Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pacitan Jatim

Pantai Teleng Ria merupakan salah satu objek wisata populer yang ada di kota 1001 Goa, sebagai julukan kota Pacitan. Bagi Kalian yang sedang berlibur ke Pacitan, tentu sayang melewatkan objek wisata pantai ini. Pantai Teleng Ria, secara administratif, berada di Desa Teleng, tepatnya di Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya terletak tidak jauh dari kota Pacitan, dimana Anda cukup menempuh jarak sejauh 3 km untuk bisa menikmati keindahan Pantai teleng Ria.

Pantai ini juga termasuk ke dalam salah satu deretan pantai yang ada di bagian selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan arah Samudera Hindia. Pantai ini memiliki relief yang landai dengan luas mencapai 40 hektar dan memiliki panjang garis pantai hingga mencapai 2,5 km. Selain itu, tepat di sebelahnya terdapat sebuah pantai bernama pantai Tamperan. Keduanya terpisah oleh Sungai Teleng. Berbeda dengan Pantai Teleng Ria, Pantai Tamperan hanya fokus pada kegiatan perikanan saja. Inilah salah satu alasan kenapa para wisatawan wajib berwisata ke Pantai Teleng Ria.

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai

Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria

Lokasi Pantai Teleng Ria terletak di Desa Sidoharjo, tepatnya di Kecamatan Pacitan. Jaraknya sekitar 2,5 km dan waktu yang wajib ditempuh jika Kalian datang dari kota ialah sekitar 15-30 menit. Akses perjalanan ke pantai ini sangat mudah, apalagi dengan teknologi GPS seperti sekarang ini bisa langsung mengarahkan kalian supaya tidak tersesat. Dikarenakan telah dijadikan objek wisata unggulan, maka jalanan yang dilewati sangat bagus, kalian bisa memakai mobil pribadi maupun rombongan bus, selain itu juga telah tersedia tempat parkir yang cukup luas.

Di sepanjang jalan ke area pantai, kalian juga akan langsung disuguhi oleh pemandangan yang begitu indah. Di samping itu, jalanan berbukit dan berbelok-belok bisa membuat perjalanan lebih menyenangkan. Di jalan ke pantai pun Kalian akan menjumpai banyak penjual oleh-oleh Pacitan, seperti kerajinan, souvenir, dan sejumlah makanan khas.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kasap: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Untuk menempuh perjalanan ke pantai ini, masih belum tersedia transportasi umum. Maka dari itu, kalian harus menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan masih belum banyak orang yang berkunjung ke pantai ini, jadi akses transportasi masih kurang.

Jika dari kota Pacitan, Kalian bisa melalui 2 jalur yakni jalur menuju Pantai Pancer Door, setibanya di pertigaan gerbang masuk ke Pancer Door, kalian bisa ambil arah kanan lal silahkan mengikuti jalan utama terus. Perlu kalian ketahui, jalur tersebut hanya bisa digunakan untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 saja, sementara bus tidak diperkenankan lewat jalan ini karena jalanannya yang sempit.

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria

Fasilitas yang terdapat di wisata Pantai Teleng Ria, bisa dikatakan masih belum begitu lengkap. Akan tetapi, Kalian bisa menemukan beberapa fasilitas umum, seperti berikut :

  • Lahan Parkir Cukup Luas

Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil, kalian tak perlu khawatir soal parkir sebab di kawasan wisata Pantai Teleng Ria sudah tersedia area parkir cukup luas dan memadai.

  • Tempat Makan atau Warung

Bermain-main di kawasan pantai selama berjam-jam tentu saja membuat perut Kalian merasa lapar. Kalian tak perlu khawatir jika lupa menyiapkan bekal atau tak ada waktu mempersiapkan bekal. Sebab di sekitar pantai terdapat warung-warung dari penduduk setempat yang menjual aneka minuman dan makanan yang harganya terjangkau.

  • Tempat Penginapan

Di area sekitar pantai, ada beberapa tempat penginapan yang dapat menyesuaikan budget.

  • Toilet Umum

Merupakan fasilitas terpenting yang sudah disediakan, sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi mencari toilet umum di luar pantai.

  • Gazebo

Dengan pembangunan gazebo-gazebo di sekitar pantai, kalian bisa bersantai sembari duduk dan menikmati pemandangan alam air laut dan pasir putih yang indah.

