Pantai Suluban

Pantai Suluban: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Badung Bali

Jika Anda berpikir bahwa pantai Indah di Bali hanya ada di pantai Kuta atau juga Sanur, maka Anda salah. Masih ada banyak sekali objek wisata pantai yang ada di Bali, salah satunya adalah pantai Suluban atau orang mengenalnya dengan pantai Suluban Blue Point. Pantai berpasir putih yang ada disekitar daerah Uluwatu ini, menawarkan pesona alam yang sangat indah, dan suasana pantai yang tenang.

Nama Suluban sendiri, dalam bahasa lokal, berarti berjalan melalui suatu tempat yang letaknya di atas kepala manusia. Dinamakan demikian, karena untuk mencapai lokasi pantai, Anda harus menyusuri jalan yang diapit oleh 2 buah tebing karang, yang bentuknya seperti lorong.

Pantai Suluban
Pantai Suluban

Setibanya di bibir pantai, mata Anda akan disuguhkan oleh pemandangan pantai yang sangat indah. Mulai dari bibir pantai, dimana Anda akan menemukan kolam-kolam kecil yang ada di bibir pantai, warnanya hijau terang, menandakan bahwa kolam tidak dalam. Masuk ke tepi pantai, Anda akan menemukan lebih banyak karang, yang cukup tebal, hingga akhirnya akhirnya sampai ke tepi laut dalam. Bagi Anda yang tidak ingin berenang, dapat berjemur di pinggir pantai.

Lokasi dan cara mengunjungi pantai

Pantai Suluban atau dikenal dengan blue point ini, terletak di desa Pecatu, kec Kuta, Badung – Bali. Lokasinya cukup terpencil, dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Berlibur di tempat ini, membuat Anda merasa seperti berlibur di pantai pribadi.

Ingin mengunjungi pantai tersebut, tidak sulit ! dari ibukota Denpasar, Bali, jaraknya hanya sekitar 31 km. Atau sekitar 79 menit perjalanan, melalui jalan raya Uluwatu atau juga jalan Labuansait. Apabila Anda saat ini berada di kawasan Nusa Dua, maka lokasi pantai ini dapat dicapai dengan jarak sekitar 22 km, atau sekitar 25 menit.

Untuk kendaraan umum yang menuju lokasi pantai Suluban sendiri saat ini, masih sulit. Anda yang ingin mengunjungi pantai yang satu ini, sebaiknya menyewa kendaraan bermobil terlebih dahulu, baik itu motor atau mobil. Dari lokasi parkir, hingga ke pantai sendiri, Anda harus menempuh jarak sekitar 200 m.  Kondisi jalan menuju lokasi pantai pun terbilang sedikit sulit untuk dilalui, dan membutuhkan tenaga ekstra, yaitu melalui deretan anak tangga sejauh 50 meter, berikutnya menuruni anak tangga lain yang sedikit lebih kecil. Sesampainya di tangga paling bawah, Anda akan kembali berjalan, di sebuah lorong yang terbuat dari tebing batuan karang yang ukurannya cukup besar.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Pasir Putih: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Candidasa, Karangasem Bali

Berbagai pengalaman menarik selama perjalanan, dan rasa lelah sepanjang perjalanan akan terbayar, ketika Anda sampai ke lokasi pantai. Ini adalah pantai tepat, untuk bersantai dan menenangkan diri, dari berbagai rutinitas harian. Karena pantai ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan, dan disini Anda akan merasa bersatu dengan alam. Bahkan lokasi ini kerap disebut sebagai pantai eksotis yang tersembunyi di Uluwatu.

Fasilitas dan aktifitas di pantai

Pantai Suluban
Pantai Suluban

Walaupun lokasinya sedikit terpencil, dan jauh dari kawasan perkotaan, namun aneka fasilitas wisata yang ada di lokasi pantai Suluban ini, terbilang lengkap. Untuk masalah penginapan misalnya, di sekitar pantai, Anda akan menemukan beberapa jenis penginapan, termasuk Blue Point Villas. Berikutnya adalah area makan, Anda dapat mengunjungi beberapa café dan juga resto yang ada di sekitar pantai. Kuliner yang disuguhkan cukup beragam, mulai dari menu lokal, hingga menu western. Tidak perlu khawatir masalah harga, aneka harga kuliner yang disuguhkan, terbilang cukup murah, dan pas untuk Anda para backpacker. Adapun fasilitas lain seperti bed matras, dan yang lainnya, untuk para pengunjung yang ingin bersantai dan melepas lelah pun dapat Anda temukan di sini.

