Pantai Sadranan

Pantai Sadranan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Belakangan ini ketika semakin besarnya minat masyarakat dan wisatawan pada tempat-tempat indah yang bisa dijadikan tempat berfoto ria, maka semakin banyak saja wisata alam yang dibuka dengan tetap mempertahankan kealamiannya sehingga daya tarik utama yang ada di sana adalah karena keindahan alamnya. Salah satu wisata alam yang belum lama ini ramai dibicarakan oleh para wisatawan yang datang ke daerah Yogyakarta adalah pantai Sadranan yang letaknya berada di Gunung Kidul yang memang terkenal karena pantai-pantai indahnya. Pantai Sadranan ini tidak berada persis di dekat jalan utama maka dari itu saat hendak menuju ke pantai itu Anda akan melewati jalanan yang berbatu sebelum akhirnya sampai ke sana. Nama Pantai Sadranan sendiri diambil dari kegiatan acara tradisional yang sering diadakan di sana tiap tahunnya yaitu tradisi Nyadran atau  kegiatan bersedekah di laut. Di pantai Sadranan ini Anda bisa menemukan banyaknya batu-batu karang indah yang berpadu dengan birunya air laut dan pasir putih yang berkilauan.

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan

Lokasi Dan Cara Menjangkau Pantai

Secara geografis letak Pantai Sadranan ini ada di daerah Tepus, Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sana perjalanannya memang cukup jauh dan memakan waktu cukup lama karena jalan menuju ke sana cenderung berbelok-belok, namun pemandangan yang disajikan di sekitarnya sangatlah indah sehingga perjalanan Anda menuju ke sana tidak akan terasa begitu lama. Jika dihitung-hitung maka Anda memerlukan waktu 2 jam lamanya untuk bisa sampai ke pantai yang indah itu. Meski letaknya yang jauh di perbukitan namun untuk menuju kesana Anda bisa menggunakan banyak angkutan umum  yang menuju ke sana. Berhubung letak Pantai Sadranan ini dekat dengan Pantai Krakal yang amat terkenal maka untuk menuju kesana Anda bisa naik angkutan umum yang menuju ke Pantai Krakal dan sebelum Anda sampai ke Pantai Krakal, Anda akan menemukan Pantai Sadranan lebih dulu. Selain itu jika Anda ingin naik kendaraan pribadi agar lebih nyaman pun bisa, baik itu menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Meski banyak kendaraan umum menuju ke sana namun Anda harus berganti angkutan saat tiba di Wonosari lalu barulah Anda mencari angkutan menuju ke Pantai Krakal atau Pantai Sadranan. Bila ini pertama kalinya Anda hendak ke sana maka mungkin Anda akan sedikit kebingungan, jadi amannya lebih baik naik kendaraan pribadi.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sepanjang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Aktivitas & Fasilitas Di Pantai

Pantai Sadranan ini memang cukup menyenangkan untuk dikunjungi, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di sana. Seperti yang Anda ketahui bahwa mayoritas pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul memang terkenal keasriannya, maka dari itu Anda benar-benar bisa berlibur dengan tema kembali ke alam saat berada di Pantai Sadranan ini. Untuk soal aktivitas maka biasanya wisatawan yang datang ke Pantai Sadranan ini pasti mencoba melakukan aktivitas snorkeling karena memang aktivitas itu adalah yang paling umum dilakukan di pantai yang ada di Gunung Kidul. Airnya jernih dan kehidupan bawah lautnya dipenuhi dengan terumbu karang indah serta ikan-ikan hias yang cantik. Di sepanjang Pantai Sadranan ada banyak penyewaan alat snorkeling, Anda juga bisa ditemani dengan pemandu jika masih merasa takut untuk melakukan snorkeling tanpa pengawasan.

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan

Selain melakukan snorkeling maka sekedar berenang dan bermain air di sepanjang pantainya juga bisa menjadi aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Pantai Sadranan. Memang Pantai Sadranan ini airnya termasuk dangkal namun tetap saja ada ombak pantai yang sudah seharusnya tetap Anda waspadai. Terutama jika Anda membawa anak-anak untuk bermain air di pantainya maka harus selalu Anda awasi dan temani sehingga tetap aman. Aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mendayung perahu kano di sepanjang tepian pantainya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lokasi  Pantai Sadranan ini berada dekat dengan Pantai Krakal yang lebih populer, namun Anda tidak perlu khawatir karena di Pantai Sadranan ini fasilitasnya juga sudah sangat lengkap sehingga Anda bisa berwisata dengan nyaman saat berada di sana. Sebut saja tempat penyewaan snorkling dan perahu kano yang merupakan dua aktivitas terpopuler di Pantai Sadranan itu. Kemudian ada juga berbagai gazebo yang berada di pinggiran pantai yang bisa Anda gunakan untuk berteduh sembari bersantai di tepi pantai. Jika Anda merasa kelaparan, maka terdapat sederet restaurant dan juga café yang bisa Anda datangi untuk menyantap makanan dan minuman yang tentunya lezat.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Timang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Fasilitas pelengkap lainnya seperti tempat ibadah, kamar mandi umum dan lahan parkir juga bisa Anda gunakan. Ingin berlama-lama menikmati pemandangan Pantai Sadranan? Maka Anda bisa menggunakan fasilitas penginapan tepi pantainya yang siap menjadi tempat Anda menginap di sana sembari melihat keindahan pantai. Dengan menginap di Pantai Sadranan maka Anda bisa juga melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari langsung dari tepi pantainya, pasti pengalaman yang sangat indah, mengingat matahari terbenam di Pantai Sadranan ini juga menjadi pemandangan yang kerap ditunggu-tunggu oleh wisatawan yang datang ke sana. Dengan lengkapnya fasilitas yang ada di Pantai Sadranan maka Anda bisa berwisata dengan santai di sana.