Adapun aktivitas wisata Pantai Teleng Ria yang bisa kalian nikmati, ialah sebagai berikut :

  1. Spot Diving, Surfing, dan Renang

Biru laut dan ombak di pantai Teleng Ria yang cukup besar ini sangat ideal untuk diving, surfing, dan berenang, sehingga wajar jika ada banyak turis-turis mancanegara yang berkunjung ke pantai ini. Selain itu, ombak besar di pantai ini tergolong aman sebab karakter ombaknya tidak menyeret sesampainya di bibir pantai.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Srau: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Bagi para pengunjung yang tak membawa peralatan surfing, kalian tak perlu khawatir sebab pihak pengelola telah menyediakan peralatan diving, surfing, dan snorkeling untuk disewa dan harga sewanya sekitar Rp. 55 ribu sampai Rp. 70 ribu per orang.

  1. Hutan Cemara

Rimbunan pohon di Pantai Teleng Ria sebenarnya bukan pohon yang berderet dan mengitari area bibir pantai tapi benar-benar menyajikan hutan eksotis dengan pohon-pohon cemara berbagai bentuk. Pasalnya hutan cemara tersebut tumbuh dan terbentuk secara alami, sehingga memungkinkan berguna sebagai benteng untuk menangkal abrasi.

  1. Gunung Limo

Kehadiran Gunung Limo yang mengapit pantai ini tentu menjadi salah satu daya tarik Pantai Teleng Ria, dan terlihat persis seperti huruf U jika dilihat secara geografis. Para wisatawan yang gemar hal-hal yang menantang dan ekstrim disarankan bisa menjangkau kawasan puncak gunung dengan ketinggian landai dan tak terlalu ekstrim.

Setibanya di puncak gunung, Kalian akan merasakan suasana yang berbeda saat angin berhembus yang menyejukkan. Dari bagian atas juga bisa dilihat bentuk gunung mengapit pantai dan ditengah-tengahnya jelas terlihat seperti huruf U, sekaligus memperlihatkan jika posisi pantai ini memang tampak landau.

Event di Pantai Tiap Tahun

Sebenarnya tidak ada event-event tertentu yang rutin dilakukan oleh masyarakat setempat di pantai ini. Setiap tahunnya pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal, domestik, hingga wisatawan mancanegara. Namun untuk kawasan wisata Teleng Ria sendiri biasanya kerap dijadikan tempat even-even menarik, seperti latihan Pacuan Kuda yang belum lama ini dilakukan.

Selain itu, untuk tradisi tahunan yang dilakukan masyarakat setempat seperti upacara Ceprotan yang dilakukan tiap bulan Longkang atau Selo, dan dilakukan setahun sekali tiap Senin Kliwon. Selain itu, prosesi upacara Ceprotan ini biasanya berlangsung hingga 2 jam dari jam 2 sore sampai jam 4 sore hari. Tradisi upacara Ceprotan sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat Pacitan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Watu Karung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Peak Season di Pantai

Jika kalian ingin pergi berwisata ke Pantai Teleng Ria, tentu harus tahu waktu-waktu yang disarankan. Salah satunya adalah Peak Season di Pantai Teleng Ria. Peak Season atau waktu-waktu ramai yang biasa dikunjungi wisatawan biasanya pada saat hari libur Nasional, seperti hari Raya Idul Fitri, hari Natal, dan Tahun Baru. Pada waktu-waktu tersebut, akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Teleng Ria untuk memanfaatkan waktu liburan berkunjung ke pantai eksotis di Pacitan.

Jadi, untuk menikmati liburan di pantai ini saat musim liburan, Kalian harus datang lebih awal atau memesan tiket jauh-jauh hari. Selain itu, jika ingin menikmati liburan yang tenang dan tetap menyenangkan, sebaiknya pergi ke pantai ini di waktu-waktu sibuk, seperti hari kerja atau weekend biasa.

Peringatan Bahaya

Peringatan bahaya pergi ke pantai Teleng Ria atau pantai-pantai lainnya sama saja. Kalian tidak dianjurkan pergi ke pantai atau berenang di saat-saat ombak sedang pasang atau terjadinya angin badai. Karena pada waktu-waktu tersebut bisa membahayakan wisatawan. Maka dari itu, agar liburan lebih nyaman, dan aman tanpa ada hal apapun, Kalian harus mengetahui waktu yang tepat pergi ke pantai dan waktu-waktu yang dilarang. Seperti waktu-waktu terjadinya ombak pasang tinggi, biasanya terjadi pada bulan purnama dan berlangsung pada tanggal 14-15 di setiap bulannya.

