Pantai Kukup

Pantai Kukup: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Pantai merupakan tempat yang sangat favorit bagi banyak orang untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga maupun teman dekat. Selain memiliki keindahan, pantai juga mampu membuat kita merasakan tenang dan damai. Tak heran bila pada waktu liburan maka banyak orang yang akan memilih pantai sebagai tujuan liburan.  Salah satunya adalah Pantai Kukup yang terletak di Kemadang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah istimewa Yogyakarta. Dan pantai ini adalah satu-satunya tempat wisata di Daerah Gunung Kidul. Pantai Kukup ini kaya akan ikan hias, bahkan terdapat banyak pedagang yang menjual ikan hias disekitar pantai. Selain pantainya indah, pantai ini juga memiliki gardu pandang yang berada di pulau yang terpisah.

Pantai Kukup
Pantai Kukup

Ombaknya yang tenang, air yang berwarna biru menambah keindahan pantai ini, nyaman rasanya jika berlama-lama berada di pantai kukup ini. Sambil berjalan menelesuri sepanjang pantai,  menikmati keindahannya. Tidak salah lagi jika memilih pantai ini sebagai tempat rekreasi dan tentunya anda dan keluarga akan merasakan khas angin pantai dan deburan ombak yang siap menemani anda.

Lokasi pantai Kukup

Pantai Kukup
Pantai Kukup

Untuk anda yang ingin menuju ke pantai ini maka pantai ini kurang lebih berada 1 km di sebelah timur dari pantai Baron. Yaitu di Jalan Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah istimewa Yogyakarta.

Jika anda berasal dari Jogja-solo pertigaan candi prambanan maka belok ke arah selatan menuju ke jalan Wonosari, dan terus ikuti jalan tersebut hingga sampai di kota Wonosari. Lalu ambil kekanan dan ikuti petunjuk yang ada hingga menuju ke arah Jalan Baron. Setelah itu anda tinggal mengikuti petunjuk arah karena pantai Kukup, pantai Baron dan pantai Indrayanti ada petunjuk arah yang berada di pinggir jalan. Jika mengalami kesulitan dalam mencarinya anda bisa menanyakan pada masyarakat sekitar, agar tidak kesasar dan memakan banyak waktu dalam perjalanan.

Anda bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil untuk sampai ke pantai kukup, namun yang perlu anda perhatikan adalah jalan untuk sampai kesana sangat berkelok jadi anda perlu berhati-hati. Dan jika anda berada di seputaran kota maka anda bisa langsung menuju ke jalan Ringroad selatan dan menuju ke jalan Wonosari kemudian ikuti jalan Baron dan anda bisa mengikuti rute yang sama dengan rute yang telah ada diatas. Perjalan yang mungkin melelahkan bagi anda akan terbayar dengan pesona keindahan yang akan membuat anda merasa takjub pantai kukup.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sundak: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Aktivitas dan fasilitas di Pantai Kukup

Untuk dapat masuk ke pantai kukup maka anda harus menyiapkan uang sebesar Rp. 10.000 untuk membeli tiket masuk dan membayar Rp. 5.000 untuk biaya parkir mobil, sedangkan untuk motor cukup membayar Rp. 2.000 saja. Biaya masuk yang cukup murah namun disini Ada beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di pantai yang cantik ini, dan juga tersedia beberapa fasilitas untuk membuat para pengunjung pantai kukup merasa nyaman dan aman. Pantai kukup yang merupakan salah satu destinasi tempat wisata bagi masyarakat Jogja dan para pendatang. Pantai kukup yang menawarkan beberapa jenis kegiatan wisata untuk anda dan keluarga. Dan tentunya akan membuat suasana liburan menjadi lebih menyenangkan.

Salah satunya yang bisa anda lakukan adalah berburu biota laut di bibir pantai Kukup, pantai ini merupakan pantai yang kaya akan biota laut dan juga terkenal dengan beragam ikan hias. Hal ini akan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Bahkan bisa juga bermain sambil belajar untuk mengenal hewan laut. Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk snorkeling. Pantai kukup ini tak menarik dengan pantai lainnya yang ada di Jogja, yaitu merupakan salah satu tempat rekreasi yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menarik. Pantai yang memiliki teluk dan juga gua kecil, serta kaya akan biota laut. Pantai yang berpasir putih dan ombak yang besar.

