Pantai Srau

Pantai Srau: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Tentang Pantai Srau

Walaupun lebih dikenal sebagai kota Seribu Goa, namun Kabupaten Pacitan di provinsi Jawa Timur ternyata memiliki pantai-pantai eksotis yang begitu menggoda. Salah satu objek wisata pantai yang sayang untuk dilewatkan saat kalian liburan ke Pacitan ialah Pantai Srau. Merupakan sebuah pantai yang sangat menawan. Pantai Srau terletak di Dusun Srau, tepatnya di Desa Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur.

Setiap pantai di Pacitan umumnya berombak cukup besar dan menyuguhkan hamparan pasir putih yang indah, tak terkecuali dengan Pantai Srau. Ombak di pantai ini sangat ideal bagi para pencinta surfing. Selain wistawan lokal yang sering menguji adrenalin untuk surfing di pantai ini, para turis asing juga sudah banyak yang berdatangan untuk sekedar menikmati aktifitas surfing.

Pantai Srau
Pantai Srau

Selain memiliki hamparan pasir putih dan ombak besar, daya tarik pantai Srau juga dapat dilihat dari kehadiran bukit-bukit karang indah yang semakin melengkapi view wisata bahari di Pacitan ini. Di sekitar Pantai Srau ada sederetan pohon kelapa, karenanya sering disebut juga dengan nama palm beach, mengingat nuansanya yang eksotis seperti berada di pulau terpencil.

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai Srau

Lokasi detail Pantai Srau ini, tepatnya berada di Desa Candi, Dusun Srau, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Provinsi jawa Timur. Para pengunjung yang berasal dari Pacitan bisa mengambil arah Jl. WR. Supratman, kemudian melewati Pantai Telengria. Lalu di area pertigaan Tumpang Rinjing, kalian bisa ambil belok kiri menggunakan bantuan GPS.

Sementara untuk kalian yang berangkat dari kota Surabaya maupun sekitarnya, bisa berangkat lewat Mojokerto, sedangkan bagi yang dari Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah bisa melalui arah jalur Tol Cipali, lalu setibanya di Pacitan bisa mengikuti petunjuk GPS. Untuk melewati jalan-jalan di Pantai Srau, Kalian harus waspada sebab medannya bisa dikatakan cukup sulit dilalui. Rute perjalanan ini, berguna untuk Kalian yang naik kendaraan pribadi. Demi kenyamanan saat travelling, sebaiknya Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi, hal ini dikarenakan transportasi umum ke pantai ini masih belum tersedia. Usahakan memakai kendaraan pribadi, jika tidak bisa juga dengan menyewa kendaraan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kasap: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai Srau

Pantai Srau
Pantai Srau

Tiket masuk ke tempat wisata pantai ini sebenarnya cukup murah, Kalian hanya perlu membayar Rp.5000 per orang, sudah termasuk ongkos parkir. Untuk fasilitas yang tersedia masih belum begitu banyak, meskipun demikian tetap dapat memenuhi kebutuhan Kalian. Di sini sudah tersedia penginapan atau bisa juga ikut menginap di perumahan warga. Tiap-tiap warung yang ada di pinggir pantai sudah bisa memenuhi kebutuhan kuliner para wisatawan.

Selain itu, ada beberapa aktivitas wisata yang bisa kalian nikmati di Pantai Srau, seperti berikut ini :

  • Menikmati Spot Sunset

Keeksotisan bukit karang di bagian timur adalah tempat yang paling ideal untuk menyaksikan sunset. Tak hanya itu saja, keindahan sunset di pantai Srau ini bahkan sebanding dengan sunset yang kalian lihat di Pulau Dewata, berwarna orange kombinasi kuning dan merah sehingga membuat setiap orang merasa terpana saat melihatnya.

  • Perbukitan Karang

Di Pantai Srau terdapat Bukit Karang yang terdiri dari 3 spot, diantaranya bagian barat, selatan, dan timur sebagai tempat favorit wisatawan yang ingin berkemah, menyaksikan sunset hingga mendengarkan deburan ombak yang sangat menyejukkan pikiran.

  • Sumber Air Tawar

Selain menyuguhkan sunset, perbukitan karang, spot surfing dan diving, Pantai Srau juga memiliki sumber air tawar dan letaknya sejauh 800 meter dari pantai, sehingga bagi yang akan berkemah, pantai ini sangat direkomendasikan.

  • Spot Camping

Tepat di bukit karang Pantai Srau, bisa dijadikan sebagai tempat untuk camping sekaligus bisa menikmati api unggun sebagai penghangat di malam hari dan bisa memasak hidangan-hidangan saat berkemah dengan diiringi deburan ombak laut yang menyejukkan.

