Pantai Nglambor

Pantai Nglambor: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Pantai Nglambor menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang belakangan ini makin populer di kalangan wisatawan. Umumnya pantai di pesisir selatan Pulau Jawa identik dengan ombaknya yang besar. Namun berbeda dengan pantai ini dimana ombak pantainya cenderung tenang dan jernih sehingga aman untuk berenang dan aktivitas air lainnya. Selain itu, tekstur pasir pantainya juga cenderung kasar.

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor

Berbeda dengan pantai – pantai yang ada di selatan Pulau Jawa yang identik dengan pasirnya yang lembut serta ombaknya yang besar dan tinggi, Pantai Nglambor justru sebaliknya. Hal ini karena di pantai ini terdapat 2 buah batu karang yang membentuk seperti kelelawar dan kura – kura. Batu karang inilah yang meredam ombak dari Samudera Hindia sehingga ketika memasuki area pantai, ombaknya cenderung lebih tenang. Air di pantai ini juga jernih, sehingga ketika anda berenang maupun snorkeling akan dengan mudah melihat ikan, batu karang dan biota laut lainnya. Nglambor merupakan pantai yang menyimpan beragam keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Nglambor

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Nglambor ini aksesnya cukup rumit. Namun semua kesulitan tersebut akan terbayar sudah dengan semua keindahan yang ditawarkan.

  • Lokasi

Pantai dengan sejuta keindahan ini berada di Ngandong, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk jaraknya sendiri adalah sekitar 70 km dari pusat kota. Atau jika ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 2 – 3 jam.

  • Rute dan Akses

Pantai ini sebenarnya bisa diakses melalui beberapa jalur yaitu :

  • Dari Yogyakarta

Jl. Wonosari – Wonosari – Playen – Tepus – Purwodadi

Selain dari kota Yogyakarta, untuk menuju pantai ini juga bisa ditempuh dari berbagai kota lain seperti Semarang, Solo dan berbagai kota lainnya. Pantai ini juga bisa dijangkau dengan berbagai kendaraan seperti bus, mobil maupun sepeda motor. Namun semua kendaraan tersebut hanya bisa sampai ke pos retribusi saja. Karena untuk sampai ke lokasi bibir pantai, aksesnya cukup sulit dan tidak bisa dilewati oleh kendaraan besar.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sepanjang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Biaya tiket masuknya cukup murah yaitu Rp. 5.000/orang. Sedangkan untuk parkir biayanya adalah :

  • Sepeda motor Rp. 2.000
  • Mobil Rp. 5. 000
  • Bus Rp. 15.000

Sedangkan untuk akses jalan menuju pantai, jika anda ingin yang gratis maka anda bisa berjalan kaki selama kurang lebih 15 – 20 menit. Namun jika anda ingin yang praktis, anda bisa naik ojek dengan biaya Rp. 5.000.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Dan Fasilitas yang Tersedia

Suatu obyek wisata sudah pasti memiliki sisi unik yang menjadi daya tarik. Selain itu juga fasilitas yang disediakan yang bisa membuat pengunjung merasa dimudahkan.

  • Aktifitas

Tempat wisata terutama pantai memang menjadi salah satu objek wisata andalan Indonesia. Hal ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga memiliki banyak sekali pantai yang indah, dimana salah satunya yaitu Pantai Nglambor.

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan selama berada di pantai ini, antara lain :

  • Snorkeling

Snorkeling menjadi andalan utama di Pantai Nglambor ini. Karena airnya yang tenang dan jernih inilah yang menjadi alasan mengapa anda bisa menikmati keindahan taman bawah laut di pantai ini. Ikan warna – warni, terumbu karang yang masih alami menjadi pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor

Anda bisa menyewa peralatan snorkeling yang sudah ada. Serta bagi anda yang pemula, bisa menggunakan guide untuk memandu anda selama melakukan snorkeling ini.

  • Foto Bawah Air

Nglambor dikenal dengan air lautnya yang jernih sehingga ketika anda ingin melakukan foto underwater, maka bisa anda lakukan ketika snorkeling. Foto dengan pemandangan bawah laut pasti akan terlihat sempurna untuk dibagikan ke media sosial anda. Bahkan ada pula tempat penyewaan alat snorkeling yang sekaligus menawarkan jasa foto underwater.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Ngobaran: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Saptosari, Gunung Kidul Jogja
Pantai Nglambor
Pantai Nglambor
  • Berenang

Tak perlu takut ombak besar, karena pantai ini dikenal dengan ombaknya yang tenang. Apalagi pinggiran pantai ini sangat dangkal sehingga aman untuk berenang sepuasnya.

