Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Panggang, Gunung Kidul Jogja

Melihat pemandangan yang indah dan keren tentu akan membuat semua orang menjadi sangat senang serta bersemangat kembali. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak pulau dan juga pantai yang indah seperti yang ditawarkan oleh Pantai Wohkudu di Yogyakarta. Suasana yang begitu hening membuat Anda akan merasa sangat betah jika berlama-lama disini. Untuk itu, berikut dapat Anda lihat mengenai informasinya seperti di bawah ini.

Keindahan Alam di Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu ini merupakan pantai yang memiliki panorama keindahan alam yang menakjubkan. Pasalnya pantai ini memang belum banyak dijamah oleh para wisatawan, di karenakan aksesnya yang terbilang masih sulit menjadikan pantai ini hening dan damai. Bagi Anda yang ingin melarikan diri ataupun ingin menyendiri, pantai ini sangat cocok Anda pilih dan kunjungi. Tak hanya itu saja, airnya yang biru dan jernih membuat keindahan di pantai ini lebih terpancarkan dengan jelas.

Pantai Wohkudu
Pantai Wohkudu

Selain itu, di sekitar Pantai Wohkudu ini juga terdapat dua bukit dan batu-batu sehingga menambah kesan yang eksotis dan keren jika Anda lihat. Jika berbicara pasir yang ada di pantai ini tentu Pantai Wohkudu ini memiliki pasir yang putih dan dikelilingi oleh rumput-rumput liar yang membuat pantai tersebut lebih indah. Jika Anda datang kesini Anda bisa melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan dan seru bersama teman-teman Anda. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari pantai yang masih alami dan belum banyak diketahui atau di datangi oleh orang, Anda bisa memilih pantai yang satu ini karena memang Pantai Wohkudu ini masih sangat asing di pendengaran para wisatawan.

Lokasi Pantai Wohkudu

Jika Anda ingin berencana dan tertarik dengan Pantai Wohkudu ini Anda bisa langsung datang kesini bersama teman-teman Anda. Pantai ini terletak di Gunungkidul, Yogyakarta tepatnya yaitu di Dusun Wiroso, Girikarto, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk datang kesini Anda dapat menempuh perjalanan darat dengan menggunakan mobil atau sepeda motor kurang lebih selama 1,5 jam hingga 2 jam dari arah pusat kota Jogja. Pantai Wohkudu ini memang berdekatan dengan salah satu pantai yang ada di Jogja yaitu Pantai Kesirat. Jadi, bagi Anda yang memang ingin mengelilingi pantai-pantai yang ada di Yogyakarta dan memiliki pemandangan yang indah, Pantai Wohkudu ini juga dapat Anda kunjungi bersama teman Anda.

Pantai Wohkudu
Pantai Wohkudu

Nah, kembali lagi dengan lokasi dan akses jalan, memang Pantai Wohkudu ini belum banyak didatangi atau dijamah oleh para wisatawan. Untuk bisa sampai ke lokasi ini Anda bisa mengambil Jalur Imogiri-Panggang yang merupakan jalur paling dekat untuk bisa mencapai ke Pantai Wohkudu ini. Selain itu, Jalur ini juga merupakan jalur sepi dikarenakan jalur ini bukan jalur utama untuk mencapai Gunungkidul. Walaupun demikian? Jalur ini juga akan dapat memanjakan mata Anda dengan melihat pemandangan-pemandangan yang indah yang ditawarkan oleh tempat ini disepanjang jalan. Pada kiri dan kanan Anda akan melihat pepohonan hijau dan bukit-bukit yang indah. Bagaimana sangat menarik sekali bukan? Selain itu, waktu tempuh untuk mencapai tempat ini memang terbilang cukup lama, namun jika Anda sudah sampai disini Anda akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat indah dan keren sehingga rasa lelah Anda akan terbayarkan.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Krakal: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja

Aktivitas Yang Dapat di Lakukan di Pantai

Jalan-jalan ke pantai tentu Anda akan melihat banyak pemandangan yang indah ketika berada disini. Namun, bagaimana dengan aktivitas yang dapat dilakukan jika sudah sampai disini? Tentu saja ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan apabila Anda sudah mengunjungi Pantai Wohkudu ini. apa saja? Berikut dapat Anda lihat seperti dibawah ini:

  • Memancing

Anda memiliki hobi memancing dan ingin memancing ketika berada di Yogyakarta? Nah, ada tempat menarik yang dapat Anda kunjungi yaitu Pantai Wohkudu. Dimana pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah saja, akan tetapi Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas ketika berada disini salah satunya dengan memancing. Ketika Anda datang kesini Anda akan melihat gubuk-gubuk kecil yang memang dibangun khusus oleh warga sekitar sebagai tempat mereka untuk memancing ketika berada disini. Tak hanya itu saja, biasanya mereka juga meninggalkan alat-alat mereka seperti jaring yang bekas yang telah digunakan untuk menangkap ikan. Jadi, jika Anda ingin memancing dan mencari tempat dengan spot menarik Anda bisa langsung datang ke Pantai Wohkudu ini.

