Pantai Samas

Pantai Samas: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sanden, Bantul Jogja

Bantul, Yogyakarta memiliki beberapa keindahan wisata alam yang sayang jika Anda lewatkan, maka dari itu jika kebetulan Anda sedang berada di Bantul maka cobalah sempatkan diri Anda untuk mencari tempat-tempat wisata menarik yang ada di sana lalu kunjungilah beberapa diantaranya agar Anda bisa mendapatkan waktu yang tak terlupakan di Bantul. Salah satu tempat wisata yang mesti Anda kunjungi saat berada di Bantul adalah pantai Samas. Mungkin beberapa dari Anda yang berada di sekitar daerah Yogyakarta pernah mendengar nama pantai ini,  karena pantai yang jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota. Anda pastinya bisa berwisata dengan nyaman saat berada di pantai Samas. Namun bagi Anda yang datang ke pantai Samas tidak diperkenankan untuk berenang di pantainya karena pantai Samas ini memiliki ombak yang tinggi sehingga cukup berbahaya bagi Anda untuk berenang di sana. Keindahan lainnya yang bisa dilihat saat Anda datang ke pantai Samas adalah adanya laguna yang sangat indah yang bisa Anda kunjungi saat berada di sana.

Pantai Samas
Pantai Samas

Lokasi Dan Akses Menuju Ke Pantai Samas

Pantai Samas adalah pantai yang berlokasi di Sanden, Bantul, Yogyakarta. Jarak pantai Samas ini dari pusat kota Yogyakarta tidaklah begitu jauh, hanya sekitar 35 km saja, sehingga dengan demikian untuk Anda yang hendak menuju ke pantai itu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mencapainya, hanya dibutuhkan waktu selama kurang lebih 1 jam dari kota. Transportasi umum memang banyak, namun jika Anda ingin lebih nyaman dan santai maka sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan saja untuk bisa menuju ke sana. Karena tidak begitu jauh dari kota maka ada banyak warga Yogyakarta yang juga suka menghabiskan waktu libur di pantai Samas tersebut.

Akses menuju ke pantai Samas ini sudah mudah dan difasilitasi dengan jalan yang mulus. Dari Yogyakarta Anda bisa menempuh perjalanan menuju Bantul lewat Jembatan Janti, lalu Anda tinggal mencari simpang 4 Palbapang dan tak lama kemudian Anda pasti akan mendapati penanda jalan untuk menuju ke pantai Samas. Karena aksesnya sangat mudah maka Anda yang bukan warga Yogyakarta pun pastinya bisa menemukan pantai Samas ini dengan mudah. Pantai samas ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menghabiskan waktu Anda dengan bersantai di tempat yang nyaman, tenang dan tentunya indah. Jika Anda sedang berada di Yogyakarta, pastikan singgah ke pantai Samas.

Pantai lain dekat sini:  Top 6 Pantai di Jogja Terbaik Wajib Dikunjungi 2020 ini

Aktivitas Dan Fasilitas Di Pantai Samas

Ketika Anda mendengar bahwa pantai ini bukanlah pantai yang bisa digunakan untuk berenang karena ombaknya yang tinggi maka tentunya Anda akan merasa bingung tentang aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana. Namun jangan salah karena ternyata ada banyak sekali aktivitas yang Anda lakukan saat berada di pantai Samas. Anda memang tidak diperkenankan berenang di sana, namun pemerintah sudah memberikan perhatian yang lebih banyak kepada pantai ini karena banyaknya wisatawan yang datang. Seperti yang sudah disebutkan bahwa di pantai Samas ini terdapat sebuah laguna, nah laguna ini dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata dan Anda bisa menggunakan perahu yang disediakan di sana untuk berkeliling laguna. Cukup dengan membayar Rp 10.000 saja.

Pantai Samas
Pantai Samas

Selain itu ada juga fasilitas untuk wisata yang baru yaitu Pesona Pengklik pantai Samas disana Anda bisa mencoba wisata apung, kemudian ada juga beberapa wahana lainnya yang bisa Anda gunakan di sana untuk berwisata. Lalu bagi Anda yang memiliki hobi memancing ikan maka sebaiknya mencoba kegiatan seru memancing di delta-delta yang terbentuk oleh alam di sana, ada beberapa orang yang selalu terlihat memancing di sana dan mendapatkan hasil tangkapan ikan yang lumayan banyak. Sebagai wisata pantai, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar pantai dan berjemur di sekitar pantainya. Meskipun ombak di sana sangat besar namun tentunya pemandangan yang ada di sana tetap indah apalagi saat matahari terbenam.

Sebagai wisatawan yang tertarik untuk berwisata ke pantai Samas, maka tentunya Anda juga penasaran dengan fasilitas yang ada di sana. Di pantai Samas sudah tersedia fasilitas umum di tempat wisata seperti misalnya kamar mandi, musholla dan juga area parkir kendaraan yang cukup luas. Sehingga dengan demikian Anda bisa menggunakan fasilitas itu dengan baik. Selain itu ada juga fasilitas tambahan lain yang menunjang kegiatan Anda saat berada di pantai Samas. Area pemancingan sebagai tempat yang paling disukai oleh para kaum lelaki adalah fasilitas yang menarik yang ada di pantai Samas. Selain itu adanya wahana tambahan wisata yaitu Pesona Pengklik wisata dimana Anda bisa merasakan wisata kuliner apung yang unik dan menarik. Selain fasilitas wisata kuliner apung itu pun di luar kawasan pantai Samas juga ada banyak sekali tempat kuliner berupa warung-warung makanan yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi masakan-masakan khas di sana terutama masakan yang berbahan dasar makanan laut. Tak ketinggalan juga minimarket yang bisa Anda sambangi jika Anda membutuhkan makanan atau minuman tambahan sembari Anda menikmati keindahan pantai Samas. Jika Anda lelah setelah melakukan berbagai kegiatan di pantai Samas maka Anda bisa mampir ke tempat-tempat istirahat yang ada di pinggir kawasan pantai Samas yang bisa Anda gunakan untuk duduk-duduk sambil menyantap snack atau bekal yang sudah Anda siapkan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Siung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja
Pantai Samas
Pantai Samas

