Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Pringkuku, Pacitan Jatim

Indonesia kini telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan mancanegara terutama bagi mereka yang menggemari dunia olahraga alam dan mencintai keindahan alam yang masih asri. Hal ini terlihat jelas jika setiap tahunnya kunjungan wisatawan asing ke indonesia terus meningkat. Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga negara maritim, jadi tak heran jika di Indonesia terdapat begitu banyak destinasi wisata pantai dengan kemolekan dan keindahannya yang begitu menggoda. Salah satu Pantai cantik yang keberadaannya belum terlalu terekspos di kalangan wisatawan luar adalah Pantai Watu Karung.

Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung

Pantai ini merupakan sebuah pantai di kawasan Pacitan yang terkena dengan bongkahan batu karangnya yang eksotis. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan batu karang yang ditumbuhi hutan sabana yang begitu hijau. Keindahannya akan semakin nyata tatkala anda melihat hamparan pasir putih yang lembut di sepanjang bibir pantainya dan juga air laut yang begitu jernih. Berkunjung ke pantai ini anda akan merasakan mengunjungi pantai di sebuah pulau terpencil, karena memang keindahannya masih sangat alami dan tidak ramai pengunjung.

Pantai Watu Karung ini menjadi salah satu gugusan pantai yang indah di kota Pacitan. Terlebih letaknya yang tersembunyi membuat hanya sedikit orang yang mengetahui keindahannya. Hanya mereka yang benar-benar pecinta alam yang menyukai tantangan saja yang berhasil menjamah dan merasakan kemolekan menggoda dari pantai ini.

Cara menjangkau pantai

Pantai Watu Karung berlokasikan di daerah Prikuku tepatnya di Desa Limasan, Kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur. Rute perjalanannya dapat anda mulai dari Jawa Barat dan Jakarta dengan melewati Gunung Kidul Yogyakarta. Kemudian melewati Kota Solo dan selanjutnya mengambil jalan pintas di Desa sedeng untuk sampai ke Pusat Kota Pacitan. Dari pusat kota Pacitan anda dapat mengikuti petunjuk awal yang ada 40 km menuju wilayah Pringkuku. Akses jalan dari kota Pacitan ke menuju ke Pantai Watu Karung cukup menantang karena anda harus melewati tanjakan-tanjakan yang curam.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Klayar: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Donorojo, Pacitan Jatim

Meski demikian pemandangan sepanjang jalan akan membuat anda terlena, karena anda dapat menikmati perkebunan yang hijau dengan udara yang sejuk. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi pantai Watu Karung, baik mobil maupun sepeda motor, karena memang dari pusat kota Pacitan hingga ke pantai tidak tersedia kendaraan umum. Jika dilihat dari akses jalannya, lokasi wisata pantai Watu Karung ini sangat cocok bagi para pelancong yang suka akan tantangan.

Avtivitas menarik di sekitaran pantai

Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung

Mengunjungi pantai Watu Karung anda bisa menikmati keindahan pantai yang begitu eksotis. Ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat anda lakukan di kawasan ini selain dengan hanya menikmati keindahan pantainya, diantaranya saat berkunjung ke kawasan ini anda tak hanya dapat berenang biasa, namun anda juga dapat melakukan kegiatan snorkeling maupun diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Untuk peralatannya anda harus menyediakan sendiri karena memang dikawasan ini belum tersedianya tempat penyewaan. Berenang di kawasan ini terbilang cukup aman, karena meskipun ombaknya besar namun tidak menyeret ketika sudah di bibir pantai.

Tempat ini juga  menjadi salah salah satu surga bagi pecinta surfing. Hal ini dikarenakan pantai Watu Karung memiliki ombak yang sangat luar biasa dan mendukung kegiatan surfing. Ombak setinggi 4 meter mampu dihadiahkannya untuk para peselancar kelas dunia. Tak heran jika banyak pengunjung kawasan ini merupakan para ahli surfing.

