Pantai Soge

Pantai Soge: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ngadirojo, Pacitan Jatim

Pantai Soge – Berbicara mengenai Pacitan memang tiada habisnya. Pacitan selalu menarik untuk di bahas, terutama dari segi destinasi tempat wisatanya. Kawasan yang dijuluki kota 1000 goa ini mulai dilirik oleh wisatawan karena memang ada banyak sekali pilihan destinasi wisata menarik yang tersebar di Pacitan, salah satunya yang tidak boleh anda lewatkan adalah pantai Soge. Pantai ini memiliki pemandangan laut yang sangat menakjubkan dan mempesona. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang lembut berpadukan air laut yang jernih berwarna kehijauan. Ditambah dengan kombinasi birunya langit tentunya membuat suasana di pantai ini sangatlah indah. Pantai Soge dikelilingi dengan pepohonan kelapa di sepanjang bibir pantainya, membuat kawasan ini sangat sejuk dan nyaman. Kondisi pantai Soge juga masih sangat asri, karena belum terlalu ramai wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Pesona pantai Soge sangat patut diacungi jempol karena memang keindahan pantai yang ditawarkannya sangat indah dan mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung untuk kembali lagi ke sini.

Pantai Soge
Pantai Soge

Pantai Soge merupakan kawasan pantai yang berada di tepi jalur lintas selatan (JLS) Pulau Jawa. Pantai ini terbentang luas menghadap Samudera Hindia. Tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur. pantai landai yang berpasir putih ini cukup memberikan daya tarik bagi siapa saja yang memandanginya. Bagi anda para wisatawan yang ingin mengunjungi pantai Soge anda tak perlu bingung. Karena lokasi pantai ini berada tepat di sebelah timur dari pusat kota Pacitan jadi anda dapat mengambil rute dari pusat kota ke arah timur melewati jalur lintas selatan pulau Jawa. Anda dapat mengikuti jalan tersebut melewati kecamatan Tulakan dan menuju Ggadijoro. Untuk menempuh rute ke pantai Soge anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor atau dapat pula menggunakan kendaraan umum dengan tujuan Pacitan – Trenggalek. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai wisata pantai Soge dari kota pacitan hanya sekitar 30 menit saja dengan menggunakan kendaraan umum, karena memang jaraknya hanya sekitar 24 km dari kota Pacitan. Namun bagi anda yang mengambil rute dari Surabaya anda harus menempuh waktu sekitar 7 jam, jika dari Tulungagung 3,5 sedangkan jika anda mengambil rute dari Solo membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai ke pantai Soge.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kasap: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim
Pantai Soge
Pantai Soge

Berkunjung ke pantai Soge anda tak hanya dapat menikmati deburan ombak di tepian pantai sambil bermain air atau hanya sekedar bersantai di bawah pohon kelapa  sambil menikmati jajanan yang dijajakan di kawasan tersebut. Anda juga dapat jalan kaki menelusur lembutnya pasir putih disepanjang garis pantainya. Tak hanya itu saja, hadirnya danau kecil di kawasan tersebut semakin menambah keindahannya. Danau kecil di Pantai Soge ini terbentuk akibat air laut tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut pada saat terjadinya fenomena air surut. Danau ini terpisah oleh gundukan pasir putih yang terbentang di tengahnya. Meski danau di pantai soge ini tidak terlalu luas, namun ada beragam aktivitas menarik yang dapat anda lakukan disini, mulai dari dijadikan tempat bermain air yang aman hingga dijadikan tempat untuk permainan atraksi air, seperti perahu wisata keliling dan juga permainan speed boat. Untuk menikmati keindahan pantai Soge ini pengelola hanya menetapkan tarif sekitar Rp 2000 saja per orang. Sedangkan untuk melakukan aktivitas menarik yaitu bermain speed boat anda harus mengeluarkan budget Rp 15000 per orang untuk beberapa kali putaran mengitari muara sungai di Pantai Soga. Alur muara sungai pantai Soga ini memiliki rute yang berkelok-kelok mengitari pasir putih yang terbentang di tengah dengan jarak sekitar 150-an meter sehingga mampu memberi ruang yang cukup luas bagi para wisatawan untuk melakukan apasaja ambil menikmati keindahan wahana alami yang ada di pantai ini. Jika anda berkunjung bersama rombongan anda juga dapat bermain sepak bola, futsal maupun bermain voli di hamparan pasir putih pantai soge. Dengan adanya jembatan menyerupai kubah raksasa yang didesain dengan konstruksi pipa lengkung di bagian atasnya semakin menambah daya tarik pantai Soge. Ada banyak sekali wisatawan yang berhenti di sekitar jembatan Soge ini untuk sekedar berfoto dengan latar pantai Soge atau sekedar hanya untuk menikmati pantai dari celah alur muara sungai Toge. Selain itu terdapat pula spot foto menarik lainnya yaitu jajaran perbukitan yang mengelilingi pantai Soge.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Buyutan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Donorojo, Pacitan Jatim

