Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tirtoyudo, Malang Jatim

Malang menjadi salah satu kota wisata di Indonesia yang sudah menjadi favorit. Banyak wisata di Malang yang sudah terkenal mulai dari wisata non alam hingga wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang saat ini sedang menjadi favorit adalah wisata Pantai Lenggoksono. Pantai yang satu ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali ataupun wilayah lain yang terkenal dengan pantainya. Pantai ini memiliki keindahan alam yang patut untuk dikagumi salah satunya dengan adanya ombak yang cukup baik untuk dijadikan kegiatan berselancar.

Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono terkenal dengan spot selancarnya yang sudah dikenal baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu tentu masih banyak keindahan serta kegiatan yang bisa dilakukan dan dinikmati di pantai yang menjadi kebanggaan penduduk Malang ini. Pantai ini sangat direkomendasikan dan dapat dijadikan sebagai destinasi liburan apalagi ketika mengunjungi Malang. Bagi para wisatawan yang hendak menikmati keindahan pantai dan juga didampingi dengan kegiatan yang menarik pantai ini jawabannya.

Lokasi dan Rute

Pantai Lenggoksono terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika ditempuh dari pusat kota Malang akan memakan waktu sekitar 3 jam dan rute untuk mencapai lokasi sedikit sulit karena tidak adanya petunjuk jalan yang tersedia. Jika dimulai dari kota Malang rute yang harus dilewati pertama adalah menuju ke daerah Kecamatan Dampit lalu setelah itu menuju ke arah selatan ke Kecamatan Tirtoyudo. Dari Tirtoyudo ambil jalur arah Pantai Sipelot dan cari persimpangan yang menuju ke arah Lenggoksono. Jika sampai Lenggoksono maka perjalanan juga berarti sudah sampai.

Rute dari pantai ini selain terkenal minim petunjuk juga banyak kendala salah satunya adalah kondisi jalan yang tidak begitu bagus dan sempit. Jalanan yang sempit masih disertai dengan minimnya fasilitas lampu jalan yang menerangi. Jadi sangat disarankan untuk tidak memulai perjalanan saat sore atau bahkan malam hari karena sangat berisiko tidak ada lampu di sepanjang perjalanan sekaligus minim fasilitas. Selain itu juga tidak ada kendaraan umum yang bisa menghantarkan hingga ke lokasi pantai. Tidak ada bus atau angkot yang melewati jalur ini karena itu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Batu Bengkung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gedangan, Malang Jatim

Namun dibalik rute yang seakan rumit itu menyimpan pemandangan yang cukup menarik di sepanjang perjalanan. Jalur pantai ini menyuguhkan pemandangan berupa kebun kopi maupun cengkeh di sepanjang perjalanan jadi hal tersebut bisa sedikit membuat perjalanan tidak begitu melelahkan.

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai Lenggoksono

Selain pemandangan yang begitu menarik dan indah, Pantai Lenggoksono memiliki beberapa fasilitas dan juga kegiatan yang bisa dilakukan. Tentu hal tersebut akan semakin membuat pantai ini menarik dan berikut beberapa aktivitas dan fasilitas yang ada di lokasi pantai ini.

Berselancar

Salah satu aktivitas yang menjadi favorit di pantai ini adalah berselancar. Pantai ini memang terkenal dengan spot selancarnya yang menjadi salah satu keunggulan. Tentu bagi yang hobi berselancar pantai ini dapat dijadikan sebagai destinasi apalagi jika sedang berkunjung ke Malang. Banyak para penghobi olahraga selancar yang datang ke pantai ini untuk memulai kegiatannya. Namun olahraga selancar di pantai ini hanya bisa dinikmati pada saat atau musim tertentu tergantung dari kondisi ombak yang ada di sana. Sangat disarankan bagi yang ingin berselancar di pantai ini datang saat musim ombak sedang naik.

Berwisata Perahu

Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono

Aktivitas yang seru selain berselancar adalah dengan menaiki perahu dan mengunjungi pantai-pantai lain yang ada di sekitar Pantai Lenggoksono. Aktivitas ini dapat dimulai Dengan menyewa fasilitas perahu yang ada di sana. Perahu disana akan membawa para pengunjung mengunjungi pantai-pantai lain tanpa harus ke tengah lautan. Memulai aktivitas ini tentu sangat mengasyikan karena selain dapat mengunjungi pantai lain aktivitas ini juga sedikit memacu adrenalin karena terkadang perahu akan menerjang ombak saat melakukan perjalanan. Sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang selain ingin menikmati keindahan alam di pantai ini juga menikmati perjalanan menggunakan perahu.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kondang Merak: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Bantur, Malang Jatim

Snorkeling

Aktivitas ini masih berhubungan dengan aktivitas naik perahu di pantai ini karena jika sedang menaiki perahu para wisatawan akan mengunjungi teluk bernama Kletean. Di teluk ini para wisatawan dapat menikmati snorkeling yang cukup menarik. Di teluk ini terdapat spot dengan kedalaman sekitar 5 meter yang didalamnya terdapat banyak keindahan alam bawah laut yang dapat memanjakan mata. Para pengunjung dapat melihat indahnya terumbu karang dan aneka flora dan fauna laut yang tentunya menarik dan indah.

