Pantai Lampon

Pantai Lampon: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ayah, Kebumen Jateng

Pantai Lampon adalah kawasan wisata baru yang ada di Kebumen Jawa Tengah. Lokasi pantai ini cukup tersembunyi dari keramaian dengan kombinasi beberapa elemen sekaligus, yaitu tanjung, bukit, goa dan pantai yang indah. Pantai ini secara langsung berbatasan dengan pesisir pantai selatan yang dikelilingi oleh bukit yang tinggi dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk tempat mencari dan melelang ikan. Ya, mayoritas penduduk yang tinggal disini berprofesi sebagai nelayan.

Pantai Lampon tepatnya berlokasi di antara Tanjung Karang Penganten dan Pantai Pasir. Di tepi barat dan timur pantai secara langsung dibatasi oleh tebing-tebing yang indah dengan pasir berwarna coklat yang bersih sebagai alasnya. Bibir pantai sangat landai didukung dengan kombinasi warna lautnya yang hijau-kebiruan yang indah dan mempesona.

Pantai Lampon
Pantai Lampon

Pantai ini semakin indah dengan berderet pepohonan yang mengelilingi di kanan dan kirinya. Suasana pantai semakin terasa pantai-nya dengan adanya pepohonan kelapa di sepanjang bibir pantai. Anda yang dalam waktu dekat berencana berwisata ke pantai, tidak ada salahnya Anda menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi wisata Anda bersama keluarga. Berlokasi di Desa Pasir kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai

Lokasi Pantai Lampon tepatnya terletak di antara Pantai Pasir dan Tanjung Karang Penganten yang ada di Kebumen. Tepatnya, lokasi pantai Lampon terletak di desa Pasir, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Kebumen, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 38 kilometer dengan mengambil arah barat daya. Lebih mudahnya lagi, Anda yang sudah familiar dengan Pantai Pasir Kebumen bisa menempuh perjalanan ke arah pantai pasir itu sebab secara lokasi antara Pantai Pasir dan Pantai Lampon keduanya cukup dekat.

Atau, jika Anda sudah familiar dengan yang namanya Pantai Suwuk atau Pantai Karang Bolong, Anda bisa menjangkau pantai ini dengan mudah sebab secara lokasi, Pantai Lampon tidak jauh dari kedua pantai itu. Dari Pantai Karang Bolong misalnya, Anda akan menemukan sebuah masjid yang berlokasi di pertigaan jalan. Cobalah untuk mencari papan pengumuman yang menunjuk ke arah pantai Lampon. Ikuti saja petunjuk jalan tersebut sampai Anda menemukan destinasi wisata yang Anda tuju itu.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Menganti: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ayah, Kebumen Jateng
Pantai Lampon
Pantai Lampon

Terdapat jalanan menanjak yang menuju ke pantai Lampon. Terdapat bukit dengan jalanan yang mulus yang memudahkan Anda untuk sampai di pantai Lampon. Jalanan ini sudah bisa dilalui oleh mobil karena mulus dan tidak becek. Di pinggir tebing, terdapat warung yang bisa Anda manfaatkan untuk rehat sejenak dari perjalanan yang panjang itu, sembari mengamati indahnya pantai Lampon dari ketinggian. Jika ingin menyaksikan pemandangan yang indah lebih dekat lagi, Anda bisa menyusuri jalan sesuai penunjuk arah untuk sampai di lokasi wisata tersebut.

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai

Apa saja fasilitas dan aktivitas yang menyenangkan yang bisa Anda nikmati selama berada di lokasi wisata ini? Beberapa diantaranya adalah:

Goa Lampon

Ya, salah satu spot yang menarik yang ada di pantai ini adalah Goa Lampon. Goa ini memiliki keindahan tersendiri yang hanya bisa dinikmati saat air laut sedang surut. Jika pasang, Anda harus bersabar untuk bisa menunggu agar air pantai surut.

Secara ukuran, goa ini cukup kecil, berlokasi di bawah perbukitan dan terdapat di bagian tepi pantai Lampon. Anda tidak ingin melewatkan sensasi berada di Goa Lampon? Pastinya Anda harus datang kemari saat air pantai sedang surut ya.

Pantai Pasir

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda nikmati disini adalah Pantai Pasir. Pantai ini adalah pantai yang indah yang hampir mirip dengan destinasi wisata yang Anda tuju. Dari Pantai Lampon, Anda hanya perlu mencapai perjalanan selama beberapa menit saja. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Anda yang ingin merasakan sensasi dua pantai yang berbeda, bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata yang menyenangkan untuk liburan Anda kali ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Menganti: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ayah, Kebumen Jateng

Telaga Tanjung

Selain goa dan pantai, tidak ketinggalan, di lokasi sekitar pantai terdapat Telaga Tanjung yang indah mempesona. Lelah berjemur atau berenang di pantai, Anda bisa bertandang ke telaga Tanjung untuk merasakan suasana yang lebih tenang dan lebih nyaman. Telaga Tanjung memiliki air yang jernih dengan pepohonan di kanan kiri yang indah dan asri.

Pantai Tanjung Karang Penganten

Ya, tiga pantai yang bisa Anda kunjungi sekaligus jika Anda menjadikan Pantai Lampon sebagai destinasi wisata yang menarik adalah Pantai Pasir, Pantai Lampon dan Pantai Tanjung Karang Penganten. Pantai Tanjung Karang Penganten dan Pantai Pasir adalah dua pantai yang mengapit Pantai Lampon.

Pantai ini tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain yang ada disini. Wisatawan yang datang kemari, biasanya sekaligus mengunjungi tiga pantai itu untuk merasakan perbedaan sensasi dari ketiga pantai tersebut.

