Pantai Siung

Pantai Siung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Pantai merupakan salah satu objek yang paling banyak dicari para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki banyak pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi salah satunya yaitu Pantai Siung yang berada di Yogyakarta. Tak hanya itu saja, Pantai Siung ini memang cukup terkenal di Yogyakarta karena pantai ini memiliki panorama keindahan alam yang membuat para wisatawan menjadi semangat dan senang.

Keindahan Pantai Siung

Pantai Siung adalah salah satu pantai terbaik yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Pasalnya pantai Siung ini memiliki panorama keindahan alam yang tak akan terlupakan. Dimana pasirnya yang putih dan bersih sehingga mampu menarik perhatian para wisatawan untuk datang kesini. Tak hanya itu saja, Pantai Siung ini juga masih terjaga kebersihannya dan air lautnya yang biru tentu akan mampu menambah keindahan alam di tempat ini.

Pantai Siung
Pantai Siung

Banyak keindahan yang dapat Anda nikmati ketika berada disini. Jika Anda sudah puas bermain air, maka Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Siung ini dari atas bukit dan memang memiliki panorama keindahan alam yang sangat takjub untuk dilihat. Anginnya yang sejuk serta pemandangan yang luas membiru tentu membuat Anda menjadi sangat terpesona dan betah jika berlama-lama disini. Selain itu, pada bukit yang mengarah di sebelah Barat terdapat banyak karang yang menjulang sangat tinggi sehingga bisa digunakan untuk arena aktivitas panjat tebing. bagaimana? Sangat menarik sekali bukan Pantai Siung ini.

Lokasi dan Jarak Tempuh

Jika berbicara masalah lokasi tentu pantai ini sangat jauh untuk ditempuh yaitu kurang lebih sekitar 75 km dari arah pusat kota Jogja.  Selain itu, pantai yang terletak di di Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta memiliki akses yang terbilang cukup menantang, sempit serta memiliki tikungan yang tajam sehingga jika Anda ingin kesini Anda harus sangat hati-hati. Selain itu, akses menuju jalan ke pantai ini juga memiliki banyak tanjakan dan turunan. Namun, akses jalan hingga sampai ke lokasi ini memang sudah beraspal dengan baik sehingga membuat perjalanan Anda menjadi cukup menyenangkan.

Nah, Walaupun dengan susah payah Anda menempuh perjalanan ini, maka jika Anda sudah sampai di tempat tujuan atau pantai ini, rasa lelah itu akan terbayarkan. Dimana memang air laut yang biru dan pasir yang putih akan membuat rasa lelah Anda menjadi hilang dan membuat Anda menjadi semangat kembali. Selain itu, disini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan salah satunya yaitu bermain air dan berenang, karena air di pantai ini sangat segar. Berenang di Pantai Siung ini juga cukup aman sekali karena banyak terdapat gugusan-gugusan karang datar yang ada di sepanjang pantai sehingga membuat kedalaman airnya kurang lebih yaitu sekitar 1 meter saja untuk bagian tepinya.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Wohkudu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Panggang, Gunung Kidul Jogja

Jadi, bagi Anda yang ingin kesini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil. Tak hanya itu saja, jika Anda sudah sampai di pantai ini Anda juga akan dikenakan biaya masuk yaitu sekitar Rp.10.000 untuk per orangnya dan Anda juga harus membayar parkir dengan biaya yang telah ditetapkan yaitu Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai

Pantai Siung yang terkenal dengan keindahan alamnya tentu dapat menarik para wisatawan dari berbagai daerah untuk datang kesini. Butiran pasir yang putih serta deburan ombak yang biru tentu membawa semangat para wisatawan untuk berkunjung kesini. Tak hanya itu saja, banyak aktivitas yang menyenangkan yang dapat Anda temui ketika berada di pantai ini. Namun, apa saja itu? Berikut dapat Anda lihat seperti dibawah ini :

  • Bermain Pasir di Tepi Pantai

Pasirnya yang putih tentu membuat Anda ingin bermain-main disini bukan? Ketika Anda berada di Pantai Siung ini, Anda akan bisa bermain pasir dengan sepuasnya bersama teman-teman ataupun keluarga Anda. Disini Anda juga akan mendengarkan deburan ombak serta merasakan angin yang bertiup sangat sejuk sehingga menambahkan semangat Anda untuk melakukan aktivitas disini.