Air Terjun

Di dalam rute perjalanan perahu akan membawa pengunjung ke sebuah pantai bernama Pantai Banyu Anjlok yang didalamnya terdapat sebuah air terjun air tawar yang turun ke dalam air laut. Tentu para pengunjung dapat menikmati suasana dan kegiatan di air terjun tersebut yang dimana biasanya para pengunjung dapat melakukan kegiatan berenang ataupun sekedar bermain air.

Berenang di Pantai Bolu Bolu

Masih di dalam rute perahu yang akan membawa para pengunjung ke sebuah pantai bernama Pantai Bolu Bolu yang dimana pantai ini terkenal dengan airnya yang jernih. Para pengunjung dapat menikmati dan bermain air atau berenang di pantai yang satu ini. Tentu hal ini sangat menarik untuk dicoba dan selain itu para pengunjung juga bisa melihat banyaknya ikan yang menampakkan diri karena airnya yang begitu jernih sehingga ikan yang muncul bisa terlihat dengan jelas.

Event di Pantai Lenggoksono

Untuk event di Pantai Lenggoksono hingga saat ini belum pernah diadakan. Mungkin pantai ini tidak menyelenggarakan event karena beberapa alasan dan salah satunya adalah akses atau rute yang masih sulit dijangkau untuk para pengunjung yang baru pertama kali datang. Pantai ini  masih sulit untuk dijangkau hal itu yang menyebabkan pantai ini hingga sekarang belum pernah di adakan event bulanan maupun tahunan sekalipun. Sebenarnya banyak sekali event yang bisa diadakan di pantai ini salah satunya adalah event untuk selancar karena pantai ini berpotensial sebagai destinasi wisata selancar.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Gatra: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Malang Jatim

Adapun beberapa kendala jika ingin mengadakan event selancar di Pantai Lenggoksono selain karena rute yang masih belum mudah untuk dijangkau juga karena ombak di pantai ini masih belum pasti yang artinya datangnya ombak yang baik untuk selancar masih sulit ditentukan meskipun ada beberapa saat atau musim tertentu yang dijadikan sebagai patokan ombak yang begitu besar di pantai ini.

Peak Season dan Waktu Yang Cocok Untuk Mengunjungi Pantai Lenggoksono

Peak season untuk pantai ini diperkirakan terjadi sekitar bulan libur panjang atau hari libur nasional yang dimana jumlah pengunjung pada momen tersebut akan melonjak. Biasanya kejadian ini terjadi di bulan Desember pada libur akhir tahun. Banyak dari para pengunjung memilih bulan tersebut sebagai jadwal liburan ke pantai karena memang momennya yang pas dan keadaan sedang dalam kondisi yang baik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain itu ombak pada bulan Desember di Pantai Lenggoksono sedang berada pada puncaknya yang artinya momen ini sangat direkomendasikan bagi para penggiat selancar.

Adapun bulan lain yang direkomendasikan untuk mengunjungi pantai ini yaitu pada saat weekday atau hari biasa. Mengapa demikian? Karena jika mengunjungi pantai ini saat weekday populasi pengunjung di pantai ini akan sedikit berkurang jika dibandingkan berkunjung saat weekend atau hari libur lainnya. Keunggulan saat mengunjungi pantai jika weekday adalah pengunjung dapat lebih menikmati atau melakukan aktivitas di pantai secara bebas dan lebih puas.

Untuk momen atau saat yang tidak direkomendasikan untuk mengunjungi pantai ini adalah saat musim hujan sedang dalam curah yang tinggi. Selain karena kondisi pantai yang tidak baik saat hujan datang baik dari segi keindahannya yang sedikit berkurang hingga aktivitas yang disediakan di Pantai Lenggoksono seperti perjalanan dengan perahu akan ditiadakan mengingat jika hujan datang kegiatan tersebut akan cukup beresiko. Jadi sangat tidak disarankan mengunjungi Pantai Lenggoksono saat musim hujan sedang dalam tingkat atau curah yang tinggi.

Mantai Team

2 comments

  • Pantainya masih asri, kyknya belum terlalu banyak yang tahu.u yakin karena akses yang agak ekstrim kali ya, jadi agak susah kalau kendaraan rombongan buat masuk. Tapi kalau kendaraan pribadi kayak motor mobil masih bisalah ya buat masuk ngetrack area pantai.

