Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Bali

Pulau Dewata Bali adalah surganya Indonesia. Di kawasan bagian selatan, terdapat pantai yang sangat cantik dan menjadi salah satu pantai favorit yang ada di selatan Bali, namanya Pantai Tegal Wangi. Secara fisik pantai ini sangat indah. Hamparan laut yang luas bisa Anda saksikan secara langsung dari atas tebing karang yang indah. Paparan pasir putih semakin menyempurnakan tampilan pantai yang juga sering kali dimanfaatkan untuk merayakan perayaan Melasti ini.

Pantai Tegal Wangi
Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi berlokasi di Adat Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. Biasanya, wisatawan yang datang kemari senang sekali duduk-duduk di bangku karang sembari mengamati deburan ombak yang menghantam batu karang tepi pantai. Di atas tebing, sambil bersantai, para wisatawan biasanya menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga di akhir pekan.

Bali terkenal dengan kawasan kafe nya yang menyuguhkan menu makanan yang beragam. Dari kawasan kafe yang ada di Jimbaran, Anda hanya perlu menempuh jarak sejauh 5 kilometer dari pusat kafe tersebut untuk sampai di Pantai Tegal Wangi ini. Pantai ini adalah pantai yang masih perawan dan alami yang cocok sekali jika Anda jadikan destinasi wisata selanjutnya saat liburan mendatang.

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai

Bagi Anda yang dalam waktu dekat mengagendakan untuk berwisata ke Bali tepatnya di Pantai Tegal Wangi Jimbaran. Tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkannya jauh-jauh hari, mulai dari segi penginapan dan juga mengetahui secara pasti dimana lokasi pantai yang sebenarnya. Cara menjangkau pantai yang paling efektif pun sebaiknya menjadi pilihan dibandingkan dengan memilih rute perjalanan yang jauh dan tidak efisien. Lokasi pantai yang berlokasi di Adat Jimbaran, Kuta Selatan, Badung Bali ini bisa Anda tempuh dengan melalui rute:

  • Dari bandara Ngurah Rai, Anda memerlukan waktu tempuh selama 40 menitan untuk sampai di pantai tersebut.
  • Jika perjalanan Anda mulai dari Denpasar Bali, Anda memerlukan waktu kurang lebih selama 1 jam untuk sampai di pantai ini.
Pantai lain dekat sini:  Pantai Melasti: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Badung Bali

Lengkapnya, pantai ini berlokasi di dekat hotel Ayana yang dulu adalah hotel Ritz Carlton. Ikuti arah menuju pura Tegal Wangi dan ikuti papan penunjuk arah menuju Pantai tersebut. Pantai ini cukup mudah diakses baik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor maupun dengan menggunakan bus untuk rombongan yang datang beramai-ramai.

Ada cukup banyak penginapan di kawasan hotel seperti Zen Rooms Kuta Tegal Wangi, Airy Kuta Square Tegal Wangi, Matahari Guest House dst. Hotel yang berada di kawasan tersebut adalah hotel bintang dua hingga bintang lima yang bisa Anda booking segera dan akan menyempurnakan momen liburan Anda di Pantai Tegal Wangi Jimbaran Bali.

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai

Apa saja aktivitas dan fasilitas yang ada di pantai ini? bisa dikata, Pantai Tegal Wangi adalah pantai yang penuh pesona. Ada banyak fasilitas yang tersedia, dan banyak pula aktivitas yang bisa Anda lakukan disini.

  • Panorama Alami yang Khas

Saat sampai di Pantai Tegal Wangi Bali, Anda akan berdecak kagum melihat indahnya barisan tebing yang tinggi dan curam, di sekitaran pantai dikelilingi oleh barisan pohon yang segar dan hijau sehingga menambah asri panorama pantai ini. Selain itu, warna airnya biru teduh dengan deburan ombak yang bergulung dan bergemuruh sehingga membuat kita semakin menyatu dengan alam.

  • Jimbaran Hidden Beach

Ada tantangan tersendiri saat Anda berkunjung ke Pantai Tegal Wangi ini. Pantai tersebut berada di lokasi tersembunyi dan memerlukan usaha ekstra bagi Anda untuk bisa sampai di pantai ini. Pantai Tegal Wangi dijuluki sebagai pantai tersembunyi lantaran kita harus menaklukkan jalanan yang terjal dan berkapur. Saat sampai di kawasan pantai, lelah selama perjalanan itu akan terbayar sudah. Oleh para turis, pantai ini disebut dengan Jimbaran Hidden Beach atau Pantai Tersembunyi di Jimbaran.

