Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

Daerah Malang di Jawa Timur, memang banyak sekali mengundang perhatian wisatawan dari luar kota hingga bahkan luar negeri, terdapat banyak sekali wisata baik itu wisata buatan atau wisata alam asri yang ada di Malang. Ketika Anda berkesempatan untuk datang ke Malang sebaiknya jangan lupa untuk mengunjungi beberapa pantai yang ada di Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, sebab di sana ada beberapa pantai yang masih sangat asri dan beberapa diantaranya bahkan memiliki jalan yang sulit dilalui untuk mencapainya.

Jika Anda menyukai petualangan, meskipun Anda harus jauh berjalan kaki pastinya tidak akan masalah, seperti saat Anda hendak mengunjungi pantai Watu Leter di Malang ini. Akses menuju ke sana masih sangat alami sehingga Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke sana. Nama pantai ini berasal dari bahasa Jawa yang artinya batu datar, dinamakan demikian karena di kawasan pantai ini terdapat batu karang yang ujungnya datar atau dalam bahasa jawa disebut ngleter. Oleh karena itulah pantai tersebut dinamakan pantai Watu Leter.

Lokasi Dan Rute Menuju Ke Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter
Pantai Watu Leter

Tepatnya lokasi pantai Watu Leter ini berada di desa Sitoarjo yang ada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Untuk menempuh  perjalanan menuju ke kawasan pantai ini maka Anda bisa berkendara dari kota Malang selama kurang lebih 2 jam. Kawasan pantai Watu Leter ini termasuk ke dalam kawasan garis pantai yang meliputi beberapa pantai sehingga jika Anda ingin mengunjungi lebih dari satu pantai Anda tinggal berjalan mengikuti garis pantai saja maka Anda bisa sampai ke pantai lain yang ada di sebelahnya.

Pantai yang ada di kecamatan Sumbermanjing ini terkenal dengan kealamiannya sehingga dengan demikian Anda pasti akan takjub saat berada di sana. Untuk menuju pantai Watu Leter ini tidak ada jalan khusus, Anda harus berjalan dari pantai yang ada di sebelahnya, pertama Anda bisa berjalan kaki selama 15 menit jika Anda menggunakan jalur dari Pantai Sendang Biru sedangkan jika Anda datang dari arah Pantai Goa Cina maka Anda harus menyusuri jalur yang sempit namun seru untuk dijelajahi selama 20 menit untuk bisa sampai ke pantai Watu Leter.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sendang Biru: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Sumbermanjing Wetan, Malang Jatim

Aktivitas Dan Fasilitas Di Pantai Watu Leter

Pantai yang ada di sepanjang garis pantai yang sama dengan pantai Watu Leter ini memiliki kelebihan dengan adanya hutan bakau, bahkan ada pantai yang begitu ketat penjagaannya karena adanya konservasi hutan bakau ini. Kebanyakan pengunjung dan warga di sekitar itu pun sudah mengetahui dan secara sadar langsung ikut melestarikan alam di sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan saat berada di sana. Karena adanya hutan bakau di sana maka saat berada di pantai Watu Leter itu sebaiknya Anda menggunakan kesempatan itu untuk melihat keindahan hutan bakau, ada juga wisatawan yang menyusuri hutan bakau dengan menggunakan perahu dari salah satu muara sungai Sitoarjo.

Pantai Watu Leter
Pantai Watu Leter

Sebagai pantai dengan keindahan air lautnya maka tentunya Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berenang dan snorkeling di pantai Watu Leter itu. Jernihnya air laut pasti akan membuat Anda tertarik untuk setidaknya bermain air di tepiannya. Selain itu karena merasa sayang untuk melewatkan keindahan pantai Watu Leter ini maka banyak sekali wisatawan yang mendirikan tenda dan berkemah di sana. Sering kali ada juga wisatawan yang datang kesana untuk melihat pelepasan bayi-bayi penyu yang lahir di pantai dan akan kembali ke lautan. Karena sepinya pantai di sana, membuat para penyu itu merasa nyaman untuk bertelur di pantai Watu Leter.