Bahkan salah satu peselancar kelas dunia yang sangat terkenal yaitu Bruce sempat menjadi model dari majalah olahraga selancar Waves dengan latar belakang pantai Watu Karung. Seperti yang telah kita bahas diatas, jika pantai ini dikelilingi oleh perbukitan karang dan perbukitan karang ini menjadi tempat favorit untuk berkemah. Berkemah disini anda akan berkesempatan menikmati keindahan sunset di sore hari yang begitu menakjubkan sambil ditemani suara deburan ombak.

Pantai lain dekat sini:  4 Pantai Indah di Pacitan ini Wajib Untuk Anda Kunjungi!

Di perbukitan ini anda dapat membangun tenda dan berkemah dengan api unggun. Aktivitas menarik lainnya yang juga tak boleh anda lewatkan adalah mencoba berjemur ala bulek-bulek di hamparan pasir putih yang lembut dan tentunya anda tidak boleh melewatkan pemandangan indah ini tanpa mengabadikannya. Ada banyak sekali spot foto menarik di kawasan ini yang sayang apabila dilewatkan. Bagi anda yang seorang traveler sejati, saat mengunjungi pantai Watu Karung anda harus menyempatkan diri untuk menelusuri jalan setapak di bagian kiri pantai, disana anda akan mendapati sebuah jembatan dengan sungai berwarna hijau di bawahnya.

Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung

Sempatkanlah diri untuk menikmati pemandangan yang begitu indah dari atas jembatan ini dan tentunya jangan lupa mengabadikannya dalam sebuah jepretan. Sungai ini dikenal dengan sebutan kali congkel, disini anda dapat melakukan paddle board untuk menelusuri sungai menggunakan perahu. Perahunya dapat anda peroleh dengan menyewanya pada warga setempat, untuk harganya cukup bervariasi tergantung bagaimana kelihaian anda saat menawar. Fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah lebih baik daripada pantai-pantai lainnya yang berkaitan dengannya. beberapa fasilitas yang telah tersedia diantaranya kamar mandi, area parkir, warung yang menjajakan aneka makanan, dan tentunya bagi anda yang ingin merasakan suasana malam di pantai ini, tersedia berbagai macam pilihan jenis penginapan.

Event menarik yang ada di pantai watu karung

Pantai-pantai di kawasan Pacitan ini sering dijadikan tempat ritual oleh masyarakat setempat, termasuk di area pantai Watu Karung. Ritual tahunan seperti Labuh Sesaji selalu dilakukan untuk memperingati pergantian Tahun Baru silam yaitu pada tanggal 1 Muharram. Tradisi ini dilakukan untuk menolak bala yang dimulai dengan iring-iringan warga pembawa sesaji, seperti dua kepala kambing, dua burung merpati, dua kelapa muda, kembang setaman, dua ayam putih, nasi tumpeng, buah dan juga sayuran. Iring-iringan doa dipanjatkan saat menelusuri pantai untuk memohon keselamatan dan diakhiri dengan larung sesaji ke laut. Jika anda ingin melihat proses ritual unik ini maka tentunya anda harus mengunjungi pantai pada saat pergantian tahun baru Islam. Pada dasarnya ritual Labuh sesaji ini merupakan acara sedekah laut untuk mendapat pemberkatan dan agar terhindar dari bala. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat setempat atas rezeki yang telah mereka peroleh selama setahun terakhir.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Buyutan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Donorojo, Pacitan Jatim

Peak season di pantai watu karung

Pantai ini memang tidak terlalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal, namun banyak para wisatawan mancanegara yang berkunjung untuk sekedar berjemur hingga berselancar di kawasan ini. karena ombaknya cenderung besar dengan arus yang stabil. Pengunjung kawasan pantai Watu Karung cenderung meningkat sekitar bulan Mei hingga September. Hal ini dikarenakan pada saat itu ombak lautan cenderung besar dan sangat cocok untuk kegiatan berselancar. Selain itu cuaca pada bulan-bulan tersebut juga cenderung bagus sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Watu Karung lebih maksimal.selain itu kunjungi wisatawan domestik juga akan meningkat pada saat libur weekend atau libur sekolah dan libur akhir tahun.