  • Menjadi Lokasi Pre Wedding yang Menggiurkan
Pantai lain dekat sini:  5 Pantai di Bali Anti Mainstream Wajib Dikunjungi

Ingin lokasi foto pre-wedding yang memukau dan alami? tidak lain lokasinya adalah di Pantai Tegal Wangi Jimbaran Bali. Pantai ini saat ini sangat booming di kalangan fotografer profesional dan menjadi lokasi favorit pemotretan. Lokasinya sepi dan tenang, pasirnya putih bersih, tebingnya curam, deburan ombaknya bersahutan, dan airnya biru jernih. Hasil jepretan foto pre wedding Anda bersama pasangan menjadi sangat sempurna disini.

  • Sunset yang Menawan

Momen yang paling indah dan mengesankan saat berada di pantai adalah saat matahari terbit dan matahari terbenam. Saat matahari terbenam adalah momen yang paling indah. Pemandangan senja yang jingga di padu dengan cahaya siang yang mulai redup, dengan kecipak air laut yang mulai tenang, cocok sekali jika Anda mengabadikan momen romantic tersebut dengan kamera berkualitas di tangan.

Pantai Tegal Wangi
Pantai Tegal Wangi

Itulah alasan kenapa momen sunset menjadi momen yang paling banyak diburu. Wisatawan pun berbondong-bondong kemari bersama bersama rombongan dan pasangan masing-masing untuk merasakan romantisme sunset di Pantai Tegal Wangi Jimbaran Bali.

  • Aktivitas di Malam Hari

Apakah di malam hari tidak ada yang menarik berada di kawasan pantai ini? salah besar. Anda bisa menyaksikan gemerlap lampu daerah Tuban dan Kuta dari titik ini. Lalu lalang pesawat menambah serunya malam Anda yang sedang nongkrong di kawasan kafe Pantai Tegal Wangi. Itulah serunya menikmati keindahan pantai di malam hari. Di siang harinya, Anda bisa puas bermain air dengan diving, berenang atau dengan menyewa perlengkapan wahana air yang tersedia.

Event di Pantai Setiap Tahun

Rutinitas tahunan yang diadakan di Pantai Tegal Wangi adalah Melasti. Ini adalah ritual keagamaan yang merupakan rangkaian dari hari raya Nyepi yang dirayakan oleh warga desa setempat. Cukup banyak wisatawan yang sengaja menyaksikan event di pantai tersebut setiap tahunnya. Event tersebut sangat meriah dengan rangkaian perayaan dan persiapan yang maksimal.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Seminyak: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Seminyak, Badung Bali

Pantai Tegal Wangi berasal dari dua kata, yaitu tegal yang berarti perkebunan dan wangi yang berarti harum. Pantai ini adalah ladang yang harum yang dijaga kesuciannya. Tidak heran jika kawasan pantai ini selalu bersih. Ritual Melasti di dalamnya termasuk ritual penyucian diri dan juga benda pusaka yang dimiliki menjelang hari raya Kuningan dan Galungan umat Hindu.

Kawasan pantai yang sakral ini selalu dijaga kebersihan dan kesuciannya dan selalu ramai pada serangkaian perayaan Galungan dan Kuningan.

Peak Season di Pantai

Peak season di Pantai Tegal Wangi sudah bisa diprediksi. Apalagi pantai-pantai di Bali terasa bukan hanya miliki masyarakat Indonesia saja, melainkan milik seluruh masyarakat dunia yang ingin memanjakan mata di lokasi wisata yang satu ini. Pantai di Bali paling ramai saat digelarnya event Melasti. Event tersebut adalah event yang ramai dirayakan oleh masyarakat Hindu dan menarik perhatian para turis domestic dan turis asing.

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi bahwa di musim panas saat liburan akhir pekan, liburan semester dan liburan tahun ajaran baru, pantai ini selalu ramai menjadi tujuan wisata wisatawan asing dan dalam negeri. Jika ingin berwisata dalam kondisi tenang, datanglah pada hari biasa dan tidak pada sore hari.

