Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Indonesia memiliki tempat wisata yang terkadang tidak terlepas dengan cerita dan sejarah di baliknya. Salah satunya Pantai Sepanjang yang terletak di Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia. Pantai yang disebut-sebut hampir mirip dengan Pantai Kuta, Bali ini memiliki sisi unik yang layak untuk anda kunjungi. Penduduk setempat menyebut pantai dengan pasir bersih ini sebagai Pantai Kuta Tempoe Doeloe, hal ini disebabkan suasana Pantai Sepanjang sama persis dengan pantai terkenal di Pulau Dewata.

Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang

Penamaan Pantai Sepanjang sendiri berasal dari keberadaan relief pantai yang menggambarkan garis tepi yang begitu panjang. Tidak hanya itu, pasalnya pantai ini merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di kawasan Gunung Kidul, DIY. Hal inilah yang membuat Pantai Sepanjang jadi sebuah pantai yang unik serta menarik. Pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar ini mempunyai batuan karang yang berada tepat di pinggir pantai, jika terjadi surut maka pengunjung dapat menyaksikan pemandangan batuan karang yang sangat menawan dengan air laut yang masih sangat jernih.

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai

Pantai Sepanjang berada atau berlokasi di Jalan Sepanjang, Ngalos, Kemadang, Tanjungsari, Kec. Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia-55881. Sebuah pantai dengan pasir putih bersih dan merupakan pantai yang cukup luas, ditambah warna air laut warna biru toska, menjadikan pantai ini sebagai taman wisata yang paling diincar. Lokasi yang cukup strategis membuat para pengunjung mudah untuk menjangkau dan menemukan pantai terkenal di Yogyakarta bahkan di tanah air ini.

Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang

Pantai dengan area yang luas dan garis bibir pantai yang panjang ini bisa anda jangkau dengan banyak cara serta rute. Bukan hanya itu, Pantai Sepanjang cukup mudah untuk dituju karena memiliki jalan yang yang bagus dan bisa dilalui dengan kendaraan manapun seperti roda dua, roda empat, dan sebagainya. Jika ingin menikmati keindahan Pantai Sepanjang, maka anda bisa mencoba beberapa rute atau alternatif di bawah ini:

  • Melalui Kawasan Piyungan

Jika anda ingin menuju Pantai Sepanjang melalui Piyungan, maka rutenya ialah Yogyakarta langsung ke Piyungan. Anda akan melewati Wonosari, Jalan Baron, Kemadang, dan Pantai Kukup lalu berbalik ke arah timur dan baru tiba di Pantai Sepanjang.

  • Melalui Kawasan Bantul

Tidak hanya daerah Piyungan, akan tetapi kawasan Bantul juga bisa menjadi alternatif bagi anda untuk menjangkau Pantai Sepanjang. Yakni melalui Yogyakarta lalu Bantul, selanjutnya Purwosari dan Pantai Baron lalu mengarah ke kiri. Ketika sampai di Pantai Kukup, mengarahlah ke bagian timur dan tibalah anda di pantai tujuan anda.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Parangkusumo: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Parangtritis, Bantul Jogja

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai

Pantai Sepanjang tidak hanya menawarkan keeksotisan dan keindahan pantai semata. Akan tetapi juga menyediakan fasilitas lengkap yang bisa anda nikmati juga banyak sekali aktivitas menarik yang dapat anda lakukan ketika tiba di pantai. Kegiatan seru yang bisa anda lakukan di antaranya:

  • Bermain Pasir Pantai

Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang

Pada dasarnya, kegiatan bermain pasir memanglah sebuah hal yang sangat sederhana. Namun, anda akan merasakan pengalaman berbeda ketika anda menikmati suasana bermain pasir di Pantai Sepanjang. Terlebih jika anda ada berlibur bersama keluarga, maka anda dapat membuat istana pasir, rumah pasir dan lain sebagainya sebagai bentuk menumbuhkan rasa romantis dan harmonis dalam keluarga anda.

  • Menaiki Kuda

Mungkin, bermain pasir di pantai sudah biasa anda lakukan. Nah, anda dapat mencoba untuk menaiki kuda yang ditawarkan oleh jasa sewa kuda di pinggir pantai agar bisa mengelilingi bibir pantai dengan santai dan membayar jumlah sewa dengan harga yang telah ditentukan. Menunggangi kuda sambil menikmati udara dan semilir angin Pantai Sepanjang akan menciptakan kesan berlibur yang begitu hebat. Jangan takut, karena perjalanan berkuda anda akan ditemani oleh pemandu handal dan sudah ahli dalam menangani kuda jika sewaktu-waktu bisa bermasalah.

