Pantai Nampu

Pantai Nampu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Girisubo, Gunung Kidul Jogja

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah provinsi yang memiliki banyak sekali obyek wisata yang indah. Jika kita berkunjung ke propinsi ini, satu hari tidak cukup rasanya untuk bisa mengelilingi banyak tempat wisata menarik yang ada. Salah satunya adalah Pantai Nampu.

Tentang Pantai Nampu

Pantai Nampu yang berada di wilayah propinsi daerah istimewa Yogyakarta merupakan sebuah pantai yang sangat indah. Pemandangan alam di sekitar pantainya begitu menawan. Hamparan pasir putihnya mampu membuat siapapun yang melihatnya jadi terpesona.

Keindahan Pantai Nampu ini juga bisa kita lihat dari atas bukit. Bisa juga dari jalan masuk menuju pantai ini. Suasana yang ada di Pantai Nampu masih alami, belum terlalu ramai. Para wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang datang ke Pantai Nampu akan bisa menikmati keindahan alamnya dengan tenang, santai dan nyaman.

Pantai Nampu
Pantai Nampu

Tujuan mereka datang ke Pantai Nampu untuk rehat sejenak dari berbagai macam aktifitas yang melelahkan akan bisa tercapai. Karena masih sepi inilah pengunjung bebas melakukan kegiatan apa saja di sekitar Pantai Nampu.

Di pinggir pantainya, para turis tadi bisa berenang, bermain pasir, bermain sepak bola dan beragam kegiatan lainnya lagi yang tentu saja dilakukan pada saat air lautnya tengah surut dan ombaknya tidak terlalu besar.

Lokasi Dan Cara Menjangkau Pantai Nampu

Pantai Nampu lokasinya ada di Kabupaten Gunung Kidul, di Kecamatan Girisubo, masih masuk dalam wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di Desa Balong, di Dusun Widoro. Lokasi dari Pantai Nampu ini tidak begitu jauh dari Pantai Wediombo, di sebelah Baratnya.

Pantai Nampu
Pantai Nampu

Pantai Nampu ini kalau kita lihat di google maps yang terlihat adalah nama Pantai Wediombo. Namun tidak menjadikan masalah, sama saja sebetulnya karena Pantai Nampu dan Pantai Wediombo masih berada dalam satu kesatuan.

Ada banyak cara untuk bisa menjangkau Pantai Nampu. Para turis biasanya berangkat dari Yogyakarta. Kalau kita hitung jaraknya maka dari Yogyakarta ke Pantai Nampu akan menempuh perjalanan sekitar 80 kilometer dan jika kita hitung lama perjalanannya akan membutuhkan waktu kurang lebih dua jam.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Glagah: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Temon, Kulon Progo Jogja

Begini rute yang harus dilalui, dari Yogyakarta menuju ring road terlebih dahulu, di jalan Wonosari. Kemudian menuju Sampaan. Nanti akan sampai ke Gunungkidul, dari sini menuju Pantai Wediombo terlebih dahulu setelah itu barulah  pada akhirnya kita akan sampai di Pantai Nampu.

Kalau berangkatnya dari kota Solo maka rutenya sebagai berikut, dari Solo menuju Wonogiri kemudian ke Baturetno, setelah itu ke Giriwoyo, lalu ke Giritontro. Dari situ lanjut ke Giribelah, selanjutnya ke Paranggupito, lalu menuju Gunturharjo, ke Dringgo baru sampailah di Pantai Nampu.

Aktivitas Dan Fasilitas Yang Ada Di Pantai Nampu

Untuk bisa mencapai Pantai Nampu, para wisatawan harus melewati jalan yang berkelok-kelok, terjal dan turunan yang tajam. Di jalanan yang berkelok inilah para turis biasanya menyempatkan waktunya sejenak untuk berhenti sebentar untuk berfoto-foto. Tempatnya memang instagramable untuk diabadikan karena ada pemandangan indah Pantai Nampu di belakangnya dan ada tulisan “Bukit Indah Pantai Nampu”.

