Pantai Licin

Pantai Licin: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ampelgading, Malang Jatim

Pantai Licin yang berada di Ampelgading menjadi salah satu pantai yang tidak bisa dilewatkan. Sebenarnya bukan termasuk pantai yang baru, hanya saja keberadaannya yang tidak umum, yakni Ampelgading. Di namakan sebagai Pantai Licin karena memang dulunya pantai ini banyak ditumbuhi oleh lumut sehingga cukup licin untuk dilalui. Belum lagi, kawasan Pantai Licin dulunya dikelilingi oleh hujan lebat.

Pantai Licin
Pantai Licin

Namun saat ini, Pantai Licin memberikan pesona keindahan yang tidak duanya. Tidak seperti kebanyakan pantai dengan pasir putihnya, Pantai Licin memiliki pasir hitam yang mempesona. Maka tidak heran, kalau pantai ini mendapatkan julukan Mutiara Hitam. Warna hitam pada pasir adalah hasil erupsi Gunung Semeru yang terbawa oleh sungai Glidik. Walaupun begitu, pasirnya begitu lembut di kaki. Belum lagi, dengan bebatuan karang di depannya yang semakin membuatnya mempesona.

Lokasi dan rute menuju Pantai Licin

Tidak seperti kebanyakan pantai di Malang yang berada di jalur lintas selatan atau Sumbermanjing Wetan, Pantai Licin berada di Kabupaten Ampelgading, tepatnya di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Walaupun begitu, pantai ini masih termasuk wilayah pesisir Selatan Pulau Jawa.

Untuk menuju ke Pantai Licin disarankan menggunakan sepeda motor saja. Pasalnya, jalannya cukup terjal, licin dan sempit. Belum lagi, jalur berkelok – kelok yang cukup memacu adrenalin. Untuk menuju kesana, Anda cukup berkendara ke arah Dampit terlebih dahulu. Kemudian, teruskan perjalanan ke Tirtoyudo dan lanjutkan menuju kecamatan Ampelgading. Ketiga lokasi tersebut dikenal dengan nama Amstirdam, singkatan dari Ampelgading, Tirtoyudo dan Dampit.

Setibanya di Ampelgading lanjutkan perjalanan menuju Desa Tamansari. Kemudian  Anda akan bertemu pertigaan Sumberejo dengan tugu di tengahnya. Belokan motor ke arah kanan menuju Desa Lebakharjo. Dari sinilah perjalanan panjang dan berliku menanti dirimu. Jalanan berliku, terjal, dan banyak tikungan sejauh 17 km akan kamu hadapi. Belum lagi, jalanannya yang sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Tiga Warna: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

Kamu tinggal mengikuti jalannya untuk menuju Pantai Licin. Kemudian kamu akan menjumpai persimpangan, di mana sebelah kanan jalanan menurun dan sebelah kiri menanjak. Ambil jalan sebelah kanan yang menurun untuk sampai di Pantai Licin. Sedangkan jalanan menanjak adalah rute menuju Pantai Lenggoksono.

Aktivitas selama di Pantai

Pantai Licin
Pantai Licin

Dengan medan yang begitu sulit, tidak heran kalau Pantai Licin jarang dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, dalam satu hari saja, belum tentu ada wisatawan yang datang. Maka dari itu, tiket masuk Pantai Licin tidak dipungut biaya alias gratis. Walaupun gratis, kamu juga harus tetap menjaga kebersihan di tempat ini. Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama di Pantai Licin ini, seperti berikut ini.

Bermain pasir

Kegiatan selama berada di Pantai tidak lain dan tidak bukan adalah bermain pasir. Bahkan, kegiatan ini wajib dilakukan selama berada di pantai manapun di Indonesia. Pasir hitam di Pantai Licin cukup halus dan lembut di kaki sehingga akan sangat nyaman. Kamu bisa sedikit berkreasi dengan pasir hitamnya. Hanya bermodalkan tangan saja, bermain pasir cukup menyenangkan.

Berjemur

Sama halnya dengan bermain pasir, selama di pantai berjemur adalah hal wajib yang dilakukan. Kamu cukup menggelar tikar dan berjemur di bawah sinar matahari. Tapi jangan ketinggalan untuk menggunakan sunblock dan kacamata hitam saat berjemur agar tidak terlalu gosong dan merusak kulit.

Bermain ombak

Ombak di Pantai Licin cukup tenang dan tidak terlalu ganas seperti kebanyakan ombak pantai selatan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa bermain ombak sepuasnya. Kamu bisa hanya sekedar membenamkan kaki sembari menunggu ombak datang dan tanpa sadar ombak menerjang seluruh tubuh. Ombak yang datang tidak henti – hentinya menjadi pengalaman selama berlibur di Pantai Licin.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Lenggoksono: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tirtoyudo, Malang Jatim

Menikmati keindahan alamnya

Selama berada di Pantai Licin kamu juga bisa hanya menikmati keindahan alam yang diberikan. Pantai ini memiliki warna pasir hitam sehingga sangat elok untuk dikenang. Belum lagi, dengan karang di depannya dan memiliki lubang atau celah di tengahnya karena hantaman ombak. Di sekeliling Pantai Licin cukup tenang dengan pepohonan yang rindang dan tebing. Menjadikan perpaduan pemandangan yang indah.

