Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Badung Bali

Bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai tetapi tidak ingin memilih pantai yang terlalu mainstream dan sudah ramai, pantai Uluwatu dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan letaknya yang sedikit tersembunyi, pantai ini menjadi salah satu pantai tenang untuk merefresh pikiran.

Tentang pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu
Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu menjadi salah satu pantai di pulau Bali yang untuk menjangkaunya Anda perlu mengeluarkan usaha lebih. Tak seperti pantai – pantai di Bali pada umumnya, pantai Uluwatu memiliki letak yang lebih tersembunyi. Tetapi saat Anda sampai di pantai ini, Anda tidak akan menyesal karena pantai ini memiliki pemandangan yang memukau. Apalagi saat Anda datang di sore hari menjelang matahari terbenam, Anda akan disuguhkan pemandangan sunset yang indah dari pantai ini. Tak hanya wisata pantai, Anda pun dapat menikmati keragaman budaya lokal yang dapat Anda nikmati lebih dekat dengan mengunjungi Pura Luhur Uluwatu yang berada di atas salah satu tebing tak jauh dari pantai berpasir putih ini.

Cara menjangkau pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu ini memiliki lokasi tepatnya di desa Pecatu, Kuta Selatan. Anda dapat mencapai pantai ini setelah berkendara sekitar 35 – 40 menit dari Bandara Ngurah Rai. Pantai Uluwatu memiliki lokasi yang sedikit berbeda dengan pantai – pantai lain di Bali yang umumnya dapat dijangkau dengan mudah karena letaknya ada di pinggir jalan raya. Untuk dapat menjangkau pantai Uluwatu, Anda perlu perjuangan yang lebih. Dari pantai Kuta, Anda perlu berkendara ke arah selatan sekitar 25 km. Kendaraan yang disarankan untuk Anda gunakan saat menuju pantai ini adalah sepeda motor. Dengan berkendara menggunakan sepeda motor, Anda lebih leluasa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan dan dapat sesekali berhenti untuk mengambil foto.

Saat Anda sampai di area pantai Uluwatu, Anda perlu memarkir kendaraan di lapangan parkir pantai dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni tangga. Anda perlu menuruni tangga sepanjang 200 meter sebelum dapat menikmati keindahan pantai ini. Saat hampir sampai Anda akan melewati anak tangga lain yang ukurannya lebih sempit yang lebih mirip terowongan alami. Tetapi setelah usaha keras melewati banyak anak tangga, kelelahan Anda akan segera terbayar setelah mengetahui betapa cantiknya pantai ini. Sejauh mata memandang Anda akan dimanjakan dengan laut berwarna biru dan hamparan pasir putih.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Melasti: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Badung Bali

Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai Uluwatu

Meskipun pantai ini tak terlalu banyak direkomendasikan sebagai tempat wisata keluarga, nyatanya pantai ini memiliki berbagai pesona lain yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ada berbagai aktivitas menarik uang dapat Anda lakukan di sini. Selain dapat puas bermain pasir dan air laut, Anda juga dapat puas berfoto – foto di sekitar pantai yang dikelilingi tebing besar dan karang – karang yang tersebar di sepanjang sisi pantai. Bagi Anda yang gemar berselancar, pantai Uluwatu menjadi lokasi yang tepat. Ombak besar yang ada di pantai Uluwatu inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan asing yang gemar berselancar. Itu sebabnya mengapa di pantai ini pengunjungnya justru lebih banyak adalah turis – turis asing daripada pengunjung / wisatawan lokal.

Pantai Uluwatu
Pantai Uluwatu

Bila Anda tak menyukai olahraga surfing, Anda pun dapat duduk – duduk di atas tebing batu karang dan bersantai di sana sambil menikmati pemandangan. Dari atas tebing karang ini Anda bisa mendapat pemandangan pantai Uluwatu dan sekitar yang lebih terlihat menakjubkan. Bila beruntung, Anda pun dapat melihat kura – kura yang berenang melintas di sekitar pantai. Saat menjelang petang, Anda akan disuguhi pemandangan sunset yang tak kalah menawan dari sunset di pantai Kuta dan pantai lainnya. Suasana sekitar yang tenang dan tak terlalu banyak pengunjung juga dapat menjadi pilihan wisata pantai bagi Anda yang tak terlalu menikmati keramaian.

