Pantai Lovina

Pantai Lovina: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Buleleng, Bali

Bali adalah nama salah satu pulau yang ada di Indonesia yang sangat populer di seantero dunia. Bahkan orang asing banyak yang salah kaprah, mereka sering sekali mengira bahwa Pulau Bali itu bukan merupakan bagian dari Indonesia, terpisah.

Pantai Lovina
Pantai Lovina

Para turis dari dalam negeri maupun turis manca negara banyak yang berkunjung ke Pulau Bali, menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang tercinta karena di sini banyak sekali tempat wisata yang menarik. Pantai menjadi obyek wisata paling diminati oleh para turis untuk didatangi. Mereka bisa memilih pantai mana yang akan dikunjungi, semuanya indah, salah satunya adalah Pantai Lovina.

Tentang Pantai Lovina

Pantai Lovina merupakan salah satu pantai yang ada di Pulau Bali yang mampu menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Pantainya unik karena hanya di sinilah kita bisa menyaksikan ikan lumba-lumba.

Ikan lumba-lumba yang lucu ini bisa dilihat oleh para pengunjung  dengan cara menyewa perahu milik nelayan. Ikan lumba-lumba ini hanya muncul pada waktu tertentu, jadi kita harus pandai-pandai mencari waktu yang paling tepat.

Pantai Lovina ini sebenarnya merupakan nama dari deretan pantai-pantai yang berada di Pulau Bali bagian Utara. Ada Pantai Binaria, Banyualit, Kubu Gembong, Hepi, Penimbangan, Tukad Cebol dan Temukus. Enam pantai tersebut berada dalam satu kawasan, yang terkenal dengan nama “Kawasan Wisata Pantai Lovina”.

Pantai Lovina sendiri memiliki arti, terdiri dari dua kata, “Love” dan “Ina”. Love berasal dari bahasa Inggris, yang berarti cinta sedangkan Ina kalau dalam bahasa Bali artinya adalah ibu. Jadi Pantai Lovina dibangun sebagai bentuk kecintaan pada ibu, ibu dalam hal ini adalah ibu pertiwi.

Lokasi Dan Cara Menjangkau Pantai Lovina

Pantai Lovina lokasinya ada di Bali Utara, tepatnya di Kabupaten Buleleng, Di Desa Kalibukbuk. Oleh karena itulah tempat wisata ini dikenal juga dengan nama tempat wisata Kalibukbuk. Kalau dari kota Singaraja jaraknya kurang lebih sepuluh kilometer, dari arah Baratnya.

Bagi para turis yang ingin berkunjung ke Pantai Lovina kalau masih bingung bagaimana caranya, berikut ini akan diuraikan cara menjangkaunya. Salah satu caranya adalah jika anda berangkatnya dari Pantai Kuta, lebih gampang karena Pantai Kuta adalah pantai paling dikenal dan terkenal di Pulau Bali jadi para pengunjung akan mudah mencapainya.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Nyang Nyang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Badung Bali

Apabila berangkatnya dari Pantai Kuta maka akan menempuh waktu kurang lebih tiga jam. Harus waspada karena jalan yang dilalui tidaklah mulus, berkelok-kelok, banyak sekali jalan tanjakan dan turunannya.

Ada beberapa sarana untuk bisa mencapai Pantai Lovina, bisa naik kendaraan pribadi, dengan mengandalkan google maps. Jika tidak ada mobil pribadi, bisa menyewa. Di Bali banyak sekali yang memberikan jasa menyewakan mobil, bisa disewa mobilnya saja, bisa dengan drivernya.

Jalur darat bisa juga ditempuh lewat Gilimanuk. Dari Gilimanuk ke Pantai Lovina jaraknya lebih dekat, kurang lebihnya satu jam. Kalau ingin melalui jalur udara, dari bandar udara internasional Ngurah Rai ke Pantai Lovina dibutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan jarak kira-kira 120 kilometer lebih.

Aktivitas Dan Fasilitas Yang Ada Di Pantai Lovina

Pantai Lovina
Pantai Lovina

Ada banyak aktifitas yang bisa para turis lakukan jika berkunjung ke Pantai Lovina. Di antaranya bersnorkeling dan diving. Dua aktivitas atau olah raga air tersebut sangat cocok dilakukan di Pantai Lovina karena ombak lautnya tidak terlalu besar, bahkan sering sekali tenang.