  • Menyusuri Pantai

Jika puas bermain air, anda juga bisa menyusuri pinggir pantai dengan berjalan kaki. Jika anda lelah, terdapat beberapa gazebo yang sudah disediakan.

  • Tracking

Perlu anda ketahui bahwa keindahan Pantai Nglambor ini memang terbilang tersembunyi. Tak heran jika akses jalan menuju bibir pantai memang lebih sulit dibandingkan dengan pantai – pantai yang ada di Gunung Kidul lainnya. Pantai ini dikelilingi oleh tebing dan bukit. Sehingga jika anda ingin menikmati keindahan pantai dari atas, anda bisa melakukan tracking.

  • Fasilitas

Meskipun tergolong pantai yang masih alami, namun anda tak perlu khawatir karena di kawasan pantai sudah banyak sekali fasilitas yang disediakan. Diantaranya adalah :

  • Homestay atau area camping
  • Warung makan
  • Parkir
  • Musholla
  • Tempat penitipan barang
  • Gazebo
  • Ojek

Berbagai fasilitas tersebut tentunya semakin bertambah mengingat pengunjung Pantai Nglambor ini mengalami peningkatan tiap tahunnya. Sehingga tentunya fasilitas yang disediakan juga akan semakin bertambah.

Namun tak ada salahnya ketika anda mengunjungi pantai ini juga menyiapkan perbekalan sebelumnya seperti bekal makanan, obat – obatan maupun uang tunai yang cukup. Karena memang disini tidak tersedia ATM, tempat untuk belanja maupun pusat kesehatan. Sehingga anda harus menyiapkannya sendiri.

Adakah Mitos Atau Tradisi?

Umumnya pantai – pantai yang berada di Indonesia memiliki mitos atau cerita mistis yang beredar di masyarakat. Bahkan sebagian besar pantai selatan Pulau Jawa memang memiliki mitos yang dipercaya secara turun – temurun. Namun berbeda dengan Pantai Nglambor ini sama sekali jauh dari kesan atau cerita mistis.

Namun memang di pantai ini juga masih ada tradisi yang dilakukan oleh masyarakat sekitar yaitu berupa sedekah. Upacara sedekah laut ini disebut dengan upacara “ Ngalangi “. Upacara ini ditujukan untuk memberikan peringatan kepada Masyarakat sekitar agar tidak melakukan penangkapan ikan secara bebas. Warga sekitar hanya bisa melakukan penangkapan ikan di pantai ini setahun sekali saja. Penangkapan ini pun juga harus melalui proses khusus.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sadeng: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Girisubo, Gunung Kidul Jogja

Aturan dan tradisi ini ditaati oleh masyarakat setempat. Imbasnya kekayaan biota laut di Pantai Nglambor ini selalu terjaga. Area pantainya juga sangat terawat sehingga terlebih bersih.

Waktu Terbaik Mengunjungi Pantai Nglambor

Sudah bukan rahasia umum lagi hampir semua tempat wisata yang ada di Indonesia ini selalu ramai oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun internasional. Tak terkecuali dengan Nglambor ini dimana termasuk pantai yang belakangan ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Meskipun pada awalnya pantai ini adalah pantai alami yang tersembunyi, namun sejak tahun 2018 ini angka pengunjung mengalami peningkatan pesat. Hal ini cukup membuktikan bahwa memang Nglambor merupakan pantai yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang dan berkunjung. Hal inilah yang yang menjadi alasan mengapa pemerintah dan warga setempat juga ikut berpartisipasi dengan menambah fasilitas – fasilitas yang ada di kawasan pantai demi menunjang kenyamanan para pengunjung.

Weekend dan masa liburan merupakan puncaknya banyak pengunjung. Sehingga dimasa inilah Nglambor akan penuh oleh pengunjung. Namun jika anda ingin menikmati keindahan dan pesona pantai yang lebih nyaman, maka anda bisa berkunjung ketika weekdays atau hari biasa. Karena diwaktu inilah pengunjung lebih sedikit.

Namun anda tak perlu khawatir karena anda bisa kapan saja berkunjung ke pantai ini. Karena memang kondisi ombak yang selalu tenang sehingga aman untuk beraktifitas air. Apalagi jika suasana cerah, anda bisa melihat sunset yang indah di Pantai Nglambor ini baik dari atas bukit maupun di pantai.

Mantai Team

2 comments

  • Salah satu pantai terindah di pulau Jawa. Dari parkiran mobil, masih harus jalan kaki 1 km ke pantai, atau naik ojek, bayar 5rb/org. Di tepi pantai sudah banyak warung makan, souvenir, dan toilet.

