Pantai Ngrenehan Yogyakarta

Pantai Ngrenehan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Saptosari, Gunung Kidul Jogja

Jogjakarta seakan tak pernah habis menyuguhkan wisata alam yang indah dan juga unik. Dari sekian banyak wisata alam yang ada di Jogja, pantai merupakan salah satu yang paling banyak menjadi destinasi dan salah satu pantai yang saat ini sedang ramai dikunjungi adalah Pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang indah dan unik di Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai ini layaknya sebuah harta Karun tersembunyi di desa Kanigoro yang tertutup oleh lebatnya pepohonan disekitarnya. Memiliki berbagai keindahan dan keunikan yang membuat pantai ini sering menjadi destinasi liburan di Gunung Kidul.

Pantai Ngrenehan Yogyakarta
Pantai Ngrenehan Yogyakarta

Pantai Ngrenehan sendiri sering disebut sebagai pantai nelayan karena banyak dan padatnya aktivitas nelayan di sana maka tak jarang jika berkunjung ke pantai ini akan melihat pemandangan perahu-perahu nelayan yang berjejer di pinggiran pantai. Selain itu pantai ini juga menyajikan pemandangan bukit kapur dan juga hamparan pasir putih yang begitu bersih dan nyaman untuk dipandang. Tak heran semakin banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini karena ingin melihat keindahan dan merasakan kenyamanan ombak yang tenang dari Pantai Ngrenehan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi memang sedikit ekstrim karena jalan yang dilalui berkelok-kelok dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melewati rute perjalanan objek wisata yang satu ini. Jadi alangkah baiknya menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau sejenisnya dan bagi wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi berupa mobil dan sejenisnya bisa terlebih dulu menyewa di kawasan Jogja kota karena banyak sekali jasa penyewaan atau rental mobil.

Untuk rute menuju ke lokasi memang sedikit membutuhkan waktu dan juga usaha yang keras namun jika sudah sampai ke lokasi dijamin semuanya akan terbayar dengan keindahan dari Pantai Ngrenehan. Jika rute dimulai dari Jogja kota maka pertama-tama melakukan perjalanan menuju ke Piyungan, Bantul kemudian setelah sampai Piyungan terus melanjutkan perjalanan hingga ke Pathuk dan juga Sambipitu. Setelah sampai di kawasan Sambipitu lanjut menuju ke Lapangan Terbang Gading kemudian terus berlanjut hingga ke Simpang Tiga.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Nampu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Girisubo, Gunung Kidul Jogja

Jika sudah sampai di Simpang Tiga cari arah jalan yang menuju ke Playen dan selanjutnya menuju ke Paliyan lalu menuju ke arah Pasar Trowono. Dari daerah Trowono perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Desa Kanigoro dan jika sudah sampai di sana maka rute perjalanan sudah sampai.

Aktivitas dan Fasilitas Pantai Ngrenehan

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5000 para wisatawan sudah bisa menikmati pantai dengan bebas. Keindahan yang disuguhkan di Pantai Ngrenehan menjadi daya tarik yang kuat bagi para wisatawan tak terkecuali juga dengan aktivitas dan juga fasilitas yang disediakan di pantai ini. Adapun beberapa aktivitas dan juga fasilitas wahana yang disediakan di dalam objek wisata ini dan berikut penjelasannya.

  • Spot-spot Foto

Liburan kemanapun tentunya tak lupa untuk mengabadikan momen lewat foto ataupun video apalagi jika berkunjung ke pantai. Di Pantai Ngrenehan sendiri banyak menyediakan spot foto yang indah dengan berbagai keunikan dan keindahan alam yang ada di sana. Spot foto di sana cukup beragam mulai dari daratan dengan background pasir putih, air laut yang jernih hingga bukit yang ada disekitarnya dan juga spot di dalam air yang menyuguhkan kejernihan dan keindahan air laut di Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan Yogyakarta
Pantai Ngrenehan Yogyakarta

Pantai ini juga sering dijadikan sebagai tempat foto prewed karena keindahannya. Tak heran jika aktivitas foto di pantai ini cukuplah menarik dan banyak dilakukan oleh para wisatawan bahkan para wisatawan rela untuk melakukan segala cara agar momen foto dipantau ini terlihat lebih menakjubkan.

  • Aktivitas Berenang

Pantai Ngrenehan dikelilingi oleh beberapa bukit dan membentuk sebuah teluk kecil yang membuat ombak di pantai ini cukup tenang. Dengan ombak yang tenang maka pantai ini dapat dijadikan sebagai spot berenang yang tentunya lebih aman dari pantai lain yang memiliki ombak agresif. Tentu aktivitas ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sekitar pantai sambil merasakan segarnya air pantai disana. Banyak dari para wisatawan rela basah-basahan dengan berenang dan bermain air di pantai dengan tujuan agar liburan lebih seru dan asik.

  • Wisata Budaya

Selain dapat menikmati keindahan pantai dengan berfoto-foto dan berenang, pantai ini juga memiliki aktivitas dan fasilitas wisata budaya yang dimana tak jarang di Pantai Ngrenehan diadakan beberapa upacara adat. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang unik dan jarang ditemukan ditempat dan kawasan wisata lain. Tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya namun juga dapat menikmati dan melihat secara langsung kegiatan upacara adat kebudayaan warga sekitar yang akan menambah pengalaman tersendiri.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Siung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Untuk dapat menikmati momen wisata budaya ini sangat disarankan bagi pengunjung untuk mengunjungi saat ada hari atau perayaan tertentu misalnya saat hari raya Nyepi atau saat bulan purnama karena pada momen tersebut pantai ini selalu digunakan untuk upacara-upacara adat masyarakat sekitar. Selain itu para wisatawan atau pengunjung juga bisa terlibat langsung dalam upacara adat tersebut yang tentunya hal tersebut merupakan momen yang tidak biasa dan jarang untuk ditemukan di tempat atau wisata lain.