Untuk fasilitas yang ada di pantai Watu Leter ini sangat terbatas karena pemerintah belum banyak memberi perhatian kepada pantai Watu Leter ini dan pantai ini hanya dibiarkan seperti apa adanya, namun itulah yang membuat pantai ini layak untuk dikunjungi karena sangat alami. Namun sebatas fasilitas seperti kamar mandi sudah tersedia. Untuk kendaraan perlu diparkirkan sedikit lebih jauh karena Anda hanya bisa berjalan kaki menuju ke pantai ini. Untuk warung-warung makanan sama sekali tidak tersedia, maka dari itu untuk Anda yang ingin berkunjung dan bahkan berkemah harus pastikan Anda membawa cukup bekal makanan dan minuman sehingga Anda tidak akan kelaparan atau kehausan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Banyu Anjlok: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tirtoyudo, Malang Jatim

Untuk tendanya pun harus Anda siapkan sendiri dan dirikan sendiri karena memang benar-benar tidak ada petugas atau orang selain pengunjung yang ada di pantai Watu Leter ini. Namun karena itulah pantai ini menjadi lebih seru untuk dikunjungi karena Anda benar-benar akan merasa seperti memiliki pantai itu sendiri terlebih lagi jika pantai sedang sepi pengunjung. Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda tidak boleh membuang sampah sembarangan saat berada di sana dan harus menjaga pantai itu dengan baik selama di sana, agar kealamian dari pantai Watu Leter ini tetap terjaga hingga di masa yang akan datang. Anda tentunya ingin tetap bisa mengunjungi lagi pantai Watu Leter ini di masa depan bukan?

Event  Tahunan Di Pantai Watu Leter

Sebagai pantai yang belum mendapat banyak perhatian dan tidak dikembangkan khusus untuk pariwisata maka pemerintah tidak pernah mengadakan event tahunan apapun yang ada di pantai Watu Leter, namun sering kali wisatawan datang untuk bisa melihat pelepasan penyu yang ada di sana. Seperti yang sudah disebutkan, bahwa pantai yang sepi ini menjadi favorit bagi para penyu untuk tinggal dan bertelur di sana. Warga sekitar dan pemerintah sering kali membantu pelestarian penyu itu dengan mengadakan pelepasan penyu yang baru saja menetas untuk bisa mencapai laut dengan aman. Anda pun bisa membantu pelepasan penyu itu dan ikut dalam kegiatan pelestarian alam yang sangat bermanfaat ini. Meski tidak ada waktu-waktu khusus diadakannya pelepasan penyu ini namun jika beruntung saat Anda ke sana Anda bisa mengikuti acara itu. Selain itu tidak ada event lain yang khusus diadakan di pantai Watu Leter ini. Namun wisatawan masih tetap antusias untuk bisa mengunjungi pantai Watu Leter itu untuk berwisata.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Licin: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Ampelgading, Malang Jatim

Peak Season Di Pantai Watu Leter

Tidak ada waktu tertentu yang paling ramai di pantai Watu Leter, seperti yang sudah dikatakan bahwa pantai ini termasuk sepi pengunjung karena masih belum dibukanya akses khusus menuju pantai ini dan juga fasilitas yang masih kurang untuk para pengunjung. Namun demikian saat akhir pekan bisa jadi lonjakan pengunjung atau pada masa liburan nasional. Meski tidak sebanyak pengunjung di pantai lain di sekitarnya. Hal itulah yang justru menjadi daya tarik tersendiri dari pantai Watu Leter ini yang sepi, tenang dan nyaman untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin merasa rileks serta melepas penat Anda sejenak, maka pantai Watu Leter ini adalah pilihan yang tepat yang sebaiknya Anda kunjungi.

Peringatan Bahaya Di Pantai Watu Leter

Ombak yang ada di pantai Watu Leter ini sangatlah tenang sehingga tidak ada peringatan bahaya apapun yang mesti Anda waspadai saat di sana. Namun Anda juga harus tetap waspada, dengan sepinya pengunjung yang ada di sana maka jika terjadi sesuatu pada Anda mungkin Anda bisa kesulitan mendapatkan bantuan dengan segera, maka dari itu jangan bertindak macam-macam yang mengundang bahaya saat Anda berada di pantai Watu Leter ini. Selain itu Anda harus berhati-hati jika Anda menuju ke dekat batu karangnya karena sering kali ada ombak yang menerpanya. Selebihnya Anda bisa berwisata dengan santai di pantai yang begitu indah dan tenang ini.

