Pantai Sepanjang

Pantai Krakal: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Gunungkidul mempunyai sederet pantai yang begitu memukau dan membuat hati tenang. Pantai-pantai dengan panorama yang sangat indah akan membuat anda lupa tentang masalah dan beban yang sedang anda alami. Pantai Krakal, dengan segala keistimewaannya mampu menarik perhatian banyak pelancong dan menjadikan pantai ini sebagai salah satu pantai di Tanjungsari yang paling diburu.

Pantai yang memiliki ciri khas dua batuan karang yang begitu besar memberikan penampilan yang sangat menyejukkan mata. Batuan karang ini memiliki warna khas yang begitu apik dan ciamik, yakni berwarna hitam sehingga sangat menyatu dengan warna laut dan langit yang cerah. Tidak hanya itu, Pantai Krakal juga memiliki pasir halus dan air laut jernih berwarna kebiruan, sehingga menawarkan kedamaian hati ketika anda memandangnya.

Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang

Pantai yang terletak di Gunungkidul ini terkenal sebagai pantai yang sangat unik dengan karakter tebing dan spot menarik untuk mengambil gambar. Ditambah dengan fasilitas serta banyak kegiatan menyenangkan yang bisa pengunjung lakukan. Kedua batu karang yang menjadi spot utama dari pantai ini menjadi hal yang paling diincar oleh setiap pengunjung.

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai

Sama dengan pantai di kawasan selatan pada umumnya, Pantai Krakal terletak di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Jika dari Wonosari, pantai indah ini bisa anda tempuh dengan jarak sekitar 37 Km ke arah selatan. Krakal merupakan pantai yang dinobatkan sebagai objek wisata terluas dan terpanjang di Gunungkidul, maka tidak heran jika pantai dengan bibir pantai yang panjang ini selalu ramai oleh pengunjung.

Pantai Krakal hanya berjarak 2 Km dari Pantai Drini yang juga tidak kalah memukau. Pantai Krakal juga berada satu arah dan bisa dijumpai ketika anda berkunjung ke Pantai Baron maupun Pantai Kukup. Ketika mengunjungi Pantai Teliti yang berada di Kecamatan Tepus, anda juga bisa menjangkau Pantai Krakal yang letaknya tepat bersebelahan. Hal ini menjadikan Pantai Krakal sangat mudah untuk anda temui dan anda jangkau.

Objek wisata Pantai Krakal bisa anda nikmati keindahannya hanya dengan membayar Rp. 10.000 per jiwa. Jika ingin berada di pantai dengan pasir putih bersih ini, anda harus menempuh perjalanan dengan berkendara sekitar 2 jam dari jantung kota Yogyakarta. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor untuk menjangkau Pantai Krakal. Namun, anda juga memanfaatkan transportasi umum seperti bus, kereta api, dan sebagainya untuk bisa menghirup udara pantai yang sejuk. Baik memakai kendaraan pribadi maupun transportasi umum, keselamatan merupakan hal paling utama yang wajib anda perhatikan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Baron: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai

Mengunjungi suatu tempat rekreasi tentu saja melakukan kegiatan seru adalah tujuan utama. Karena bagaimanapun, fungsi dan tujuan pokok dari wisata itu sendiri adalah untuk memperoleh kesenangan dan keadaan bahagia. Dalam hal ini, fasilitas yang disediakan juga sangat mendukung tempat wisata yang anda kunjungi. Nah, Pantai Krakal merupakan objek wisata yang menawarkan aktivitas lengkap dengan fasilitas yang sangat baik dan memadai.

  • Surfing dan Snorkeling

Keseruan pertama yang bisa anda lakukan di Pantai Krakal adalah surfing maupun snorkeling. Ombak pantai yang begitu tenang memungkinkan anda untuk berselancar dan menyatu dengan laut. Maka, jangan heran jika anda akan menemukan banyak para penyuka surfing akan menampilkan kehebatan selancarnya di sini.

Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang

Bukan hanya surfing, snorkeling juga merupakan hal hebat yang bisa anda lakukan. Menikmati keindahan dasar laut Pantai Krakal akan membuat anda bersyukur karena bisa berkunjung ke pantai cantik ini. Air laut yang masih begitu jernih, bersih dan alami membuat anda bebas untuk melihat pergerakan biota bawah laut dengan puas. Jika anda tidak atau lupa membawa perlengkapan snorkeling, maka anda dapat menjualnya dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp. 50.000.