Menikmati sunset

Jangan terburu pulang dulu, nikmati sunset yang ada di Pantai Licin. Sunset di sini cukup indah dan menenangkan jiwa. Menikmati sunset adalah hal wajib dilakukan selama di Pantai Licin. Warna jingga kemerahan dari matahari terbenam tidak akan pernah kamu lupakan. Belum lagi, warna laut dari biru yang mulai berubah menuju jingga kemerahan akibat pantulan sunset akan menjadi pemandangan yang sangat memukau.

Berkemah

Dikarenakan masih cukup sepi pengunjung, berkemah menjadi aktivitas yang bisa kamu lakukan selama di sini. Namun ingat kamu harus membawa perbekalan yang cukup. Mengingat, fasilitas di Pantai Licin juga masih belum ada. Jangankan warung makan, pantai ini saja jauh dari rumah penduduk. Belum lagi, kalau malam hari jangan harap ada penerangan. Penerangan yang kamu dapatkan hanya sinar bulan dan lampu senter yang kamu bawa. Jadi persiapkan dengan matang.

Event di Pantai Licin

Kebanyakan pantai di Malang adalah pantai selatan sehingga ada beberapa ritual atau event khusus yang disering diadakan. Salah satunya adalah Maulud Nabi yang sering diadakan di pantai selatan Malang. Selain itu, pantai selatan juga ramai saat malam satu suro. Di mana kebanyakan masyarakat masih mempercayai penunggu pantai selatan.

Selama acara, biasanya masyarakat akan membawa beberapa sesaji, seperti nasi tumpung, buah, sayuran, atau hasil panen lainnya. Jika duhulu sesaji tersebut akan dilarung atau dihanyutkan ke pantai. Namun sekarang, sesaji akan dibagikan kepada pengunjung yang datang.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Batu Bengkung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gedangan, Malang Jatim

Berbeda dengan pantai selatan lainnya, Pantai Licin masih cukup sepi sehingga tidak ada acara atau event tahunan yang diadakan di sini. Mengingat karena memang jalanannya yang cukup sulit dan berliku.

Waktu tepat berkunjung

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Pantai Licin termasuk pantai yang cukup sepi dan jarang ada pengunjung atau wisatawan yang datang. Pastinya kamu bisa berkunjung kapanpun. Mungkin saat musim liburan, kamu akan menjumpai satu atau dua wisatawan di sini. Namun, kalau hari biasa, jarang ada wisatawan yang ada sehingga saat kamu berkunjung akan terasa seperti pantai pribadi. Pantai Licin adalah tempat wisata yang sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Hal yang harus diperhatikan saat berkunjung

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Pantai Licin memiliki ombak yang cukup tenang dan tidak terlalu ganas sehingga sangat aman jika ingin bermain ombak hingga berenang sekalipun. Bahkan, kamu bisa berenang sepuasnya di pantai ini. Namun, kamu juga harus tetap berhati – hati, mengingat tidak adanya penduduk dan pantai masih terlalu sepi. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan selama berada di pantai ini agar bisa dinikmati oleh wisatawan lainnya.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Licin, lebih baik berkunjung pada musim kemarau. Pasalnya, kalau musim hujan jalanannya sangat licin untuk dilalui. Bahkan penduduk sekitarnya saja, cukup kerepotan dengan jalanan ini. Selain itu, siapkan juga fisik yang kuat karena perjalanannya memang cukup jauh. Dari pusat kota Malang sendiri, kamu harus menempuh setidaknya 2,5 hingga 3 jam di perjalanan. Dengan jalanan berkelok dan licin. Walaupun memang ada beberapa titik yang cor, tapi tetap saja akan sangat susah dilalui saat musim penghujan.

Mantai Team

2 comments

  • Bagus.
    Masih alami.
    Ombak cukup tenang.
    Akses masuk gratis.
    Tersedia toilet.
    Tempat istirahat juga ada.
    Warung ada.
    Fasilitas memadai.

    Medan cukup berat.
    Harus melewati bukit.
    Kondisi kendaraan harus bagus.
    Bahan bakar usahakan penuh.
    Saya merekomendasikan untuk tidak kesini dengan mobil.

    Pesan saya Untuk yg kesana.
    Jangan buang sampah sembarangan.
    Sudah disediakan tempat sampah.
    Jangan kau rusak pantai ini dengan sampah yang kautinggalkan!

    Ingat hal itu baik-baik, jangan rusak pantai ini. Boleh gitu? Ayo jalan-jalan lagi.

  • Lokasinya ada di Desa Licin, Desa Lebakrejo, Kecamatan Ampelgading. Tempatnya ada di dua perbatasan, yakni Malang dan Lumajang. Karena di pertabasatn inilah, banyak yang bilang ini di Malang dan sebagian lainnya di Lumajang.

    Untuk aksesnya cukup sulit, meskipun menggunakan kendaraan roda dua sekalipun. Taepi kelelahanmu akan terbayar tuntas dengan panorama yang ditawarkan. Indah sekali, menakjubkan.

    Jangan membuat lokasi ini kotor dan buruk ya, boleh main kapan saja, aksesnya masih gratis. Tapi selalu ingat satu hal, jaga kebersihannya dan jaga alam. Supaya anak cucu kita bisa merasakan cantiknya Pantai Licin. Bukan katanya atau pun melalui buku pelajaran saja. Yuk jaga alam untuk anak cucu kita kelak.