Pantai Seminyak

Pantai Seminyak: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Seminyak, Badung Bali

Berlibur ke Bali tidak bisa dilepaskan dari kawasan pantainya yang berderet-deret dan masing-masing punya pesona serta aktivitasnya sendiri. Ada pantai yang bisa dinikmati pemandangan matahari terbenamnya, ada pantai yang bisa menjadi tempat untuk melihat kawanan lumba-lumba liar berenang, pantai untuk bermain berbagai macam olahraga dan aktivitas air, dan sebagainya. Salah satu pantai yang banyak dikunjungi di Bali adalah Pantai Seminyak.

Pantai Seminyak merupakan pantai yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Kuta sehingga bagi yang tidak terlalu nyaman dengan suasana ramai dan penuhnya Pantai Kuta bisa mengunjungi Pantai Seminyak. Selain dikenal dengan pemandangan matahari terbenamnya Pantai Seminyak juga dikenal dengan julukan eating street karena di kawasan ini terdapat banyak restoran dan tempat jajan makanan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik asing maupun lokal. Ingin tahu lebih banyak tentang Pantai Seminyak? Berikut ulasannya.

Lokasi dan rute menuju Pantai Seminyak

Pantai Seminyak ada di kawasan Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Badung. Lokasi pantai ini cukup dekat dengan Bandara Ngurah Rai yang bisa ditempuh dengan mobil pribadi selama setengah jam atau kurang lebih jaraknya 10 km antara pantai dengan bandara. Anda bisa menggunakan jalur Jalan Airport Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai Utara – Jalan Sunset Road – Jalan Kunti 1 – Jalan Camplung Tanduk – Jalan Sarinade. Dari bandara ke Seminyak juga bisa ditempuh dengan menggunakan taksi. Anda bisa memilih taksi sendiri yang sudah berargo, atau membeli tiket taksi dengan harga yang sudah fix sesuai dengan tujuan tempat wisatanya.

Jika melalui Pelabuhan Gilimanuk, perjalanan menuju ke Pantai Seminyak memakan waktu kurang lebih selama 2-3 jam melalui darat. Anda bisa menuju pantai dengan menggunakan bus yang berangkat setiap jam, atau menggunakan mobil sewaan yang terdapat di sekitar pelabuhan. Dari Pelabuhan Gilimanuk ke Seminyak memiliki jarak sekitar 129 km.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kuta: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Badung Bali

Aktivitas dan fasilitas yang bisa Anda nikmati di Pantai Seminyak

Pantai Seminyak
Pantai Seminyak

Untuk bisa menikmati suasana di Pantai Seminyak, pengunjung tidak dipungut biaya masuk, hanya membayar tiket parkir kendaraan saja bila membawa kendaraan sendiri. Di sepanjang pantai yang landai dan berpasir lembut, disediakan deretan kursi-kursi malas atau kursi pantai dengan payung besar yang teduh yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk-duduk tanpa kepanasan. Menggunakan fasilitas kursi ini juga tidak dipungut biaya dan prinsip penggunaannya siapa cepat dia dapat. Ketika Anda main di pantai, sebaiknya jangan meninggalkan barang di kursi pantai tanpa ada yang jaga.

Kawasan Seminyak punya berbagai macam tempat permainan dan juga kafe-kafe trendy yang bisa memberikan warna tersendiri untuk liburan Anda. Namun untuk di kawasan pantainya sendiri, berikut adalah beberapa macam kegiatan seru yang bisa Anda lakukan:

Menikmati pemandangan pantai

Pantai Seminyak punya pemandangan pantai klasik yang bisa membuat mata Anda kembali segar. Untuk pengalaman yang sedikit berbeda Anda bisa menikmati  pemandangan pantai sambil duduk-duduk di kafe yang menghadap ke pantai sambil menikmati hidangan yang dipuja wisatawan. Jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang menawan sebagai pembuka untuk menikmati suasana malam di kawasan Seminyak.