Tak hanya menikmati keindahan pantai, saat berada di sini Anda pun dapat sekaligus melakukan wisata budaya dengan mengunjungi Pura Uluwatu. Pura ini terletak di ujung salah satu bukit karang di atas pantai Uluwatu. Pura yang telah didirikan sejak abad 11 ini terkenal sebagai Pura Sad Kayangan atau penyangga 9 arah mata angin. Pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam area pura ini setelah berganti baju dengan kain panjang dan mengenakan sabuk khas Bali. Saat sampai di Pura Uluwatu, sempatkan untuk berjalan hingga ke ujung Pura. Di sana Anda akan melihat pemandangan pantai dan laut lepas yang sangat indah dari ketinggian sekitar 97 meter. Dari sini merupakan titik yang cukup ideal bagi Anda untuk menikmati pemandangan pantai Uluwatu secara keseluruhan. Di sekitar Pura Uluwatu ada cukup banyak monyet – monyet yang berkeliaran bebas yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai pasukan kera penunggu Pura Uluwatu. Menarik, ya? Di area pantai pun telah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, dan ada beberapa warung. Jadi Anda yang telah puas bermain air atau bersantai di atas pasir putih pun tak perlu khawatir kesulitan mencari tempat untuk membersihkan diri.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Tegal Wangi: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Kuta Selatan, Bali

Event menarik yang ada di pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu memang terkenal sebagai salah satu spot surfing terbaik karena memiliki ombak yang cukup besar. Itu sebabnya banyak wisatawan asing yang datang ke sini setiap harinya untuk menjajal ombak pantai Uluwatu. Meski tak ada event tertentu yang digelar di pantai ini, tetapi area sekitar pantai Uluwatu tepatnya di area Pura Luhur Uluwatu setiap harinya menggelar pertunjukan Tari Kecak. Biasanya pertunjukan tari ini dimulai sekitar pukul 18.00 WITA. Bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal hingga mancanegara tentu sangat antusias, apalagi pertunjukan khas Bali ini tentunya hanya dapat dinikmati di tempat – tempat dan momen tertentu saja. Bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu ini biasanya dikenakan biaya sekitar 100 ribu per orang. Bila tak ingin kehabisan tiket, Anda pun dapat memesannya terlebih dahulu sebelum datang ke sini sehingga dapat menikmati pertunjukan ini dengan tenang tanpa ada drama kehabisan tiket.

Peak season di pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu selalu memiliki pengunjung di sepanjang tahun, baik pengunjung dari negara sendiri maupun turis asing. Tetapi pantai Uluwatu relatif lebih padat pada saat hari libur dan akhir pekan. Seperti yang kita semua ketahui, Bali selalu menjadi pilihan liburan bagi banyak orang. Mulai padatnya pengunjung pantai Uluwatu dapat terlihat dari antrian naik turun tangga, di mana di beberapa anak tangga yang berukuran kecil Anda diharuskan naik dan turun secara bergantian. Hal inilah yang membuat antrian pengunjung menjadi semakin panjang. Bila Anda tak ingin mengunjungi pantai saat ramai, Anda dapat memilih berkunjung saat hari biasa (weekday).