Pantai Nampu
Pantai Nampu

Berfoto merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Nampu. Selain berfoto di bukit dan jalanan yang berkelok tersebut, para pengunjung juga bisa berfoto-foto di miniatur kapal nelayan yang ada di sekitar Pantai Nampu. Apabila berfoto di sini para wisatawan akan dikenai tarif 3.000 rupiah.

Aktivitas lainnya lagi yang bisa dan biasanya dilakukan oleh para pengunjung adalah bermain air di pantai, bermain pasir di pinggir pantai. Selain itu para turis juga bisa naik banana boat atau bisa juga melakukan aktivitas air seperti snorkeling. Bagi para pengunjung yang ingin bersnorkeling khusus akan diantarkan ke lokasi untuk bersnorkeling tersebut dengan kapal nelayan.

Aktifitas yang lain yang bisa dilakukan dan dijadikan pilihan oleh para turis adalah camping. Namun tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin camping di kawasan Pantai Nampu ini, yakni jangan sampai mengotori lingkungan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sadeng: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Girisubo, Gunung Kidul Jogja

Ada banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Pantai Nampu. Salah satunya adalah tersedianya gazebo-gazebo. Gazebo-gazebo ini digunakan oleh para pengunjung sebagai sarana untuk beristirahat sejenak karena baru saja melewati jalan yang  sangat sulit.

Fasilitas lainnya lagi yang diberikan untuk para pengunjung Pantai Nampu adalah ojek sepeda motor. Karena memang jalan untuk bisa sampai ke Pantai Nampu harus melalui turunan yang tajam dan sekembalinya nanti juga harus naik tanjakan supaya tidak kecapekan bisa naik ojek motor. Tarif untuk turun ke pantai 5.000 rupiah, untuk naiknya ditambah seribu menjadi 6.000 rupiah.

Di samping fasilitas-fasilitas yang sudah disebutkan di atas, juga disediakan beberapa fasilitas lain, di antaranya rumah makan, tempat penginapan, tempat parkir mobil dan motor yang memadai, pendopo, mushola, toilet dan TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Semua fasilitas yang baru saja disebutkan tadi ada yang sudah tersedia, ada yang masih dalam proses dibangun. Fasilitas yang sudah bisa digunakan ialah gazebo. Tempat parkir juga sudah ada namun masih sementara, dengan tarif untuk mobil 5.000 rupiah, untuk motor 3.000 rupiah.

Para pengunjung yang ingin berkunjung ke Pantai Nampu ditawarkan program paket, artinya  mereka tidak hanya akan mengunjungi Pantai Nampu melainkan juga ke kawasan yang masih ada di sekitarnya, seperti Pantai Wediombo, Jungwok, Watu Lumbung dan lain sebagainya dengan membayar tarif setiap orangnya sebesar 5.000 rupiah.

Event Yang Diadakan Di Pantai Nampu

Pantai Nampu dan pantai-pantai yang ada disekitarnya, yang jaraknya berdekatan letaknya tidak begitu jauh dengan Kabupaten Wonogiri. Masyarakat yang tinggal di Kabupaten Wonogiri dan sekitarnya suka sekali mengadakan acara ritual, di antaranya untuk melakukan meditasi, mengharapkan berkah (dalam istilah Jawanya dikenal sebagai ngalap berkah).

Pada bulan-bulan tertentu seperti di bulan suro menurut kalender Jawa, di pantai-pantai yang ada di wilayah Kabupaten Wonogiri, salah satunya adalah Pantai Nampu, sering sekali diadakan event ritual maupun event olah raga.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kesirat: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Panggang, Gunung Kidul Jogja

Yang dimaksud dengan event ritual seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, berupa meditasi atau ngalap berkah atau larung sesaji. Masyarakat sekitar pantai membuat sesajian yang ditujukan kepada leluhurnya, nenek moyangnya, yang nantinya akan dilarungkan ke pantai. Tujuannya agar leluhurnya senantiasa mendoakan mereka, memberikan mereka rejeki berlimpah dan kesuksesan.

Sedangkan untuk event olahraganya yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat biasanya yang berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan di pantai, contohnya olah raga voli pantai.