Pantai Kukup
Pantai Kukup

Namun pantai ini tidak bisa dijadikan sebagai tempat berenang karena memiliki ombak yang besar maka hanya bisa dijadikan tempat berenang hanya oleh orang-orang profesional saja. Selain itu tempat ini juga memiliki pulau kecil dan batu karang raksasa dan banyak dijadikan sebagai tempat foto prewedding  dan juga sebagai tempat selfie bersama teman-teman dan orang terdekat. Banyak akses jalan untuk sampai ke pulau kecil ini dan ada jembatan yang dapat anda gunakan untuk sampai kesana.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Wohkudu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Panggang, Gunung Kidul Jogja

Pantai kukup ini juga bisa anda jadikan sebagai tempat untuk menikmati sunset yang indah dengan ditemani oleh angin pantai dan suara dari deburan ombak. Apalagi disaat cuaca yang cerah ini adalah waktu yang tepat untuk menikmati sunset. Bahkan ada goa-goa kecil dari tebing-tebing sebelah barat yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk beristirahat.

Pantai kukup juga memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap yang akan membuat anda merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di pantai ini. Dan ini adalah beberapa fasilitas yang Tersedia seperti penginapan, mushola, rumah makan, lahan parkir, toilet, kamar mandi untuk bilas dan juga ada penjual pernak-pernik yang bisa anda jadikan sebagai souvenir.

Dan semua fasilitas yang tersedia sangat terjaga kebersihannya dan anda bisa sangat tenang dan nyaman saat berkunjung ke pantai kukup.

Event di pantai Kukup

Pantai kukup juga sering dijadikan sebagai tempat event tertentu, dan salah satunya adalah dalam memperingati rangka hari pariwisata tahun 2018 dan diadakan berbagai macam lomba. Acara ini diadakan pada tanggal 29 september 2018 pada pukul 09.00. acara event ini juga ditambahkan dengan beberapa kegiatan seperti :

  • Lomba kuliner khas pantau dan desa wisata
  • Kebersihan para pedagang
  • Toilet wisata
  • Dan cinderamata

Pantai kukup juga dijadikan sebagai tempat menggelar pesta rakyat dan pada tahun baru hijriah pantai kukup masyarakat menggelar acara sedekah laut. Kenduri ini juga diikuti oleh seluruh warga yang mencari rezeki di sekitar pantai kukup dan pantai baron. Kegiatan ini dilakukan di dua pantai yaitu pantai kukup dan pantai baron. Selesai acara kenduri makanan dan juga gunungan yang berisikan hasil bumi dibawa oleh para warga yang memakai pakaian tradisional.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Jogan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Dan sesampai di bibir pantai maka sesepuh membuka ritual dan membacakan doa. Mereka juga menabur bunga dan sesaji dan gunungan dinaikan ke kapal untuk dibawa ke tengah laut. Acara ini untuk sebagai rasa syukur kepada Tuhan yang telah melimpahkan rezeki dan menyambut tahun baru hijriah.

Pantai kukup yang menawarkan pesona keindahan yang mampu membuat semua mata takjub. Jika di Bali terdapat Tanah Lot yang banyak dikenal orang, maka di jogja terdapat pantai kukup. Pantai yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap tentu membuat para pengunjung merasakan nyaman liburan ke pantai kukup. Pantai ini akan sangat ramai pada saat liburan tiba, banyak keluarga yang melakukan rekreasi. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan anak-anak. Banyak hal baru yang bisa ditemukan disini. Bahkan tempat ini akan ramai pengunjung disaat akan ada beberapa event dan sedekah laut. Selain warga yang berkumpul, ada beberapa pengunjung yang ikut menyaksikan acara tersebut. Pantai kukup ini memiliki daya tarik tersendiri dan berbeda dengan pantai lainnya.

Namun ada sedikit himbauan jika berkunjung ke pantai kukup yang indah ini, hati-hati dalam menunjuk ke pantai karena jalannya yang berkelok. Dan bagi anda yang berkunjung ke pantai ini pada musim pergantian tahun dan disaat musim cuaca dingin yaitu pada akhir juni-september anda perlu berhati-hati karena akan banyak muncul ubur-ubur yang dapat membahayakan bagi para pengunjung. Anda juga perlu memperhatikan gelombang tinggi yang dapat menerjang pantai, seperti pada bulan juli 2018 lalu, jadi jika ingin berkunjung kesini maka pastikan akan tidak berkunjung pada saat bulan-bulan yang mungkin terjadinya gelombang tinggi. Pastikan liburan anda menyenangkan dan aman sehingga berkesan dan menjadi momen yang indah bersama keluarga maupun sahabat.

Mantai Team

2 comments

  • Pertama kesini waktu 1 Apr 2018
    Penasaran selain di Indrayanti ternyata ada pa tai yg rame dan keren juga.