Selain waktu-waktu tersebut, Kalian juga harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pihak pengelola pantai. Seperti aturan-aturan untuk menjauhi area-area yang dilarang untuk berenang atau tidak merusak ekosistem pantai.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Teleng Ria Pacitan adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Kota 1001 Goa, demikian julukan untuk kota Pacitan. Sungguh disayangkan jika Anda sampai melewatkan objek wisata pantai ini tatkala berada di Pacitan. Tidak hanya mendapati suguhan lanskap pantai yang indah jika dipandang dari perbukitan, pantai Teleng Ria Pacitan ini juga menjadi salah satu tempat bagi para peselancar pemula untuk belajar mengarungi ombak Samudera Hindia.

    Secara administratif, Pantai Teleng Ria Pacitan terletak di Desa Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan. Letaknya sungguh dekat dari pusat kota Pacitan, Anda hanya perlu menempuh jarak perjalanan sejauh 3 km saja untuk dapat tiba di pantai Pacitan yang satu ini. Pantai Teleng Ria adalah juga salah satu dalam deretan pantai di selatan Pulau Jawa yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.

    Pantai dengan relief yang relatif landai ini memiliki luas sekitar 40 hektar dengan panjang garis pantai mencapai hingga 2.5 km. Ada sebuah pantai lain yang letaknya bersebelahan dengan pantai Teleng Ria, yaitu pantai Tamperan. Antara keduanya dipisahkan oleh sungai Teleng. Pantai Tamperan ini hanya berfokus pada aktivitas perikanan semata.

    Inilah sebab Anda dapat menjumpai pelabuhan perikanan di sana. Melimpahnya hasil perikanan di pantai Tamperan adalah juga salah satu hal yang menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Pantai Teleng Ria.

    Jika Anda senang bermain air di tepian pantai hingga berenang di pantai ini, Anda disarankkan untuk berhati-hati mengingat ombak yang tak dapat diduga, meskipun ombak di pantai ini tergolong tidaklah besar. Tetapi jika ombak sudah dianggap cukup besar, biasanya petugas pantai akan meniupkan peluit untuk memperingatkan wisatawan. Pada waktu-waktu tertentu, pantai Teleng Ria juga dapat memiliki ombak yang tinggi dan tentu saja Anda akan dilarang untuk aktivitas berenang di pantai tersebut.

    Satu hal lain yang menarik di pantai Teleng Ria Pacitan ini adalah menyaksikan lanskap pantai dari perbukitan. Pantai ini memang dikelilingi oleh dua perbukitan. Kombinasi kontur pantai dan pegunungan memang menciptakan pemandangan yang terbilang unik. Dari atas bukit, Anda dapat melihat palung-palung laut membentuk tiga garis lurus berada di tengah laut.

  • Pantai unggulan kota pacitan,, sangat dekat dengan pusat kota, akses sangat mudah sekali. Hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit untuk dapat tiba di pantai Teleng Ria ini.

    Jika Anda memulai perjalanan dari kota Jogjakarta, maka waktu tempuh perjalanan adalah sekitar 2.5 jam dengan menyusuri jalan di jalur selatan Pulau Jawa melalui Wonosari. Jika Anda dari Solo, perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui kota Wonogiri untuk dapat tiba di Pacitan. Sementara bila dari Anda dari kota Surabaya, waktu perjalanan yang dibutuhkan mencapai hingga 6 jam dengan melewati beberapa kota, di antaranya adalah Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun – Ponorogo.

    Pasirnya berwarna hitam dan tergolong landai, tapi tetep hati hati karena ombak besar, disekitar pantai banyak warung yang berjualan hasil olahan ikan laut, terutama ikan tuna, untuk tiket masuk Rp. 15.000,- tak kalah indah dibandingkan pantai pantai cantik lainya di pacitan.

    Pantai Teleng Ria, lokasi di Pacitan JawaTimur salah satu tempat rekreasi keluarga yang sering dikunjungi wisatawan local maupun manca negara. Pasir yang masih terbilang bersih, dengan pemandangan alam yang mempesona disaat pagi hari.

    Beberapa semenanjung menjorok ke Samudra Hindia menjadi sasaran objek untuk dilihat berlama lama. Jauh dari kesan hiruk pikuk kota besar. Disini hanya terdengar suara ombak yang menderu deru.

    Pantainya biasa tapi daya tariknya.kita.bisa sekaligus.kuliner ikan laut.mantab