Lokasi pantai Soge tak hanya menawarkan beragam aktivitas menarik untuk memanjakan anda, namun juga dibekali dengan berbagai fasilitas yang semakin membuat orang tertarik untuk mengunjunginya. Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Soge diantaranya tersedianya tempat istirahat, kamar mandi, warung makan, dll. bagi anda yang ingin menginap dan merasakan suasana malam di pantai Soge anda tidak perlu khawatir, karena disekitar pantai Soge juga tersedia penginapan berupa hotel, villa dan juga resort. Selain itu bagi anda yang hendak berburu oleh-oleh khas Pacitanpun tak perlu repot, karena di kawasan Pantai Soge tersedia banyak tempat penjualan souvenir dengan harga yang cukup terjangkau.

Pada saat musim liburan tiba, pengelola pantai di kawasan Pacitan biasanya menggelar acara guna menarik minat para wisatawan. Berbagai acara seperti musik Jazz, atraksi sulap,pesta lampion, kembang api bahkan pesta dangdut kerap kali diadakan pada saat akan memasuki liburan tahun baru. Selain itu di kawasan pantai di kota Pacitan ini mengadakan event dayung setiap tahunan yang diadakan oleh pemerintah setempat. Ratusan pendayung hebat akan saling beradu keahlian untuk menyusuri aliran sungai yang bermuara di Sungai Maron. Sungai Maron Pacitan memang menjadi salah satu lokasi wisata yang juga memiliki panorama yang cukup indah, dengan suguhan air sungainya yang sangat jernih, pemandangan yang cukup menyenangkan di sepanjang aliran sungainya berupa pepohonan kelapa. Aliran sungai ini bermuara di pantai Ngiroboyo, akhir aliran sungai ini juga menjadi titik akhir bagi para peserta lomba dayung tahunan. Selain itu masih ada banyak event-event lainnya yang diadakan pada saat-saat tertentu, tak hanya untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke lokasi tersebut, namun ada juga kegiatan rutin yang memang dilakukan sebagai adat istiadat penduduk setempat.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Srau: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Mengunjungi pantai Soge dapat anda lakukan kapan saja, karena memang pantai terletak di pinggir jalan lintas selatan. Hanya saja jika musim liburan tiba pengunjung pantai Soge bisa meningkat drastis. Hal ini dikarenakan banyak orang yang memboyong keluarganya untuk menikmati liburan. Mengingat lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari kota Pacitan, dan jalur aksesnya pun cukup mudah, tentunya menjadikan lokasi ini masuk dalam daftar pilihan tempat wisata yang paling diincar saat musim liburan tiba.

