Pantai Payangan

Pantai Payangan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ambulu, Jember Jatim

Indonesia adalah negara dengan garis pantai yang sangat panjang sehingga tidak heran jika beberapa tahun belakangan banyak dibuka tempat-tempat wisata baru berupa pantai-pantai kecil dan bisa dinikmati oleh masyarakat lokal sebagai tempat liburan murah. Salah satunya adalah Pantai Payangan yang ada di Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur yang belum lama ini tempat wisata hits di kalangan masyarakat Jember. Jember adalah kabupaten yang bersebelahan dengan Banyuwangi dimana kabupaten ini juga dikenal punya banyak tempat wisata yang tidak kalah menariknya bahkan bisa menarik perhatian wisatawan asing juga.

Pantai Payangan adalah pantai yang memiliki keunikan tempat sehingga nama julukannya pun unik. Pantai yang berada di teluk timur Jawa Timur ini memiliki nama Teluk Love karena bentuk teluknya yang mirip dengan bentuk hati. Layout-nya juga terbagi jadi 4 pantai yang saling berdekatan dan dipisahkan oleh daratan yang menjorok, dikelilingi  oleh 3 bukit, serta terdapat 1 pulau kecil di tengah teluk. Jika dilihat dari atas, Pantai Payangan memang punya pemandangan yang agak tak biasa. Berencana untuk ke Jember? Jangan lupa main ke Pantai Payangan, berikut informasinya.

Lokasi dan rute menuju Pantai Payangan

Pantai Payangan
Pantai Payangan

Pantai Payangan letaknya ada di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Jaraknya sekitar 32 km dari pusat kota Jember yang bisa Anda tempuh dengan menggunakan motor atau mobil selama kurang lebih satu jam dengan melewati Jalan Kawi. Rute perjalanannya tidak sulit, Anda bisa langsung menuju Ambulu dari pusat kota Jember kemudian setelah sampai di perempatan Ambulu ambil jalur ke arah selatan. Karena Pantai Payangan adalah pantai baru, tidak banyak petunjuk jalan untuk arah pantai ini. Tetapi Anda bisa mengikuti petunjuk jalan menuju Pantai Watu Ulo karena satu jalur dengan Pantai Payangan. Lokasi Pantai Payangan setelah Pantai Watu Ulo.

Kendaraan  umum yang biasanya beroperasi adalah bus-bus kecil antar desa yang bisa Anda naiki dari terminal Jember dengan menumpang bus yang melaju ke arah Ambulu. Tetapi bagi wisatawan tidak disarankan menggunakan bus karena kurang nyaman dan aman. Sebaiknya sewa mobil atau motor untuk transportasi ke Pantai Payangan, dengan harga yang tidak mahal dan Anda pun bebas bermain di pantai tanpa harus menghiraukan jadwal transportasi umum. Untuk saat ini, masuk ke Pantai Payangan belum dikenakan biaya bagi pengunjung. Namun karena tempat ini makin populer, biasanya untuk pantai lokal biaya masuknya tidak lebih dari Rp. 10.000 per orang plus parkir kendaraan.

Aktivitas dan fasilitas yang ada di Pantai Payangan

Pantai Payangan
Pantai Payangan

Pantai Payangan adalah pantai di mana Anda bisa menikmati waktu santai ditemani dengan deburan ombak dan angin yang cukup kencang karena pantai ini berada di bagian selatan Pulau Jawa. Karena masih dikelola secara sederhana, tidak ada kegiatan olahraga air seperti yang ada di pantai populer pada umumnya. Berikut adalah kegiatan di Pantai Payangan yang biasanya dilakukan oleh para pengunjung:

Berendam di pantai

Pantai Payangan adalah pantai yang dikelilingi oleh bukit di kanan kirinya sehingga ombaknya tidak terlalu besar dan tinggi. Banyak pengunjung yang sekedar berendam di bibir pantai untuk merasakan ombak dan air laut yang asing. Meski tidak terlalu besar, tetap hati-hati dan jangan terlalu ke tengah karena ombak tetap bisa menyeret Anda ke laut lepas atau bahkan membentur dinding bukit.

Naik ke bukit

Pantai Payangan
Pantai Payangan

Bukit di Pantai Payangan bisa dipanjat dengan cukup mudah. Pengunjung bisa melihat pemandangan pantai dari puncak bukit yang cukup landai dengan memanjat anak tangga yang sudah disediakan. Tangga yang masih sederhana ini cukup licin terutama jika setelah hujan jadi gunakan alas kaki lapangan yang nyaman untuk naik ke atas bukit. Posisi di atas bukit akan memberikan Anda  pemandangan dari pantai-pantai yang ada di Pantai Payangan ini bahkan pemandangan matahari terbenam pun terlihat paling memesona dari atas bukit.

Foto-foto

Pantai Payangan punya pemandangan yang indah untuk melakukan pemotretan. Bahkan kadang bisa dilihat pasangan yang tengah melakukan foto pre wedding dari atas bukit dengan pemandangan pantai dan teluk yang cantik. Beberapa tempat favorit untuk foto di Pantai Payangan antara lain adalah di atas puncak bukit di mana pemandangan pantai teluk terlihat lebih eksotis dan mirip seperti pantai-pantai yang sudah terkenal duluan. Spot selanjutnya adalah di antara deretan perahu-perahu nelayan yang diparkir di satu sisi pantai. Masyarakat Payangan memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional yang perahunya terlihat berjejer jika tidak sedang melaut.

Berkemah

Pantai Payangan punya beberapa titik yang bisa digunakan untuk membangun tenda berkemah. Area pantai yang biasanya digunakan untuk berkemah adalah pantai di bagian selatan. Biasanya orang yang berkemah di Pantai Payangan adalah para pecinta alam yang ingin merasakan tidur di alam terbuka. Ketika malam hari, biasanya api unggun dinyalakan dan terdengar suara alunan musik gitar akustik di tengah derunya ombak pantai.

