Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Pantai Pok Tunggal bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Gunung Kidul. Gunung Kidul memang menjadi surganya pantai karena didaerah Gunung Kidul ini memang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang mempesona, terutama pantainya.

Banyak sekali pantai di Gunung Kidul yang dijuluki sebagai Surga yang Tersembunyi karena ada banyak pantai yang masih belum banyak terjamah oleh manusia. Sehingga keindahan dan kealamiannya masih sangat terjaga. Salah satunya yaitu Pantai Pok Tunggal. Pantai yang satu ini memang belum sepopuler pantai – pantai lain yang ada di Gunung Kidul, namun keindahannya tak kalah untuk disandingkan dengan pantai lain yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat dan wisatawan.

Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal

Pantai yang satu ini memang menyimpan keindahan yang luar biasa yang belum begitu banyak diketahui. Tak heran jika pantai ini masih tergolong sepi. Pantai Pok Tunggal memiliki pasir putih serta dikelilingi oleh tebing karang dan perbukitan karst. Terdapat pula pohon langka yang menjadi spot foto favorit di pantai ini.

Rute dan Akses Menuju Pantai

Pantai Pok Tunggal berada di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya sendiri cukup mudah diakses dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil maupun bus. Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta kurang lebih sekitar 2 jam. Namun tentu saja lama perjalanan tergantung kondisi jalan apakah padat atau tidak.

Sedangkan untuk alat transportasi yang dianjurkan untuk menuju lokasi pantai ini adalah kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan juga bus. Anda juga bisa menyewa atau rental mobil karena untuk kendaraan atau transportasi umum belum bisa menjangkau sampai ke lokasi pantai. Kebanyakan transportasi umum hanya sampai ke kota Wonosari saja sehingga anda masih harus menggunakan ojek untuk untuk bisa sampai ke kawasan pantai.

Kontur jalan yang cukup mudah diakses menjadi salah satu alasan mengapa Pantai Pok Tunggal ini bisa mudah di jangkau. Namun memang sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, bus maupun rental mobil. Untuk harga tiket masuknya sendiri terbilang sangat murah, yaitu :

  • Sepeda Motor Rp. 3.000
  • Mobil Rp. 5.000
  • Minibus Rp. 15.000
Pantai lain dekat sini:  Pantai Drini: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Biaya diatas merupakan biaya retribusi masuk kawasan pantai dan juga parkir. Dipantai ini anda juga bisa berkemah. Namun untuk bisa melakukan aktifitas camping, anda masih akan dikenai biaya tambahan lagi Rp. 5.000 – 10.000 (belum termasuk peralatan camping). Karena peralatan camping yang disewakan masih sangat terbatas, disarankan anda membawa peralatan sendiri.

Aktivitas dan Fasilitas yang Tersedia

Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal

Mengetahui sedikit informasi diatas tentunya anda penasaran tentang keindahan apa sajakah yang ditawarkan oleh Pantai Pok Tunggal ini. Berikut adalah penjelasannya.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Ketika mengunjungi pantai, tentu anda akan merasa bosan jika hanya berenang saja. Namun tak usah khawatir, karena pantai yang satu ini menawarkan berbagai aktivitas, yaitu :

  • Snorkeling dan Diving

Sudah bukan rahasia umum lagi jika sebagian besar pantai yang ada di Gunung Kidul memang menyimpan sejuta keindahan dan menjadi tempat yang pas untuk menikmati taman bawah laut. Di Pantai Pok Tunggal ini anda bisa melakukan diving dan snorkeling karena memang ombak di pantai ini tenang dan juga jernih. Namun karena belum tersedia jasa penyewaan peralatan, maka disarankan untuk membawa sendiri perlengkapan snorkeling atau diving tersebut.

  • Sungai Bawah Tanah

Ada yang menarik di pantai ini dimana ada sungai bawah tanah. Meskipun berada di area pantai namun sungai bawah tanah ini airnya tawar dan menjadi sumber mata air warga setempat.

