang laut naik dan mengganas, sehingga risiko bahaya pun ikut meningkat.

Peringatan Bahaya di Pantai Kondang Merak

Pada dasarnya, hindari bulan-bulan di musim hujan ketika Anda akan mengunjungi Pantai Kondang Merak. Hal tersebut pun berlaku jika Anda ingin ke pantai untuk berkemah walaupun hanya untuk semalam. Sebab, curah hujan yang tinggi pun dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut yang tentunya dapat membahayakan keselamatan Anda serta anggota keluarga maupun teman-teman Anda.

Itulah rangkuman informasi penting mengenai Pantai Kondang Merak yang semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menikmati pesona pesisir Malang Selatan. Selamat berlibur!

Mantai Team

2 comments

  • Pantai ini berada di Desa Sumberbening, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya dari pusat kota Malang adalah kurang lebih 64 kilometer dan bisa dicapai dengan naik kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor selama 2-3 jam tergantung kondisi jalan.

    Walau pantai ini populer, namun saat berkunjung ke sana, wisatawan tidak akan merasa ramai, karena kepopuleran pantai ini masih kalah jika dibandingkan pantai malang selatan lainnya seperti Balekambang dan juga Goa Cina. Sehingga, untuk berwisata ke sini, tentu akan lebih sepi dan wisatawan pun bisa lebih menikmatinya.

    Nama kondang merak diambil dari kondisi pantai itu sendiri. Kondang adalah muara yang merupakan pertemuan antara air tawar dengan air laut. Sedangkan merak adalah nama burung yang dahulu banyak hidup di sekitar pantai tersebut.

    Nama Kondang Merak tetap lestari hingga saat ini, walau kini habitat merak di sekitar pantai sudah tidak ada. Merak di sekitar pantai sudah mulai hilang sejak tahun 1980-an. Disarankan untuk berkunjung saat musim panas ya.

    Hampir tiap sekali setahun main kesini karena suka dengan suasananya yang masih belum begitu dijamah. Nikmatin sunrise disini sambil ngecamp bareng sahabat bener bener bisa merefresh pikiran setelah sibuk dengan duniawi di kota.

    Satu hal yang bikin kangen juga kalau main kesini tentunya makan sate tuna dan octopus yang dijamin bikin nagih dengan harga yang relatif murah meriah. Apalagi ditambah penjual yang ramah dan baik hati, super love ❤❤❤ semoga bisa segera main lagi kesini

  • Pantai Kondang Merak adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia dan berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    Pantai kondang merak memiliki pasir putih yang lembut. Ombak air laut di pantai ini tidak besar seperti pantai pantai selatan lainnya . Sehingga aman digunakan sebagai tempat bermain bagi anak anak.

    Sebagai tempat wisata pantai sangat pas juga sebagai tempat wisata camping bersama keluarga atau dengan teman .

    Fasilitas sangat mendukung karena banyak warung makanan, toilet bersih dan mushola dan Gereja. Bagi anda yang gemar Makan Sea Food , nah disinilah anda akan dapat menikmati hidangan sea food yang istimewa dengan harga yang murah.

    Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, harus dipastikan kondisi kendaraan anda harus benar benar prima.

    Sebab, jalan menuju pantai saat musim hujan seperti jalur off-road, karena belum dilapisi aspal.

    Bagi anda yang suka off road pasti jalan seperti inilah yang dicari dan digemari. Sebagai sarana menyalurkan hobbi. Ayo, buruan ke Kondang Merak mumpung jalannya. belum di perbaiki heheh. Sensasinya itu lho hahah.