Peringatan Bahaya

Salah satu bahaya yang mengintai jika kita berada di kawasan pantai adalah ombak yang besar, air laut yang pasang dan angin yang kencang. Hindari berkunjung ke lokasi ini sangat situasi sedang tidak mendukung agar tidak menimbulkan bahaya bagi Anda.

Mantai Team

2 comments

  • PANTAI Jimbaran bukan saja menyuguhkan pusat hidangan dari restoran dan kafe seafood semata. Di bagian selatan terdapat pantai Tegalwangi yang eksotis dengan pemandangan laut luas. Hamparan laut ini dapat disaksikan dari atas tebing karang yang curam. Pantai dengan pasir putih ini berada di areal Pura Segara Tegalwangi, Desa Adat Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

    Dari atas tebing, selain melihat keindahan pantai, pengunjung juga bisa menyaksikan deburan ombak keras yang menghampiri bibir pantai menuju celah kecil menuju daratan yang dihalangi karang. Pantai ini memiliki tebing yang jaraknya berdekatan dengan Hotel Ayana (sebelumnya Ritz Carlton).

    Yang paling disukai wisatawan di pantai ini adalah menikmati keheningan sambil duduk–duduk di balik karang atau bersantai di atas tebing. Panorama yang tersaji tidak berbeda dengan pantai yang ada di kawasan Uluwatu. Belum banyak wisatawan yang mengenal nama pantai ini dibandingkan dengan Uluwatu dan Pecatu.

    Untuk menuju pantai, dari atas bukit pengunjung cukup melewati jalan setapak berbentuk karang sebagai anak tangga sebelum akhirnya kaki anda bersentuhan langsung dengan butiran pasir. Karena masih alami, pengunjung disarankan berhati–hati agar sampai dengan aman ke pantai lantaran terjal. Di pantai ini, Hotel Ayana hanya berjarak sekitar 100 meter, di mana beberapa bagian dari fasilitas hotel cukup jelas dilihat dari kejauhan.

    Berkunjung pada sore hari sangat disarankan, karena selain dapat melihat matahari terbenam (sunset) juga bisa melihat aktifitas penduduk setempat memancing ikan atau menjaring ikan dengan alat yang sederhana.

    Ketika malam, dari pantai ini pemandangan akan leluasa melihat keindahan kawasan Tuban dan Kuta dengan lampunya yang indah di sepanjang pusat pariwisata. Tak ketinggalan, aktifitas penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai juga dapat disaksikan dengan melihat hilir mudik pesawat yang hendak lepas landas atau mendarat.

  • Anda dapat melihat panorama tebing tinggi dengan pepohonan hijau jika berada di pinggir tebing sebelum memasuki pantai Tegal Wangi. Hotel Ayana Resort juga terlihat dari tebing ini dan Rock Bar juga terlihat dari tempat ini.

    Pantai Tegal Wangi Bali masih dalam kategori pantai tersembunyi di Bali, jadi anda harus berjalan turun melewati jalan setapak dari batu kapur yang agak terjal sekitar dua puluh meteran untuk dapat menginjakan kaki di pasir pantai.

    Selain itu anda dapat melihat deburan ombak dengan air berwarna biru kehijauan dengan pasir putih yang sedikit kasar tapi nyaman di kaki. Jika ingin melihat sunset tanpa ada banyak orang disekitar anda, pantai Tegal Wangi tempatnya.

    ika mau kesini, lebih baik ke arah Ayana resort lebih dulu, dan setelah tiba di depan Ayana, ikuti papan petunjuk yang ada menuju ke pura Tegal wangi. Lokasi pantainya cukup tersembunyi, tetapi kondisi jalan sudah bagus.

    Dari atas tebing, kita bisa turun ke bawah melewati karang-karang. Harap berhati-hati jika ke pantai ini karena ombaknya besar dan perhatikan juga waktu pasang surutnya, terutama jika ingin berfoto di landmark goa.

    Landmark goa berada di ujung pantai, di bawah tebing-tebing, dan cara melewatinya hanya ada 2: naik turun melewati karang, atau berjalan di depan karang dan terkena ombak. Oiya saat saya kesana, tidak ada biaya masuk ataupun biaya parkir kendaraan di sini.