  • Menyelam

Pantai Sepanjang sebagai pantai yang cukup indah di daerah setempat. Maka, tidak ada salahnya bagi anda untuk menikmati dan mencicipi sedikit rasa air laut dengan cara berenang atau menyelam. Snorkeling adalah cara yang paling tepat bagi anda untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut dengan segala biota yang hidup di dalamnya. Sebaiknya anda menyiapkan kamera anti air yang bisa gunakan untuk mengabadikan kehidupan dasar laut.

Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang memberikan fasilitas yang cukup lengkap untuk anda sebagai pengunjung pantai. Sarana inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk menggali informasi lebih banyak mengenai pantai tersebut. Sehingga Pantai Sepanjang cocok dan layak menyandang sebagai taman rekreasi yang telah memenuhi kriteria. Beberapa fasilitas menarik yang disediakan di Pantai Sepanjang ialah sebagai berikut:

  • Kamar ganti, yang bisa anda gunakan untuk mengganti pakaian sebelum atau setelah melakukan aksi penyelaman.
  • Toilet yang bersih, hanya mengharuskan anda untuk mengeluarkan sekitar Rp.2000 untuk bisa menggunakannya.
  • Tempat ibadah (mushalla).
  • Hotel atau penginapan yang dapat anda sewa dengan harga inap yang cukup terjangkau.
  • Rumah makan dan café-café yang menyediakan menu-menu istimewa khas lokal hingga sajian ala Asia dan Eropa.
Pantai lain dekat sini:  Top 6 Pantai di Jogja Terbaik Wajib Dikunjungi 2020 ini

Fasilitas merupakan suatu yang dapat menunjang tempat wisata. Meskipun sarana dan prasarana di Pantai Sepanjang masih tergolong minim dan belum terlalu rampung. Akan tetapi, pantai di Yogyakarta ini mampu memberikan kenyaman serta pelayanan dan pengalaman yang cukup menjanjikan kepada semua wisatawan yang datang berkunjung. Sehingga anda tidak perlu khawatir untuk menghabiskan akhir pekan atau masa liburan di pantai dengan pasir putih bersih dan keindahan dasar laut yang sangat memukau.

Event di Pantai Tiap Tahun

Yogyakarta yang terkenal dengan Kota Pelajar masih begitu kental akan adat serta kebudayaan dan agama. Maka, tidak heran jika dalam satu tahun penduduk bisa mengadakan acara-acara tertentu untuk memperingati, hingga menyambut waktu-waktu tertentu. Salah satunya ialah tradisi Padusan, yang selalu diterapkan oleh seluruh masyarakat Yogyakarta termasuk warga Tanjungsari, sebagai lokasi Pantai Sepanjang.

Padusan merupakan salah satu adat atau tradisi untuk menyambut bulan-bulan istimewa seperti bulan ramadhan, hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Padusan berlangsung dengan cara membersihkan diri maupun mandi besar dengan tujuan menyucikan raga serta jiwa karena akan berjumpa dengan bulan yang suci. Adat ini telah dilakukan dari dulu dan hingga sekarang pun masih diaplikasikan oleh masyarakat setempat.

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai di Jogja yang mengadakan event besar ini. Setiap tahun menjelang bulan suci ramadhan, semua masyarakat Tanjungsari dan sekitarnya berbondong-bondong ke pantai dan menyantap makanan atau bekal dari rumah bersama keluarga. Setelah itu, mereka akan mandi bersama dan berenang di lautan bebas sambil tertawa ria menyambut bulan istimewa.

Peak Season di Pantai

Event yang dilakukan setiap tahun ketika menjelang bulan ramadhan, menjadikan Pantai Sepanjang ramai dikunjungi oleh pengunjung baik dari daerah setempat maupun dari daerah luar. Mendekati bulan suci ramadhan, anda akan melihat bibir pantai dipenuhi oleh banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, kawula muda hingga orang tua. Semua orang yang datang menginginkan pengalaman yang dapat diingat sampai kapanpun, sehingga mereka menjadikan momen tersebut sebagai moment paling penting dan wajib dilakukan setiap tahunnya.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Siung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Tradisi yang selalu dilakukan ini disebut Padusan. Kegiatan ini tidak hanya membuat Pantai Sepanjang dikenal oleh banyak orang, namun juga membuat para pedagang di pinggiran pantai mendapatkan omset dan pendapatan yang lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi pedagang karena bisa menambah penghasilan dari usaha yang mereka jalankan.

