Pantai Sadeng

Pantai Sadeng: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Girisubo, Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadeng bukan sekedar pantai yang menyuguhkan berbagai panorama pantai yang alami dan indah. Pantai ini lekat dengan semangat juang para nelayan. Dahulu, tepatnya pada tahun 1983, para nelayan yang ada di sekitaran pantai berusaha bagaimana caranya agar pantai Sadeng menjadi kampungnya para nelayan. Pantai tidak sekedar pantai yang dinikmati keindahannya, namun bagi masyarakat setempat bisa dipakai untuk mata pencaharian. Setelah 35 tahun berjalan, pantai Sadeng menjadi pantai yang ramai dengan hiruk pikuk aktivitas nelayan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing dan domestic.

Pantai Sadeng
Pantai Sadeng

Pantai Sadeng berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta, Kawasan ini memang dikenal sebagai surganya pantai yang ada di Jogja dengan beragam keindahannya. Anda yang ingin menikmati panorama pantai yang cantik sambil memancing ria, disinilah tempatnya. Terdapat banyak sekali fasilitas dan aktivitas yang ada di dalamnya. Hanya dengan membayar tiket seharga 5.000,00/ pengunjung dan membayar parkir 2.000,00 saja, Anda bisa berlama-lama berwisata di Pantai Sadeng yang unik ini.

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai

Pantai Sadeng tepatnya berlokasi di di antara dua desa yaitu desa Pucung dan Songbanyu kec. Girisubo, Gunung Kidul. Jika dari arah kota Yogyakarta, jarak yang harus Anda tempuh adalah 46 kilometer, sedangkan dari arah Wonosari, jarak yang ditempuh cukup jauh, yaitu 80 kilometer.

Dari arah Yogyakarta, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Wonosari. Lalu sampailah di pertigaan Mulo, belok kiri sampai di Mantel. Lanjutkan perjalanan ke arah Bintaos, kemudian ke Tepus. Sampailah Anda di pasar Jepitu. Belok kanan dari arah pertigaan pasar itu, dan sampailah Anda di desa yang dimaksud, yaitu desa Girisubo.

Atau, jika Anda berangkat dari arah Klaten, perjalanan dilanjutkan ke Semau, kemudian ke Giripanggung. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke arah Cuelo sampai menjangkau pertigaan pasar Jepitu. Cari pertigaan pasar dan belok kanan. Sampailah Anda di desa lokasi Pantai Sadeng, yaitu desa Girisubo.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Glagah: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Temon, Kulon Progo Jogja

Karena akses jalan cukup mudah. Anda bisa melaluinya dan sampai di lokasi wisata yang satu ini dengan menggunakan fasilitas roda dua, roda empat, maupun kendaraan umum. Anda bisa datang beramai-ramai bersama teman, kerabat, dan pasangan untuk menikmati indahnya Pantai Sadeng ini. Tidak sulit untuk menjangkau pantai ini.

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai

Pantai Sadeng
Pantai Sadeng

Seperti disinggung di muka, pantai ini bukan sekedar pantai. Ada banyak aktivitas dan fasilitas yang unik yang hanya bisa Anda saksikan disini dan tidak ada di pantai-pantai yang lain. Diantaranya adalah:

Telaga Suling

Oleh masyarakat setempat telaga ini dipercaya sebagai telaga sisa dari muara sungai Bengawan Solo jaman dahulu. Bukan tanpa alasan kenapa warga desa setempat mempercayainya. Terdapat bukti fisik yang menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat tersebut adalah benar adanya.

Terdapat dua buah bukit memanjang yaitu perbukitan kapur dan terdapat lembah di tengahnya. Lembah tersebut membentang sejauh 7 kilometer panjangnya dan saat ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menanam palawija karena kondisi tanahnya yang benar-benar subur.