Event Tahunan Di Pantai Samas

Ada satu kegiatan tahunan yang sering diadakan oleh masyarakat Sanden setiap tahunnya di pantai Samas, kegiatan itu adalah Labuhan Sedekah Laut, dimana masyarakat melakukan acara adat itu sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil laut yang diberikan. Kegiatan tahunan ini diadakan setiap tanggal 1 Suro pada penanggalan Jawa. Maka dari itu bagi Anda yang tidak mengerti tentang penanggalan Jawa pastinya tidak tahu kapan tepatnya acara ini akan diadakan. Namun jika kebetulan Anda sedang berada di pantai Samas pada saat acara adat ini berlangsung maka Anda bisa melihatnya dan ikut serta dalam acara tersebut. Tentunya pada saat acara ini diadakan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang sedang berada di Bantul dan sekitarnya. Selain dari kegiatan ini, tidak ada kegiatan tahunan lainnya yang diadakan di pantai Samas. Namun demikian setiap saatnya pantai ini tetap ramai dan tidak pernah nampak sepi pengunjung. Kini dengan semakin baiknya fasilitas di sana tentunya membuat banyak wisatawan merasa nyaman.

Peak Season Di Pantai Samas

Kegiatan tahunan sebagai salah satu acara adat di pantai Samas ini memang tidak pernah dipublikasikan secara langsung atau bahkan diberitahukan kapan tepatnya acara itu akan berlangsung. Namun pada saat adanya kegiatan tersebut wisatawan yang ada di sekitar Bantul biasanya menyempatkan diri untuk melihat acara adat tersebut, sehingga keadaan pantai Samas pada saat acara adat itu berlangsung biasanya lebih ramai daripada biasanya. Selain itu pantai Samas juga menjadi favorit bagi masyarakat lokal dan wisatawan saat masa liburan datang, hal ini dikarenakan lokasinya yang tidak begitu jauh dari kota sehingga kemudian banyak juga masyarakat Yogyakarta yang datang untuk menuju pantai Samas pada  saat liburan tiba.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Timang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Gunung Kidul Jogja

Peringatan Bahaya Di Pantai Samas

Peringatan bahaya yang ada di pantai Samas berkaitan dengan tingginya gelombang ombak yang ada di pantai Samas. Maka dari itu wisatawan sama sekali tidak boleh berenang dan terlalu dekat dengan air laut karena ditakutkan ombak yang besar bisa menyeret ke tengah laut dan hal tersebut tentunya sangatlah berbahaya. Selain itu juga beberapa tahun yang lalu di pantai Samas ini pernah terjadi bencana terkait ombak besar yang ada di pantai Samas, maka dari itu Anda benar-benar tidak boleh bermain air apalagi sampai berenang di sana. Selalu perhatikan anak-anak Anda saat bermain di pantai Samas agar tetap aman.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai samas. Masih deretan pantai selatan yogyakarta. Indah dan menarik. Beda dengan parangtritis, yang sudah mashur. Pantai samas masih di wilayah kab. Bantul. Pantainya tidak terlalu besar.

    Arena tempat bermain bagi anak2 tersedia disini. Bagi para wisatawan yang tidak suka tempat yang ramai, di pantai samas bisa jadi solusi. Pantainya bersih, tersedia juga wahana-wahana untuk berswafoto. Memandang birunya air laut dan buih2 yang saling berkejaran menjadi sensasi tersendiri.

    Paling asyik klo kesini waktu sore hari untuk menikmati sunsetnya. Untuk pantainya lumayan bersih hanya ada sedikit kotoran yang terbawa dari ombak. Untuk fasilitas nya lumayan memadai namun warung2 makan masih sedikit.

    Pantai yang keindahannya ga perlu diragukan lagi. Ga sia-sia nungguin sunset disini, menambah keindahan pantai samas pada sore hari. Banyak pohon cemara yang rindang membuat teduh, banyak fasilitas buat anak-anak bermain sehingga tidak bosan dan rewel saat diajak kesini sementara orang tuanya sibuk selfie

    Ombaknya relatif besar jadi hati-hati saat kesini. Akses ke pantai samas sangat mudah karena hanya berjarak 14km ke selatan kota Bantul

  • Masih cukup sepi kalau hari-hari biasa. Kalah ramai dibanding objek-objek wisata di sebelah baratnya, seperti Pantai Baru dan kebun-kebun bunga di sepanjang Jalan Lintas Selatan.

    Lokasi relatif tidak luas/panjang di tepian delta Pantai Samas, namun menyediakan spot bersantai untuk berperahu, makan, memancing dan mengambil foto. Bagi pecinta sunrise dan sunset, boleh juga untuk menikmatinya di lokasi ini. Akan lebih baik bila kebersihan area benar-benar dijaga.

    Bagus kalau sore, tetapi matahari terbenam ada di sebelah kanan. Kita harus ke dekat gardu pandang di Pengklik kalau ingin melihat matahari terbenam.

    Ada satu warung dan taman bermain di sebelah gardu pandang. Naik perahu Rp 10.000,- dan jasa menyeberang jembatan Rp 5.000,-. Sering menjadi tempat memancing.

    Bisa untuk wisata keluarga, jadi janagn segan untuk datang. Satu hal, kalau ombak sedang besar jangan berenang. hati-hati saja ya.