  • Camping

Tidak hanya bisa memancing saja, namun Anda juga bisa melakukan aktivitas yang menarik lainnya yaitu camping. Seperti yang Anda lihat seperti diatas bahwa Pantai Wohkudu ini memang belum banyak diketahui para wisatawan sehingga tempat ini masih sangat sepi pengunjung. Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti ini Anda bisa memilih Pantai Wohkudu ini. Pantai yang tenang, bersih, nyaman serta sepi akan membuat hari-hari Anda akan menyenangkan dan lebih bersemangat. Melepas rasa lelah dikarenakan aktivitas kota yang padat, tentu tempat ini bisa menjadi solusi Anda untuk melepas semua rasa penat yang ada di dalam diri Anda.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Sadranan: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja
Pantai Wohkudu
Pantai Wohkudu

Tak hanya itu saja, selain Anda mendirikan tenda Anda juga bisa menyalakan api unggun bersama teman-teman Anda untuk menambah kehangatan suasana di malam hari dan Anda juga bisa bernyanyi untuk menambah keseruan ketika berada disini. Bagaimana, apakah Anda ingin camping dan menyalakan api unggun disini? Tentu saja bukan, bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas seperti itu, tempat ini bisa menjadi salah satu list Anda ketika liburan tiba dan mengajak semua teman-teman Anda.

  • Melihat Pemandangan Indah dan Bermain Air di Pinggir Pantai

Berlibur dan berkunjung ke Pantai Wohkudu merupakan salah satu pilihan yang tepat. Bagaimana tidak? tempat ini Anda tidak hanya bisa melakukan aktivitas seperti memancing dan camping saja. Namun, disini Anda juga akan dapat melihat sunrise dan juga sunset dengan sangat indah. Selain itu, Anda juga bisa bermain air di pinggiran Pantai Wohkudu ini, karena air di pantai ini sangat bersih dan jernih. Namun, ada hal yang perlu Anda ingat bahwa ketika bermain air dipantai cobalah untuk berhati-hati dan tidak terlalu ke tengah sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Event di Pantai Wohkudu

Menawarkan keindahan alam yang tak kan terlupakan membuat wisatawan yang telah datang kesini ingin mengunjunginya lagi. Tempat ini memang memiliki banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan dengan sangat seru dan mengasyikan. Namun, jika berbicara masalah event tentu tempat ini belum pernah mengadakan apapun, karena memang tempat ini masih belum ramai pengunjung. Akan tetapi banyak anak-anak muda yang melakukan camping disini hanya untuk melihat keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat ini. Seperti yang Anda ketahui bahwa pantai ini memang sangat cocok untuk melakukan aktivitas seperti berkemah karena dengan keberadaan dua tebing sebagai pelindung kiri dan kanan tentu akan menambah keindahan di tempat tersebut.

Tak hanya itu saja, tempat ini memang memiliki lahan yang terbilang tidak terlalu luas, akan tetapi tempat ini cukup relatif datar sehingga membuat yang berkemah disini menjadi sangat nyaman. Selain bisa melihat pemandangan indah yang ditemani oleh bintang-bintang serta api unggun yang membuat Anda merasa akan lebih hangat, Anda juga bisa menyaksikan keindahan sunrise yang ditawarkan oleh tempat ini. Alasan lain wisatawan yang ingin bercamping kesini adalah hanya untuk melihat keindahan sunrise dan sunset yang ditawarkan oleh Pantai Wohkudu ini.

Pantai lain dekat sini:  Pantai Pok Tunggal: Panduan Berwisata + Ulasan, Lokasi: Tepus, Gunung Kidul Jogja

Pantai Ramai Pengunjung

Liburan memang paling seru kalau pergi ke tempat-tempat yang seru juga seperti destinasi wisata pantai. Memang banyak pantai yang menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis dan indah untuk lihat salah satunya seperti Pantai Wohkudu. Nah, jika berbicara ramai pengunjung tentu pantai ini memang tidak seramai dengan pantai-pantai lainnya karena memang pantai ini bisa terbilang masih tersembunyi keadaannya sehingga banyak orang belum mengetahuinya.

Namun, walaupun demikian ada beberapa para wisatawan yang memang memilih pantai ini sebagai tempat camping yang sangat cocok untuk menikmati keindahan alam ditempat ini. Banyak anak-anak muda yang datang kesini dan mendirikan tenda bersama teman-teman untuk menghabiskan waktu liburannya. Biasanya pantai ini banyak dikunjungi pada saat akhir pekan ataupun musim liburan sehingga para wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan berlama-lama dan bercamping di Pantai Wohkudu ini.

Peringatan Bahaya

Apabila membahas masalah peringatan bahaya tentu semua tempat wisata yang ada memang perlu diwaspadai dan berhati-hati terlebih lagi di Pantai. Hal ini dikarenakan Anda tidak bisa prediksi kapan badai itu akan datang ataupun tidak. Oleh sebab itu, dimanapun Anda berada terlebih lagi dipantai cobalah tetap berhati-hati dan waspada. Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan di pantai maka cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai kondisi alam sekitar apakah sedang bercuaca baik atau tidak. Jika sedang bercuaca tidak baik seperti hujan, angin ataupun gelombang tinggi sebaiknya Anda tidak perlu ke pantai, cobalah untuk mencari tempat wisata yang lainnya.