Mantai Team

2 comments

  • It’s first time for me visited this beach
    .
    Aksesnya lumayan susah sih buat mobil. Dari jalan sepanjang utama sepanjang pantai sampai ke pantai watu later masih batu batuan. Dulu saya malah ngga jadi masuk gara gara ban mobilnya malah nyelip. Kondisinya becek kalau pas ujan. Rawan selip apalagi kalau mobilnya matic. Sangat perlu berhati-hati.
    .
    Kondisi pantainya masih bagus. Jarang ada yang menjamah pantai ini kayaknya. Tapi untuk fasilitas umum tetep ada kok kayak kamar mandi. Musholla gituan dan paling penting ada warung nya juga wkwk. Jadi kalau kalian lupa ngga bawa bekal bisa langsung pesen aja makan disitu 🙂
    .
    Oh ya kalau mau datang ke pantainya pas bulan bulan purnama atau fase bulan awal. Pokonya pas bisa surut di malem nya. Saya kemarin sempet liat surutnya pantai sekitar jam setengah 2 malem an. Dan itu surut banget sampe pulau pulau terdekat. Nah. Don’t forget. Kalian bisa manfaatkan momen ini buat cari ikan. Kepiting . Dan gurita.
    Yah. Bener banget GURITA. Ini beneran gurita yang bisa kalian makan 🙂

    Tapi ati ati ya kalau nangkep nya. Saya baru tahu kalau gurita bisa gigit kalau salah nangkep nya. Dan bisa 1 bulan baru sembuh kata bapak nelayan yang saya temui bareng nyari gurita. Wajar aja sih emang. Soalnya kata bapaknya dia biasa makan kepiting. Iya bener ini kepiting yang keras aja dimakan. Apalagi tangan kita yang lembek.

    Overall, pantainya bagus sih, bisa untuk liburan keluarga juga.

  • Pantai Watu Leter adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini terletak bersebelahan dengan Pantai Goa China.

    Pantai Watu Leter, berjarak 73 KM dari Alun-alun Merdeka Malang, untuk sampai ke pantai ini kita dapat melewati daerah Bantur atau bisa juga melewati daerah Sumbermanjing Wetan.

    Pantai yang sangat indah apalagi saat sore hati menjelang sunset, sebab sunset di pantai ini terbenam di arah laut. Dulu untuk sampai ke pantai ini hanya bisa lewat pantai Goa China, sekarang pantai ini memiliki jalan sendiri.

    Dulu pantai ini gabung sama Goa Cina. Bedanya sama Goa Cina, di sini lebih sepi orang (setidaknya waktu kemarin aku kw sini), which is good serasa private beach. Pantainya pasir putih, bersih juga belum banyak sampah. Ombaknya juga gak terlalu besar dibandingin pantai2 di Malang Selatan lainnya.

    Jadi bisa main air but please stay safe, jangan terlalu ke tengah. Lumayan jauh kalo dibandingin sama pantai2 lain tapi worth it lah. Medannya dari jalan besar ke pantainya berbatu jadi rasa2 off-road gitu. Rasa2nya Pemerintah Kabupaten Malang harus lebih aware ya, dengan akses menuju pantai2 di Malang Selatan karena yang bisa diunggulkan dari Kabupaten Malang Selatan ya pantainya.

    Pantai2 di Malang Selatan itu bagus2, sangat worth it untuk dikunjungi, tapi setidaknya, permudah akses untuk menuju ke sana jadi pengunjung itu nggak males menuju ke sananya. Semoga saran ini dapat membuahkan perbaikan di masa depan.

    Anyway, tiket masuknya 15000/orang. Mandi 3000/orang. Sangat disarankan untuk memakai sunscreen atau sunblock dan bawa bekal, setidaknya air putih karena di sana cukup panas. Yang paling penting, jangan ninggalin sampah karena kita pasti pengen kembali ke sini lagi dengan keadaan pantai yang bersih dan nyaman 🙂