Snorkeling dan diving akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan karena para pengunjung bisa melihat keindahan dari biota laut dengan begitu jelas dikarenakan air lautnya yang jernih sekali.

Aktivitas lainnya lagi yang bisa dilakukan oleh para turis yang datang ke Pantai Lovina ialah memancing. Kegiatan memancing ini biasanya dilakukan di atas perahu nelayan. Perahu milik nelayan setempat memang disewakan khusus untuk segala aktifitas yang ada di Pantai Lovina.

Berenang dan bermain pasir juga bisa menjadi aktivitas yang bisa dikerjakan oleh para pengunjung. Berenang sepuasnya di laut dan bermain pasir bagi anak-anak merupakan aktifitas-aktifitas yang sangat menyenangkan.

Bagi para turis yang ingin melakukan aktivitas snorkeling, diving, memancing namun tidak memiliki peralatannya, pihak pengelola Pantai Lovina menyediakannya secara lengkap, bisa disewa. Begitu juga kalau ingin menyewa pelampung atau ban untuk berenang, bisa menyewanya juga di sini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Tegal Wangi: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Bali

Di samping beberapa aktifitas  di atas, para pengunjung juga bisa melihat atraksi ikan lumba-lumba di tengah laut. Ikan lumba-lumbanya jumlahnya banyak sekali, ratusan.

Untuk bisa menonton ikan lumba-lumba menyelam dan meloncat para wisatawan diharuskan berangkat pagi-pagi buta, kalau bisa sebelum mataharinya terbit, sebelum Subuh karena ikan lumba-lumbanya akan muncul ke permukaan laut mulai jam 6 dan berakhir kira-kira jam 8 pagi.

Nanti setelah berada kira-kira satu kilometer dari pinggir pantai, barulah para pengunjung bisa melihat ikan lumba-lumbanya. Ikan lumba-lumba melompat ke sana kemari, berenang hilir mudik, siapapun yang menyaksikan pertunjukan dari ikan lumba-lumba tersebut akan sangat terhibur.

Di atas tadi sudah disebutkan untuk bisa melihat atraksi dari ikan lumba-lumba di tengah laut para turis menyewa perahu nelayan yang memang sudah tersedia di situ. Namanya saja menyewa, tentu akan ada biaya sewanya, yaitu sebesar 150.000 rupiah per orangnya.

Pantai Lovina
Pantai Lovina

Dengan membayar harga sewa 150.000 rupiah tersebut para wisatawan akan memperoleh kesempatan untuk menonton ikan lumba-lumba selama dua jam, perahu nelayan dengan pengemudinya, jaket pelampung dan makan pagi yang akan didapat setelah selesai melihat lumba-lumba. Jika tidak ingin mendapatkan sarapan, membayarnya 110.000 rupiah. Satu perahu nelayan berkapasitas lima orang.

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung, pihak pengelola Pantai Lovina menyediakan berbagai macam fasilitas. Antara lain toilet, kamar mandi, tempat menginap, tempat beristirahat, tempat parkir, rumah makan, perahu nelayan yang bisa disewa untuk melihat pertunjukan ikan lumba-lumba dan lain sebagainya.

Event Yang Diadakan Di Pantai Lovina

Untuk memancing minat para wisatawan domestik dan wisatawan asing supaya berkunjung ke Pantai Lovina, pemerintah setempat bekerja sama dengan pihak pengelola Pantai Lovina mengadakan secara rutin sebuah event tetap berupa festival yang biasanya diselenggarakan di setiap bulan September, antara tanggal 10 sampai dengan tanggal 14, sebuah festival yang diberi nama “Festival Lovina”.

Banyak sekali hal menarik yang bisa diperoleh dari Festival Lovina. Festival yang paling seru di Pantai Lovina. Di Festival Lovina ini para turis dalam negeri dan turis luar negeri bekerja sama menjadikan pantai bersih dari segala kotoran sehingga siapapun yang datang ke Pantai Lovina akan merasa senang, mendapatkan ketenangan dan kenyamanan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sanur: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sanur Bali

Di samping bersih-bersih pantai dari segala sampah yang mengganggu, di dalam Festival Lovina di Pantai Lovina tersebut juga diadakan beragam parade budaya, berupa parade budaya laut dan parade budaya darat. Di Desa Kalibukbuknya sendiri diselenggarakan juga parade yang lainnya lagi, termasuk di antaranya pertunjukan musik oleh Balawan.