Pantai Siung
Pantai Siung
  • Bermain Air dan Berenang

Selain bermain pasir di tepi pantai, Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya yaitu bermain air dan juga berenang. Aktivitas yang satu ini pasti membuat Anda menjadi sangat senang bukan, memang aktivitas ini merupakan aktivitas yang wajib Anda lakukan ketika Anda berkunjung ke Pantai.

  • Menaiki Bukit

Jika Anda datang kesini dan ingin menikmati keindahan alam yang ada di Pantai Siung ini, Anda tidak hanya bisa menikmati dari tepi pantai saja. Namun, Anda juga bisa menikmati keindahan tersebut dari atas bukit. Ada jalur yang dapat Anda jelajahi agar bisa sampai ke atas bukit yaitu dari arah Timur. Jalur ini memang telah disiapkan, jadi bagi Anda yang ingin melihat pemandangan indah tersebut Anda bisa melewati jalur ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Nampu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Girisubo, Gunung Kidul Jogja
Pantai Siung
Pantai Siung
  • Berfoto

Mengabadikan sebuah momen yang indah dan seru pasti semua orang akan melakukannya. Pantai Siung memang memiliki objek yang sangat cantik dan keren sehingga Anda jangan lupa untuk mengambil foto atau video sebagai dokumentasi untuk kenang-kenangan Anda karena sudah berkunjung kesini. Banyak spot yang menarik yang dapat Anda ambil sebagai latar untuk foto Anda.

  • Melihat Kera di Pantai Siung

Tidak hanya pemandangannya saja yang dapat Anda nikmati dan lihat. Namun ketika Anda berada disini Anda juga akan dapat melihat segerombolan kera-kera yang berkeliaran dan turun ke pantai jika kondisi pantai itu sudah sepi. Namun, Anda tidak perlu khawatir dan takut, karena kera-kera disini tidak akan mengganggu aktivitas Anda selama Anda berada di Pantai Siung ini. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan kera-kera tersebut tetapi hanya dari kejauhan saja. Ada hal yang harus Anda ketahui yaitu mengenai barang bawaan Anda. Dimana jika Anda ingin melihat kera-kera tersebut dari dekat, maka Anda bisa menjaga dengan baik barang-barang bawaan Anda sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Camping

Bagi Anda para pengunjung yang memang ingin menikmati keindahan alam di pantai ini dengan lama, Anda juga dapat mendirikan tenda ditempat ini yang telah disediakan di bagian Timur dari pantai. Disini Anda juga bisa melihat pemandangan sunset dengan sangat indah dan ditemani oleh hembusan angin yang sepoi-sepoi serta suara deburan ombak di pantai ini.

Event di Pantai Siung

Biasanya banyak aktivitas yang dapat dilakukan pada saat berada di pantai baik itu berenang, menyelam, surfing dan lainnya. Namun, jika Anda berada di Pantai Siung Anda bisa melakukan sebuah aktivitas yang cukup menantang dan menarik yaitu panjat tebing. Pantai ini tak hanya dikenal memiliki panorama keindahan alam saja, namun pantai ini juga terdapat tebing-tebing yang tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menaklukan tantangan yang ekstrim yaitu panjat tebing.

Pada tahun 1989 Pantai Siung ini digunakan oleh para pecinta alam dari negara Jepang untuk melakukan sebuah aktivitas yang menantang yaitu panjat tebing. Namun, hingga saat ini, pemerintah Yogyakarta terus mengembangkan aktivitas dan kegiatan ini sehingga menjadi daya tarik para wisatawan. Selain itu, tempat ini juga termasuk ke dalam salah satu tempat yang pernah dijadikan untuk perlombaan panjat tebing dalam acara ASEAN Climbing Gathering. Tak hanya itu saja, peserta yang mengikuti acara ini mencapai hingga 250 orang serta berasal dari beberapa negara Asia dan juga Eropa.

Pantai lain dekat sini:  Top 6 Pantai di Jogja Terbaik Wajib Dikunjungi 2020 ini

Pantai Siung Ramai diKunjungi Para Wisatawan

Tempat-tempat wisata yang menarik dan keren tentu akan ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal ataupun luar. Begitu juga dengan Pantai Siung ini, walaupun akses jalannya yang jauh dan menantang, namun tidak mengurungkan niat untuk datang kesini dan menikmati keindahan alam di pantai ini. Biasanya pantai ini dipenuhi para pengunjung yaitu pada akhir pekan ataupun musim liburan. Tak hanya itu saja, Pantai Siung ini juga akan menjadi penuh dan sesak oleh ramainya para pengunjung yaitu pada liburan hari raya ataupun hari-hari besar lainnya. Disini Anda juga akan bisa melihat warung-warung makanan yang menawarkan beberapa menu hidangan ikan laut yang dapat Anda nikmati. Jika di hari libur atau akhir pekan, warung-warung yang ada disini juga akan ramai pengunjung.