  • Spot Foto Instagramable

Saat ini ketika orang berkunjung ke suatu tempat wisata sudah pasti berburu spot foto yang indah. Tak perlu khawatir karena Pantai Pok Tunggal punya banyak spot yang instagramable.

  • Camping

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa dipantai ini anda juga bisa camping. Memang ada yang menyediakan jasa penyewaan perlengkapan camping. Namun karena masih terbatas, sebaiknya anda membawa sendiri perlengkapan tersebut.

  • Rock Climbing

Perlu anda ketahui bahwa pantai yang indah ini dikelilingi oleh tebing dan bukit. Oleh sebab itu, bagi anda pecinta aktivitas yang memacu adrenalin anda bisa melakukan rock climbing.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Indrayanti: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Dengan beragam aktivitas yang ditawarkan, terlebih keindahan alam yang disuguhkan rasanya sudah cukup menjadi alasan mengapa anda wajib mengunjungi wisata Pantai Pok Tunggal ini.

  • Bersantai

Jika anda hanya ingin menikmati keindahan pantai saja, maka disini bisa duduk dipinggir pantai atau berjalan menyusuri pantai untuk menikmati pemandangan pantai indah.

Fasilitas yang Disediakan

Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal

Jika sudah membahas aktivitas, tentu sudah saatnya anda juga perlu mengetahui tentang fasilitas apa sajakah yang disediakan. Ketika berkunjung ke Pantai Pok Tunggal ini, anda bisa menikmati beragam fasilitas seperti :

  • Payung Pantai

Menikmati keindahan pantai memang menyenangkan. Namun jika cuaca sedang panas tentunya akan sangat tidak nyaman. Tapi tenang saja, karena dipantai ini disewakan payung pantai di sepanjang pinggiran pantai dengan harga sewa yang cukup terjangkau yaitu Rp. 20.000/hari. Dengan menyewa payung pantai ini anda bisa duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan atau makan bekal yang anda bawa dari rumah.

  • Tenda Gazebo

Jika payung pantai terasa kurang luas karena anda pergi bersama rombongan,  maka anda bisa menyewa tenda yang bentuknya mirip dengan gazebo. Harga sewanya adalah Rp. 60.000 saja.

  • Warung Makan

Untuk urusan perut, anda juga tak perlu khawatir karena di kawasan pantai ini terdapat tempat makan seperti angkringan serta warung makan yang menyajikan sajian makanan laut hasil tangkapan para nelayan setempat. Ada pula beberapa tempat makan yang juga menyajikan menu western.

  • Toilet Umum

Setelah beraktifitas mandi air laut tentu anda ingin membersihkan diri. Disini juga sudah disediakan toilet umum yang biasa digunakan oleh pengunjung dengan biaya sekitar Rp.2.000 – 3.000.

  • Camping Area

Jika ingin menginap dengan sensasi unik, disini juga disediakan camping area. Peralatan camping bisa menyewa atau bisa juga dengan membawanya sendiri.

  • Penginapan

Soal penginapan disini sudah cukup banyak. Ada homestay, guest house, hotel dan bahkan villa. Kebanyakan penginapan yang ada disini menawarkan pemandangan pantai atau laut yang menakjubkan. Jika ingin bermalam, maka anda bisa memilih jenis penginapan sesuai dengan selera atau budget yang anda miliki.

  • Parkir

Parkir yang disediakan juga luas sehingga anda tak perlu merasa khawatir. Bisa dikatakan bahwa Pantai Pok Tunggal merupakan surga yang tersembunyi karena lokasinya yang dikelilingi oleh tebing dan bukit membuat keindahan dan kealamian pantai ini masih sangat terjaga. Belum lagi memang obyek wisata pantai ini belum sepopuler pantai lain sehingga suasananya tidak terlalu ramai. Namun meskipun begitu, keindahan yang ditawarkan tidak kalah menarik dengan pantai – pantai lain yang ada di Gunung Kidul.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Samas: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sanden, Bantul Jogja

Sebenarnya tidak ada patokan kapan anda harus datang ke kawasan pantai yang elok ini karena memang pantai ini masih tergolong pantai yang sepi. Sehingga bagi anda yang ingin berlibur dengan suasana pantai yang tenang dan tidak terlalu banyak orang, maka Pok Tunggal adalah jawabannya.