    Di sini air nya JERNIH BANGET.
    Serius bagus..
    Ikan,karang,bintang laut. Bisa liat tembus karna airnya jernih banget.

    Disini ada spot buat foto2 juga di pondok atas batu besar si atas tulisan KUKUP BEACH.

    Fasilitas :
    -Ada kamar mandi ,ini bayar . Dan GAK REKOMENDASI PAKE KAMAR MANDI YG DEKET PANTAI. AIRNYA KERUH YANG JAGA NENEK2 JUGA TIDAK SOPAN.
    Saya pribadi menyarankan buat ke toilet yang agak maju lagi ke arah tempat parkir. Disini toilet nya ga cuma 1 spot aja . Ada 2 spot. Tiap spot ada kira2 mungkin 7 toilet.
    Saya mandi disini bayar 3000 tp nyesel karna air nya super duper keruh dan bau.

    -Banyak banget yang jual makanan jajanan minuman kelapa asli juga ada. Saya beli kelapa harga 12RB aja dapet 1 buah ala pantai2 ga lengkap kalo ga beli kelapa Saya jg sempet makan bakso dan mie kukup di salah 1 RM disitu. Disitu RM nya bny ga cuma 1 hidangan ala2 seafood tp ada yg non seafood jg kok.

    -PARKIR MOTOR BAYAR 3000
    – Disini saya juga bayar biaya HTM itu 20K jadi masing2 orang 10K sebebernya cuma 9500 aja tapi 500 nya lagi biaya admin #LOL

    *JARAK
    Pertama kita masuk ketemu loket HTM dlu itupun belom sampe masih cari pantainya lagi
    KARNA TERNYATA HTM INI BISA DIPAKE BUAT KEBEBERAPA PANTAI LAINYA. Intinya masuk ke kawasan itu mau ke mana aja terserah tapi bayar HTM nya disitu dan segitu.
    Ada ke PANTAI BARON juga.
    Cumaa setelah sampe di pantai bayar duit parkir lagii

    *SEBELUM SAMPAI LOKET HTM
    Banyak yg jual WALANG GORENG
    Harga 35k pake toples
    Kalo yang sachet 10K doang tp saya ga beli karna jijik makan nya
    Cuma sempet tanya2 harga aja .

    *SARAN
    Lebih baik isi bensin full ya sbm ke sini
    Karna beli bensin eceran di sini mahal.. 1LT = 10K Bosss
    Juga CEK RANTAI MOTOR DAN REM MOTOR.
    Jalur kesini banyak naik turun nya. Bahkan ada jalan yg banyak pasir. Kalo ga bener2 bagus kondisi motor lebih baik jangan. Dr pada kecelakaan. Disini banyak BUS PARIWISATA lewat juga soalnya.

    Sekian – Semoga Info saya membantu ☺-

  • Pantai yg benar benar indah dengan pasir putih yg halus tempat ini pantai yg tepat untuk berlibur bersama keluarga karang yg luas bisa menjadi tempat bermain yg aman untuk anak anak, tempat yg bagus untuk photo juga sepanjang pantai terdapat goa karang yg besar nan indah untuk di potret nuansanya bak di bali dengan keindahan yg ada membuat betah berlama lama di sana,

    Saran datang ke pantai sekitar pukul 10/11 dimana air laut mulai surut sehingga bisa lebih jauh menulusuri pantai disana juga ada jembatan menuju suatu karang yg yg sangat bagus pemandangannya, juga ada spot photo yg berbentuk perahu tetapi di kenakan tarip sebesar 3k untuk berphoto disana.

    Akses menuju pantai kukup tergiling cukup mudah dengan jln yg sudah bagus ditempuh sekitar 2 jam dari pusat kota jogja dengan HTM 10k/org untuk memasuki beberapa pantai seperti pantai baron,watu kodok, krakal, sepanjang dll.

    Pantainya bagus banget, bersih. Kamar mandinya juga bersih dan banyak. Banyak yg jual aksesoris, jadi kalo ga bawa kacamata bisa beli disana. Ada juga yg jualan udang/seafood lainya (crispy) kiloan, murah pula. Tempat makan juga banyak dan menurut saya tidak begitu mahal.

    Pantai Kukup kaya akan beragam ikan hias. di sisi kanan kiri jalan menuju pantai ini banyak pedagang yang menjajakan cinderamata dan aneka macam makanan olahan ikan. Pantai Kukup mempunyai pulau karang kecil yang di atasnya terdapat gardu pandang. pengunjung diperbolehkan naik untuk menikmati panorama keindahan laut yang menakjubkan. Pantai Kukup berada di sebelah timur Pantai Baron.