Peak Season Di Pantai Lovina

Ada masanya Pantai Lovina dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara, yakni ketika weekend tiba, di hari Sabtu dan Minggu. Pengunjungnya dua kali lipat dibanding hari biasa.

Pantai Lovina juga sangat ramai suasananya, bahkan lebih ramai jika dibandingkan weekend pada saat musim liburan. Bisa itu liburan sekolah yang biasanya datang di bulan Juni – Juli, liburan Idul Fitri dan satu lagi liburan Natal disambung dengan Tahun Baru.

Jadi bagi anda yang berkeinginan berlibur ke Pantai Lovina dengan mengajak keluarga di musim liburan dan berencana menginap, pesanlah tempat penginapannya beberapa bulan sebelumnya agar tidak kecewa setibanya di sana.

Peringatan Bahaya Di Pantai Lovina

Ada kalanya Pantai Lovina dilarang untuk dikunjungi terlebih dahulu, terutama di bulan Desember dan di bulan Januari. Hal ini disebabkan karena di dua bulan tersebut sudah masuk musim hujan. Dan biasanya jika musim hujan datang, kondisi di Pantai Lovina akan lebih membahayakan.

Angin bisa bertiup sangat kencang,. airnya pasang, ombaknya bergulung-gulung, besar dan tinggi sekali, bahkan bisa mencapai tinggi lima meter lebih. Ini akan sangat berbahaya bagi para pengunjung yang  datang. Kalau nekat berenang, bersnorkeling atau diving mereka bisa terseret ombak.

Itulah sebabnya jika musim hujan tiba, dipasang tanda larangan tidak boleh melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas tadi.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Lovina memiliki pasir hitam dan lokasinya masih sangat alami. Di areal pantai terlihat banyak berjejer perahu nelayan traditional. Namun daya tarik utama dari pantai Lovina bukan pada pantainya, melainkan pada aktivitas melihat lumba-lumba di tengah laut.

    Kawasan objek wisata Lovina sangat terkenal dengan pertunjukan lumba – lumba liar di tengah laut. Di pantai ini terdapat ratusan lumba-lumba. Untuk dapat melihat lumba-lumba beraksi, anda harus berangkat ke tengah laut sebelum matahari terbit. Lumba–lumba akan bermunculan di tengah laut antara jam 6 hingga jam 8 pagi.

    Perjalanan ke tengah laut diperairan Lovina sangat disukai wisatawan. Perairan laut Lovina yang relatif tenang, sehingga dapat dilewati dengan nyaman dengan menggunakan perahu nelayan.

    Anda dapat menjumpai lumba-lumba sekitar 1 km dari bibir pantai. Ada yang melompat-lompat ke permukaan, dan ada juga yang sekedar berenang. Sangat menarik aksi binatang laut berwarna hitam yang satu ini.

    Wisatawan yang berkunjung dapat menyewa perahu traditional nelayan yang khusus disediakan untuk wisata melihat lumba-lumba di tengah laut. Sambil menuju ke tengah laut untuk menyaksikan pertunjukan lumba-lumba, anda juga dapat menyaksikan perairan laut Lovina yang indah dan alami.

  • Pantai ini cocok sebagai tempat untuk menikmati matahari terbit dengan latar pegunungan. Anda dapat menyewa kapal dengan kapasitas empat orang dan menyaksikan lumba-lumba liar yang berenang bebas di lautan. Akan tetapi, kemunculan lumba-lumba ini juga dipengaruhi oleh faktor alam.

    Atraksi “ngejar-ngejar” lumba-lumba, ada tiap subuh. Siang hari biasanya masih ada yang mengais rejeki dengan menawarkan melaut melihat lumba-lumba dengan iming masih ada kemungkinan 50-50 ketemu lumba2. Kenyataanya … hehehe.

    Tempat wisata ini berada di bagian utara Bali, sekitar 78 km dari Pelabuhan Gilimanuk. Tidak ada biaya yang dikenakan selain parkir dan menyewa kapal, seharga kurang lebih Rp500.000,00. Selain menikmati pemandangan lumba-lumba di pantai berpasir hitam ini, Anda juga bisa melakukan aktivitas menyelam.

    Penduduk sangat ramah dan suka membantu, sehingga semua pengunjung sangat terbantu. Tempatnya indah, cukup bersih, soal harga tergantung masing2 orang. Taxi agak sulit dicari kecuali jalan dulu ke jalan besar. Untuk makanan sederhana juga ada asal tidak pemilih. Tempat ini rekomendasi deh