Apalagi Pok Tunggal ini menawarkan beragam aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa membuat moment liburan anda semakin mengesankan. Tak hanya itu saja, disini juga sudah mulai disediakan berbagai macam fasilitas yang menunjang kenyamanan para pengunjung. Ada pula tempat makan serta penginapan yang disediakan bagi anda yang ingin mencicipi kuliner, istirahat sejenak maupun menginap di kawasan Pantai Pok Tunggal ini.

Mantai Team

2 comments

  • Salah satu pantai yg ada di selatan provinsi DIY yang cukup bagus. Pasirnya berwarna putih dan pantainya diapit oleh 2 bukit. Untuk biaya masuknya cukup bayar 10 ribu. Tapiii pos retribusi dengan pantai agak jauh sehingga di tengah perjalanan ke pantai mungkin anda akan dimintai “dana sukarela” oleh warga.

    Di sepanjang pantai banyak kedai makanan dan toilet. Harga makanannya relatif terjangkau. Di tepi pantai jg disewakan payung besar dan alas untuk sekedar berjemur. Di bukit sisi barat bisa dinaiki dan di atas terdapat gazebo kecil untuk duduk2.

    Bila sudah anda bisa naik ke atas bukit dan beristirahat di gazebo untuk menikmati pemandangan pantai dr atas. Tapiii ketika sudah smp di atas, ternyata gazebo buat duduk2 itu harus bayar 20 rb (ada plang di gazebo dgn tulisan “sewa gazebo 20 rb”).

    Ada persewaan payung dan tikar 25k sekali pakai, kamar mandi bersih dan airnya lancar, warung jajan juga deket. Pantai ini diapit tebing, di salah satu tebing dibangun trek mendaki yang user friendly dimana setiap level dikasih spot istirahat gitu.

    Tempat yang cocok untuk bersantai maupun bermain air selain itu juga memiliki tebing yang bisa dipanjat. View dari tebing tersebut juga sangat indah, anda dapat melihat view pantai dari ketinggian serta melihat lautan yang membentang. Untuk akses sekarang akses kepantai ini tergolong memiliki medan yang mudah untuk dilalui bahkan dengan mobil

    Rekomended ^^

  • Pantai pok tunggal, gunung kidul. Pantai ini cocok untuk para pemburu matahari terbenam / sunset. Sembari menikmati matahari terbenam, anda juga disuguhkan pemandangan para penduduk setempat yang berburu bulu babi ataupun memancing ikan ketika air laut sedang surut.

    Di pantai ini, anda bisa bermalam dengan tenda yang bisa dibawa sendiri dari rumah ataupun tenda yang disewakan di sekitar pantai. Harga sewa tenda yaitu 50-80 ribu per malam. Harga bisa kurang tergantung sepandai apa anda menawarnya. Oh ya, biasanya pada tengah malam akan ada pungutan sebesar 5-10 ribu rupiah untuk ‘parkir tenda’.

    Entah itu pungutan resmi ataupun tidak karena beberapa kali saya diminta pungutan tp pernah juga tidak. Sebagai saran, kalo mendirikan tenda jangan terlalu dekat dengan laut, karena tengah malam biasanya pasang. Bisa-bisa tenda anda kemasukan air laut, atau yang lebih parahnya bisa terseret ombak pasang hehe. Untuk parkirnya, 10ribu untuk satu mobil.

    Pantainya terletak di bagian selatan jogjakarta. Yang sangat berbeda dari pantai pantai yang lainnya. Mulai dari akses jalannya berlika liku itu pasti, dan karena masih jarang pengunjung disini jadi akses menuju ke sana jalanan nya masih sangat terjal, atau kurang bagus.

    Tetapi semua itu akan terbayarkan di dalam pantainya. Sangat indah dan bersih . Harga tiket masuk 10 per kepala. Yok datang ke sini.