Pantai Soge
Pantai Soge

Meski tidak ada waktu khusus untuk mengunjungi pantai Soge, sebaiknya anda mengunjungi pantai ini pada saat cuaca sedang bagus, karena pada saat itu air lautnya tenang dan stabil sehingga anda dapat lebih nyaman melakukan berbagai aktivitas. Pilihlah bulan yang kerap kali memiliki cuaca bagus seperti bulan Mei, pada saat ini air laut cenderung surut dan stabil, jadi anda dapat dengan puas menikmati keindahan pantai soge termasuk menikmati keindahan danau soge. Hindari musim penghujan karena arus sungai Soge cenderung deras jadi anda tidak dapat menikmati wisata perahu keliling di pantai Soge. Selain itu pada musim penghujan arus ombak juga tidak stabil jadi anda tidak disarankan untuk bermain air di pantai Soge. Hal ini menyangkut keamanan anda selama berada di pantai Soge.

Mantai Team

2 comments

  • Berbicara tentang kota Pacitan memang tidak ada habisnya. Pacitan selalu menarik untuk di bahas, terutama Wisatanya. Wisata pacitan yang cukup Populer yaitu Wisata Alam berupa Goa Sejarah dan Pantainya yang indah yang merupakan Gugusan Pantai Laut Selatan. Pantai Pacitan selalu menjadi daya tarik para Pengunjung karena masing-masing Pantai memiliki daya tarik dan ke unikan tersendiri.

    Salah satu Pantai di Pacitan yang cukup populer yaitu Pantai Soge. Pantai Soge tepatnya terletak di desa Sidomulyo, kecamatan Ngadirojo, kabupaten Pacitan Jawa timur.

    Pantai Soge cukup mudah di akses karena Pantai Soge dekat dengan jalan raya. Di perjalanan menuju Pantai Soge pengunjung sudah bisa menyaksikan Pesona Pantai dari jauh. Pantai Soge menjadi hiburan bagi pengendara yang melintasi jalan

    Rute Menuju Lokasi Pantai Soge

    Pengunjung yang datang dari arah Kota Pacitan memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di lokasi Pantai. Dari Kota Pacitan, mengambil arah timur menuju kecamatan Tulakan, selanjutnya lurus terus sampai tiba di kecamatan Ngadirojo. Dari kecamatan Ngadirejo, lurus terus sampai pertigaan PLTU kemudian belok kanan dan ikuti jalan raya yang mengarahkan langsung ke Pantai Soge.

    Karena panoramanya yang begitu cantik, Pantai Soge dipadati pengunjung kala musim liburan tiba.

  • Kecamatan Ngadirojo memang memiliki banyak pantai keren. Salah satunya yaitu Pantai Soge.

    Pantai Soge, adalah salah satu pantai yang berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini sering dikunjungi oleh para bikers karena posisi Pantai ini berdekatan dengan jalan raya menjadikan pantai ini spot foto yang sangat populer di kalangan bikers Indonesia.

    Pantai Soge memiliki landmark yang sangat terkenal berupa jembatan berwarna biru yang bernama Jembatan Soge. Jembatan ini sangat hits sebagai tempat nongkrong anak muda. Lokasi pantai ini juga berada persis di pinggir Jalur Lintas Selatan.

    Jadi siapa saja yang melintasi jalan ini pasti akan disuguhi pemandangan indah pantai ini. Panorama terkeren yang bisa dilihat dari pantai Soge adalah ketika sore hari. Senja di sana memang juara!

    Pantai yang terletak 5 km di timur kota Pacitan ini mudah dijangkau, karena tepat di samping jalan raya arah Trenggalek. Pantainya luas berpasir putih dengan ombak yang lumayan besar, cocok untuk yang suka surfing.

    Tapi jika mengajak anak-anak dan ingin “keceh” bisa memilih yang ujung sebelah timur. Disini pantainya landai sehingga ombaknya bisa lebih kecil ketika mencapai pantai. Pasirnya terasa lebih kasar jika dibandingkan pantai teleng ria Pacitan.