Yang harus diperhatikan saat di pantai

Mengingat ombak di kawasan pantai Watu Karung ini cukup tinggi yakni sekitar 4 meter, sebaiknya bagi anda para pemula tidak mencoba berselancar sendirian tanpa pemandu. Karena hal itu akan sangat membahayakan dan mengancam jiwa anda. Selain ombaknya yang besar, kawasan Watu Karung juga memiliki karang yang tajam, jadi jika anda tidak berhati-hati tentunya anda akan terluka. Sebaiknya anda menghindari pantai pada musim penghujan yaitu sekitar bulan November hingga Desember. Hal ini dikarenakan air laut pada saat itu sering pasang dengan arusnya yang tidak stabil, jadi berenang atau surfing pada saat itu tak hanya membuat anda tidak dapat menikmati keindahan laut secara optimal namun juga dapat membahayakan keselamatan anda.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai Watu Karung yang merupakan salah satu dari lima ombak terbaik dunia ini terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku dan berjarak 25 km dari kota Pacitan. Terkenal akan ombaknya yang tipe reef break, yaitu ombak tinggi dan memanjang mirip barrel.

    Kamu bisa menikmati ombak keren bergulung ini ketika bulan April sampai Oktober, dimana angin laut berhembus kuat dan menghasilkan ombak bergulung tinggi, sebagai berikut beberapa info dari pantai watu karung ini sebagai berikut:

    Pantai Watu Karung ini semakin terkenal setelah Bruce Irons juara Rip Curl Pro Search 2008 asal Amerika berfoto untuk cover majalah surfing Waves dengan latar belakang ombak Pantai Watu Karung.

    Pantai ini juga terkenal akan hamparan pasir putih dengan air laut berwarna biru kehijauan, tertata apik bersama pulau – pulau karang dan pohon pinus menjulang.

    Spot di film #kularikepantai ini termasuk pantai antimainstream di Pacitan, ombaknya yang bersahabat dengan para peselancar (kadang juga menantang) membuat para wisatawan mancanegara maupun domestik kemari untuk surfing atau sekedar bermain bahkan longstay. Bibir pantainya luas, ada bukit & landscape nya mirip dengan Karimunjawa.

    Jangan sampai melupakan eksplor Sungai Cokel, melipir dikit ke Pantai Kasap, Pantai Seruni & pantai-pantai sepi bersih di sekitarnya yang gak berpenghuni, berasa pantai pribadi, cocok buat menyendiri atau cari spot foto yang gak bocor karena banyak orang.

  • Salah satu Pantai yang go international karena ombaknya yang diburu oleh para peselancar dunia.

    Selain ombak dan melihat aksi para peselancar, panorama pantai juga bagus. Beberapa gugusan karang hijau dan terumbu karang yang nampak saat surut menjadi keindahan khas pantai ini.

    Satu yang pasti anda bakal menemui sejumlah orang asing yang seliweran dipantai. Mereka memang menginap tidak jauh dari lokasi pantai. Jadi bila anda ingin bermalam disini, ada beberapa penginapan atau homestay yang tersedia.

    Pengelolaaan pantai juga boleh. Ada jalur pejalan kaki sepanjang garis pantai. Disamping itu banyak berdiri warung tenda makanan dan minuman.

    Akses jalan memang terbilang kecil, jalan desa yang diaspal plus jalan khas pacitan yakni kelak kelok dan naik turun.

    Apabila anda dari Kota Pacitan, ambil jalur ke arah pantai Srau hingga pertigaan kecil, bila ke kiri ke Srau, anda terus saja. Baru pertigaan selanjutnya anda belok kiri kalau lurus ke arah Kali Maron dan Klayar.

    Usahakan anda bisa naik ke bangunan diatas bukit disebelah timur bila anda ingin memotret landscape watu karung dari atas. Kecuali anda membawa drone.