Tak hanya itu saja, Pantai Wohkudu ini memang terkenal dengan pemandangan yang indah dan cantik. Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan ketika berada disini. Bagi Anda yang ingin bermain air di pantai ini cobalah untuk bermain air di pinggiran pantai saja, tidak perlu sampai ke tengah, karena ombak disini terbilang cukup besar sehingga Anda harus berhati-hati. Selain itu, jika Anda ingin bercamping di pantai ini cobalah untuk mencari tempat yang aman, karena biasanya di malam hari air laut disini akan pasang. Oleh sebab itu, disarankan untuk Anda memilih lokasi yang sedikit lebih jauh dari pinggir pantai demi keamanan serta kenyamanan bersama.

Mantai Team

2 comments

  • Pantai yg cocok u/ pengen menghilangkan penat. Parkir ada di atas terus turun lewati jalan naik turun ya sekitar 10-15 menitan lah ya. Bibir pantai ini kecil tapi masih ada pasir dan bisa main air kok lumayan save sih karena tebing besar jadi ombaknya kepecah sama tebingnya. Sudah ada warung dan toilet.

    Jika anda ke pantai wohkudu jangan lupa u/ naik ke spot mancing yg ada di ujung tebing ya buat nikmati sunset. Gokil pokoknya, eits! Tapi u/ naik ke tebing harus yg udah pro dan terbiasa nanjak ya… soalnya curam dan jalannya setapak doang dan perlu kehati2an, kepleset dikit bisa fatal masuk laut. Dan jangan harap bisa komunikasi lewat HP ya, disana tiada signal sama sekali.

    Hindari weekend biar serasa pantai pribadi. Oh ya toilet kalo malem di kunci biasanya, kalian kalo mau ngecamp cobalah minta salah satu kunci toilet ke pengelola toiletnya, salah satu pengelola toiletnya itu yg punya warung paling dekat sama bibir pantai dengan ada biaya tambahan pastinya.

    Baik kok ibunya sama masnya dan penjaga2 warung dan kebersihan di sana ramah deh kalo kita sopan ya…. sedikit pengalaman dari saya semoga membantu. Selamat mencoba selamat berpetualang

  • Pantai ini terletak di Desa Girikarto, kecamatan Panggang. Kalo dari perempatan Panggang itu, kalian ambil yang lurus aja. Nanti pas ada plang belok kanan, ambil kanan. Tapi plangnya kecil sih, jadi kudu hati² biar nggak kebablasen. Pas nyampe perempatan ini sebenernya udah nggak ada sinyal sih, jadi kalian pake GPSnya manual. (GPS : Gunakan Penduduk Sekitar).

    Jalan ke arah pantai naik turun. Pastikan kendaraanmu fit ya. Apalagi pas udah mau nyampe parkiran, turunannya tajam. Nanti pas pulang juga bakal naik banget kan rasanya? Haha

    Setelah sampai parkiran, untuk nyampe ke pantainya, kita kudu tracking gitu di hutan jati. Jalannya cuma setapak. Kalo ujan, licin. Disarankan pakai sepatu atau sandal gunung sih biar aman. Soalnya yang kita injak juga batu² tajam.

    Nyampai pantai, ada camping groundnya. Cukup luas sih walaupun katanya itu sudah sangat berkurang keluasannya dari 2 tahun yang lalu. Ada ibu² yang jualan jajanan. Ibuknya ramah banget. Harga makanannya standar laaah.

    Nasi+indomie goreng 8K. Aqua 600ml 4K. Susu anget+Chocolatos panas 9K. Pilus sachet gitu juga cuma 500 perak. Kok aku tau harganya? Ya soalnya jajanku itu, hehe maap. Kata ibuk penjualnya, dia bakalan ikut nginep di warung kalo ada yang ngecamp.

    “Tak kancani mbak, nek ono sing ngecamp. Nek tekan jam 5 raono sing ngecamp ya aku balik”. Kata ibuk.

    Di pantai juga ada toiletnya btw. Tapi mohon hemat air yaa, soalnya stok airnya didapet dari tangki di atas yang disalurkan pakai pipa. Terus dikumpulin di tangki penampungan gitu.

    Oh ya, kalo mau ngecamp, di tempat parkiran di atas tadi juga nyewain tenda dan matras. Jadi kalo kalian nyampe pantai terus kepikiran pengen ngecamp, gausah turun ke Jogja lagi, haha. Harga sewanya untuk tenda kapasitas 2 orang itu 40K. Kalo yang kapasitas 4 orang itu 50K. Untuk matrasnya yang kecil 5K. Yang gede 10K.

    Memang sewa tendanya agak mahal daripada kalo nyewa di Jogja sih, tapi setara sama bensin juga sih kalo kamu balik Jogja buat ngitung selisihnya. Hemat tenaga dan waktu pula, haha.

    Lastly, kalo kalian ngecamp, larangan untuk nyalain api unggun di atas pasir putih juga berlaku di sini yaa.

    Happy weekend !