Pantai Senggigi

Pantai Senggigi: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Senggigi, Lombok NTB

NTT atau propinsi Nusa Tenggara Barat juga memiliki destinasi wisata pantai yang tak kalah elok dan mempesonanya dengan pantai-pantai di Bali. Salah satu pantai di NTT yang mirip dengan pantai Kuta di Bali adalah pantai Senggigi, yang letaknya di barat pesisir Lombok. Alamat tepatnya pantai Senggigi adalah di jalan raya Senggigi kilometer enam hingga sepuluh, kecamatan Batulayar, kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Cara menuju Pantai Senggigi

Jika dari bandara Lombok jarak tempuh ke pantai Senggigi adalah sekitar satu jam,  sedangkan jika dari pusat kota Mataram maka jarak tempuh ke pulau Senggigi adalah sekitar tiga puluh menit. Jalan menuju pulau Senggigi sudah beraspal bagus dan tidak macet, namun jarang terdapat transportasi umum. Tapi jika berangkat dari bandara Lombok, bisa menggunakan bis Damri, turun di pool Damri Mataram dengan biaya sekitar dua puluh lima ribu Rupiah, sejak awal pesan kepada petugasnya bahwa akan turun di pool Damri Mataram, karena jika turun di luar pool Damri akan dikenakan biaya sekitar tiga puluh lima ribu Rupiah.

Dari kota Mataram nya bisa sewa mobil atau motor menuju ke arah barat menuju ke jalan Catur Warga sampai belakang alun–alun kota Mataram, setelah bertemu lampu merah lalu menuju ke Saleh Sungkar lalu menuju ke Senggigi, maka setelah 15 menit di kiri jalan terdapat pantai Senggigi. Biaya sewa motor adalah berkisar antara seratus ribuan per hari, tergantung kondisi motor dan saatnya, yakni saat peak season atau low season.  

Sedangkan jika melalui jalur laut terdapat dua rute, yakni pertama, melalui pelabuhan Padang Bai ke pelabuhan Lembar, dengan waktu tempuh sekitar empat hingga lima jam, lalu dilanjutkan dengan taksi atau menyewa mobil atau menggunakan jasa angkutan umum menuju ke stasiun Mandalika, lalu dari stasiun Mandalika ini bisa naik angkutan umum menuju ke pasar Kebon Roeq Ampenan dilanjutkan bisa dengan angkutan umum juga menuju ke Senggigi. Rute kedua ialah dengan menggunakan perahu boat dari Bali Pulau Bali, bisa berangkat dari pelabuhan Padang Bai atau dari Amed, melalui jalur laut ke Gili Trawangan, lalu ke pelabuhan teluk Kodeg hingga sampai ke Senggigi. Waktu tempuhnya lebih cepat, yakni hanya perlu waktu sekitar empat puluh menit hingga satu jam saja. Harga tiket perahu boat adalah sekitar tiga ratus lima puluh ribu Rupiah.

Aktivitas di Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Pesona dan keindahan pantai Senggigi sudah dapat dinikmati sejak pagi hari buta, saat sunrise. Anda dapat menikmati udara segar, nelayan pun sudah bisa dilihat kegiatannya. Fasilitas yang tersedia di pulau Senggigi itu lengkap dan beragam. Penginapannya pun beragam, mulai dari yang sederhana ala backpacker hingga hotel berbintang yang mewah pun sudah tersedia. Juga fasilitas restorannya cukup beragam, mulai dari warung makan yang banyak berjajar di sepanjang jalannya, hingga restoran mewah pun sudah ada. Menu sajian makanannya pun beragam, mulai dari sajian khas tradisional Lombok seperti plecing kangkung, ayam taliwang, sate Bulayak juga bebalung hingga ke sajian menu ala Barat, western food dan menu-menu internasional lainnya pun mudah ditemui di pulau Senggigi.

Perlu diketahui juga bahwa Lombok sudah mendapat pengakuan dunia sebagai destinasi tujuan wisata kuliner halal terbaik atau World’s Best Halal Tourism Destination pada acara The World Halal Travel Summit & Exhibition di bulan Oktober 2015 yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kebanyakan restoran  di pulau Senggigi ini juga sudah mendapat sertifikat halal, jadi pengunjung muslim tidak perlu merasa khawatir lagi dalam menyantap dan menikmati makanannya. Di pantai Senggigi juga terdapat fasilitas gazebo, gardu pandang di beberapa tempat strategis, dan tempat berjemur. Kegiatan yang dapat dilakukan di pantai Senggigi juga beragam. Bisa melakukan snorkeling, berenang, naik banana boat dan diving.