Fasilitas yang bisa digunakan di Pantai Payangan adalah fasilitas dasar yang sederhana. Beberapa warung makan, tempat parkir kendaraan yang sudah dijaga oleh tukang parkir, serta toilet umum yang bisa digunakan untuk membersihkan kaki atau berganti pakaian sudah tersedia di tempat ini. Lebih dari itu belum ada fasilitas pendukung lainnya karena memang tempat ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sehingga seadanya saja.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Payangan

Peringatan Satu Suro

Pantai Payangan merupakan tempat yang digunakan oleh masyarakat Jember untuk memperingati Satu Suro setiap tahunnya. Peringatan Satu Suro adalah peringatan tanggal satu bulan Suro di kalender Jawa yang bertepatan dengan tahun baru Islam atau tanggal 1 Muharram. Peringatan ini merupakan campuran antara upacara keagamaan dengan upacara adat Jawa. Saat peringatan Satu Suro, masyarakat terutama yang mata pencahariannya sebagai nelayan melakukan upacara di Pantai Payangan dengan memanjatkan doa dan menaburkan sesajen yang dibuang ke laut.

Upacara Satu Suro biasanya dimanfaatkan untuk memanjatkan harapan diberi keselamatan saat melaut dan diberkahi sehingga hasil tangkapan ikannya bisa melimpah. Peringatan Satu Suro yang besar biasanya ada di Yogyakarta dan Surakarta, namun untuk Anda yang ingin melihat kearifan lokal dan memotret upacara yang sakral bisa datang ke Pantai Payangan ini. Peringatan Satu Suro tidak tentu waktunya setiap tahun jadi Anda bisa melihat kapan tepatnya 1 Muharram tahun ini pada kalender masehi.

Datang pagi maupun sore hari

Tidak ada waktu tertentu untuk main ke Pantai Payangan. Pantai ini adalah pantai lokal yang masih terbilang sepi pengunjung sehingga Anda bisa datang kesana tanpa harus khawatir dengan high season yang biasanya membuat pantai jadi terlalu ramai dan tidak nyaman untuk bermain bebas. Namun direkomendasikan untuk bermain ke Pantai Payangan pada saat musim kemarau yaitu pada waktu bulan April hingga bulan September karena pada musim kemarau ombak tidak terlalu tinggi dan cuaca pun cerah sehingga Anda bisa melihat pemandangan terbaik tanpa terhalang oleh hujan. Pantai Payangan yang berada di selatan Jawa bisa cukup berbahaya pada musim hujan.

Pantai Payangan adalah lokasi yang cukup indah untuk menikmati pemandangan matahari terbenam maupun matahari terbit. Namun bagi kebanyakan orang, pemandangan matahari terbenam adalah yang paling sering dicari. Sedangkan matahari terbit biasanya disaksikan oleh orang-orang yang berkemah di pantai.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai payangan waktu tempuhnya sekitar 40 menit jika dari kota jember, wisata pantai yang menyajikan pemandangan pantai indah pada spot spot tertentu, dekat dengan wisata teluk love, watu ulo, dan papuma, harga tiket masuk terjangkau, atau dapat di bilang hanya membayar biaya parkir sebesar Rp.5000,-

    Jalur menuju tempat tujuan sudah aslpal keseluruhan, parkiran luas, fasilitas juga memadai, terdapat penyewaan kuda untuk di tunggangi berkeliing pantai, toilet terjaga kebersihannya.

    Pantai ini walau tergolong baru dibuka sebagai tujuan wisata tapi kita tidak akan kecewa untuk berekreasi ketempat ini karena selain alamnya masih asri harga tiketnya sangat terjangkau alias murah meriah.

    Di samping itu kita bisa sekaligus menuju teluk love dan bukit kambing serta gua jepang dengan tanpa harus bayar tiket lagi, kedai minuman dan makanan kecil juga sudah ada ditempat ini. Cocok sekali bila dijadikan tempat refresing rame rame atau semacam acara reuni kecil dengan sahabat yang lama tak jumpa sambil selfi bersama.

    Tempat liburan yang bisa dikunjungi kapan saja dan bersama siapa saja.

  • Pantai yang tepat untuk kalian yang ingin menghabiskan liburan di Jember. Hanya membutuhkan waktu kira kira 1,5 jam dari kota jember menuju pantai payangan, akses jalan menuju pantai payangan juga sudah baik, dapat di akses menggunakan motor , mobil, juga bus pariwisata.

    Pantai payangan berdekatan dengan pantai teluk love dan pantai papuma. Biaya masuknya 10k per orang (2018). Banyak batuan karang di bibir pantai, juga banyak kulit kerang yang berserakan di tepi pantai. Uniknya di pantai ini terdapat banyak kambing gunung yang bukit di sekitar pantai .

    Untuk kalian yang telah menghabiskan banyak energi di perjalanan jangan khawatir karena di sini juga terdapat warung warung yang menyediakan banyak pilihan makanan. Sayangnya banyak sampah yang berceceran di pinggir pantai.

    Jika anda memiliki banyak waktu, sempatkan untuk mendaki bukit yang berada di sebelah kiri pantai , maka akan terlihat pantai teluk love di sebelah kiri dan pantai papuma di sebelah kanan dan terlihat pula beberapa batu karang besar yang terlihat seperti pulau .

    Selain cocok untuk wisata keluarga, tempat ini juga cocok untuk para penggiat foto landscape, bisa mendapatkan moment sunrise & subset dalam satu kawasan.