Jika dirunut arah muara lembah, Anda akan menemukan rute lembah yang berkelok-kelok dan sampai pada kawasan Pracimantoro, Wonogiri. Dari Sini, Anda akan menemukan arah pembalikan muara Sungai Bengawan Solo purba. Bengawan ini berada di sebelah timur pantai yang saat ini dialihfungsikan menjadi lokasi pelabuhan ikan oleh para nelayan yang merintis pantai ini menjadi surganya para nelayan Gunung Kidul.

Keberadaan Telaga Suling dengan kondisi tekstur tanahnya yang indah, yaitu lembah di tengah perbukitan kapur yang panjang dan cantik itu menjadi spot menarik yang ingin selalu di ekspos oleh para wisatawan baik asing maupun luar negeri.

Kegiatan yang Ada di Perkampungan Nelayan

Hingga kini, mungkin kita hanya sering mendengarkan atau menonton di televisi aktivitas yang dilakukan oleh para nelayan, mulai dari penangkapan ikan, pelelangan, pengawetan, dan sebagainya.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sadranan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja
Pantai Sadeng
Pantai Sadeng

Di Pantai Sadeng, Anda bisa secara langsung menikmati aktivitas nelayan yang riuh ramai setiap harinya. Mereka rajin sekali membersihkan perahunya, lalu ikan yang sudah di jaring itu di lelang, dan sebagian besar diawetkan dengan es. AktivitasĀ  itu adalah rutinitas harian yang ada di Pantai Sadeng ini. Mengingat, pantai Sadeng adalah pantai yang menjadi Pelabuhan Pendaratan Ikan paling besar yang ada di Jogja.

Indikasi majunya Pantai Sadeng sebagai desanya para nelayan di Jogja adalah adanya perahu motor dengan ukuran yang cukup besar, pondokan nelayan, koperasi nelayan, hingga terminal yang dimanfaatkan untuk pengisian bahan bakar. Destinasi wisata yang satu ini bisa menambah wawasan ke-maritim-an Anda tentang Indonesia.

Menyantap Lezatnya Kuliner Seafood Ala Pantai Sadeng

Tidak lengkap rasanya, bertandang kesini tanpa menikmati nikmatnya sajian lezat seafood ala pantai Sadeng. Anda bisa saksikan begitu banyak restoran atau tempat makan di bibir pantai yang menyediakan aneka olahan seafood.

Yup, selain menyaksikan proses penangkapan dan pelelangannya, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak menyantap lezatnya berbagai variasi seafood yang nikmat rasanya di tempat makan yang tersedia di kanan dan di kiri pantai.

Mancing, Yuk!

Wow, disini kalian bisa menikmati serunya mancing bersama lho!. Ada sensasi nikmat tersendiri saat kita mampu mendapatkan ikan hasil pancingan. Beberapa ikan yang bisa Anda pancing disini diantaranya adalah ikan kakap, tuna, dan kerapu. Anda bisa memancing di dekat dermaga, sembari menikmati sepoi angin yang sejuk serta menikmati panorama pantai yang cantik luar biasa. Siapkan cemilan agar momen mancing semakin mengesankan. Ada banyak nelayan yang menjual potongan ikan hiu dan pari di lokasi wisata ini. Untuk ikan pari biasanya dijual seharga 15.000,00.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Nampu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Girisubo, Gunung Kidul Jogja

Naik Perahu Bak Nelayan. Siapa Takut?!

Mumpung disini, yuk sekalian naik perahu bak nelayan yang sedang giat mencari ikan. Banyak sekali perahu yang disewakan khusus para wisatawan yang ingin menikmati serunya terombang-ambing di lautan lepas. Ini adalah momen langka yang tidak selalu bisa Anda nikmati saat berkunjung ke pantai lain selain Sadeng.

Beberapa fasilitas yang tersedia yang memudahkan Anda selama berwisata di antaranya adalah penunjuk arah, kamar mandi umum, pasar ikan, akses jalan beraspal yang memudahkan Anda menjangkau pantai, dan bus yang tersedia menuju ke arah pantai.

