Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

Jika Anda berwisata ke daerah Malang, Jawa Timur, jangan lewatkan untuk berkunjung ke daerah pantainya. Salah satu pantai yang paling pas untuk Anda datangi adalah Pantai Sendang Biru Malang. Pantai ini bisa dibilang masih asri karena terawat dan dilindungi oleh Perum Perhutani dan juga lembaga Kesatuan Bisnis Mandiri Jasa Lingkungan dan Produk Lainnya (KBM JLPL) Unit 2. Warga sekitar juga cukup kooperatif untuk merawat daerah wisata pantai ini. Beberapa warga yang ada di sini menyatakan bahwa tempat wisata ini banyak jadi tambang rejeki bagi mereka.

Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru

Jika Anda masih ragu untuk datang ke tempat wisata ini, di sini akan dibahas seputar Pantai Sendang Biru dengan lebih detail. Jika Anda tahu infonya tentu Anda bisa memutuskan sendiri ingin datang atau tidak.

Keindahan Pantai Sendang Biru

Hal yang paling menarik dari pantai ini adalah pemandangan laut yang jernih serta pasir yang putih. Warna laut di pinggir pantai adalah paduan warna hijau dan biru karena memantulkan warna langit serta bayangan dari lumut laut serta pepohonan di sekitar pantai. Pantai ini juga berseberangan dengan beberapa pulau kecil, jadi lautannya tidak begitu dalam. Lautan dangkal ini sangat disukai oleh berbagai hewan laut dan juga terumbu karang.

Keindahan pemandangan di sekitar pantai ini dihiasi oleh pepohonan karena dekat dengan hutan lindung. Anda mungkin tidak ingin basah – basahan, jadi pilihan berjalan – jalan di pantai sepanjang pinggir laut dan hutan, tentu merupakan pengalaman yang unik.

Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru

Hal lain yang menambah indahnya tampilan pulau ini adalah kapal – kapal nelayan yang bersinggah di pantai. Kapal yang memiliki warna dan tampilan unik ini memberi kesan pedesaan untuk Anda yang ingin mencari pengalaman jauh dari pemandangan kota. Kapal nelayan ini bukan hanya hiasan lho. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa bertanya apakah bisa menyewa kapal untuk berkeliling laut sekitar. Anda perlu persetujuan nelayannya untuk hal ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Balekambang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Bantur, Malang Jatim

Lokasi dan Cara Datang ke Pantai Sendang Biru

Lokasi pantai ini bisa dibilang cukup strategis, tepatnya ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jika dihitung dari panjang jalan, pantai ini berjarak 70 kilometer dari Kota Malang. Jika Anda menempuhnya dengan kendaraan bermotor, biasanya hanya perlu waktu 2,5 jam saja.

Untuk datang ke sini sebetulnya ada dua cara yang bisa Anda gunakan. Menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Nah, di sini akan dijelaskan masing – masing detail cara datang ke Pantai Sendang Biru

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Dari Kota Malang, ikuti rute jalan ke Gadang. Dari Gadang, ikuti jalan sampai nanti belok kiri untuk ke arah Pabrik Gula Krebet. Dari pabrik ini Anda sudah dapat melihat ada penunjuk jalan ke Pantai Sendang Biru. Jika benar mengikuti arahan, Anda akan bertemu dengan Pabrik Pindad dan setelah itu belok ke kiri menuju jalan yang menikung. Nah, setelah masuk jalan tersebut, Anda akan diarahkan ke pedesaan. Dari pedesaan ini Anda masih harus menempuh jalan 15 kilometer untuk mencapai pantai.

Menggunakan Angkutan Umum

Dari Malang Anda cari angkot AG yang menuju daerah Gadang lalu diteruskan dengan Bus jurusan Turen lalu diakhiri dengan angkutan ¾ Biru ke Pantai Sendang Biru. Angkot ¾ Biru ini tidak akan menghantar langsung ke lokasi jadi Anda harus naik ojek untuk sampai di lokasi.

