Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

Di Jawa Timur terdapat kawasan konservasi Hutan Bakau yang meliputi beberapa pantai dalam satu garis pantai yang sama. Sehingga dengan demikian Anda bahkan bisa berjalan kaki menyusuri garis pantai itu untuk bisa menuju ke pantai-pantai yang lainnya. Kawasan konservasi hutan bakau di sana sangat dijaga dengan ketat karena pemerintah benar-benar ingin menjaga keadaan alam di sekitar sana. Salah satu dari beberapa pantai yang ada di sana adalah pantai Tiga Warna. Dinamakan demikian bukan tanpa alasan sebab pantai ini pada hari yang cerah memang benar-benar menampakkan tiga warna yang berbeda dari air lautnya. Jika Anda beruntung maka Anda bisa melihat warna biru, hijau dan bahkan warna merah muda pada air laut di pantai Tiga Warna. Karena dijaga dengan ketat bahkan setiap harinya terdapat batasan kunjungan yang bisa dilakukan, setidaknya hanya 100 sampai 200 orang yang bisa mengunjungi pantai tersebut dalam satu hari, itu pun batasan waktu untuk setiap orangnya hanya 2 jam.

Lokasi Dan Cara Menuju Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna

Dengan adanya peraturan seperti itu pasti membuat Anda penasaran dengan keindahan yang ada di sana dan ingin sekali mengunjungi pantai tersebut. Pantai ini berada di Desa Tambakrejo yang ada di Β Kecamatan Sumbermanjing di Kabupaten Malang. Apabila Anda datang dari kota Malang menuju ke pantai Tiga Warna ini maka Anda akan menempuh jarak sejauh 72 km. Jarak itu bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam jika jalanannya lancar dan tidak mengalami kendala di perjalanan. Akan lebih nyaman bagi Anda jika kesana menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor atau mobil. Jika Anda bersama dengan beberapa orang maka tentunya menggunakan mobil terasa lebih nyaman namun sekitar jarak 1 km sebelum sampai di pintu masuk ke pantai Tiga Warna maka mobil harus ditinggalkan di tempat parkir, karena jalan menuju ke pintu pantai Tiga Warna ini termasuk sempit untuk dilalui mobil.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Licin: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ampelgading, Malang Jatim

Sehingga Anda harus berjalan, namun jika Anda menggunakan motor, Anda tetap bisa menggunakannya sampai pintu masuk. Sebelum sampai di kawasan Pantai Tiga Warna ini rute awalnya Anda akan menemukan kawasan Pantai Sendang Biru terlebih dulu. Ingat, sebaiknya Anda membawa sedikit barang sebab semua barang akan diperiksa di pintu masuk. Jika Anda membawa tissue, makanan kemasan atau botol minuman, maka nantinya saat Anda pulang Anda harus membawa kembali semua sampah sisanya keluar dan tidak boleh meninggalkannya di pantai. Seperti itulah ketatnya peraturan di pantai itu.

Aktivitas Dan Fasilitas Pantai Tiga Warna

Dengan kata lain, saat Anda berada di dalam pantai Tiga Warna itu Anda sama sekali dilarang membuang sampah, coba bayangkan betapa bersihnya pantai Tiga Warna karena peraturan itu. Memang tujuan konservasi alam di sana memang benar-benar murni untuk melestarikan alam di sekitarnya. Untuk aktivitas di sana, sebagai pantai yang tujuan utamanya tidak dibuka untuk rekreasi maka ada beberapa aktivitas menarik namun terbatas jumlahnya yang bisa Anda lakukan di sana, karena memang sama sekali tidak boleh ada aktivitas yang bisa merusak keadaan alam di sana. Mengingat betapa bersihnya pantai itu maka tidak perlu diragukan lagi bahwa keadaan kehidupan bawah lautnya sangatlah bersih karena tidak terkontaminasi dengan sampah apapun

Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna

Oleh karena itu aktivitas wajib yang bisa Anda lakukan di sana tentu adalah snorkeling. Di sana Anda juga bisa menemukan penyewaan alat snorkeling sehingga Anda bisa terbantu untuk melakukan kegiatan tersebut. Anda pastinya akan merasa takjub dengan pemandangan kehidupan bawah laut yang ada di pantai Tiga Warna, dengan airnya yang jernih sudah pasti Anda bisa melihat semua terumbu karang dan ikan-ikan di dalamnya dengan lebih jelas. Selain itu, Anda juga bisa berenang di sekitar pantai. Atau sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan pantai. Seperti yang sudah disebutkan bahwa jika Anda berjalan kaki menyusuri garis pantai, maka Anda bisa sampai ke pantai lain di sebelah pantai Tiga Warna. Tak lupa Anda harus berfoto ria mengabadikan keindahan pemandangan yang ada di sana.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Kondang Merak: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Bantur, Malang Jatim

Fasilitas penunjang rekreasi sangatlah minim di pantai Tiga Warna, saat berada di dalam kawasan pantai Tiga Warna ini maka Anda hanya akan menemukan tempat penyewaan pelampung serta alat snorkeling saja. Sedangkan warung makanan sama sekali tidak ada. Bahkan karena ketatnya aturan di sana, ada beberapa pengunjung yang sengaja sudah makan lebih dulu sebelum masuk karena takut akan mengotori pantai tersebut.