Berwisata di pantai menikmati keindahan alamnya sekaligus dapat menyaksikan kebudayaan lokal dengan adanya upacara adat tentunya sangat berarti dan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Event dan Kegiatan

Untuk event di Pantai Ngrenehan sendiri hingga saat ini belum pernah diadakan baik event bulanan maupun event tahunan. Mungkin event atau kegiatan tahunan di kawasan Gunung Kidul lebih mengarah ke pantai lain. Ada beberapa sebab pantai ini belum mengadakan event baik bulanan maupun tahunan salah satunya yaitu akses jalur yang sedikit rumit serta pantai ini memiliki model seperti teluk jadi area atau luasnya tidak seluas pantai lain. Mungkin jika akan diadakan event pun itu hanya event yang tidak memerlukan tempat yang besar.

Namun tidak adanya event tetap tidak membuat pantai ini sepi pengunjung karena nyatanya masih banyak wisatawan yang berkunjung dan bertambah setiap saat. Event di pantai ini digantikan dengan kegiatan kebudayaan atau upacara adat seperti yang sudah di sebut dan jelaskan diatas. Mungkin kegiatan tersebut merupakan salah satu daya tarik yang kuat bagi pantai ini selain keindahan dan suasana alamnya. Banyak juga dari para wisatawan yang rela menunggu adanya upacara adat disana dengan mengunjungi pantai ini disaat yang tepat atau saat hari-hari tertentu.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Krakal: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Peak Season dan Waktu Yang Cocok Untuk Berkunjung ke Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan saat ini mulai banyak dikunjungi wisatawan dan diperkirakan akan semakin meningkat. Pantai ini mengalami jumlah pengunjung yang membludak saat hari-hari libur panjang atau hari raya. Di bulan liburan seperti Desember misalnya pantai ini selalu ramai dan bahkan membludak dan untuk mengantisipasi hal itu pihak pengelola pantai sudah menyiapkan beberapa solusi salah satunya adalah perluasan lahan parkir. Lahan parkir sendiri menjadi salah satu fasilitas yang cukup sentral dari sebuah kawasan wisata dan khusus untuk kawasan wisata Pantai Ngrenehan pihak pengelola sudah melakukan perluasan lahan parkir hingga saat ini.

Jangan khawatir untuk para wisatawan kehabisan lahan parkir ketika mengunjungi pantai ini disaat musim liburan tiba karena lahan parkir sudah diperluas dan sudah dapat menampung banyak kendaraan baik roda 4 maupun roda 2. Namun jika tidak ingin berdesak-desakan dengan banyak pengunjung para wisatawan bisa datang ke pantai ini disaat weekday atau hari-hari biasa. Selain volume pengunjung yang lebih sedikit berkunjung ke pantai ini saat weekday akan lebih memuaskan karena dapat menikmati keindahan dan suasana di pantai secara bebas sangat direkomendasikan bagi yang ingin mencari privasi liburan.

Dan waktu yang tidak direkomendasikan untuk mengunjungi Pantai Ngrenehan adalah saat pasang sedang naik karena tentunya hal ini sedikit membahayakan dan keindahan dari pantai akan sedikit berkurang. Namun sebenarnya ada baiknya juga mengunjungi pantai ini saat pasang karena biasanya akan diadakan upacara adat jadi sebenarnya semuanya tergantung kepada para wisatawan masing-masing dan tidak ada batasan kapan harus berkunjung jika ada kesempatan segera pergi ke Pantai Ngrenehan dan nikmati keindahan, keunikan, serta suasananya yang menakjubkan.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai di Gunung Kidul yg jaraknya paling dekat dari kota Yogyakarta. Walaupun tempat ini kalau malam banyak parkir perahu nelayan, tapi pantainya bersih dan airnya sangat jernih.

    Uniknya karang yg berwarna hijau akibat ditumbuhi rumput laut menjadi daya tarik tersendiri. Tapi hati2 banyak binatang bulu babi dicelah2 karang. Gunakan alas kaki jika tak ingin tertusuk durinya yg membuat badan meriang siang malam.

    Di sekitar pantai ada banyak kapal nelayan dan ikan2 dijemur. Bagi yg tdk tahan dg aroma amis mungkin akan sedikit terganggu. Pantainya juga tdk terlalu luas, tapi ombaknya nggak besar, jadi bisa untuk main2. Ada persewaan ban, ada juga jasa foto.

    Pantai yang menyediakan seefood,pantai dengan pasir putih,yang cocok sekali buat wisata keluarga,cukup membayar 10k/orang.fasilitas di pantai ini antara lain warung makan,toilet,kamar mandi, parkiran luas jg penginapan.jaga selalu kebersihan pantainya ya gaes. Met liburan gaes.

  • Pantai yang bersih berada di teluk. Memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Bisa menjelajahi samudera dengan naik kapal. Bisa membeli berbagai produk ikan dan jajanan lainnya.

    Terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Untuk menuju pantai ini harus melalui perjalanan yang cukup jauh. Sesampainya di pantai ini terbayar sudah.dengan keindahan panorama pantai yang begitu mempesona.cocok sebagai tempat liburan keluarga.saat pulang bisa membeli oleh-oleh ikan segar, hasil tangkapan dari nelayan lokal.

    Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

    Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 km di sebelah Barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi di Pantai Ngobaran di laksanakan upacara Melasti.

    Masakan ikan lautnya mantap, pulang bisa bawa ikan mentah atau udah matang, sambil menunggu masakan jadi bisa naik perahu dulu