Pantai lain dekat sini:  Pantai Lovina: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Buleleng, Bali

Yang harus diperhatikan saat ada di pantai ini

Hal yang perlu Anda perhatikan bila memutuskan pergi ke pantai Uluwatu adalah masalah stamina. Lokasinya yang mengharuskan Anda berjalan kaki menuruni tangga mungkin dapat menyebabkan Anda kelelahan. Selain itu bagi Anda yang membawa anak – anak perlu berhati – hati karena pantai ini merupakan pantai dengan ombak yang cukup besar. Jadi jangan biarkan anak Anda bermain di pantai tanpa pengawasan, ya. Selain itu bagi Anda yang mampir berkunjung ke Pura Uluwatu, sebaiknya tak perlu membawa banyak barang bawaan, karena monyet di sini cukup jahil dan seringkali mengambil barang – barang milik pengunjung.

Mantai Team

2 comments

  • Cari pantai yang asik memang banyak di sekitar Uluwatu, tapi pantai suluban Uluwatu punya keunikan tersendiri. Pantai Suluban atau para turis mnyebut Blue Point Beach adalah pantai indah yang tersembunyi dibalik batu-batu karang yang besar, sebuah ciri khas yang menempel pada pantai-pantai di Uluwatu. Pantai yang lokasinya tidak jauh dari pantai Padang Padang ini memiliki karakteristik pantai yang indah dan unik.

    Menikmati sunset di Suluban rasanya tidak akan cukup hanya dengan berjalan di tepi pantai ini saja. Pantai Suluban merupakan salah satu objek wisata yang menjadi primadona dikalangan para peselancar, karena gelombang laut dipantai ini cukup menantang. Jika cuaca cerah, hampir setiap hari ada saja peselancar yang bermain-main diatas papan selancar.

    Pasir putih yang menawan dikelilingi oleh batu karang yang menjulang tinggi menjadi magnet menuju ke pantai ini.

    Asal kata Suluban diambil dari kata mesulub dalam bahasa Bali. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai harus memasuki celah-celah tebing yang tergolong sempit dan harus “mesulub” atau jalan menunduk untuk menjangkau pantai, maka pantai ini diberi nama Suluban.

    Perjalanan dari Ngurah Rai kurang lebih sejauh 70 km, dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam, beberapa titik akan ditemui kemacetan, tapi perjalanan menggunakan kendaraan dan jalan kaki terjal dari tempat parkiran akan terbayar dengan keindahan yang diberikan begitu tiba di mulut karang sebelum menginjakkan kaki di pantai.

    Ombak konstan yang tinggi di Suluban membuat Pantai Suluban sangat digemari oleh para wisatawan mancanegara yang hobi berselancar. Tidak heran jika anda mengunjungi pantai ini, anda akan menemukan sedikit wisatawan lokal, pantai ini belum banyak dikenal wisatawan lokal dibandingkan pantai lainnya seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa atau Pantai Dreamland

  • Letak pantai sangat tersembunyi tertutup oleh karang yang besar, sehingga tidak terlalu banyak pengunjung lokal, hanya banyak tourist mancanegara yang surfing. Harus menuruni banyak anak tangga, gratis tiket masuk untuk wisatawan lokal.

    Sepanjang jalan menuju pantai banyak penjual yang menjual kerajinan tangan khas bali. Banyak pepohonan besar dan seringkali mendengar suara monyet. Tidak disarankan untuk pengunjung yang mengidap penyakit asma, karena perjalanan pulang harus menaiki ratusan anak tangga.

    Seperti pantai yang bersembunyi di kawasan Bali selatan ini, Pantai Uluwatu. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Blue Point, yang tak lain merupakan julukan dari turis Australia. Untuk mencapai pantai, Anda harus menuruni anak tangga yang sempit. Namun percayalah, pemandangan laut yang disajikan tidak akan mengecewakan.

    Anda hanya dikenakan biaya parkir sekitar Rp2.000,00-Rp5.000,00. Di pantai ini, Anda tidak akan menemukan banyak wisatawan domestik. Sebagian besar wisatawan yang datang akan berselancar atau berjemur.

    Perlu anda ketahui, bali adalah surga dunia yang perlu anda nikmati. Jika sekarang anda berada di Bali, beruntunglah anda, selamat menikmati Bali