Peringatan Bahaya

Jika Anda ingin bermain di pantai dengan aman dan nyaman, maka patuhi semua larangan yang telah ditetapkan oleh pihak yang ada disana sehingga Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang Anda ketahui banyak kejadian yang terjadi pada saat Anda bermain air dipantai salah satunya yaitu terseret atau digulung oleh ombak. Nah, bagi Anda yang tidak ingin terjadi, maka Anda bisa bermain air atau berenang di bagian yang aman saja yaitu seperti di pinggir-pinggir pantai saja dan jangan bermain terlalu ke tengah.

Hal ini disarankan karena ombak yang ada di Pantai Siung ini tidak bisa diprediksi dengan begitu saja, kapan ombak tinggi itu datang atau tidak tetap disarankan untuk para pengunjung tidak bermain di tengah-tengah laut. Tak hanya itu saja, biasanya untuk informasi mengenai peringatan baik itu angin ataupun gelombang tinggi, memang tidak bisa diprediksi begitu saja. Oleh karena itu, disarankan jika cuaca sedang tidak baik maka sebaiknya Anda tidak pergi ke pantai dan hindarilah pantai untuk sementara mungkin.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai ini salah satu dari deretan pantai eksotik di Gunungkidul. Begitu sampai kita disambut hembusan angin laut yg yg hanya berjarak belasan meter dari tempat parkir yang luas. Pemandangan indah dengan batu karang yg besar berbentuk Siung ( tunas bawang).

    Deretan bukit yang mengapit pantai inipun adalah destinasi indah. Sebelah kiri (timur) kita bisa tracking melintasi perbukitan menuju bukit Ragil yg indah, air terjun banyu tibo yg luar biasa. Dan camping di bukit Pengilon yg hijau.

    Bukit sebelah barat pantai siung tak kalah indahnya dan sdh dikelola berupa jembatan gantung, area panjat tebing skala internasional, dan Songlibek yg indah.
    Untuk masuk kearea ini dipungut biaya 25rb (cukup mahal), namun worth it.

    Ini salah satu pantai terbaik di jogjakarta walau akses dari yogya sekitar 2 jam buat ke pantai ini tapi kebayar deh pas sampe sana kalo gak salah masuknya purwodadi jd dr jogja ke wonosari terus purwodadi jalanan kesana juga bagus.

    Jalanannya bisa dibilang gak ada yang jelek jd nyaman bgt mau pakai motor atau mobil tp kalo gak mau item mending bawa mobil karena terakhir kesini bawa motor tangannya pada item soalnya lagi terik terik nya.

  • Pantai Siung adalah suatu objek wisata pantai yang terletak di Kec. Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 77 km dari kota Yogya dan memiliki lokasi wisata petualangan panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional.

    Di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, Anda akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Jalan yang berkelok-kelok dan menaik, merupakan tantangan yang harus Anda lewati sebelum mencapai Pantai Siung.

    Akan tetapi, perjalanan yang melelahkan akan terbayar ketika Anda sudah berada di kawasan Pantai Siung. Pantai dengan hamparan pasir putih dan suara deburan ombak, akan membuat suasana hati dan pikiran Anda tenang dan damai.

    Karena pantai ini sangat terpencil, fasilitas yang tersedia mash sangat minim, hanya tersedia tempat parkir luas, toilet, dan warung. Untuk akomodasi hotel tidak tersedia di sini.

    Tetapi jika Anda ingin bermalam di Pantai Siung, Anda bisa menggunakan pondok pemanjat yang bentuknya mirip rumah panggung dengan kapasitas kurang lebih sekitar 20 orang. Jika Anda ingin bermalam dengan suasana alam, Anda bisa membawa tenda sendiri yang bisa Anda gunakan di sekitar tebing-tebing.

    Jika Anda dari Kota Yogyakarta, Anda bisa menggunakan jalur Yogyakarta-Wonosari-Tepus-Purwodadi-Pantai Siung. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan menggunakan bus jurusan Jogja-Wonosari.

    Sampai di terminal Wonosari, Anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Wonosari-Tepus. Sesampai terminal Tepus, Anda bisa menggunakan jasa ojek, karena hanya itu transportasi umum yang bisa digunakan sampai ke Pantai Siung.