Bentuk pantai Senggigi adalah teluk dengan ombak laut yang cukup tenang sehingga cukup aman untuk berenang di pantai ini, bahkan hingga menyelam untuk menikmati keindahan biota dalam laut, dan di pinggir pantai tersedia fasilitas penyewaan peralatan snorkeling seperti alat dan baju snorkeling, termasuk jaket pelampung, juga kacamata snorkeling dan lainnya. Terumbu karang di pulau ini masih terawat bagus, serta terdapat beragam ikan, pemandangan bawah lautnya masih alami.

Pengunjung juga dapat melakukan surfing, paralayang, bermain kano, juga kayaking. Fasilitas penyewaan peralatannya juga tersedia, bahkan juga tersedia paket kursus surfing kilat dengan tarif sekitar dua ratus ribu Rupiah hingga tiga ratus ribu Rupiah. Di pantai Senggigi juga bisa dilakukan aktivitas memancing, baik itu di pinggir pantai ataupun memancing di tengah laut. Fasilitas penyewaan peralatan memancing juga tersedia, juga bisa sewa boat atau yacht jika ingin memancing di tengah laut. Lalu di sore hari saatnya menikmati sunset dengan pemandangan gunung Agung di Bali yang nampak dari pulau Senggigi.

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Pantai Senggigi itu terdiri dari beberapa pantai berteluk yang cukup panjang, mulai dari sisi selatan, yakni Batu Layar, Batu Bolong, lalu Senggigi, Kerandangan dan Mangsit. Setiap lokasi memiliki keindahan dan pesonanya sendiri. Di tiap teluk juga diadakan even nya masing-masing. Seperti di Batu Layar setiap tahunnya pasti diselenggarakan even tahunan berupa acara lebaran topat, bagi kaum muslimin suku Sasak terutama, maka lokasi ini menjadi lokasi wisata religi bagi kaum muslim. Waktunya adalah satu minggu setelah hari raya Idul Fitri. Sedangkan di Batu Bolong lebih banyak diselenggarakan even bagi penganut agama Hindu, karena ada pura tua umat Hindu di Batu Bolong itu. Pura tersebut ada di atas batu hitam yang menjulur ke laut. Batu tersebut ada lubangnya yang merupakan jalan dan pintu keluar masuk menuju dan dari pura Hindu tersebut. Pura tersebut dikenal sebagai pura Batu Bolong.

Peak season di pantai senggigi

Peak Season di pantai Senggigi terjadi pada saat dry season, yakni sekitar bulan Mei dan September dan lalu pada saat liburan akhir tahun pada bulan November sampai Desember, juga saat seminggu setelah hari raya Idul Fitri, pulau Senggigi menjadi destinasi wisata religi bagi kaum muslimin. Pada saat peak season tersebut maka jumlah pengunjung pulau Senggigi berkali lipat jumlahnya daripada saat-saat biasa. Meski demikian pada saat weekend, atau saat libur akhir pekan di hari Sabtu Minggu pun pengunjung pantai Senggigi sudah cukup ramai, lebih banyak jumlahnya dibanding pada hari-hari biasa, apalagi jika saat musim liburan tiba.

Namun perlu dan patut diwaspadai agar dapat dihindari untuk mengunjungi pulau Senggigi pada saat ombak tinggi, yakni biasanya pada bulan Februari dan Maret, ombak laut cenderung tinggi, sementara pada bulan Agustus dan September, ombak cenderung menjadi lebih tenang, maka kapal dapat melaju tanpa di hempas-hempas oleh ombak dengan arus yang cukup kuat menghantam dan menggoncang kapal. Pada saat bulan purnama juga, sebaiknya dihindari berkapal menuju pulau Senggigi, karena air laut mengalami pasang pada saat bulan purnama tersebut, atau jika terpaksanya tidak bisa menghindari waktu-waktu tersebut, maka naiklah kapal di saat pagi hari, ini tipsnya, karena pada saat pagi hari tersebut maka biasanya ombaknya cenderung lebih tenang, sehingga lebih aman.

Pantai lain dekat sini:  7 Rekomendasi Wisata Pantai di Lombok yang Wajib Dikunjungi 2020

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok.

    Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan.

    Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar.

    Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

  • Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali.

    Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan.

    Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

    Tempat wisata ini pun selalu ramai oleh para pengunjung, baik siang ataupun malam hari. Terlebih, ada deretan hotel-hotel mewah sepanjang pantai. Mereka yang berkunjung ke tempat ini tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga para turis mancanegara. Maklum saja, tempat ini memang kerap disebut sebagai pelopor yang mengenalkan wisata Indonesia di dunia internasional.