Event Tahunan Di Pantai Sadranan

Sebenarnya nama Pantai Sadranan ini diambil dari kegiatan tahunan yang sering diadakan di sana yaitu Nyadran. Ini adalah sebuah acara tradisional yang kerap kali dilaksanakan di Pantai Sadranan oleh penduduk sekitar. Nyadran ini adalah upacara mensyukuri hasil alam yang diberikan kemudian menyedekahkan sebagian hasil bumi itu kepada laut. Tidak ada waktu tepatnya kapan event ini selalu diadakan. Namun biasanya ketika sudah selesai musim panen atau pada saat hari pasaran pahing menurut perhitungan kalender Jawa. Dalam setahun kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali namun beberapa kali. Jika Anda beruntung maka pada saat adanya upacara Nyadran ini Anda bisa melihatnya dan ikut meramaikannya sebagai salah satu budaya adat masyarakat sekitar yang tentu harus dilestarikan dengan baik. Selain upacara Nyadran ini tidak ada upacara tahunan lainnya yang sering diadakan di Pantai Sadranan, namun sepertinya upacara Nyadran yang terasa asing bagi wisatawan asing ini sering kali menarik perhatian mereka sehingga pada saat adanya upacara Nyadran ini berlangsung ada banyak wisatawan asing yang hadir dan merasa tertarik.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Ngobaran: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Saptosari, Gunung Kidul Jogja

Peak Season Di Pantai Sadranan

Untuk waktu-waktu paling ramai atau peak season di Pantai Sadranan ini tentu pada saat adanya upacara Nyadran. Selain itu juga pada musim liburan atau akhir pekan seperti hari minggu pantai ini akan penuh dengan banyak wisatawan. Seringkali wisatawan yang hendak datang ke Pantai Krakal maka akan menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Sadranan juga sekali jalan untuk sekaligus melihat keindahannya. Jika Anda tidak ingin berkunjung saat pantai ramai, maka Anda bisa datang di hari selain hari akhir pekan sehingga dengan demikian keadaan disana tidak begitu ramai. Saat tidak begitu ramai tentunya Anda bisa menikmati keindahan pantai yang tenang untuk diri Anda sendiri.

Peringatan Bahaya Di Pantai Sadranan

Secara umum tidak ada waktu-waktu tertentu yang harus diwaspadai oleh para wisatawan namun Anda harus selalu berhati-hati pada tebing batu karang yang ada di sekitar Pantai Sadranan, karena pada sekitar bulan Juni tahun 2015 pernah terjadi tragedi yang sangat disayangkan di Pantai Sadranan dimana tiga orang wisatawan tewas karena batuan tebing batu karang di Pantai Sadranan tiba-tiba roboh dan menimpa para wisatawan. Pada kejadian itu banyak juga wisatawan yang mengalami luka-luka, maka dari itu Anda yang datang ke Pantai Sadranan sebaiknya selalu waspada dan ada baiknya tidak terlalu dekat dengan tebing-tebingnya demi keselamatan. Terlepas dari itu semua, Pantai Sadranan tetap menjadi tempat tujuan wisata yang indah untuk dikunjungi.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Sadranan yang berada di Gunung Kidul memiliki pasir putih, Laut biru jernih. Di pantai ini banyak warga yang menyediakan perlengkapan snorkeling. Ketika akan berkunjung ke pantai ini di waktu pagi hari atau sore hari. Kalau berkunjung di waktu siang hari yang cerah terlalu panas/terik sekali.

    Sbenarnya, pantai ini hampir sama dengan pantai lain di Jogja Pantai Sadranan adalah pantai di Gunungkidul dengan karakter pasir berwarna putih dan karang di pinggir pantai, hanya saja di Pantai Sadranan karang cenderung sedikitt serta di dominasi pasir putih saja.

    Di pantai ini wisatawan bisa melakukan beberapa hal menarik, di antaranya:

    1. Snorkling, Apabila Anda ingin melakukan aktivitas snorekling, maka tidak perlu khawatir karena biaya penyewaan alat hanya ditarif sebesar Rp 50.000 per jamnya.
    2. Bermain kano, Kegiatak berkano ini dapat Anda lakukan dengan tarif Rp 50.000 untuk sewa perahu per jamnya.
    3. Menikmati sun rise atau sun set.
    4. Berjemur
    5. Camping, banyak sekali wisatawan yang memilih mendirikan tenda di sini lantaran area yang cukup dan keelokan alamnya

    Coba saja!

  • Pantai Sadranan terkenal sebagai salah satu spot snorkeling baru yang banyak diminati di pulau Jawa. Di Pantai Sadranan terdapat tempat penyewaan yang dikenal dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk Anda yang ingin menyewa peralatan snorkeling.

    Pantai Sadranan merupakan rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan Anda. Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

    Tiket retribusi masih terjangkau karena 1 pintu untuk semua pantai selatan Gunung Kidul. Untuk tiket parkir kena 2 kali di Pintu masuk 1 dulu awal 5000/ kendaraan mobil. Sekarang 3000/kendaraan mobil.

    Tapi masuk ke dekat pantai kena lagi parkir 5000. Penyewaan gazebo dan peralatan snorkeling terjangkau. 20.000 / gazebo. Snorkeling 25.000 / paket. Akses jalan belum mulus dan sempit kalau posisi pengunjung padat merepotkan.

    Tapi panoramanya cantik dan banyak aktivitas seru, bisa dikunjungi untuk liburan keluarga. Yuk cobaaaaa…