Aktivitas Wisata dan Fasilitas di Pantai Sendang Biru

Kegiatan yang menyenangkan dapat Anda lakukan di pantai ini. Mulai dari berenang, main air, jalan – jalan menikmati pemandangan laut, menyelam dan bahkan kuliner. Untuk kuliner, Anda bisa memilih menikmati hidangan dari rumah makan yang ada di sekitar pantai atau mencoba masak sendiri.

Nelayan di sini juga sering menjual langsung hasil tangkapannya. Jadi bagi yang ingin mencari makanan seafood segar, bisa mudah mendapatkannya. Banyak wisatawan mengadakan acara barbeque di sini dengan menggunakan bahan seafood tersebut. Untuk produk ikan yang bisa Anda beli antara lain ikan tongkol, tenggiri cucut, kerapu, kakap merah, kakap putih, bawal, teripang, teri, lemurung, layang, kembung, tuna, cumi – cumi, lobster, kerang dan masih banyak lagi.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Lenggoksono: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tirtoyudo, Malang Jatim

Seperti yang disinggung sebelumnya, Anda juga bisa menyewa kapal di sini. Untuk biaya menyewa kapal di pantai ini adalah sekitar 100 ribu hingga 150 ribu Rupiah. Jika menyewa kapal, Anda bebas melihat lautan di sekitar pantai dan bahkan mengunjungi Pantai Sempu.

Untuk fasilitas di pantai, Anda bisa pilih tempat menginap mulai dari hotel atau Guest House. Harga per malam di ini sekitar 75 ribu sampai 100 ribu Rupiah tergantung tempat menginapnya. Untuk kebutuhan lain di sini juga ada toko – toko kecil yang bisa digunakan untuk jajan ataupun melengkapi kebutuhan mendadak. Jadi Anda tidak perlu takut saat ingin mencari baju ganti ataupun obat mabuk perjalanan.

Event – Event Special di Pantai Sendang Biru

Hal yang paling spesial jika Anda sempat datang di bulan September adalah Pesta Pelik Laut. Event ini bisa dibilang sebagai pesta adat yang sangat populer di daerah ini. Pesta adat ini biasa berjalan selama seminggu penuh. Peringatan Pesta Pelik Laut ini ditujukan sebagai rasa syukur warga terhadap hasil tangkapan laut yang diberikan selama setahun. Konon katanya jika warga lupa melakukan ritual ini, hasil laut tahun itu bisa menurun.

Acara yang dilakukan selama pesta adat ini tentu saja sangat beragam. Mulai dari dangdutan, pertunjukan wayang, kapal hias dan bahkan perarakan tumpeng ke laut. Setiap acara ini biasanya dimodifikasi setiap tahunnya, jadi Anda yang datang setiap tahunnya akan memiliki pengalaman yang berbeda setiap kali berkunjung. Perayaan ini juga dari tahun ke tahun semakin besar. Warga melakukan acara besar ini juga dengan motivasi mengundang para wisatawan untuk turut serta datang menikmati perayaan tradisional ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Banyu Anjlok: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tirtoyudo, Malang Jatim

Sayangnya event ini tidak pasti tanggalnya. Terkadang event bisa diadakan pada awal tengah atau akhir September. Untuk tahu pasti tanggal event diadakan, Anda wajib research dulu agar tidak kecewa saat datang.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses partisipasi. Karena merupakan acara adat, kebanyakan wisatawan hanya boleh menonton saja, tapi terkadang ada beberapa event yang memperbolehkan wisatawan untuk turut serta. Contoh saja event perarakan tumpeng, untuk beberapa waktu terakhir, wisatawan juga dipersilahkan berpartisipasi mengangkat tumpeng yang akan diarak ke laut.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Keamanan di Pantai Sendang Biru

Walau di bulan September ada event besar di bulan – bulan Agustus, September dan Oktober, ombak di pantai ini cukup tinggi. Jika Anda ingin datang ke sini di bulan itu, perlu ingat bahwa ombak tinggi ini bisa membahayakan terutama saat malam hari. Jadi jika Anda ingin menikmati pemandangan pantai malam saat bulan tersebut, lebih baik urungkan niat Anda.