Tentunya lahan parkir disediakan untuk Anda yang membawa motor sampai ke depan pintu masuk. Selain itu ada lahan parkir yang disediakan untuk mobil yang jaraknya sekitar 1 km dari pintu masuk. Meski begitu minimnya fasilitas di pantai Tiga Warna itu tidak membuat pengunjung mengurungkan niatnya untuk berwisata ke sana, dengan jumlah pengunjung yang dibatasi, aturan yang ketat serta tidak banyaknya fasilitas di dalamnya, tentunya saat berada di sana Anda bisa merasakan syahdunya pemandangan di sana seolah-olah menjadi milik Anda pribadi. Pantai ini dibuka mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 16.00 di sore harinya, pintu masuknya selalu dijaga oleh petugas sehingga Anda tidak bisa macam-macam dan harus mengikuti peraturan yang ada di sana agar bisa tetap menikmati pemandangan indah di pantai Tiga Warna.

Event Tahunan Di Pantai Tiga Warna

Sebagai tempat konservasi hutan bakau yang tertutup untuk banyak orang maka Anda tentunya tidak bisa sembarang masuk ke kawasan itu, bahkan pengunjung yang datang ke sana adalah pengunjung-pengunjung yang sudah mereservasi kedatangannya terlebih dulu. Bahkan jumlah pengunjungnya dibatasi.

Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa sama sekali tidak ada event tahunan yang diadakan di pantai Tiga Warna karena pantai ini bukan diperuntukkan sebagai pantai wisata yang gunanya untuk menarik wisatawan. Kawasan itu benar-benar ditujukan sebagai tempat pelestarian alam yang diharapkan bisa memberikan dampak yang baik di masa depan. Seperti yang Anda ketahui juga bahwa banyak pantai-pantai di Indonesia yang mulai tercemar karena wisatawan yang mengunjunginya sering membuang sampah sembarangan sehingga merusak keadaan di dalam laut. Untuk itulah peraturan di pantai Tiga Warna ini sangat ketat agar tujuan untuk melestarikan alam benar-benar bisa diwujudkan. Meski tidak ada event tahunan yang ada di sana namun banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk datang ke sana dan menikmati keindahan wisata pantai Tiga Warna.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sendang Biru: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

Peak Season Di Pantai Tiga Warna

Sama seperti pembahasan sebelumnya, maka waktu-waktu ramainya pantai ini tepatnya tidak ada waktu khususnya. Pengunjung yang datang ke sana dibatasi setiap harinya. Namun bisa dikatakan terjadi kelebihan kapasitas pengunjung yang ingin melakukan reservasi kunjungan ke pantai Tiga Warna setiap masa liburan datang dan setiap akhir pekan. Selain waktu-waktu itu maka pantai Tiga Warna tetap sepi dan tidak begitu banyak pengunjungnya terutama pada hari-hari kerja. Namun jika Anda benar-benar ingin merasakan ketenangan maka berkunjung pada hari-hari kerja bisa menjadi pilihan Anda. Karena pada hari itu jumlah kunjungannya lebih sedikit daripada hari libur. Meski demikian waktu kunjungan tetap dibatasi paling lama 2 jam.

Peringatan Bahaya pantai Tiga Warna

Ombak di pantai Tiga Warna itu tidak begitu besar namun karena pantai itu selalu sepi, Anda harus selalu waspada jika berenang di sana, sebab apabila ada masalah tidak banyak orang yang ada di sana yang bisa menolong Anda, maka dari itu Anda sebaiknya selalu berhati-hati dan jangan terlalu berenang ke tengah laut karena bisa berbahaya. Petugas penjaga penyewaan pelampung dan alat snorkeling tentunya sibuk dengan pengunjung yang hendak menggunakan pelampung dan alat snorkelingnya sehingga tidak bisa mengurusi semua pengunjung yang datang. Namun Anda pastinya tetap bisa bersenang-senang di pantai Tiga Warna tersebut, asalkan Anda juga mematuhi segala peraturan yang ada di pantai Tiga Warna.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai yg sangat alami, perlu usaha keras utk sampe disana. Disini harus reservasi dlu ya.. krn maximal 1hr hanya boleh 100 pengunjung dan tiap hr Kamis tutup. Dr parkiran mobil, naik ojek ke pos 1 10rb/kepala.