Berselancar

Pantai Seminyak juga punya ombak yang cukup asyik untuk berselancar baik untuk yang pemula maupun yang sudah berpengalaman. Bagi Anda yang belum berpengalaman, bisa menyewa jasa sewa pelatih surfing yang biasanya dikenakan tarif Rp. 200 – 300 ribu, sedangkan jika ingin menyewa papannya saja biasanya dikenakan tarif Rp. 50 ribu per jam.

Bungee jumping

Tidak banyak lokasi bungee jumping di Indonesia, tapi di Bali ada beberapa tempat yang bisa membuat Anda  untuk menantang batas keberanian diri ini salah satunya adalah di Seminyak. Tempat bungee jumping yang bernama Bali Bungy Jumping ini menyediakan fasilitas lompat bebas dari ketinggian 40 meter dengan standar bertaraf internasional sehingga aman. Harganya Rp. 450 ribu  – Rp. 500 ribu untuk sekali lompatan di mana Anda juga akan mendapatkan sertifikat dari pengelola tempat.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Lovina: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Buleleng, Bali

Santai di kafe pinggir pantai

Di sepanjang Pantai Seminyak Anda bisa menemukan banyak tempat makan dan juga kafe mulai dari yang pas untuk backpacker hingga yang mewah dan berkelas, dengan pemandangan lepas Pantai Seminyak yang menawan. Kawasan tempat makan ini paling ramai pada malam hari di mana Seminyak memang cukup terkenal dengan kehidupan malamnya. Beberapa rekomendasi tempat santai dan makan di pinggir Pantai Seminyak yang bisa Anda pilih adalah La Pancha yang merupakan bar dan kafe outdoor-indoor yang setiap harinya selalu penuh dengan para pengunjung. Untuk tempat makan yang lebih mewah Anda bisa Ku De Ta yang juga pemandangan pantai langsung dari meja makan Anda.

Rekomendasi waktu berkunjung

Event tahunan

Di Pantai Seminyak sendiri tidak ada event khusus yang diadakan secara tahunan, namun Bali memang punya berbagai macam festival adat dan budaya yang diadakan secara tahunan maupun ketika ada acara adat khusus. Yang paling dekat lokasinya dengan Seminyak adalah Kuta Karnival yang menjadi event tahunan sejak tragedi Bom Bali pada tahun 2002. Tujuannya adalah untuk menarik kembali wisatawan baik lokal maupun asing yang ragu untuk berlibur ke Bali pasca kejadian terorisme tersebut.

Kuta Karnival diadakan di sepanjang Pantai Kuta dengan menampilkan berbagai macam atraksi budaya dan adat. Seperti misalnya festival layang-layang, pameran karya seni dari pengrajin lokal Bali, pemutaran film, pagelaran fashion show, festival makanan, dan berbagai macam perlombaan olahraga air. Anak-anak pun juga bisa memiliki waktu yang menyenangkan di Kuta Karnival karena biasanya ada pertunjukan fashion show anak, pemutaran film anak-anak, dan juga tersedia area bermain untuk anak. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana festival di Kuta Karnival, acara ini biasanya diadakan di bulan Oktober.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Pasir Putih: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Candidasa, Karangasem Bali

Saat musim kemarau

Waktu terbaik untuk main ke Pantai Seminyak adalah saat musim kemarau di mana ombak pantai tidak terlalu tinggi, dan cuaca cerah sepanjang hari sehingga Anda bisa menikmati pemandangan dan permainan pantai tanpa terganggu dengan hujan. Ketika musim kemarau, Pantai Seminyak juga biasanya penuh dengan para wisatawan asing yang berjemur di sepanjang pantai untuk membuat kulitnya terlihat lebih kecoklatan. Pemandangan matahari terbenam pun akan terlihat lebih indah dan jelas ketika musim kemarau karena tidak banyak awan yang bisa menutup langit. Berkunjunglah ke Pantai Seminyak antara bulan Juli hingga September yang merupakan high season di Bali. Saat sedang high season, banyak wisatawan asing yang masuk ke laut untuk berselancar di pagi hari karena biasanya ombak di pagi hari lebih tinggi dan belum terlalu panas. Melihat para peselancar menari-nari di atas ombak bisa jadi objek foto yang menarik untuk menambah koleksi fotografi Anda.