Rumah Makan Seafood Nelayan Lokal

Tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi masakan kuliner khas Kebumen Jawa Tengah. Makanan yang berada di warung kanan-kiri pantai umumnya berbahan dasar seafood yang merupakan hasil jaringan dari nelayan setempat. Jangan lewatkan waktu Anda untuk menyantap hidangan seafood yang lezat di sini. Harganya pun cukup terjangkau.

Menyaksikan Aktivitas Nelayan Lampon

Pantai Lampon
Pantai Lampon

Ya, Anda akan puas menyaksikan aktivitas nelayan Lampon disini. Mulai dari aktivitas menjaring ikan oleh para nelayan setempat, dilanjutkan dengan proses pelelangan ikan yang berlangsung di tempat pelelangan ikan Lampon, dan yang terakhir adalah proses pengawetan ikan dengan menggunakan es. Anda bisa membeli ikan dan hasil jaringan para nelayan di pantai setempat. Harganya pun bervariasi. Meski secara lokasi pantai ini terbilang cukup tersembunyi, namun setiap harinya ramai  oleh pengunjung baik itu nelayan yang lalu lalang dengan aktivitasnya maupun para turis dari wilayah domestic maupun luar negeri.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Menganti: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ayah, Kebumen Jateng

Spot yang Sempurna untuk Menyaksikan Sunset

Bagi Anda yang ingin menyaksikan kesempurnaan keindahan matahari terbenam di saat senja, Anda bisa bertandang ke pantai ini bersama pasangan, kerabat dan teman dekat. Ya, cukup banyak wisatawan yang sengaja datang kemari di sore hari untuk menikmati indahnya sunset di sore hari dan mengabadikannya dalam swafoto yang menawan. Jarang sekali momen indah dan romantic seperti ini kita rasakan saat sedang sibuk beraktivitas di tengah kota.

Peak Season di Pantai

Peak season di pantai yang paling ramai dan penuh hiruk pikuk pengunjung diantaranya adalah saat nelayan sedang menjaring ikan, dan melakukan pelelangan. Selain itu, di saat musim liburan, pantai ini selalu ramai pengunjung. Jika ingin suasana pantai yang lebih tenang, cobalah untuk datang kemari saat pantai sedang sepi yaitu pada hari-hari biasa. Disarankan bagi Anda untuk membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor agar perjalanan lebih cepat sampai dan lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum.

Peringatan Bahaya

Ya, bagi Anda yang ingin agar perjalanan yang Anda tempuh aman dan baik-baik saja, perlu Anda antisipasi perjalanan tersebut dengan baik agar jangan sampai terjadi bahaya selama perjalanan. Diantaranya adalah dengan cara melihat musim dan kondisi pasang surut air laut. Usahakan untuk tidak datang kemari saat kondisi air sedang pasang agar lebih aman dan Anda bisa menikmati serunya pemandangan Goa Lampon. Hindari bepergian saat musim penghujan, dan usahakan untuk tidak melalui perjalanan ke arah Pantai Lampon di malam hari karena kondisi jalan yang gelap.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Lampon dikelola oleh warga Desa Pasir dengan nama Pesona Wisata Bahari Pasir Indah. Pantai ini mendiami teluk sempit di selatan perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS).

    Pantai Lampon bukanlah pantai yang luas dan panjang. Pantai Lampon hanya memiliki panjang garis pantai tak lebih dari 100 meter dan lebar yang sempit. Namun demikian suasana alami masih sangat terasa jika Anda menginjakan kaki di Pantai Lampon.

    Pasir pantai cokelat di Pantai Lampon masih sangat bersih. Air laut yang berwarna hijau kebiruan berpadu dengan pasir pantai yang landai. Sama seperti Pantai Pasir, Pantai Lampon juga dibatasi tebing karang di sisi barat dan timurnya.

    Pepohonan hijau nan asri berundak mengelilingi Pantai Lampon hingga ke puncak perbukitan. Tak ketinggalan pohon kelapa khas pesisir yang juga menghiasi Pantai Lampon.

    Ini pantai layak menjadi tujuan wisatamu. Karena apa? Pantai ini menawarkan pesona keindahan samudra Hindia lebih dekat dan menawan. Semua fasilitas ada dari parkir motor dan mobil. Musola toilet. Anda bisa berkemah disini. Perorang cukup membayar 10rb saja.

  • Bagus banget, MasyaAllah. Ini salah satu tempat favorit dan tentunya recommended sekali untuk berwisata dengan keluarga, teman, atau pasangan. Pasirnya seperti bule, airnya jernih dengan ombak yang nggak terlalu besar.

    Ada bunga karang di tepi pantai. Pantainya memang tidak terlalu luas, tapi bingkaian tebing karang yang dipenuhi kepiting dan pepohonan betul-betul membuatnya indah, asri, nyaman dan adem.

    Pasirnya memang tak putih berbisik, tapi warnanya yang tak sepenuhnya hitam dan teksturnya yang halus membuat kaki nyaman setiap memijakinya. Di tebing pantai, ada area camping yang cukup luas dan sangat cocok dan nyaman untuk berkemah bersama orang terdekat, sembari memandang langit malam berbintang dan ditemani irama ombak yang menenangkan.

    Ah! Saya jatuh cinta pokoknya. Cocok untuk lokasi pemotretan prewedding juga ini. Semoga keindahan dan keasriannya senantias terjaga. Anda suka berwisata alam? Seharusnya Anda juga pandai menjaga kebersihan dan kelestariannya jika berkunjung ke sana