  • Spot Surfing, Diving, dan Renang

Birunya laut dan deburan ombak pantai yang bergemuruh sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berenang, surfing, dan diving menggunakan alat-alat surfing/diving sendiri, sebab di sini masih belum terdapat tempat penyewaan. Di samping itu, untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut diperlukan kewaspadaan dan keahlian karena masih belum banyak lifeguard di pantai ini. Selain itu, batu karang besar yang terdapat di dalam air cukup licin, jadi Kalian harus waspada.

  • Kuliner di Pantai Srau

Saat Kalian berkunjung ke pantai ini, pastikan untuk mencicipi suguhan kuliner khas di sekitarnya. Ikan Panjo merupakan hidangan seafood yang khas di pantai ini. Ikan ini jika dilihat sekilas persis seperti ikan cucut, perbedaannya hanya terdapat pada tulangnya yang berwarna hijau kebiruan. Di sini, Kalian bisa membeli ikan yang masih mentah ataupun langsung santap yang sudah dimasak sebelumnya. Selain ikan Panjo, jangan lewatkan juga hidangan nasi Thiwul yang rendah kalori. Sehingga sangat cocok dikombinasikan dengan hidangan sambal terasi dan ikan Panjo.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Teleng Ria: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pacitan Jatim

Event di Pantai Srau Tiap Tahun

Sebagai pantai yang menyuguhkan sumber air tawar, bukit karang, tempat-tempat eksotis untuk fotografi, tentu saja membuat pantai ini wajib menjadi salah satu daftar liburan Anda. Ada banyak keunikan yang tersembunyi di pantai ini. Jadi selain dilihat dari keeksotisan tempatnya, deburan ombaknya, dan biru lautnya, ada hal menarik mengenai adat istiadat masyarakat di Pacitan.

Salah satunya ialah Upacara Ceprotan yang biasa diselenggarakan setahun sekali tepatnya pada bulan Longkang setiap Senin Kliwon. Tradisi upacara Ceprot ialah tradisi saling melempar buah kelapa muda. Adapun tujuan upacara tersebut menurut warga setempat ialah bertujuan sebagai penolak bala.

Selain upacara Ceprotan, tepatnya di desa Kendal juga ada tari Rung Sarung. Dimana tarian ini mengisahkan para ibu petani desa sedang menggunakan sarung, dimana sarung biasanya digunakan sebagai alat menggendong keranjang atau tas, penghangat tubuh serta sebagai sarana ibadah. Tak hanya itu saja, tepatnya di pantai Srau, Pacitan, setiap tahunnya saat menjelang Idul Fitri selalu dijadikan tempat untuk melihat posisi hilal.

Peak Season di Pantai

Peak season adalah muslim liburan sangat padat, sebab liburan tersebut bersamaan dengan waktu-waktu liburan internasional. Sama seperti pantai-pantai lainnya, wisatawan yang banyak berkunjung ke pantai Srau ini biasanya pada waktu-waktu liburan nasional dan hari raya. Jadi, bagi Kalian yang ingin menikmati sensasi private beach, bisa berkunjung ke pantai ini di waktu-waktu sibuk yang tidak begitu ramai dikunjungi wisatawan. Namun jika kalian tertarik dengan suasana pantai yang ramai bisa menikmatinya saat liburan.

Sebagai tambahan, jika Kalian berkunjung ke Pantai Srau saat tidak bertepatan dengan hari libur, biasanya hanya ada sedikit warung saja yang menyediakan kuliner. Sebaiknya jika ingin berkunjung ke pantai ini, wajib membawa bekal sendiri atau beli makanan dan minuman di jalan.

Pantai lain dekat sini:  4 Pantai Indah di Pacitan ini Wajib Untuk Anda Kunjungi!

Peringatan Bahaya Pantai

Untuk membuat liburan lebih berkesan dan nyaman, Kalian tentu harus mengikuti aturan-aturan tertentu saat pergi ke pantai. Hindari berkunjung ke pantai Srau pada bulan Januari, sebab pada bulan tersebut biasanya ombak sedang pasang tinggi. Untuk keselamatan Kalian, maka wajib pergi liburan ke Pantai Srau di Pacitan di waktu-waktu tertentu saat ombak tidak sedang pasang.

Selain itu, pastikan untuk mencari informasi tentang waktu yang tepat pergi ke pantai agar liburan kalian pun lebih aman, nyaman dan tentu saja berkesan. Saat berada di pantai, para wisatawan dilarang untuk memasuki area-area yang berbahaya, tetap mematuhi pengarahan serta titik rawan di pantai Srau.