Sedangkan bulan Februari hingga Maret disarankan untuk tidak mandi, berselancar, atau terjun ke laut Pantai Seminyak karena pada bulan-bulan tersebut curah hujan cenderung lebih tinggi sehingga menimbulkan gelombang pasang yang cukup berbahaya jika wisatawan masuk ke air laut. Dan tentu saja, berkunjung ke Bali juga sebaiknya tidak bertepatan dengan Hari Raya Nyepi karena saat hari keagamaan ini baik masyarakat maupun wisatawan tidak boleh meninggalkan rumah atau tempat penginapan hingga keesokan harinya. Ketika air laut pasang, biasanya pantai-pantai di Bali juga agak kotor dengan kiriman sampah yang dibawah oleh ombak sehingga pemandangannya kurang bagus untuk menikmati pantai. Demikian adalah ulasan mengenai Pantai Seminyak yang bisa jadi referensi Anda sebelum liburan.

Mantai Team

2 comments

  • Karena kondisi geografisnya yang berada di satu garis pantai dengan Pantai Kuta dan Pantai Legian, karakter yang dimiliki Pantai Seminyak pun hampir sama. Ombak cukup besar yang cocok untuk berolahraga selancar, pasirnya yang putih dan landai, serta sama-sama menyuguhkan keindahan ketika matahari terbenam.

    Pantai Seminyak memiliki cakupan wilayah yang luas dan berada di antara Pantai Petitenget dan Pantai Legian. Dibandingkan Kuta, kawasan Seminyak memang cenderung ditawarkan untuk golongan atas.

    Berbagai fasilitas penunjang liburan ada di sini: hotel, bungalow, Seminyak Square, dan lain-lain. Bahkan tidak sedikit ekspatriat yang memilih tinggal di kawasan ini. Anda tidak dikenai tiket masuk dan tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi Pantai Seminyak. Anda hanya perlu merogoh kocek untuk retribusi parkir sekitar Rp2.000,00-Rp5.000,00.

    Kebersihan pantai ini lebih terjaga, turis asing cukup menyukai pantai ini, banyak juga papan surving yg disewakan, para pendatang yg berada di pantai ini juga cukup ramah dan banyak penginapan serta kuliner/restoran di pantai ini.

  • Salah satu pantai yang wajib di kunjungi. Seminyak beach terletak di sepanjang bibir pantai dengan kuta beach. Pantai seminyak (beberapa orang menyebutnya Pantai Dhyanapura) terletak kawasan Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Pantai ini memiliki pasir yang sangat lembut dan landai.

    Di dekat pantai ini terdapat banyak restorant, hotel, maupun villa, sehingga banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal yang datang

    Pantainya cukup bersih dan cocok untuk melakukan surfing atau sekedar berjemur. Lokasinya mudah di jangkau terletak tidak jauh dari pusat kota Bali. Ombak disini cukup besar, sehingga tidak di ragukan lagi apabila anda berlatih surfing bagi pemula.

    Pantainya berada diantarai pantai petitenget dan pantai legian. banyak sekali hotel, bungalow, ataupun penginapan lainnnya disini. buat sunset ini juga juara karena banyak beach club dipantai ini. kalau mau kesinj perhatikan baik-baik google maps.

    Sunset di Bali selalu menyenangkan. Pantai Seminyak tidak kalah keren dari Pantai Kuta ataupun Legian. Karena masih satu area jadi view lautnya sih sama saja.
    Lokasi ke pantai juga mudah, dan lebih enak pakai motor saja, karena jalannya tidak terlalu besar utk mobil.

    Overall, suka tempat ini dan sering main kesini