  • Melihat Keindahan Sunset

Mengabadikan matahari tenggelam bersama keluarga ataupun pasangan terkasih adalah suatu kegiatan cukup mengesankan yang bisa anda lakukan. Setelah lelah snorkeling maupun surfing seharian penuh, maka anda bisa bersantai di tepi pantai sambil menunggu sunset untuk anda abadikan ke dalam kamera. Tidak hanya itu, anda juga dapat berkemah atau menginap di penginapan yang disediakan di Pantai Krakal untuk menanti sunrise yang begitu sempurna.

  • Berenang

Mungkin, anda masih takut untuk melakukan snorkeling karena beberapa hal. Sehingga memilih untuk berenang di atas permukaan laut juga menjadi sebuah keseruan yang tak terlupakan. Anda bisa mengajak seluruh keluarga untuk bermain air laut yang jernih dan bersih sepuasnya. Bukan hanya itu, bagi anda yang belum begitu pandai berenang, Pantai Krakal sangat cocok sebagai tempat anda belajar renang.

  • Bersantai di Pasir Pantai

Bersantai sambil bermain pasir juga aktivitas menarik yang dapat anda lakukan. Ajaklah buah hati anda untuk membangun istana atau kerajaan pasir sambil membantu tumbuh kembang anak. Hal ini tentu saja menjadi sebuah hal yang sangat mengedukasi serta menyenangkan hati anda anda.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Parangkusumo: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Parangtritis, Bantul Jogja
Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang

Terkait fasilitas, Pantai Krakal memang masih belum menyediakan yang begitu sempurna untuk pengunjung pantai. Akan tetapi, anda bisa menikmati fasilitas gratis dan berbayar dengan nyaman yang telah disediakan. Mulai dari toilet, tempat parkir dengan penjagaan yang sangat bagus, tempat makan yang menyajikan hidangan istimewa, musholla, penginapan, hingga tempat istirahat sementara yang bisa anda gunakan secara gratis.

Event di Pantai Tiap Tahun

Beberapa objek wisata terkadang memiliki acara atau event khusus yang sering dilakukan di sana. Hal ini menjadikan warga setempat sering menggunakan tempat wisata tersebut sebagai tempat yang sakral dan menghubungkannya dengan mistis. Namun, terkadang ada pula kawasan hiburan yang kerap dijadikan sebagai lokasi olahraga karena keberadaan dan kawasannya yang begitu sempurna. Olahraga tersebut bisa berupa sepak bola, bola voli, lompat karet dan lain sebagainya.

Tidak ada event khusus yang dilakukan setiap tahun di Pantai Krakal, hal ini mungkin saja disebabkan beberapa hal seperti tidak adanya turun tangan pemerintah dan sebagainya. Akan tetapi, meskipun demikian Pantai Krakal juga kerap kali dijadikan warga setempat sebagai tempat untuk makan bersama ketika hendak memasuki bulan suci ramadhan maupun hari raya idul adha.

Dengan segala keindahan dan daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Krakal, menjadi objek wisata yang satu ini layak menjadi tempat yang wajib dijaga dan dilestarikan. Diharapkan kepada pemerintah dan penduduk setempat untuk lebih memperhatikan pantai ini agar tidak terjadi lagi pengambilan kerikil pantai seperti yang telah terjadi.

Peak Season di Pantai

Pantai ini tidak mempunyai waktu yang tentu untuk membuat para pengunjung selalu ramai. Akan tetapi, dapat dipastikan pantai ini selalu saja memiliki pengunjung yang banyak berdatangan dari kawasan lokal maupun daerah luar. Hal ini pastinya menjadikan pantai dengan pasir putih ini sebagai objek wisata yang selalu aktif.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Timang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Meskipun tak pernah sepi pengunjung, Pantai Krakal tetap memiliki waktu-waktu tertentu yang membludak pengunjung. Seperti hari minggu atau akhir pekan, musim libur sekolah, menjelang ramadan, dan hari raya baik idul fitri maupun idul adha. Sehingga membuat bibir pantai berhamburan dengan pengunjung yang datang dengan membawa keluarga. Dalam hal ini, pedagang yang berjualan di pantai dapat meningkatkan omset dan penghasilan yang diperoleh dari pengunjung yang berdatangan. Tentunya kondisi ini dapat membantu ekonomi masyarakat setempat.