Setelah fasilitas, berikutnya adalah aktivitas. Ada beberapa aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan ketika mengunjungi pantai Suluban ini, antara lain :

  • Menikmati pasir putih

Keindahan pantai Suluban Bali ini, tidak kalah dengan pantai Pandawa. Disini Anda akan menikmati indahnya air laut yang indah, mulai dari yang dangkal hingga yang dalam. Perairan laut dangkal warnanya hijau, sedangkan perairan yang dalam, warnanya biru tua. Di bibir pantai, Anda akan menikmati indahnya pasir putih yang bersih dan juga halus. Di tepi pantai Anda dapat berjemur atau bermain pasir. Masuk ke bibir pantai, Anda akan menemukan kolam-kolam kecil, yang terbuat dari terumbu karang, dan lokasinya hampir di sepanjang pantai. Anda atau bahkan anak-anak dapat bermain air dengan tenang.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Melasti: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Badung Bali
Pantai Suluban
Pantai Suluban
  • Tempat surfing  

Untuk Anda yang menyukai olahraga surfing, maka Anda harus mengunjungi pantai Suluban. Ombak yang ada di pantai ini terbilang cukup besar, sehingga pas untuk olahraga selancar. Untuk dapat berselancar, Anda perlu berenang hingga ke tepi laut, dan menyambut ombak yang datang.

Di lokasi ini, cukup banyak turis yang datang, baik wisatawan lokal, maupun mancanegara. Ada yang sengaja datang untuk menikmati keindahan alam, ada juga yang sengaja melakukan surfing. Lokasinya yang sedikit terpencil, pas untuk Anda yang ingin menyendiri.

  • Lokasi pas untuk melihat sunset

Salah satu alasan lain, mengapa Anda harus mengunjungi pantai Subulan Bali ini adalah, keindahan matahari terbenamnya. Ketika sore menjelang, lokasi pantai ini, selalu ramai dikunjungi. Menikmati indahnya panorama sunset, yang berpadu dengan kemilau air yang diterpa oleh cahaya mentari pastinya sangat indah. Anda yang hobby fotografi, atau datang bersama pasangan, tentunya tidak akan membiarkan momen ini berlalu begitu saja.

Camping

Salah satu aktivitas lain yang dapat Anda lakukan, di pantai ini, adalah melakukan camping. Biasanya, hal ini sering dilakukan oleh para turis, yang ingin menikmati keindahan pantai Suluban ini dari dekat. Lokasi yang paling sering digunakan untuk menginap adalah di bawah karang-karang besar. Ketika camping, Anda akan menikmati indahnya sunrise, dan sejuknya udara yang ada, serta kicau burung yang merdu.

Event di pantai

Karena lokasinya yang sedikit terpencil, dan sedikit sulit untuk dijangkau, maka kegiatan atau penyelenggaraan acara atau kegiatan di lokasi pantai, tidak terlalu banyak. Kegiatan yang paling sering dilakukan adalah kegiatan lokal, seperti upacara keagamaan, dll.

Peak season di pantai

Ingin berlibur ke Bali, seperti ke pantai Suluban ini, ada baiknya jika memperhatikan tentang peak season (atau musim liburan)dan weak season(non musim liburan). Peak season di Bali ini, biasanya terjadi pada bulan, Juli, Agustus dan juga September. Pada musim ini, ada cukup banyak wisatawan yang berkunjung, baik itu wisatawan lokal, maupun wisatawan mancanegara. Selain itu, libur Natal seperti bulan Desember juga biasanya cukup rawan, karena jumlah pengunjung yang datang juga cukup banyak.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Uluwatu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Badung Bali

Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya tidak mengunjungi Bali, atau juga daerah lainnya seperti pantai Suluban tepat pada hari raya Nyepi, karena ini adalah hari raya umat Hindu yang ada di Bali.