Untuk tips perjalanan, rute ke Pantai Sendang Biru terdiri dari jalan yang berliku – liku. Jika Anda mudah pusing selalu persiapkan obat anti mabuk dan jaga kondisi kesehatan sebelum berangkat. Jika sampai lengah dan akhirnya sakit saat di perjalanan, kesempatan menikmati Pantai Sendang Biru malah jadi tidak maksimal.

Bagaimana? Apakah info – info tentang Pantai Sendang Biru di atas membuat Anda tertarik untuk berkunjung? Jika Anda tertarik, jangan tunda – tunda lagi, rencanakan perjalanan wisata ke sini mulai dari sekarang. Mudah – mudahan informasi di atas cukup untuk membantu Anda melakukan persiapan sebelum datang ke tempat wisata ini. Terima kasih sudah membaca dan selamat berwisata!

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Sendangbiru adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif berada di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    Pantai Sendangbiru merupakan salah satu wanawisata yang dimiliki oleh Perum Perhutani dan dikelola oleh KBM JLPL Unit II. Terletak di petak 81 dan 86 dengan luas baku 50 ha dan luas area manfaat 3 ha, RPH Sumber Agung, BKPH Sumbermanjing, KPH Malang termasuk kelas hutan lindung.

    Jarak dari Kota Malang sekitar 67 kilometer dan diperlukan waktu sekitar 2-2,5 jam untuk sampai ke Pantai Sendangbiru. Satu-satunya sarana transportasi adalah kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang melintas di sana.

    Pantai ini tidak jauh letaknya dari Pantai Goa China, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor. Dari JLS masuk menuju bibir pantai pun juga sudah beraspal. Hanya sebagian ruas jalan saja yang aspalnya mengelupas.

    Pantai Sendangbiru mulai dibuka pertama tahun 1970. Hanya saja waktu itu masih nelayan lokal. Baru pada 1980-an, nelayan dari luar daerah juga masuk ke Sendangbiru. Hal itu karena dibangunnya pangkalan pendaratan ikan Pondokdadap pada tahun 1980-1989.

  • Malang adalah satu kota wisata yang hits di indonesia. Ga cuman tempat wisatanya yang cukup beragam seperti jatim park 1 2 3, museum angkut, bns, selecta dan park park lainnya yang masih banyak lagi.

    Kalau yang kurang suka ke tempat hiburan leluarga, ada juga tempat hiburan yang menyatu dengan alam mulai dari paralayang, hutan pinus, coba rondo, coban rais dan coba coban lainnya yang masih banyak banget.

    Nah ada lagi nih di malang selatan banyak banget pantai, salah satunya adalah pantai sendang biru ini. Kalau mau ke pantai yang satu ini musti sabar ya tapi. Cukup jauh lokasinya dari kota soalnya.

    Pantai Sendang Biru adalah satu lagi pantai yang terletak di Kabupaten Malang. Tepatnya di 30 Km bagian selatan Malang, Sendang biru berada di kecamatan Sumbermanjing Wetan.

    Pantai Sendang Biru berpotensi sebagai obyek wisata yang sangat indah yang bisa dikunjungi. Di samping itu, bagi mereka yang ingin menyebrang ke pulau Sempu, pasti harus melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Dengan adanya pulau Sempu ini, membuat pantai Sendang Biru memiliki ombak yang tidak terlalu besar layaknya pantai laut selatan lainnya.

    Di pantai yang satu ini banyak sekali terumbu karang berhamparan di pinggir pantai menemani perahu yang berlabuh.

    Suasana di pantai ini cukup asri ya cuman kebersihannya kurang terjaga
    Mungkin karena banyak penjual makanan ringan jadi banyak pula sampahnya
    Kalau kalian kesini wajib liat liat terumbu karangnya
    Bagus banget