    Tiket masuk 10rb/orang. Guide 100rb utk maximal 10 pengunjung. Tanpa guide tdk boleh ke pantai 3 warna, hanya boleh ke pantai clungup dan pantai gatra. Ke Pantai 3 warna dr pos 1, jalan 200mtr ke pos 2, perbekalan mamin dicek satu persatu, pulang harus sama, dilarang buang bingkus mamin, jika kurang denda per bungkus 100rb, Jalan kaki dr pos 2 1jam, jalan setapak dan wajib pakai guide krn jalannya banyak bercabang dan tidak ada petunjuk arahnya.

    Di pantai 3 warna bisa snorkling dg biaya sewa 20rb(snorkel, jaket pelampung), bisa liat terumbu karang yg sangat indah. Batas waktu di pantai 3 warna hanya 2 jam, abis itu silahkan ke Pantai Gatra diantar guide dan bisa sepuasnya. Jangan lupa pakai lotion anti nyamuk, krn waktu jalan lewat hutan mangrove, nyamuknya banyak banget..

    Salut buat CMC (Clungup Mangrove Concervation) puas banget dengan keindahan dan alaminya pantai konservasi ini. Oh iya.. klo bilas abis main air di Pantai 3 warna dilarang pakai sabun/shampoo ya.. krn bisa merusak ekosistem yg ada.

  • Nice banget pantainya.
    Kaga usah jauh-jauh lah ke raja Ampat Papua kalau budget minim.
    Sini aja ke Pantai tiga warna udah cukup mengobati kekurangan vitamin sea πŸ™‚
    .
    Akses sampai ke pantai ngga bisa langsung pake kendaraan ya πŸ™‚ mobil atau motor dititip di pos. Dan kalian harus tracking +- Β½ Jam an baru bisa sampe pantai.
    .
    Pantai tiga warna ini termasuk pantai yang sangat dijaga ya gaes πŸ™‚ ,maklumlah ini masuk ke wilayah konservasi jadi kalian kalau mau kesini bakalan dibatasi. Kalau ngga salah tiap hari cuma boleh 70 -100 an pengunjung deh yang boleh masuk ke wilayah pantai.

    Oh ya kalian juga harus sewa tour guide dari mereka, soalnya emang ngga boleh sembarangan kalian juga bakalan dipandu tracking sampe ke bibir pantai tiga warna.
    .
    Barang barang kalian juga dibatasi ya πŸ™‚
    Jumlah plastik yang kalian bawa harus seminimal mungkin, kalau bisa jadiin satu aja tuh makanannya. Semua barang bawaan kalian juga didata ya gaes πŸ™‚ , jadi bisa ketahuan tuh kalau kalian buat botol aq*a atau merk lainnya , atau bungkus kripik Qt*la hehe. Intinya jumlah barang yang kalian bawa masuk harus jumlah barang itu pula yang kalian bawa balik buat keluar.
    .
    Oh ya apa aja sih bang didalamnya?
    Ya pastinya ada pantai lah ya , ada aer lautnya πŸ™‚
    Kalian bisa snorkeling an disana ya. Tapi ngga semua waktu ya.
    Kalau lagi hoki, ombaknya ngga terlalu gede dan guide nya bakalan ngebolehin kalian buat nyelem tuh disana.

    Alatnya bisa disewa di TKP ya , atau kalian bawa sendiri aja alatnya dari rumah (*kalau punya juga sih). Saya dulu pinjem dari temen anak fakultas kelautan jadinya ngga usah sewa. Yah gimana ya, namanya juga mahasiswa πŸ™‚
    .
    Oh ya jaga diri baek baek ya kalau udah nyeburin diri ke pantai nya. Terutama pas snorkeling ati-ati kakinya jangan sembarangan nginjek terumbu karang ya gaes πŸ™‚ , kasihan. Soalnya dia lama banget tumbuh dan berkembangnya πŸ™
    Ikan ikannya juga jangan ditangkep ya , meski kalian suka banget tapi gimana ya, yaudah diliatin aja!. Ngga usah dibawa balik

    Atau solusi nya bisa tuh kalian Selfi bareng ikan dan kawan-kawan nya pake GoPr* Underwater. Kalau budget minim bisa juga hp kalian kasih plastik bening πŸ˜€ lumayanlah bisa capture ngesave langsung di hp πŸ™‚
    .
    Selamat menikmati fasilitas dari Allah πŸ™‚
    Jangan lupa tetap sholat ya dan jangan merusak