Peak Season Di Pantai Nampu

Pada umumnya ada masa-masa di mana Pantai Nampu akan lebih banyak didatangi oleh para turis domestik dan turis luar negeri, yakni di weekend, di hari Sabtu dan hari Minggu. Selain di dua hari tersebut, para pengunjung akan berdatangan lebih banyak jumlahnya di masa liburan.

Masa liburan yang dimaksud adalah liburan sekolah, hampir satu bulan lamanya, yang biasanya terjadi di bulan Juni  sampai dengan Juli. Kemudian juga di liburan Idul Fitri, liburan Natal sekaligus menyambung dengan liburan Tahun Baru.

Di musim-musim liburan itulah Pantai Nampu akan diramaikan oleh pengunjung. Pengunjung datang memenuhi Pantai Nampu dan sekitarnya mencari waktu untuk bersantai, berlibur.

Peringatan Bahaya Di Pantai Nampu

Pantai di manapun juga akan ada bahayanya. Bahaya yang dimaksudkan disini ialah jika musim hujan tiba, di sekitar bulan Desember dan di bulan Januari. Curah hujannya tengah tinggi-tingginya.

Di kedua bulan yang sudah disebutkan di atas angin akan bertiup lebih kencang. Kondisi seperti ini sudah pasti akan lebih membahayakan di Pantai Nampu, terlebih lagi jika angin laut tengah naik dan ombak lautnya besar.

Oleh karena itulah di musim hujan, para pengunjung Pantai Nampu dilarang keras untuk berenang di laut atau bersnorkeling. Kalaupun tetap ingin berenang wajib menggunakan ban dan hanya diperbolehkan di pinggir pantai, itupun kalau ombaknya sedang kecil.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Nampu adalah objek wisata pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebuah Pantai yang terletak di dusun Dringo, desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini menjadi destinasi wisata bagi warga setempat dan sekitarnya. menurut, Wikipedia.

    Jarak tempuh dr pusat kota Wonogiri ±78 km ( bisa di tempuh dlm waktu ±2jam melalui jl raya Wonogiri – Pacitan) dan pastikan kendaraan anda dlm kondisi prima karena jalan berkelok dan banyak tanjakan dan turunan yg cukup curam.

    Untuk fasilitas ada toilet, tempat mandi bilas, ada tempat parkir juga walaupun masih terbatas, untuk santai dan menikmati pemandangan ada gazebo yang menjajakan berbagai makanan instant, es kelapa muda dll dengan harga masih sangat terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa hehehehe,,,,.

    Bisa juga menikmati sunrise dan sunset jika cuaca mendukung. Untuk informasi ombak di sana cukup besar, mimin kira kurang aman kalau buat berenang jadi maen aer di pinggiran aja. Untuk akomodasi terahir mimin berkunjung awal bulan Desember 2018 blm ada penginapan, biaya retribusi Rp 5000,-

  • Tempat wisata yang sudah mulai hits nih di Wonogiri. Terletak di desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri sekitar 1,5 – 2 jam dari kota Wonogiri. Pantai eksotis yang satu ini sangat dekat dengan pantai banyu tibo Pacitan.

    Sebagai salah satu barisan pantai yang ada di sisi selatan pulau Jawa, pantai ini termasuk jenis pantai dengan ombak yang cukup tenang dan bisa digunakan untuk berenang maupun bermain anak-anak.

    Pantai yang sangat menawan dengan eksotisme alam yang disuguhkan bagi siapapun yang datang ke pantai Nampu. meskipun secara lokasi bukanlah tempat yang cukup strategis dijangkau dari jalan raya.

    Namun wisatawan tetap bisa menikmati keindahan pantai Nampu yang masih sangat terjaga. para wisatawan dapat mengunjungi lokasi tersebut dengan menekan kendaraan pribadi, terlebih disarankan menggunakan sepeda motor.

    Walaupun menggunakan kendaraan roda empat juga tidak ada masalah. Suasana yang masih sangat asri ditambah dengan pemandangan laut yang sangat menawan memberikan kesan yang mendalam sekaligus menenangkan suasana pikiran dan batin bagi siapapun yang datang dan mengunjungi pantai tersebut.

    Alhamdulillah sudah semakin bagus. Mohon dipertahankan keindahannya. Jangan sampai dikotori oleh sampah