    Pantainya merupakan pantai tebing karang, dengan pemandangan yg magnificent! Pantai di sebelah Barat bisa untuk snorkeling.

    Ada pulau kecil di depan pantai. Untuk ke situ bisa menyeberang lewat jembatan gantung. Per orangnya bayar lagi 30rb. Tapi worth it, karena pemandangannya luar biasa! Dengan membayar segitu, kita sekalian didampingi guide yg juga bisa sekalian fotoin.

    Setelah nyeberang, di sana kita bisa naik gondola seperti di pantai Timang. Naiklah ke puncak bukit, karena view dari situ paling keren!

    Dari pantai Nglambor, kita bisa berjalan kaki ke pantai Siung lewat Garden beach, bayar lagi per orang 15rb. Tapi ini juga worth it, karena view di sepanjang jalan indah sekali.

    Pantai sudah bisa dimasuki menggunakan motor walaupun jalan belum begitu rata. Pantainya ternyata kecil, tidak cocok untuk yang ingin menikmati pantai berpasir.

    Lebih cocok untuk yang ingin snorkling karena terdapat area snorkling yang tidak besar arusnya dan disediakan fasilitas penyewaan alat snorkling.

    Terdapat juga berbagai jembatan menuju pulau pulau yang ada dengan kisaran harga 15k-30k yang merupakan spot foto foto. Terdapat toilet dan parkir. Ada juga jembatan yang dapat dilalui untuk mencapai pantai siung dengan berjalan kaki.

    Selamat berkunjung ke pantai yang cantik ini.

  • Pantai Nglambor adalah sebuah pantai eksotis yang terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan.

    Jaraknya kurang lebih 74 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah. Terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura persis di depan teluknya.

    Air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota laut lainnya dari permukaan air.

    Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk.Seringkali pengunjung berasal dari luar kota bahkan luar negeri, seperti turis dari Belanda, Perancis dan Singapura.

    Selain Pantai Parangtritis, Yogyakarta juga kaya akan wisata pantai yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu pantai di Jogyakarta yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah adalah Pantai di Gunung Kidul, salah satunya yaitu Pantai Nglambor.

    Mungkin para wisatawan belum pernah mendengar nama pantai ini ataupun mengunjunginya. Hal ini karena Pantai Nglambor Jogja merupakan pantai yang baru ditemukan dan belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

    Salah satu tempat wisata di Jogja ini terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul tepatnya berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan. Pantai yang berupa teluk kecil ini juga memiliki air yang dangkal dan tenang sehingga dapat digunakan untuk snorkeling ataupun menyelam.

    Di Pantai ini mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang ada di sana. Sesampainya di Pantai Nglambor Anda akan disuguhi pemandangan bukit kura-kura yang ada di sana.

    Adanya kedua bukit tersebut sebagai peredam besarnya ombak dari laut selatan. Selain itu, disana juga banyak terumbu karang lengkap dengan biota lautnya. Air lautnya yang cukup jernih, sehingga para wisatawan dapat melihat aneka biota laut yang ada di sana hanya dengan mata telanjang.

    Selain digunakan untuk snorkeling, tempat wisata di Gunung Kidul ini juga termasuk kawasan konservasi laut. Sehingga para pengunjung diharuskan untuk menjaga ekosistem, menjaga kebersihan pantai serta melindungi biota lautnya dan terumbu karang yang ada di sana. Namun tak hanya itu saja, Pantai Nglambor Jogja juga merupakan tempat favorit untuk prewedding, pemotretan serta foto underwater.

    Jika dibandingkan dengan pantai lainnya, Pantai Nglambor memiliki pesona alam yang berbeda dan unik. Karena di sini Anda bisa melihat kura-kura raksasa. Perairannya yang cukup tenang membuat semua orang yang bisa berenang ataupun tidak bisa berenang dapat menikmati keindahan alam laut Pantai Nglambor.

    Selain itu, Pantai ini juga dihiasi dengan perpaduan warna hijau tumbuhan pandan di daratan serta warna hijau kebiruan di perairan lautan. Tentu saja hal inilah yang membuat para wisatawan penasaran dengan pesona wisata di Pantai Nglambor itu sendiri.

    Liburan ke Pantai Nglambor Jogja tidak lengkap jika mencoba snorkeling. Seperti yang Anda ketahui, snorkeling merupakan salah satu kegiatan paling populer yang ada di sana. Namun bagi Anda yang masih pemula ataupun yang tidak bisa berenang, jangan khawatir. Di samping airnya yang tenang tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips berikut ini.