Peringatan Bahaya

Pemerintah setempat sangat antusias terhadap bahaya yang mungkin saja timbul di beberapa pantai di kawasan selatan Gunungkidul. Hal ini tentu saja dikarenakan kawasan tersebut memiliki resiko longsor dan bencana alam lainnya yang dapat membahayakan warga setempat juga pengunjung pantai. Dapat dikatakan, pantai-pantai yang berada di daerah selatan Gunungkidul seperti Pantai Krakal, Pantai Sepanjang, Pantai Baron dan pantai lainnya berpotensi untuk mengalami bencana alam.

Bukan hanya memberikan informasi berupa peringatan bahaya yang mungkin saja terjadi. Akan tetapi, pemerintah bersama penanganan bencana juga memberikan peringatan terhadap ubur-ubur yang bisa saja menyerang pantai dalam waktu kapan saja. Pemerintah mengharapkan peringatan yang dikeluarkan dapat mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dan dapat menghindari jumlah korban jiwa. Dapat dikatakan, pemerintah setempat telah bekerja cukup baik untuk mengantisipasi bencana alam yang mungkin saja terjadi di beberapa pantai di kawasan selatan Gunungkidul.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Krakal ini sebenarnya destinasi wisata pantai yang sudah lama ada dan terkenal sebagai salah satu pantai terindah di bagian selatan Yogyakarta. Garis pantainya landai ditambah hamparan pasir putih serta hempasan ombak yang tidak terlalu besar membuat Pantai Krakal menjadi salah satu primadona wisata pantai di yogyakarta.
    Jarak pantai ini dari pusat kota Yogyakarta sendiri kurang lebih sekitar 65 kilometer yang dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.

    Pantai Krakal ini mempunyai bentangan garis pantai yang panjang dan merupakan garis pantai yang terpanjang diantara pantai-pantai lainya di Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju Pantai Krakal sendiri tidak terlalu susah denganmelintasi perbukitan kapur dengan sedikit teras-teras batu karang. Di sana ada juga bebatuan karang yang sebagian besar menghiasi bibir pantai yang sering menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan kecil yang berwarna-warni.

    Fasilitas di Pantai Krakal yang berlokasi di Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia ini bisa dibilang cukup lengkap. Deretan warung makan dan beberapa hotel juga ada di sekitar pantai, sehingga memudahkan teman – teman traveler yang ingin menginap disini. Terlebih buat teman-teman traveler yang ingin berselancar setiap harinya, mungkin bisa tinggal di Pantai Krakal selama beberapa hari.

    Namun pada saat terakhir kesana, keadaan pantai krakal sudah tak seindah dulu, banyak fasum yang rusak dan kondisi pantai yang kotor

  • Sejarah unik dialami oleh pantai Krakal, terbentuk pantai seperti itu melalui berbagai proses alam yang panjang. Kata penduduk sekitar, pantai pulang syawal berada dibawah dasar laut. Lantaran terjadi proses alam pengangkatan kerak bumi, sehingga dasar laut dapat menuju ke permukaan hingga menjadi daratan.

    Daratan pantai terbentuk karena pengangkatan dasar laut, sehingga muncul pantai dengan sebutan pantai Krakal Wonosari. Pantai pulang syawal memiliki keunikan pada jumlah batu karang yang bertebaran di pantai, dimana dahulu batu karang tersebut merupakan habitat asli bagi ikan di dasar laut.

    Fasilitas Wisata

    Apabila anda beruntung ketika berkunjung ke wisata pantai Krakal, maka anda akan disuguhkan dengan berbagai atraksi hiburan yang biasanya digelar di panggung terbuka.

    Pantai Krakal memiliki dua batu hitam yang menjulang tinggi keatas sebagai pembatas dengan pantai lain. Pada kedua batu tersebut memiliki permukaan sangat subur maka tidak heran apabila pada permukaan dua batu ditumbuhi oleh bermacam tumbuhan laut. Diantara kedua karang besar tersebut wisatawan dapat menikmati panorama alam pantai dengan mengunjungi gazebo yang telah disediakan oleh pengelolah wisata