Mantai Team

2 comments

  • Dari jauh, Anda akan mendengar deburan ombak yang seperti mengucapkan salam selamat datang pada Anda. Saat sampai di Pantai Srau, Anda bisa melihat lembutnya pasir putih yang mengundang jemari tangan dan kaki untuk memainkannya. Sambutan ini seperti sambutan yang dihadirkan oleh pantai nan indah ini. Pantai Srau memang dikenal dengan ombak yang cukup besar.

    Ombak di Pantai Srau ini membuatnya pas digunakan untuk surfing. Jangan salah, bukan hanya wisatawan lokal saja yang sudah sampai di Pantai Srau ini, banyak wisatawan mancanegara yang sudah mencoba ombak Pantai Srau. Anda bisa berselancar dan menikmati udara pesisir pantai yang menenangkan dan alami.

    Saat berlibur di Pantai Srau, Anda akan merasakan seperti berada di pulau pribadi yang aman dari berbagai gangguan luar. Apalagi jika Anda pergi ke Pantai Srau saat hari kerja. Pantai Srau tergolong pantai yang sepi jika dibandingkan dengan pantai lain di Pacitan. Namun hal ini yang menjadi keistimewaan Pantai Srau. Anda akan dibuat seperti sendirian di pulau pribadi. Pasir putih yang luas dan birunya laut seperti berpadu menjadi sebuah kesatuan yang sangat mengesankan.

    Selain ombak pantai yang sangat besar dan pasir putih yang begitu lembut, daya tarik lain di Pantai Srau adalah bukit karang yang semakin membuat indah pemandangan pantai. Karena masih sepi, jangan sampai Anda kehilangan kesempatan untuk mengambil foto. Anda akan menyesal bila tidak sempat mengabadikan momen yang indah selama di Pantai Srau.

    Jika Anda ingin menikmati keindahan dari Pantai Srau dengan waktu yang lama, atau menikmati indahnya sunset di Pantai Srau. Sebenarnya, di sekitar Pantai Srau belum terdapat penginapan resmi. Sehingga, bila ingin bermalam, Anda bisa menumpang di rumah warga sekitar, atau bila ingin mencoba hal yang baru, coba berkemah di Pantai Srau.

    Pasti kegiatan berkemah Anda akan sangat seru dan bisa memberi pengalaman baru untuk Anda. Pantai Srau merupakan tempat yang paling asyik untuk menghabiskan malam bersama dengan teman. Anda akan dibuat sangat betah berlama-lama di Pantai Srau. Jadi, sudah yakin bukan jika berkemah tidak harus pergi ke gunung?

    Berkunjung ke sebuah tempat yang pertama kali dikunjungi memang kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi kuliner dari daerah tersebut. Begitu pun saat Anda ke Pantai Srau ini. Ada beberapa makanan khas di Pantai Srau seperti Ikan Panjo. Ikan Panjo mirip dengan ikan cucut, tetapi ia memiliki warna tulang yang hijau dan sedikit kebiru-biruan. Daging ikan panjo gurih dan lembut.

    Di sekitar Pantai Srau terdapat para ibu yang menjual hidangan dari ikan ini. tetapi bila Anda ingin lebih nikmat menikmatinya, Anda bisa membeli dan membakarnya sendiri. Tinggal mencari ranting pohon di sekitar pantai kemudian membuat api unggun kecil untuk pembakaran. Ikan Panjo sangat nikmati di santap malam hari.

  • Salah satu pantai cantik tersembunyi di pacitan, tergolong cenderung sepi dari pada pantai2 lainya, mungkin di karenakan akses ke lokasi yang minim informasi, jalan sempit, jika mobil simpangan harus hati hati, big bus tidak bisa masuk.

    Pantai Srau dibagi menjadi 3 lokasi. Lokasi pertama yang terletak paling dekat dengan pos penjagaan masuk ke lokasi pantai ini. Pada lokasi pertama ini, yang paling menonjol dan merupakan keunikannya dibandingkan tiga lokasi lain adalah bebatuan karang yang mencuat dan banyak membentuk bukit di sekeliling bibir pantai.

    Lokasi kedua terletak setelah kita menyusuri jalan aspal kecil dari pos penjagaan di pintu masuk ke arah barat, kita bisa temui pedagang-pedagang minuman maupun makanan menggelar dagangannya. Untuk kondisi pantainya sendiri, lokasi kedua ini memiliki ombak yang cukup jinak, namun tetap berbahaya.

    Lokasi ketiga terletak di sebelah barat lokasi kedua atau terletak padaterdapat fasilitas berupa anjungan kecil. Dari anjungan tersebut kita dapat menikmati pemandangan sunset yang menawan. Pantainya sendiri tidak terlalu menarik karena hanya merupakan teluk kecil yang langsung menghadap ke Samudera Hindia, bagian paling barat dari Pantai Srau tersebut.

    Yang paling penting, wisata disini murah meriah, kita juga bisa camping disini. Selamat berlibur..