    Oh ya di pantai juga bisa buat ngecamp, tenda bisa langsung dipasang di daerah pohon pinggir pantai. Ngga jauh dari area camp juga ada fasilitas umum kok, jadi kalau mau sholat bisa jama’ah di musholla atau kalau mau sholat di pantainya juga sedap sih. Itung itung sekalian tadabbur alam 🙂
    .
    Kalau laper gimana bang?
    Tenang, deket pantai udah banyak warung warung yang siap nyediain kalian makanan. Oh ya kalau mau bakar-bakaran ikan juga bisa minta bantuan mereka.
    .
    Ikannya bawa apa beli bang?
    Ya beli lah sayang 🙂 ,Kalaumau murah bisa tuh ikutan modus bantuin nelayan mendarat setelah subuh. Biasanya mereka ngejual ikan hasil tangkapannya lebih murah dan pastinya lebih seger ikannya. Karena baru semalam aja nangkepnya.

    Saran saya kalian lanjutkan trip ke pantai banyu anjlok yang ngga jauh dari situ tempatnya.

    Selamat menikmati fasilitas dari Allah 🙂
    Jangan lupa tetep sholat dan tidak merusak

  • Pantai Lenggoksongo, berada di wilayah Dampit Kabupaten Malang, pantainya cukup indah, dengan bibir pantai yang berbatu-batu, menambah eksotisnya pantai. Disekitar pantai terdapat banyak penjual makanan, pantai ini merupakan kampung nelayan, mereka sangat ramah.

    Masuk ke pantai ini dikenai tiket masuk Rp 5.000/orang di luar parkir kendaraan. Nggak ada area parkir khusus, cukup parkirkan kendaraan Anda di bawah pohon rindang. Lalu, ngapain aja di pantai ini?

    Snorkeling? Berenang? Melihat karakter ombaknya yang lumayan keras, rasanya nggak mungkin berenang atau snorkeling di sini. Apalagi terlihat perahu-perahu kayu bermotor banyak yang hilir-mudik. Ya, Pantai Lenggoksono ini ternyata cuma menjadi semacam basecamp atau gerbang bagi wisata-wisata lain di sekitarnya.

    Perahu-perahu di Pantai Lenggoksono bisa disewa seharga Rp 400.000 PP dengan kapasitas maksimal 8 penumpang. Atau kalau Anda cuma berdua atau berempat misalnya, nggak perlu sewa, tapi cukup membayar Rp 50.000/orang PP. Perahu akan diisi oleh penumpang lainnya hingga penuh 8 orang baru jalan.

    Ada 3 tempat yang akan dituju: Teluk Kletak’an, Pantai Bolu-Bolu dan Air Terjun Banyu Anjlok. Biasanya tukang perahu akan menawarkan ke tempat yang lebih jauh dulu, Pantai Bolu-Bolu.

    Perjalanan laut dengan perahu langsing, walaupun nggak jauh-jauh ke tengah karena tujuannya hanya ke pantai atau teluk lain, bukan ke pulau lain, tetap saja terkadang sedikit menegangkan karena ombak cukup kuat menggoyangkan perahu. Ingat, kita berada di Samudera Indonesia, laut selatan.

    Jadi, sebaiknya life vest dipakai, dan tas dilindungi plastik, atau bawa dry bag. Sekitar 15 menit perjalanan, kita bisa mampir snorkeling dulu di Teluk Kletak’an. Perahu nggak perlu merapat ke pantai. Kita langsung menceburkan diri dari perahu. Rata-rata kedalamannyadi sini sekitar 5 m.

    Ikannya cukup banyak, terumbu karangnya juga lumayan. Buat yang sudah merasakan snorkeling di TN Komodo atau Raja Ampat sih kurang terhibur di sini. Tapi buat yang belum pernah snorkeling di perairan Indonesia Timur, teluk ini boleh tahan lah.
    Selesai snorkeling , lanjut lagi sekitar 10-15 menit ke Pantai Bolu-Bolu. Pantai ini sulit dicapai dari darat karena berupa tebing curam. Bisa sih naik motor dari Lenggoksono juga.

    Tapi biasanya orang ke pantai ini sekalian mampir ke Kletak’an dan Air Terjun Banyu Anjlok, makanya lebih banyak yang memilih naik perahu. Pantainya landai, ombaknya tenang dan airnya jernih, banyak ikan-ikan kecil hilir mudik, membuatnya menjadi lokasi yang cocok buat berenang-renang cantik.

    Di Bolu-Bolu ada pondokan dan toilet untuk billas. Tapi disarankan tetaplah dengan baju basah untuk lanjut ke Air Terjun Banyu Anjlok karena kita pasti tergoda main basah-basahan lagi di bawah air terjun