Peringatan bahaya di pantai

Ombak di Suluban Bali ini memang cukup besar, sehingga pas untuk bermain surfing. Namun demikian, Anda para pecinta surfing juga sebaiknya tetap waspada. Karena ada kalanya cuaca di Bali jadi kurang bersahabat. Yang perlu Anda ingat disini, Bali termasuk kawasan tropis, dimana pada waktu-waktu tertentu, seperti musim pancaroba, maka kondisi cuaca juga akan mengalami perubahan. Faktor cuaca ini dipengaruhi oleh gelombang laut, angin laut, atau juga berdasarkan hal lainnya.

Bagi anda yang belum bisa berenang, ada baiknya jika berhati-hati dalam berenang, ada baiknya jika berenang di pinggir pantai, atau di kolam-kolam karang yang tidak terlalu dalam.

Mantai Team

2 comments

  • Rekomendasi salah satu pantai yang terbaik di Bali buat menikmati indahnya matahari terbenam. Pantai ini juga biasa disebut Blue Point Beach. Ombaknya indah dan banyak peselancar disana. Datanglah dari siang ke sore maka kamu bisa menikmati keindahan pantai, laut, dan matahari.

    Pantai ini berada di atas dua tebing yg mengapitnya serta berada di bawah sebuah resort. Namun terbuka untuk publik. Terdapat toko sovenir di sebelah tempat parkirmu, juga terdapat persewaan serta kelas surfing jika kamu mau.

    Turun saja terus mengikuti tangga dan plakat yang sudah ada. Akan ada 3 buah tangga jika kamu turu menuju pantai. 2 tangga untuk naik dan turun dari dan menuju pantai dan satu tangga menuju warung diatas tebing.

    Kamu perlu menuruni beberapa puluh tangga yg kurang lebih memakan waktu 15 menit untuk sampai pada spot pertama yaitu dua tebing yg memecah ombak beserta gua gua di dalamnya.

    Kalau kamu jeli kamu akan menemukan sebuah gua kecil di balik tangga naik ke warung, masuklah dan jangan takut melawati gua kecil itu air laut hanya akan sampai betismu. Setelah melawatinya pintu gua kecil itu akan membawamu pada spot kedua yaitu lepas pantai dan tebing suluban. Ombak di pantai ini cukup kencang karena merupakan surfing beach.
    .
    Kamu perlu membawa plastik sendiri untuk membuang sampah yg kamu bawa dan mengumpulkannya di plastik besar di sebelah tangga naik gua. Jika kamu mau kamu juga dapat bersantai diatas tebing naiklah tangga yg menuju warung diatas tebing.

    Selamat menikmati

  • Tempat ini adalah pantai Jacuzzi alami, saran saya datang ke sini sebelum 8-9 pagi, Anda akan menemukan keindahan pantai ini, akan ada beberapa langkah tangga untuk mencapai pantai, ada juga sepeda dan parkir mobil di atas, tidak ada biaya masuk, tetapi Anda harus membayar biaya parkir Rp 3.000 untuk sepeda, 5.000 IDR untuk mobil.

    Di dalam ada banyak toko dan kantin untuk minum dan makan, tetapi saya tidak merekomendasikan Anda untuk makan dan membeli minuman di sana, itu terlalu mahal, 35k untuk kopi bali, 15k untuk air mineral 600 ml, jadi lebih baik Anda dapatkan makanan dan minuman Anda sebelum tiba.

    Tempatnya sangat canti. Dan ombak yang bagus juga untuk surfer, pasirnya putih tapi tidak lembut, kamu bisa smin di tempat itu ada karang di dalamnya, tidak dalam dan jauh dari ombak besar jadi amannya selama kamu memperhatikan karang dan langkahmu di dalam air.

    Butuh waktu 30-40 menit untuk mengendarai sepeda saya untuk sampai di sana. Anda akan melewati GWK jika ingin pergi ke pantai ini, dan sebelah kanannya di samping pintu masuk atau uluwatu. Mau datang?