Peringatan Bahaya

Ketika musim hujan tiba, pemerintah senantiasa akan memberikan peringatan yang cukup ketat kepada penjaga pantai maupun masyarakat setempat. Hal ini disebabkan karena beberapa pantai di daerah Gunung Kidul seperti Pantai Sepanjang memiliki resiko tinggi untuk terjadinya bencana. Seperti longsor, keadaan ini diakibatkan pantai ini berada di wilayah selatan dengan relief yang terbilang tinggi.

Memberikan peringatan dini misalnya rambu-rambu di daerah yang sering longsor seperti Pantai Sepanjang merupakan upaya utama yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak penanganan bencana. Dalam hal ini tentu saja dapat dikatakan bahwa Pantai Sepanjang memiliki pemantauan yang cukup bagus dan baik. Sehingga menjadikan Pantai Sepanjang sangat aman untuk dikunjungi kapan saja dengan peringatan terhadap bahaya terlebih dahulu.

Mantai Team

2 comments

  • Apa yang menarik dari Pantai Sepanjang ?

    Pantai Sepanjang ini memiliki keindahan alam yang sangat memanjakan mata anda, nama sepanjang sendiri bukan hanya sekedar nama namun keadaan relief pada pantai ini memang menggambarkan garis bibir pantai yang panjang, bahkan di klaim pantai ini adalah pantai yang memiliki garis bibir pantai terpanjang diantara pantai yang ada di wilayah Gunungkidul Yogyakarta.

    Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar, ketika sedang pasang pantai ini tak terlihat memiliki batuan karang yang terletak di pinggiran pantai, tetapi jika air ombak sedang surut maka anda akan melihat keindahan batuan karang yang masih alami dan juga air laut berwarna biru, hal tersebut menandakan jika pantai ini belum banyak terjamah dan sangat bersih bebas dari sampah.

    Pantai sepanjang sendiri menyediakan gubug – gubug dengan atap menggunakan daun kering untuk beristirahat menikmati indahnya pantai. Masih banyak sekali hewan biota laut yang dapat anda temui disini seperti hewan laut bintang laut, ikan kecil – kecil, bulu babi, anggang laut dan kerang – kerangan, maka tak heran jika sering kali pantai ini di manfaatkan warga sekitar untuk berburu mencari rumput laut, kerang, ikan, bintang laut dan masih banyak lagi.

    Keadaan yang alami di pantai sepanjang ini membuat pesona pantai sepanjang semakin menjadi ketika menjelang sore hari, anda dapat menikmati suasana sunset yang elegan di pantai ini dengan duduk di gubug tempat beristirahat.

    Sangat cocok untuk anda melepas penat kegiatan sehari – hari dan mengurangi stress dengan aktivitas yang padat. Melihat kekaguman sunset di pantai ini akan membuat anda merasa ingin kembali di waktu liburan yang akan datang, tertarik mencobanya?

    Jika anda melakukan foto selfie ataupun foto bersama teman – teman, anda akan mendapatkan background dengan hamparan pasir pantai yang luas. Sehingga akan memperindah foto anda. Nahh.. untuk foto ini, sebaiknya anda menghindari memotret sinar matahari. Akan lebih bagusnya lagi jika anda yang menghadap ke sinar matahari.

  • Pantai Sepanjang di Gunung Kidul ini satu deretan dengan Pantai Kukub dan Krakal jadi kalo mau ke pantai ini cukup mudah sebenernya untuk mencari letak pantai ini, pantai ini terletak nomer 3 atau 4 dari pantai kukup.

    Pantai ini mirip dengan Pantai Pok Tunggal untuk jenis pantainya sendiri, jadi untuk karang-karang di pantainya tidak seperti Pantai Kukub jadi kalo mau main air di pantai ini tidak bakal kena dengkul pada saat berenang.

    Di ujung pantai ada bebatuan karang yang bertumpuk-tumpuk sehingga menjadi spot foto yang lumayan lah untuk selfie, di pinggir pantai ada warung-warung yang menjual makanan dan asesoris, tetapi untuk warung yang berada di bibir pantai kurang jika untuk makan rombongan yang jumlahnya lebih dari 20 kalo mau sih bisa pakai satu deretan tp dengan beda” pemilik warung.

    Kalo untuk yang rombongan banyak bisa yang dekat dengan parkiran. Untuk retribusi pantai ini dikenai biaya 10 ribu perorang,dengan 10 ribu kalian bisa mengunjungi beberapa Pantai dari Kukub hingga yang paling ujung adalah Pok Tunggal.

    Untuk biaya parkir pantai ini untuk mobil dikenai 5 ribu kalo ga salah, bagi yang mau sholat gausah bingung karena ada masjid yang cukup lega untuk rombongan yang terletak di belakang warung, ini saya kasih foto dari pantai ini.