Peak Season di Pantai

Hampir setiap hari lokasi wisata ini ramai pengunjung. Ini dikarenakan tidak hanya wisatawan yang ada di lokasi ini. Setiap harinya saat musim ikan tiba para nelayan lalu lalang melakukan aktivitas di pantai, mulai dari mencari ikan, melelang dan membekukan ikan. Kegiatan tersebut menjadi rutinitas tersendiri yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Pada musim penghujan biasanya keramaian pantai menurun sebab para nelayan menunggu cuaca kondusif untuk mencari ikan, dan para pengunjung pun berpikir dua kali untuk datang ke pantai Sadeng pada musim ini.

Peringatan Bahaya

Ya, datang ke Pantai Sadeng sebaiknya pada musim panas, dan tidak saat hujan sedang lebat seperti bulan Desember saat ini. Sebelum menempuh perjalanan, usahakan untuk mengisi bahan bakar hingga penuh sebab tidak ada penjual bensin sepanjang perjalanan yang cukupĀ  jauh itu. Selain itu, siapkan tisu basah yang cukup sebab di kamar mandi pantai terkadang tidak tersedia air bersih. Jika menempuh perjalanan di malam hari, hati-hati sebab sepanjang perjalanan tidak ada lampu yang menyala sama sekali, gelap gulita.

 

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Sadeng yang berada di Songbayu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini sejatinya merupakan pelabuhan nelayan.
    Pantai Sadeng merupakan salah satu pantai paling timur di Jogja setelah Pantai Krokoh di ujung timur.

    Pantai Sadeng ini disebutkan dimulai pada sekitar tahun 1983. Ketika itu ada serombongan nelayan yang berasa dari Gombong Jawa Tengah, berlabuh di pantai ini. Kemudian mereka memutuskan untuk menetap untuk bertahan hidup dari hasil tangkapan laut di Pantai Sadeng.

    Karena hasil tangkapan yang diperoleh oleh nelayan semakin berlimpah maka semakin banyak yang bertahan disini. Puncaknya adalah ketika pada tahun 1986 didirikan sebuah pelelangan ikan dan dibangun juga mercusuar untuk mendukung aktivitas nelayan sekitar.

    Biaya retribusi lokasi ini sangat terjangkau yaitu Rp 2000 untuk kendaraan roda 2, dan Rp 5000 untuk kendaraan roda 4. Pantai sadeng sendiri merupakan pantai paling timur di gunung kidul, lokasinya berada sekitar 46 km dari kota Wonosari, dan 80 km dri kota Yogyakarta.

    Pantai sadeng merupakan pelabuhan kapal-kapal nelayan. Di pantai sadeng pengunjung dapat membeli ikan yang masih segar langsung dari nelayan atau membeli melalui tempat pelelangan ikan.

    Saya sarankan kalau beli ikan di pasarnya, harga lebih murah dibandingkan kalau beli dipenjual yang dipinggiran jalan.

  • Meskipun terkadang berbau amis, Pantai Sadeng cocok dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Sebenarnya pantai di ujung selatan Yogyakarta ini dijadikan sebagai tempat pelelangan ikan. Namun, seringkali warga di sekitar sini datang untuk menikmati deburan ombak yang besar dan air laut yang bening.

    Pengunjung yang datang kesini dapat menikmati berbagai macam olahan ikan sambil menikmati angin laut yang sejuk. Tempat ini ramai terutama saat jelang matahari terbenam.

    Akses jalan ke tempat ini sudah cukup bagus. Dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Pasar Pracimantoro Wonogiri. Tidak ada karcis masuk. Hanya di kenakan karcis parkir.

    Maka dari itu, jika kamu sedang mencari pantai lumayan bagus dan biaya retribusinya tidak terlalu mahal, Pantai Sadeng bisa jadi rekomendasi lho. Jogja memang benar-benar istimewa guys, silakan berkunjung kapan saja. Kamu tak akan pernah kecewa sama Jogja.

    Mari jalan-jalan.